Pilar Nias Barat

PILAR NIAS BARAT (PNB) ADALAH ORGANISASI MASYARAKAT NIAS BARAT SE INDONESIA ATAU DIMANAPUN BERADA.

1. PNB berdiri sejak 5 Mei 2007 diikrarkan pertama sekali di Gedung DPD PARTAI GOLKAR DKI JAKARTA, Jalan Penggasaan no 45 Jakarta Pusat dengan susunan pengurus Ketua Umum Ir. Mustika Ranto Gulo, Sekretaris Umum Meiatasi Dolai dan Bendaha Umum adalah Otenieli Hia. Namun ulang tahun PNB dianggap tanggal 27 Mei 2007 yaitu DEKLARASI PNB di Gedung Landmark Lantai 22, Jalan Sudirman No. 1 Jakarta Pusat. Pada saat itu Bapak Letkol (pur) Drs. Fa’ano Daeli (Alm) menyerahkan Bendera PATAKA kepada Ketua Umum dengan pesan “AMANAH PERJUANGAN MASYARAKAT NIAS BARAT, KUSERAHKAN KEPADAMU”

2. Pada bulan September 2007 Sekretaris Umum Meiatasi Dolai pulang ke Nias untuk menetap, dan digantikan oleh sdr. Agustinus Daeli, SE selaku Sekretaris Umum. Sehingga kompoisi baru menjadi Ketua Umum Ir. Mustika Ranto Gulo, Sekum Agustinus Daeli, SE dan Bendum Otenieli Hia.

3. Pada tanggal 23 Pebruari 2008, MUSYAWARAH NASIONAL I (PERTAMA) merupakan musyawarah masyarakat Nias Barat yang spektakuler, telah menorehkan sejarah baru dalam perhelatan masyarkat Nias diseluruh Indonesia.

Masukan dan ide saudara silahkan masukkan dalam kolom komentar, semoga Pilar Nias Barat dapat  mengabdi dan membawa pembaharuan yang nyata. Bersama dengan Tuhan kita bisa sukses!

 

Amin

 

Iklan

35 pemikiran pada “Pilar Nias Barat

  1. Agar anda tidak STRES kunjungin facebook : “Orahua Tarian Seni Budaya Nias” , anda pasti terhibur dan merasa bhw anda adalah Ahli Waris Orang Nias yg cinta Budaya Nias

  2. perang politik assyik juga,,…
    ntr lage qw jg mw nyalonkan diri jadi presdir nias ahhh
    masalah politik kite jagonya

  3. Yaahowu banuada?????????????????????
    data talau faohe tanga bawangehao tanoda tano niha,,,,,,,,,
    enao tanoda tano niha andre tobali hulo ni banggako pulau tano boo…………………………..
    yaugo daa tolo???????????????????????//
    hana awena kalua ndaugo?????????????
    hendeso mano ndaugo goto mbongi ande???????
    ae badaa fahato ndaugo, data fao bawangehao tanoda tano niha>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>??????????????????????????????????????????????????????????
    amin

  4. yaahowu fefu……………………………………………………………
    syukur kepada Tuhan atas Anugerahnya atas pelantikan Bupati kita khususnya Nias Barat agar apapun yang telah dipercayakan kepada Bupati kita dalam melakukan tugas yang telah diberikan maka bisa terlaksana sengan baik…………………………….
    Marilah kita dukung sama-sama dalam membangun Nias Barat yang tercinta……………………………………….
    NIAS BARAT BANGKITLAH…………………………………

  5. Ya’ahowu. . .
    selamat atas pelantikan bapak bupati nias barat FADUHUSI DAELI
    semgoga tugas dan tanggung jawab yang diberi dan dipercayakan oleh masyrakat nias khususya nias barat

  6. hewisa mano wombangun nias barat daa bale? nasimano dao dakha tafao wangehaogo nias barat, hadia tola dao ba mado??????????????????????????

