Aechula Nias

 

Peta Nias Barat Versi MRG 120707 

DownLoad Peta Nias Barat 

 TERDIRI DARI 9 PILAR, Yaitu:

1. Kecamatan Lolo Fitu Moi

2. Kecamatan Mandrehe

3. Kecamatan Mandrehe Barat

4. Kecamatan Mandrehe Utara

5. Kecamatan Ulu Moro’o

6. Kecamatan Moro’o

7. Kecamatan Lahomi

8. Kecamatan Sirombu

9. Perwakilan Kepulauan Hinako

 

__________Ya’ahowu________

SEJARAH PERJUANGAN NIAS BARAT 9 Januari 1947

Gereja Rubuh akibat Gempa

Lumo sebua wahasara todo!

Gaung Nias Barat dengan sebutan “Aechula” dirintis sejak Tahun 1947 (tiga tahun setelah RI merdeka). Dalam kehidupan sosial pun sebutan “IRAONO GAECHULA” telah menjadi trad mark atau sebuah brand image yang menempel kepada masyarakat Mandrehe, Lolo Fitu Moi atau sebagian Lolowa’u dan Sirombu yang kini telah menjadi 8 kecamatan. Dalam kehidupan sehari-hari nama IRAONO GAECHULA kadang membawa keberuntungan, namun tidak hanya sedikit juga mengalami perlakuan diskriminasi secara halus. Baik dalam arena politik dan organisasi keagamaan. Banyak cerita unik tentang NIAS BARAT yang menjadi kenangan dalam angan. Jiwa ini terbakar ketika mendengar cerita orang tua kami tentang awal perjuangan Nias Barat dan kini kami lanjutkan, dengan segala daya upaya, dengan apapun kami pertaruhkan sampai akhir. Saudara-saudaraku “mari bersatu”. 

Perjuangan Nias Barat menjadi Kabupaten baru, agar terpisah dari Kabupaten Nias, sempat pupus karena bencana gempa terjadi 2005 yang lalu. Tentu semua itu seizin Tuhan sehingga rencana tersebut sempat terhenti. Namun, perjuangan tetap dilanjutkan dan sekarang masyarakat Nias Barat kini menyadari bahwa cara dan strategy perjuangan sudah berubah. Nias Barat mudah dikendalikan oleh orang luar karena iming-iming kedudukan, karena motivasi uang serta motivasi yang tidak luhur dan suci. Begitu mudah diprovokasi dan dipecah hanya karena ambisi untuk tampil tanpa menampung inspirasi saudara-saudaranya. Bangkitlah Nias Barat ku!, sekalipun terlalu banyak faktor kegagalan tersebut namun kami tetap merindukan kebersamaan dan kesatuan hati.

Faktor-faktor kegagalan  itu menjadi topik diskusi kita dalam forum ini. Terima kasih anda menulis dengan baik dan menjadi masukan kepada kita semua.

Ya’ahowu Fefu !

Iklan

60 pemikiran pada “Aechula Nias

  1. Kami putra nias barat merasa resah, dalam pembangunan nias barat dimana sudah beberapa tahun berdirinya kabupaten nias barat masih banyak yang perlu dibenahi namun kenyataannya dilapangan masih belum terealisasi seperti pembangunan jalan kecamatan sirombu, dan kecamatan lahomi, dan mandrehe serta pada bidang pendidikan apakah pembangunan tersebut berjalan atau tidak…..? itu semua tanda tanya besar bagi putra nias barat. Apakah pemimpin nias barat memperhatikan kami….?. itu tergantung pada pemimpinnya, oleh sebab itu kami putra nias barat dan terutama mahasiswa ikip gunungsitoli yang sedang duduk diperkuliahan kami tidak tinggal diam dalam memperjuangkan nasib nias barat. Merdeka…! Hidup Nias barat…!

  2. FEFU HADIA IA NIWAÖ WAÖ NDA Bapa da segebua högö oi yaia yaia manö..kami dr pemuda nias barat tidak terlalu banyak brkomentar apa lagi di jaman crisis ekonomi yg skrg ini..banya pemuda2 nias barat yg terlantar akibat ptus sekolah krna dr segi ekonomi yg lemah..tp IRA AMADA SEGEBUA HÖGÖ tdk memikirkan hal itu yg penting kantong gde dan penuh hsil uang korupsi pdhl mereka gk tau yg bs memajukan nias barat ini adalah pemuda2 kita yg msh duduk di bangku sekolah..oleh karna itu mari kita brsama2 membangun nias barat tercinta tanpa hanya mementingkan diri sendiri jika kita bnr2 punya rasa ingin memiliki nias barat yg makmur di masa yg akan datang..TRIMA KASIH…..dan NIAS BARAT MAJU TERUUUUS….!!! Dan PANTANG MUNDUR………!!!!