  7. salam kenal dari saudara………………………………???????????????????
    dataowai fefu mbanuada ……..yaahwu fefu tano niha……………..
    faoma talului wangehao nias barat andro, awena tola maju bajiso mifona,,,,,,,,,,,,, talului wangehaogo,,,,,,,,,,,,,,,………
    nias barat tetap maju dalam kebudayaan, bafefu hadia ia…………………………………….
    he mado hendeso moroi khoda khomi bale????????????????
    toroi hendeso iada?????????????????

    yaaga moroi balawelu- saloo????????????????????
    toroi ba tangerang iadaa………………….

    yaahowu tano niha????????????????????????<<<<<<<<<<<<

  8. aoha noro nilului wahea…………………
    datahaogo mbanuada yaita fefu niha dano niha….
    heyaita siso badano wekoli datalului wamahea banuada boro meyaita nidona2 mbanuada zangehao,,ibalo2i ita……..
    ba yaita siso badano niha dafaoma tarorogo mbanuada…
    terutama kebudayaanda yaita tano niha…….

    yahowu fefu…………

  9. Ya,ahowu fefu

    Salam buat Nias Barat
    Buat masyrakat Nias Barat yang ada Di P.Nais maupun yg ada diluar P. Nias, mari kita satukan ide untuk membangun Nias Barat Kedepan. Dan Untuk PNB, semoga PNB merupakan sarana/media untuk bersharing untuk memajukan Nias Barat

    Ya’ahowu Nias Barat jaya.

    Nama : Falugosa Daeli ( Ama Fedriko )
    Asal : Desa Hiliadulo Kec Lahomi
    Alamat Di Nias : Desa Tegide’u Kec Sirombu
    Alamat Sekarang : Medan SUMUT
    Email : falugosa.daeli@logikreasi.com

  10. UNDANGAN MUBES SALOM

    Dengan ini diberitahukan bahwa Musyawarah Besar (MUBES) SALOM dilaksanakan pada :

    Hari/tgl : Sabtu, 22 November 2008
    Pukul : 09.00 WIB-Selesai
    Tempat : Gunungsitoli

    Diharapkan kepada seluruh warga SALOM di Nias maupun di luar Nias yang berkeinginan untuk menghadirinya, dapat mendaftar ke Kantor Sekretariat SALOM, Jl. Pelita No.01 Gunungsitoli. Atau melalui No HP : A. Yayu Daeli/Sekretaris TIM : 0812-6484-4744
    A. Pandu Gulo/Wasek TIM : 0812-6266-128

    Demikian untuk dimaklumi.

    Tim Pelaksana MUBES SALOM

  11. Yaahowu Fefu. . .
    Selamat buat masyrakat NIAS Barat, berharap dengan keberadaan NIAS barat masyarakat semakin baik dari segi ekonomi, pendidikan dan sebagainya. Semua ini tidak lepas akan peranan tiap individu yang mengaku masyarakat NIAS Barat. Terlepas dari semua itu sebagai masyarakat NIAS Barat, kita bangga dengan semua hal yang ada di NIAS Barat, hanya pertanyaannya apakah kita telah siap bersaing dan mengelolah daerah kita sendiri.
    Sebuah harapan tumbuh akan kebersamaan dan akan impian untuk mencapai sebuah tujuan dan esensi hidup sebagai masyarakat sosial dan indivu.
    Berharap dikemudian hari, pemerintah Nias Barat memperioritaskan pendidikan yang merupakan dasar bagi pencapaian sebuah impian.
    Dimana ada kecerdasan dan pemahaman yang benar disanalah ada keidahan dan emas yang berharga.
    Kami para mahasiswa warga NIAS Barat sangat bersedia jika suatu saat dibutuhkan dalam segala kegiatan untuk membangun masyarakat kita, kecuali korupsi.

    Analius Giawa
    Mahasiswa Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta
    Email: untukmu_sahabat@yahoo.com

  12. Oknum ka smk 1 moawo /gusit, menjadikan asset bantuan german yang diserahkan kepada masyarakat nias melalui dinas pendidikan nias menjadi asset pribadi. Seperti komputer,printer dll

  13. Wah, terima kasih untuk Angelina, nama2 org itu di catat sebagai ‘MANUSIA AMBISIUS TERBAIK DI NIAS’. Kami merasa dirugikan dengan kebohongan-kebohongan Team Fasilitasi setiap datang ke NIAS. Seakan-akan kunci surga mereka sudah pegang.

    Lihat saja masyrakat skrg, mulai dari G sitoli sampai di desa-desa, menanyakan siapa sih yang ber – MULUT BESAR itu, janji-janji kemasyarkat suapaya siap2 menjadi PNS 1000 org. Kwalat org2 ini, nantinya.

    Bagus, nama2 mereka di catat dan dipesankan ke anak2 kita, ke cucu kita bahwa nama2 tersebut adalah penghancur cita2 masyarakat Nias, kegegalan pemekaran dan uang rakyat.

    Maju terus DOROHIA, sayang banget tuh, para org2 yg menganggap dirinya sebagai tokoh Nias.

    Selamat bermimpi.

    HW

  14. Yaahowu fefu mbanuada he!

    Q baRu readinG blog iNi …baguS BangEt.!

    Ide Q : “All Peaple West Nias, please upgrading your knowledge with learning by doing and you must get one book to read per week” Nah baru pinteR…! mudah-mudahan makin pintar.

    This blog is very communicated about Nias Cultured, that’s trU, bahasa nias sangat kentaL sEkALI.

    Siapa yang punya lagu pop nias?

  15. Yaahowu fefu…buat pengurus Pilar Nias Barat dan seluruh pengunjung web ini,
    Apakah Pilar Nias Barat ini hanya sebatas website, organisasi, persekutuan,atau apa?
    menurut saya seandainya ini merupakan organisasi khusus Nias barat, alangkah lebih baik jika kita antar daerah, antar propinsi bisa saling mengenal atau lebih familiar satu sama lain.
    dengan cara membentuk satu naungan pusat yaitu Pilar Nias Barat jakarta sebagai pusatnya dan disetiap daerah juga ada cabangnya sehingga ini merupakan wadah kita orang Nias Barat memantau dan menyampaikan aspirasi tentang perkembangan daerah kita khususnya Nias Barat.
    Disurabaya sudah ada perkumpulan Nias Barat yaitu “FAOMASI” (FAHASARADODO ORAHUA MANDREHE SIROMBU)dan Sudah berjalan sekitar lima tahun. saya juga dengar di Batam ada perkumpulan Nias Barat “FAOMASI” JUGA. dan mungkin ada di daerah lain lagi.
    Ini sekedar usul buat bapak-bapak supaya dipertimbangkan dan ditindak lanjuti serta disosialisasikan, kami siap untuk mendukung.

    Terima kasih
    Tuhan Yesus memberkati kita semua

    Nama : MESARO GULO
    Telp : 0811-321925
    Alamat Nias : Hiliwalo’o I Mandrehe
    Alamat skrg : SURABAYA
    Email : mesarogulo@yahoo.com

  16. Kepada Yth.
    Sdr. Pilar Nias Barat
    Seluruh Ketua Lembaga

    Surat ini adalah udangan untuk hadir di Rapat tanggal 30 Juni 2008 di Ondihon (Sore Senen) jam 5 Sore. Membahas program Kerja dan selanjutnya mementuk Panitia “Mission Trip Ke Nias”.
    Agenda Lainya tergantung rapat.

    Semga bisa hadir
    Salam
    Sekum

  17. ………salom………
    kita bersyukur atas kasih tuhan kita
    telah terlaksana website pilar nias barat
    dan satu-satunya jangan ada kta sering lawa’ö ba khöda
    FA’ALAWUKHO, MANGOSI’ILA, FAYA’OSA ,,,,,,,,
    yahhhhhhhhhhhhh saya bersyukur kata” itu engg kali
    hehehehehe oke saohagolo

    YA’AHOWU SEMOGA SEKSES TUHAN MEMBERKATI AMIN…..