  3. Menurut almarhum gowe alias KARA MEf6na mengatakan: nisbar alias aekhula perlu di tingkatkan kemajuan membuat gowe..agar nias brat semakin meningkat nya perhatian para wisatawan luar dan manca negara.. Terlebih2 d jaman edan yg paling ok..oya bowo nise sino egelungu alias alawa note..apa lg anak muda kita yg ada d sebrang lautan mereka mengatakan :kami sdh lupa jalan di ba’o..ya begitu cerita nya..

  4. jangan banyak protes lah bos pikirkan lah gimana caranya memajukan nias…

    ini kalau saya baca dari tadi isinya cuma mau mempermalukan orang nias itu sendiri..

    apa pun kejelekan orang nias sendiri janganlah di beritahukan ke khalayak ramai..

    ya’ahowu

  5. Saya sangat concern dengan ide-ide Pak Orwel Gulo No.49 untuk mendirikan Institut di Nias, semoga bisa terwujud dengan baik.

  6. Ya,ahowo

    Si,ofona ua ta,andro sohagolo cho Lowalangi bahegoi khora Panitia sino erego todo meno tola Nias Barat jadi Kabupaten, nalo sala mege so wa,omasi moroi ba nara sumber wa ena,o mena,o naya,ita iraono gaechula sokhoda wahasara dodo baziso fonada na berupa dukungan. Andro boro da,o hadia mena,o usul zinangea fao ita bawahasara dodo da,o ma,andro naso mena,o zitobali poin-poin nia dalam bentuk perbuatan boi ha pendapat yg bulm jelas kegiaannya. Na ere-erama mena,o so zitobali bua wangera-ngera moroi ba nara sumber b ta Diskusikan ia ba sarana Internaet da,a. Saohagolo mano he?

  7. Pikir2 ..akhirnya Nias Barat berhasil mekar, namun tetap saja diperdebatkan siapa yg paling berjasa….! ngga ada rasa malu ya?

  8. Yaahowu.
    Saya cuma nanyain mengapa diberi nama Aechula? apakah ada hal-hal lain atau sejenisnya sehingga ira satuada memberi nama itu? apakah ada hubungannya dengan satua Nori? naso niha khoda zanggiila daa tlg dibertiahu. Tk

    Gulo diperantauan

  9. Pada akhirnya Perjuangan teman2 jadinya begini. berhasil pemekaran tetapi meninggalkan luka yang dalam dihati anak-anak Tuhan. Coba aja ya, Pak Ama Klara me Ilele Nina Pak Ketum PNB di depan Ama DICKY dan Ama Januari Gulo (Medan) yg sesungguhnya ira tua nias sokho tola hogo nia, aboto dalu nia nailau da’o. Lo’i’ila huku, malu ah!!!.

    Biasanya berjiwa besarlah kalau akhirnya anda gagal dan telah kehilangan kepercayaan masyarakat.

    Khusus kepada Panitia (Panitia=bersifat temporer) segera bubarkan diri supaya jelas duduk persoalannya. Pemekaran berakhir seperti ini, bukan juga hasil upaya satu org kog, uang masy anda pakai, kembalikan tuh biaya gedung serba guna. Ingat ya, kalian semua akan diseret oleh penggunaan dana masyarakat dengan tidak benar, mari kita buktikan saja nanti. tunggu!

    Lihatlah, masyarakat tidak akan terima, atas perlakuan A Klara tersebut, termasuk bukti video Ama Klara menghala-halangi Ketum PNB di pintu Ged Senayan…! Yah malu!

    Oklah ! mari kita konsentrasi kepada komposisi legislatif, ONO NIHA mudah2 an banyak yg duduk di dalamnya.

    Mengapa bapak MRG tidak tulis isu yg hangat itu, sbg bahan yang bagus untuk disimak, bagaimana Partai2 menggalang caleg dengan berbagai cara.

    MRG ikutan politik juga ya?

    Samadaya

  10. Pecinta Nias Barat yang terhormat, doakan ya… agar segera berdiri sebuah institut atau akademi komputer dan theologia.
    siapa saja yang mendukungnya, masukan komentar di sini.

    visi 2020 kita bisa menghasilkan 2000 sarjana dan 200 pasca sarjana
    doakan ya.

    056 (osg)

  11. Menanggapi komentar no. 46, maka Mr. Ranto tidak boleh meninggalkan PNB begitu saja karena Mr. Ranto sbg Ketum PNB berdasarkan votting yang diwakili oleh masyarakat Nias Barat di Jakarta. Maju tak gentar versi forz-1.