  18. Salam dalam kasih Tuhan kita yesus kristus.
    Dalam perencana’an Program Nias Barat,mari kta saling
    mendukung antara satu dengan yang lain. jangan ada kata
    ……………..YA’O ZONEKHE, YA’O ZIPADE……….
    tar rencanany gak sukses. Semoga Nias Barat Sukses.
    Maju terus Tuhan Memberkati.
    SAOHA GöLö.

  19. Kita Bersukur atas kerjasama PILAR NIAS BARAT
    dan satu-satunya jangan ada sering lawa’ö ba khö
    …………..FA’ASILö YAWA………….
    kalo engga ada pasti apa cita”, tujuan dan pergumulan lainnya
    syukurlah pasti tercapai ………..
    oke saohagölö

    Y A A H O W U

  20. Fatizaro, lho… ngomong apa sih, apa lho ngerti ga apa yg loh bilang. ga usah bicara technologi kalo ga ngerti mending lho cari makan aja. Watak lho kayak mr. MRG juga ya. Kacian deh lho.

  21. Skarng sudah dapat historical GTG pilarniasbarat.com dan pilarniabarat.wordpress.com, ternyata org2 yang kasih komentar itu2 saja dengan me reset modemnya sehingga mendapatkan IP baru yang tidak sama. Celakanya polisi bisa mendapatkan MAC Address komputer yang mengirim. FAsilitas SPEEDY (DHCP) jadi bukan IP static, tetapi IP Dynamis, jangan bodohi kita sekarang, mau lari kemana.
    Apa artinya anda menghancurkan bisnis rumahan anda itu? lebih baik cari makan, ada juga warnet yang ketangkap … kasihan kalau akhirnya ditutup kan? hahahahaha?

    Maju terus!

  22. untuk sdrku yang tercinta “pengelola http://pilarniasbarat.wordpress.com dan http://pilarniasbarat.com
    Segera hapus website tersebut karena anda akan berhadapan dengan penegak HUKUM, Tunggu waktunya, dalam hitungan hari, karena Organisasi Pilar Nias Barat sudah berbadan hukum dan anda tidak punya kuasa mengatas namakan organisasi kami, mau dibuktikan…? tunggu ya.

    Untuk sdrku yang sangat bodoh, yang memberi laporan palsu ke polisi … permainan anda sudah mulai, permainan dilayani oleh PNB hehehe, bola panas bergulir kemana-mana, termasuk kepada para saksi palsu.

    Belajar ya:

    Dalam KUHP Pasal 317 bahwa “(1) Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun,

    (2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No, 1 – 3 dapat dijatuhkan. “

  23. Makanya jangan jadikan website ini sebagai sarana menghujat dan memprofokasi masyarakat. Bisa bahaya tauuuu. Lebih baik gunakan untuk berbuat AMAL. Bukankah begitu pak Moderator.

    Segera hapus data2 website anda ini yg mengandung kata2 provokasi sebelum para yg dirugikan menyeret anda ke meja hijau.

    Terima kasih Ya.

  24. UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana

    Pasal XIV

    (1)Barangsiapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya sepuluh tahun.

    (2)Barangsiapa menyiarkan suatu berita atau pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya tiga tahun

    Pasal XV ayat (1)

    Barangsiapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun

    Pasal 310 ayat (1) KUHP

    Barangsiapa dengan sengaja merusak kehormatan atau nama baik seseorang dengan jalan menuduh dia melakukan sesuatu perbuatan dengan maksud yang nyata akan tersiarnya tuduhan itu, dihukum karena menista, dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp.4.500,00

  25. Saudara2 PNB yang Tuhan Kasihi,
    1. Kita segera mempersiapkan pelantikan Pengurus, oleh karena itu tanggal 11 April 2008 ini kita adakan rapat “PEMANTAPAN SUSUNAN PENGURUS PNB” ini bersifat FINAL.
    2. Kita juga berencana segera mnlantik para pengrus dan mengumumkan nama2 Dewan Pembina dan Badan Pengawas dan beberapa DPC.
    3. Fokus kepada hal2 yang baik dan jangan bimbang / ragu, kita tetap bersatu membangun NIAS.

    Tuhan memberkati
    Fatizaro Daeli
    SEKUM PNB

  26. semoga PNB berjaya!!!
    sebagai saran untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat nias secara umum ada baiknya PNB membuat kegiatan seperti diskusi publik ataupun kegiatan apapun yang menyangkut masalah yang sering terjadi di nias.
    melalui forum tsb qt dapat saling kenal satu sama lain.
    thank’s.

    ya’ahowu.

  27. KEPUTUSAN DPP PNB Tanggal 01 Maret 2008 Tentang Alamat Sekretariat PNB yang baru adalah:

    Dewan Pengurus Pusat (DPP)
    Plaza Merpati Nusantara Airlines
    Lantai 2, Blok 15 Kav 2-3, Jalan Angkasa,
    Kemayoran Jakarta Pusat 10720 Indonesa

    Telp 0855 7878 556
    email : mgulo@yahoo.com

    Kepada seluruh masyarakat kami umuman tentang alamat tersebut berubah sejak tanggal 1 Maret 2008.

    DPP
    SEKUM
    FATIZARO DAELI

  28. Salam Sukses u Mesa Gulo di Surabaya, sukses selalu.
    Nias Barat adalah rumah kita, sekalipun sekarang ini sdh kita tinggalkan dan kini Nias Barat, akan menjadi Kabuaten. Kita dinantikan di sana!

    Yaahowu
    Mustika Ranto Gulo (A Maya Gulo)
    Lawelu, Desa Bukittinggi, Hiliwaele
    08557878556

  29. Refleksi

    Bahagia dalam Arti Apa?
    Andar Ismail
    (Penulis adalah pengarang buku-buku renungan Seri Selamat BPK Gunung Mulia)

    Untuk apa orang menikah, atau mempunyai anak, atau membeli rumah?. Banyak orang akan menjawab: supaya berbahagia. Apa sebenarnya ukuran kebahagiaan? Siapa yang dianggap berbahagia? Untuk banyak orang, ukuran berbahagia adalah mempunyai. Yang dianggap bahagia adalah orang yang mempunyai pacar, mempunyai uang, mempunyai suami atau istri, mempunyai anak, mempunyai mobil, mempunyai cucu, dan sebagainya.

    Anggapan itu tentu saja perlu dipertanyakan kebenarannya. Apa setelah mempunyai suami, orang otomatis menjadi lebih bahagia ketimbang sebelum bersuami? Atau, apa setelah mempunyai anak, orang pasti lebih berbahagia ketimbang sebelum mempunyai anak?
    Yesus mempunyai ukuran tentang kebahagiaan yang sangat berbeda dengan ukuran yang lazim. Dalam Khotbah di Bukit, Yesus menyebut beberapa ciri atau ukuran tentang kebahagiaan. Yang dianggap bahagia oleh Yesus antara lain adalah “orang yang ingin sekali melakukan apa yang dikehendaki oleh Allah” (Mat.5:6,terj.BIS), “orang yang kasihan terhadap orang lain” (ay.7), “orang yang murni hatinya” (ay.8), “orang yang berusaha mengadakan perdamaian di antara manusia” (ay.9). Kemudian di Kisah Para Rasul 20:35 dicatat bahwa Yesus pernah berkata, “Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima”. Jadi, menurut Yesus, orang yang berbahagia bukanlah orang yang mempunyai, melainkan sebaliknya, orang yang memberi, yaitu memberi dirinya kepada Tuhan dengan jalan melakukan kehendak Tuhan, dan memberi dirinya kepada orang lain dengan jalan mengasihi atau membawa damai.