    Medan F1
    Mangkubumi

  12. KAWAN KAWAN DI INDONESIA, SAYA INGAT BAHWA TUHAN MELIHAT SEMUA PERBUATAN KITA DARI SURGA, YANG SAYA TAHU BEGINI:
    1. RANTO DIHUBUNGI OLEH EBEN, DIFASILITASI SAMA ABISALONI PADA APRIL TAHUN 2007 SAYA MASIH DI INDONESIA. TRUS MEREKA SEPAKAT BUAT ORGANISASI DGN VISI & MISI MEMBANGUN NIAS BARAT, KECUALI EBEN WAKTU ITU INGIN MEGHANCURKAN AMA CLARA DAELI DKK, YANG DIA SEBUT MADOFAYE.

    2. SETELAH SEKIAN LAMA PNB BERDIRI TERNYATA RANTO TDK BISA DI STEL/DIATUR SAMA EBEN DAN AMA AGUS / ABISALONI UNTUK MEMBALAS SAKIT HATINYA KEPADA AMA KLARA DAELI SEBAGAI KETUA BPP KANISBAR.

    3. KARENA RANTO TDK BISA DIATUR-DISTIR OLEH ORANG TERSEBUT UNTUK KEPENTINGAN DIRI MEREKA, MAKA TGL 1 JANUARI 2008 DIRESMIKAN KETUA UMUM BAYANGAN DI RUMAH AMA AGUS DGN MEMOTONG 1 EKOR BABI SEBAGAI BUKTI PERESMIAN, KETUA UMUM BAYANGAN ADALAH ABISALONI GULO, DGN TARGET HARUS MENDESAK MUNAS PILAR UNTUK MENGAMBIL KEDUDUKAN KETUM DARI RANTO. INI INFO AKTUAL BOLEH TANYA AMA SERI DAELI DI NIAS (ABANGNYA AMA AGUS SENDIRI).

    4. MAKA DISUSUN PANITIA MUNAS, KETUA ABISALONI/WAKIL MATIAS DAELI ALIAS AMA VELO, SEKRETARIS EFENDI ZEBUA, BENDAHARA AMA THOMA DAELI, DAN EBEN + NEFOS PENGATUR ACARA, TARGET DALAM RAPAT GELAP ITU “JATUHKAN RANTO SECARA ELEGAN”.

    5. TERNYATA, SEBELUM MUNAS ABISALONI MEMOBILISASI MASA UNTUK CIKARANG DIJANJIKAN 1 JUTA, SETOR KE AMA TOFER 500 ribu, ke DU’O dkk MASING2 Rp. 500 ribu dan TOTAL 2,5 juta. AGAR MEREKA MEMILIH SECARA LANGSUNG DAN DAPAT DIMENANGKAN OLEH ABISALONI.

    6. HARI H MUNAS, EBEN + ABISALONI + AMA AGUS + NEFOS TAMPIL SEBAGAI PEMBICARA MEMBAWA BAHAN UNTUK DIPAPARKAN KE AUDIENS MASYARAKAT NIAS. “TUHAN MAHA ADIL, DISINI MASA BERUBAH PIKIRAN KARENA SEMUA YG MEREKA SAMPAIKAN HANYA MENJELEKKAN KETUA UMUM YANG LAMA DAN MEMPROMOSIKAN DIRI MEREKA SEBAGAI ORG YANG LAYAK MEMIMPIN NIAS DIMASA YG AKAN DATANG”.

    7. KETIKA TIBA SAAT YG DITUNGGU2, MAKA MASA BERBALIK MEMILIH RANTO KARENA KESAL DENGAN MANUSIA AMBISIUS DI ATAS PANGGUNG TSB, PEMAPARAN RANTO PENUH HIKMAT DAN WIBAWA, RENDAH HATI, SUARA MENJADI 66% KE RANTO. EBEN MENANGIS, ABISALONI MELARIKAN DIRI, NEFOS TIDAK TAHU KEMANA?

    8. RANTO BILANG DLM PIDATONYA SEBELUM PEMILIHAN KETUM BAHWA PNB MILIK TUHAN, KARENA ITU PEMIMPIN PNB TELAH DITETAPKAN TUHAN SEBELUMNYA, JANGAN TAKUT KITA PASTI DIPIMPIN OLEH RG YG TAKUT AKAN TUHAN. ORG2 SIMPATIK KEPADANYA.

    9. BENDAHARA PANITIA DITAHAN DILOKASI KARENA SEMUA PANITIA MELARIKAN DIRI, PAGI2 BENDAHARA AMBIL UANG 5 JUTA DARI AMA MAYA (RANTO) untuk baya MAKANAN!!!!, SORE AMBIL LAGI 3 juta untuk BAYAR SNACK, ABISALONI GESEK KARTU KREDITNYA DAN MENYETOR 2 JUTA (SEBELUMNYA DIA JANJI SBG KETUA PANITIA AKAN MEMINJAMKAN 5 JUTA).

    10. KETIKA ORG2 PULANG, JANJI TRANSPORT DARI PENJELASAN NO 5 MENJADI RUYEM, ABISALONI MELARIKAN DIRI, AKHIRNYA BENDAHARA MENGAMBIL UANG LAGI DARI RANTO LAGI 750.000 UNTUK MEBAYAR BUS ANAK2 UKI YANG DIMOBILISASI EFENDY ZEBUA, 300 ribu UNTUK MEMBAYAR SISA SEWA GEDUNG, AMA ALBERT LANSUNG TERIMA UANGNYA, DAN TERAKHIR 2,5 juta LAGI UNTUK MEMBAYAR BEBERAPA BUS DAN MOTOR YANG DIMOBILISASI OLEH CALON KETUA UMUM YANG KALAH TADI.

    11. BESOKNYA BEREDAR SMS BAHWA RANTO TELAH MAIN POLITIK UANG, HANYA TUHAN YESUS YANG MAHA TAHU YANG BISA MEMBALAS KEPADA TERORISME ITU. SAYA HUBUNGI RANTO, MENGAPA DEMIKIAN, DIA MENJELASKAN YG SEBENARNYA, PANITIA MELARIKAN DIRI. DAN TDK BUTUH JABATAN ITU, KARENA BENEFITNYA HANYA PENGABDIAN SAJA.

    12. PANITIA RAPAT DI ONDIHON LAPO DI PRAMUKA, MENYATAKAN TIDAK TAHU MENAHU PINJAMAN BENDAHARA ITU KEPADA RANTO. TDK DI AKUI, EBEN MENARI-NARI TERMASUK NEFOS, KARENA RANTO KEJEBAK NIH YE….KATANYA.

    13. AMA VELO SMS KE RANTO DAN KEPADA SEMUA ORANG NIAS BARAT AGAR KETUA UMUM BERTANGGUNG JAWAB ATAS SMS TERORISME ITU.

    14.RANTO BALAS, MENYATAKAN BAHWA SAYA ADALAH KORBAN, MENGAPA SAYA BERTANGGUNG JAWAB, PANITIA BELUM DIBUBARKAN, HARUSNYA TANYA PANITIA ADA APA, DGN ADANYA SMS AMA VELO TERSEBUT SEMAKIN JELAS SIAPA YANG YANG TEROR TERSEBUT. ARTINYA AMA VELO SEHARUSNYA MEMAHAMI BAHWA RANTO DIKORBANKAN BUKAN DIUNTUNGKAN.
    DIPUTAR BALIKAN OLEH EBEN DAN MENGGOSOK AMA VELO BAHWA KAMU DIFITNAH……KEMANA PANITIA?

    15. AMA VELO MELAPORKAN KEPOLISI “MENGANGGAPA DIRINYA TELAH DIFITNAH OLEH RANTO. MEREKA TIDAK TAHU BAHWA ADA BERITA YG LEBH HEBIH LAGI MENGENAI PROPOSAL MEMINTA DONASI DARI ORG2 BELUM DISETOR KE BENDAHARA (MISALNYA KETUA BRR, PARTAI GOLKAR DAN GUBERNUR DKI, RE SIAHAAN) SEMUANYA ADA DITANGAN AMA AGUS DATANYA + EFENDI ZEBUA. INI PATUT DILAPOR POLISI SEHARUSNYA….!

    16. DALAM NAMA YESUS YG MAHA TAHU AKU TULIS SEMUA INI, DEMI MENJELASKAN DUDUK PERSOALAN PNB YANG INGIN DIHANCURKAN OLEH ORG2 G KALAH! JANGAN TAKUT MENGENAI LAPORAN AMA VELO DAELI, RANTO HARUS TEGAR, DAN KICK BALIK SAJA NANTI, HEHEHEHE. JANGAN BANG, KASIHAN AMA VELO, HDPNYA SAJA PAS-PASAN, BAGAIMANA NANTI URUSAN KEPENGADILAN HAHAHAHA?

    17. JIKA RANTO BERBOHONG ATAS INFORMASI YANG DISAMPAIAN KE SAYA, TENTU DIA TANGGUNG AKIBATNYA, TETAPI AKU YAKIN ORG YANG BERMAIN DIBELAKANG AMA VELO (YG MENCELAKAKAN AMA VELOU MEMBUAT LAPORAN POLISI), KIRANYA TUHAN MENGAMBIL TINDAKAN PADANYA. PULSA SAYA HABIS UNTUK BIAYA TELEPON PARA NARA SUMBER. DEMI PERDAMAIAN KALIAN.