    Di sini tampak kesejajaran antara ajaran Yesus dengan ajaran Aristoteles tentang kebahagiaan. Aristoteles, filsuf pendidikan Yunani yang hidup 300 tahun sebelum Masehi, mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah mencapai kebahagiaan (eudaimonia). Tetapi menurut Aristoteles, kebahagiaan bukan sikap yang berporos pada diri sendiri dalam arti mendapatkan kebutuhan dan keinginan sendiri. Menurut Aristoteles, kebahagiaan adalah penggunaan semua kemungkinan dalam diri seorang untuk dijadikan kebahagiaan bagi orang lain.

    Selama ini rupanya konsep kita tentang kebahagiaan adalah terlalu sempit. Kita mengira bahwa kita menjadi bahagia bila kita memiliki ini atau itu. Padahal sebenarnya kita menjadi bahagia bila kita berbuat sesuatu untuk orang lain. Kalau kita menolong seseorang dan orang itu merasa sangat tertolong dan begitu senang, bukankah yang menjadi lebih senang adalah kita sebagai penolong dan pemberi? Benarlah apa yang dikatakan oleh Yesus, “Adalah lebih bahagia memberi daripada menerima”.

    Kebahagiaan adalah ibarat kupu-kupu. Kalau kita mengejarnya, kupu-kupu itu pasti terbang dan cepat-cepat pergi. Tetapi bila kita tenang dan berdiam diri, kupu-kupu itu malah akan hinggap. Demikian pula dengan kebahagiaan. Kalau kita mengejar kebahagiaan, mungkin kebahagiaan itu akan lari. Tetapi kalau kita tenang dan membuka diri terhadap kebutuhan dan persoalan orang lain, kita akan merasa bahagia bahwa kita telah dapat menolong orang itu.

    Sebenarnya, “mencari kebahagiaan” atau “mendapatkan kebahagiaan” adalah contradictio in terminis, yaitu kata-kata yang saling bertentangan, seperti es panas atau air kering. Sebab kebahagiaan tidak bisa kita cari dan tidak bisa kita dapatkan atau miliki. Kebahagiaan dengan sendirinya akan datang pada waktu kita tersenyum, menyapa dan mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan senyum, sapaan dan uluran tangan kita, pada saat itu kebahagiaan akan memancar dari wajah kita. Kebahagiaan bukan sesuatu yang bisa kita kejar atau miliki, kebahagiaan adalah sesuatu yang kita pancarkan.

    Kebahagiaan hinggap ketika kita mengalahkan kepentingan sendiri lalu memenangkan kepentingan dan kesejahteraan orang lain, bukan sebaliknya yaitu memenangkan diri dengan mengalahkan atau mengorbankan kepentingan orang lain. Inilah konsep kebahagiaan yang perlu ada pada pemimpin. Pemimpin yang bernurani adalah Pemimpin yang mengorbankan diri utuk menyejahterakan rakyat, bukan mengorbankan rakyat untuk menyejahterakan diri.

  30. Kepada kawan2 PNB … Semoga tetap Jaya

    Saya usulkan nama-nama 9 BADAN PENGAWAS PILAR :
    1. Sinufa Zebua SH (Ketua)dari Mandrehe Barat
    2. Arifman Gulo (Anggota)dari Mandrehe
    3. Era-era Hia (Anggota) dari Sirombu
    4. Azokhigo Daeli (Anggota) dari Lahomi
    5. Orwel Swastika Gulo, STh, MTh (Anggota) dari Ulu Moro’o
    6. Fadaosi Waruwu, SH (Anggota) dari Mandrehe Utara
    7. Yosia Halawa (Anggota) dari Lolofitu Moi
    8. Yupiter Gulo, SE, MM (Anggota) dari Moro,o
    9. Faahakgo dodo Maruhawa (anggota) dari Hinako

    Semua ini bisa berubah, ingat saya hanya mengusulkan saja

    A Besti Zai
    Bravo Kalimantan – Mandrehe, bisa satu cabang PNB di Kalimantan Barat – Pontianak. Why Not?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s