    1. SBG HAMBA TUHAN, TO MR. RANTO, SAYA SARANKAN KEPADA LHU, TINGGALKAN PNB DAN BERIKAN SAJA KEPADA AMA AGUS+EBEN DAN ABISALONI PLUS NEFOS, KASIHAN MEREKA, INI KHAN LADANG MEREKA. LAYANI TUHAN!

    AMIN

  13. Ya’ahowu!

    Salam saya untuk komentar di No. 44 Bp. Riawan Sozinehe Gulo dari Kal-Bar katanya.

    Tahun depan kami akan ekspansi & manuver ke daerah Kalimantan-Barat pak dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Membutuhkan strategi tersendiri untuk manuver ke wilayah “Barat” he…8x.

    Sejauh ini kami telah melakukan ekspansi ke daerah Kal-Tim, Kal-Teng, Kal-Sel.
    Memang yang namanya “barat” agak susah2 gampang. Bgmn Pilar Nias Barat?

    Shalom,
    ANG * Medan
    +6281514248880

  14. Ya’ahowu!

    Salam saya untuk komentar no. 43 Bp. Riawan Sozinehe Gulo dari Kal-Bar katanya.

    Tahun depan kami akan ekspansi & manuver ke daerah Kalimantan-Barat pak dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Membutuhkan strategi tersendiri untuk manuver ke wilayah “Barat” he…8x.

    Sejauh ini kami telah melakukan ekspansi ke daerah Kal-Tim, Kal-Teng, Kal-Sel.
    Memang yang namanya “barat” agak susah2 gampang. Bgmn Pilar Nias Barat?

    Shalom,
    ANG * Medan
    +6281514248880

  15. Saya baca dari A sampai Z blog ini tiga jam lebih hehehe selamat untuk bapak Mustika Ranto Gulo (hiliwa’ele Lawelu), Fatizaro Daeli (sitolu banu Lahomi) dan Abang saya Hermn Zebua, SH (dari Fuka gambo kec Mandrehe Barat). Tuhan memberkati semua, jangan ragu2 untuk membangun Nias Barat.

    saya hanya bertanya “Siapa yang mau jadi Bupati Nias Barat nantinya?”

    Yah, kriterianya harus orang yang tidak butuh uang dan tidak mau kaya, jadi bupati karena dipilih rakyat, dipilih oleh rakyat, berarti dicintai rakyat.

    Orang tersebut pasti tidak menyogok, alias KKN pada saat berjuang menjadi BUPATI, karena dia tidak menginvestasikan uangnya untuk MONEY POLITICS. Saya tergerak dari masukan pak ANG di beberapa komentar di atas.

    Oleh karena itu orang ini pasti tidak memeras rakyatnya seperti situasi kabiupaten Nias sekarang ini, termasuk para kontraktor yang membangun Nias Barat nantinya. Orang ini pasti diberkati Tuhan, siapapun dia kelak pasti namanya dikenang sepanjang masa.

    TETAPI, …………….(?)
    Kalau saya pikir-pikir ya, biaya untuk menjadi bupati itu butuh dana sekitar 4 milyar kali ya?
    Wah, apa benar? ngga pernah aku lihat uang sebesar itu, karena saya hanya seorang petani kecil; kalau begitu, mana mungkin bisa kembali uang sebesar itu dalam jangka masa jabatan 5 tahun?
    Bagaimanapun harus cari akal dan harus putar otak untuk mencari pengembaliannya, plus harus ada keuntungan selama masa jabatan itu donk!

    Kalau begitu, aku nggak mau jadi bupati, coba saja aku harus keliling desa2 dan kecamatan2 untuk membagi-bagikan uang recehan minimal 50.000 rupiah per keluarga, agar memilih saya kelak untuk menjadi buapati. Saya masih di Niaswaktu PILKADA yang lalu…. sangat memalukan!

    Kalau begitu, apa masih ada cara lain yang lebih elegan untuk menjadi bupati di Nias Barat ?
    Hehe, terpaksa korupsi deh.

    Itulah tanggapan saya mengenai masukan dari pendapat pak ANG dari kalimantan Timur, kalau boleh kenal, aku masih dari kecamaan Mandehe Hiliwalo’o, setelah desa Siana’a.

    Doa saya “Tuhan tolong kami, agarnantinya Nias Barat tidak berdarah-darah saat PILKADA!”

    Riawan Sozinehe Gulo
    PT. Barito Jaya Sumitmas
    Kalimantan Barat

  16. Ya’ahowu!

    On the end this year 31 Dec 2007, we would like to share from EPHESIANS 2:8-10 as follow:
    For it is by grace you have been saved, through faith and this not from yourselves, it is the gift of God not by works, so that no one can boast. For we are God’s workmanship, created on Christ Jesus to do good works, which God prepared in advance for us to do.
    For next year 2008 and future, we also would to share from JAMES 4:13-17 (Boasting About Tomorrow), Gbu.

    Shalom,
    ANG & Family

  17. Terima Kasih Mr. Mustika Ranto Gulo, tabahlah.
    sdr2. Saya sudah bicara detail dengan moderator mengenai “KEBIASAAN ONO NIHA MENULIS KATA2 KOTOR DIMANA-MANA”.

    Kita ini bertemu di dunia maya “online”, sama saja, sebenarnya saya belum pernah bertemu dengan Pak Moderator ini, saya hargai dia, sebab sangat terbuka. Saya pikir yang lain berpendapat sama dengan saya, saya tidak temukan caciannya terhadap orang dalam situs ini. Saya juga tidak ada kepentingan apapun dengan moderator ini. Saya hanya prihatin…mengapa org iri padanya…..!

    Sehingga Tulisan sdr. Lattreiyan Hia sangat tepat dan semua berawal dari masalah “UANG”. Banyak orang menganggap uang adalah lambang kesejahteraan… ukuran kehebatan. Jadi, ketika kita melihat org lain berkecukupan dan mengatakan dirinya bahagia, kita langsung panas….menjadi “IRI HATI”.

    Sdrku, siapapun boleh memberikan pencerahan disini saya pikir, kita anak2 nias barat…putra yg ditunggu2 untuk pulang…bersatulah. Sdr Ranto adalah potensi kita, Frans Daeli atau siapapun namanya ABG, EH dan EH saya jadi takut menyebut nama2nya…anda juga potensi Nias Barat. Berhentilah saling memojokkan.

    Benar kata komentator sebelumnya……………………….aila ita he banuada. ‘Mending bernyanyi sembah lah Tuhan dari pada caci orang… melulu”.

    Salam sukses 2008….Amin
    Kami bangga kepada kalian semua.

  18. TANGGAPAN Artikel sdr. Lattreiyan Hia.

    Luar biasa artikel sdr. Lattreiyan Hia di http://www.nias barat, kolom ya’egera-eragu yang berjudul ” Waspadai Iri Hati” sangat menyentuh hati orang yang membacanya. begitu juga artikelnya di http://www.imaniyes.com yang berjudul “Cara Membentuk Karakter” itu juga sangat luar biasa dan artikel yang berbobot dan bermutu di banding dengan komentar atau tanggapan orang kita nias yang sering memberi komentar di web site ini. Semoga artikel itu sebagai renungan kita masyarakat nias untuk mengerti dan mewaspadai bahaya iri hati.

    Dalam kesempatan ini saya ingin bertanya kepada moderator Apakah saudara Lattreiyan Alo’oa Hia itu seorang hamba Tuhan? Kok kenapa artikelnya sangat bagus dan memberi nuansa yang berbeda. Marilah kita masyarakat nias, kita jadikan Natal ini sebagai momentum untuk intropeksi diri.

    Untuk sdr. Lattreiyan Hia maju terus dan sering2lah menulis artikel yang bagus sebagai renungan/siraman rohani bagi masyarakat nias barat khususnya.

    SELAMAT NATAL 25 DESEMBER 2007
    &
    SELAMAT TAHUN BARU 01 JANUARI 2008.

    Dari. Bebalazi Daeli
    desa orahili/sirombu

  19. Mohon bantuan:
    Sdr.Daliwanolo Nduru+Istri+Anak kecelakaan sangat parah.Lihat juga NiasIsland.Com

    Saudaraku Ono Niha dan para Dermawan,

    Pada hari Rabu (tengah malam) saudara kita Daliwanolo Ndruru (Ama Ucok) beserta Istri & Anak mengalami musibah yang mengerikan.
    Kronologi kejadian sbb:
    Pada malam itu saudara Daliwanolo menjemput istrinya naik sepeda motor yang bekerja di sebuah Pabrik dan berboncengan bertida dengan anaknya umur 7 tahun pulang menuju rumahnya di Batu Ceper Tangerang. Tiba tiba di jalan Daan mogot mereka mengalami tabrakan adu kebo dengan sepeda motor yang lagi ngebut dan terjadilah kecelakaan yang sangat mengerikan, sepeda motor yang menabrak melarikan diri dan keluarga ini ditinggalkan begitu aja.
    Pada malam itu sudah ada beberapa orang yang membawa ke RS umum Tangerang, tapi pihak RSU Tangerang hanya membantu pertolongan pertama dan menolak untuk perawatan keluarga ini karena tidak punya uang jaminan dan yang menjamin.
    Akhirnya ketiga korban sampai saat ini ada dirumah kontrakan dengan kondisi yang mengharukan dan prihatin dengan kondisi mereka sbb:

    Daliwanolo mengalami Patah Kaki dan engsel Paha juga patah sebelah kanan serta lecet diseluruh tubuh.
    Istinya mengalami Patah Kaki dan lecet-lecet ditubuh
    Anaknya mengalami hancur bibagian muka.

    Kemaren malam saya dan teman telah mengumpulkan sebagian sumbangan dan bantuan ala kadarnya untuk meringankan beban saudara kita ini,

    Namun mengingat biaya yang masih dibutuhkan sangat besar, maka mohon dukungan dana dan bantuan apapun dari saudaraku ono niha untuk meringankan beban keluarga yang lagi kena musibah ini.

    Tuhan memberkati,
    dari :
    Ama Johanes Patrick Hia
    021-98010911 atau 085885602277

  20. hihihihihihih…hahahahaha…hehehehehehe
    lucu juga..ejaan aja..dipermasalahkan..

    cepe’ dehhhhhhhhh……..
    hare geneeeeeeeeeeeeeeeeeee………….?
    untung udah pada kecapean..jadi ngga dibahas terus…hehehehehe
    sekali lagi…cape..deh……

    bye……

  21. To. My Brother PD

    Sorry…..saya tidak pernah bermaksud menggurui dan saya juga pernah katakan sebelumnya bahwa saya bukan seorang ahli bahasa manapun. Oleh karenanya ; bila ada kata-kata yang tersinggung atau terkesan emosi (sebenarnya tidak emosi) saya mohon maaf.

    Masalah penulisan diatas tidak perlu dibahas terlalu panjang. Menurut saya kita harus bersyukur bahwa bahasa daerah nias bisa kita lambangkan dengan huruf dan bisa dimengerti. Karena tidak sedikit daerah yang hanya bisa menyampaikan kata-kata mereka dengan ucapan saja, sedangkan menyampaikan dengan bahasa tulisan tidak bisa hal ini disebabkan tidak ada huruf yang tepat untuk lambang kata.

    Terima kasih, salam untuk keluarga kita disini.

    Firman Hia
    A.Gaby

  22. Adik Saya Firman Hia,
    He…he….tidak perlu terkesan emosi lah….. Dan saya juga tidak mau berdebat mengenai itu lagi, kan sudah saya closed di atas, apalagi kalau jelaskan ke saya yang dimaksud kosa kata segala, karena CH atau KH saya tidak sebut sebagai kosa kata toh….

    Kalau nama nama orang dsb yang “jika itu telah terjadi” maka tidak bisa dirubah lagi, termasuk Nama Soeharto, Soekarno…memang nama-nama beliau ditulis di izazah dan segala surat berharga mereka demikian…. Tetapi kalau Bandoeng…? Boroboedoer…? dll….kan disesuaikan juga Dek…..

    Dan saya tujukan ke Adek saya A.Gaby, karena asal muasal tanggapan mengenai EYD itu adalah dari sono…#31, sedangkan redaksi hanya menambahkan dan menyatakan pendapat juga.

    OK deh…. demikian saja dulu ya…salam buat seluruh kelurga di sana. Terima kasih atas sharingnya. GBU.

  23. To. Mr Pikiran Daeli

    Maaf, saya bukan seorang ahli bahasa manapun. Anda memang benar-benar seorang pemikir sesuai dengan nama anda. Sebenarnya yang menjawab komentar anda adalah redaksi bukan saya, tapi saya hanya ingin memberi tanggapan sesuai dengan kritikan anda mengenai huruf “C” pada kata “AECHULA” .

    Huruf “C” pada kata “AECHULA” yang menurut anda huruf “C” semestinya tulis KH. Kalau saya boleh menjelaskan bahwa huruf itu adalah lambang kata dan tidak merupakan perbendaharaan atau kosa kata. Gabungan dari beberapa huruf akan menjadi sebuah kata yang disebut perendaharaan kata/kosa kata seperti tertera pada kamus-kamus. Perubahan C menjadi KH adalah bagian dari pemberlakuan EYD, dan EYD itu sendiri tidak bisa menjadi acuan untuk harus merubah sesuatu kata yang memang sudah menjadi tradisi/hak paten/apalagi kalau kata tersebut sudah menjadi cirikhas, bagi seseorang/daerah. Saya pikir kata “AECHULA” di daerah kita Nias, hurufnya sudah dipakai selama (mungkin) ratusan tahun. Dan hal ini juga tidak merupakan suatu keharusan bagi kita untuk memakai huruf itu terus tetapi kita harus melihat keadaan dimana kata tersebut bisa kita baca/mengartikan melalui huruf, toh juga artinya sama.

    Kata AECHULA dengan huruf “C” semata-mata mempertahankan sebuah cirikhas lambang bahasa daerah Nias.

    Kalau kita melangkah pada peraturan EYD, saya dan anda bingung untuk menyesuaikan arti karena bahasa Indonesia dan Bahasa daerah Nias banyak yang tidak pas.

    Contoh ejaan yang tidak dapat dirubah karena peraturan perundang-undangan adalah “Nama”. Nama SOEHARTO/SOEKARNO
    sesuai dengan EYD, huruf OE pada kata SOEHARTO/SOEKARNO, harusnya berubah menjadi SUHARTO/SUKARNO (OE menjadi U). Walau kita sebut “SU-HARTO dan SU-KARNO” tetapi kalau kita menulisnya huruf OE itu tetap kita tulis walaupun hal itu sudah menyalahi aturan yang berlaku.

    Hulo simano ga’agu MIKI……!

    Terima kasih.
    Firman Hia (A.Gaby)

  24. Mr. Pikiran Daeli

    Saya bukan ahli bahasa tetapi kalau kita mau memakai EYD dalam bahasa Nias saya pikir banyak yang harus dirubah. Cirikhas bahasa dan tulisan seperti yang terdapat dalam bahasa daerah Nias, perlu dipertahankan, perbedaan itulah yang menjadi keunggulan bahasa Nias. Dan hal ini bukan hanya di Nias saja, didaerah lain juga terdapat hal-hal yang menurut EYD salah. Misal nama Soeharto, Soekarno menurut EYD “oe” dalam kata/nama diatas sudah tidak dipakai lagi tetapi dibaca/ditulis “U”. Nah itu hanya sebuah “NAMA” pada hal “Apa arti sebuah nama (menurut kata seorang seniman)” dan saya pikir penulisan Nama SOEHARTO/SOEKARNO ini menjadi SUHARTO/SUKARNO sampai sekarang tidak ada yang berani merubah sampai selamanya, dan inilah kelebihan nama2 diatas sebagai orang sebagai orang Jawa.

    Huruf adalah lambang kata, jadi saya pikir tidak perlu dipermasalahkan atau dibahas terlalu panjang, sejauh penulisan kata tersebut masih bisa dimengerti oleh sipembaca.

    Hulo simano ga’agu MIKI…..he..he…

    Terima kasih
    FSH

  25. Terima kasih Mr.Sin,
    Wah, perbendaharaan/kosa kata ejaan lama adik saya ini boleh juga..he…he…. Sebenarnya saya makin bertanya-tanya lagi, kamus mana yang mengatakan bahwa itu benar karena ejaan lama? Dan kalaupun ada, kita hidup di jaman EYD, yang seharusnya juga menggunakan standar yang sudah berlaku. Namun, kalau redaksi sudah memutuskan, itu hak “prerogatif” Team Redaksi.

    Saran saya untuk yang akan datang, sebaiknya digunakanlah standar/peraturan/ketentuan/undang-undang yang sedang berjalan/berlaku.

    Hikmatnya dari item ini adalah, mungkin perlu dibuat software kamus bahasa Nias juga yg menjadi hyperlink di NBC ini, sehingga memudahkan kita “terutama” anak-anak yang lahir di rantau untuk mempelajari bahasa Nias. Bahkan kita sendiri yang besar di Nias, kadang ada bahasa Indonesia yang tak bisa menterjemahkannya dalam bahasa Nias atau sebaliknya.

    Ya’ahowu.

    Salam,
    pd

  26. Pak Firman Hia, sangat tepat !
    Pak Piliran Daeli semoga dapat menerima keterangan dan usul kami. Kompak selalu!
    Ejaan Nias sangat bagus dan layak kita pertahankan termasuk O bertanda titik dua di atasnya.

    C pada kata lachomi dan seterusnya. Inilah cirikhas Nono niha dalam budaya dan bahasa.

    Salam
    Redaksi

  27. Melihat fakta di internet ini, orang nias sangat iri hati kepada orang yang telah sukses. dulu melalui web site ini masyarakat selalu menghujat |:
    1. Binahati Baeha, Bupati Nias……… apa untung kita menghujat????
    2. Idealisman Dachi, Anggota DPR-RI………apa untung kita menghujat????
    3. Arkian Zebua, Bos BRR………apa untung kita menghujat????
    4. Ama Clara Daeli., Pejabat Depdagri……..apa untung kita menghujat????
    5. Dodo Hia, Pejabat Depdagri………apa untung kita menghujat????
    6. FJD, Ketua DPP PDI-P………apa untung kita menghujat????
    7. Yupiter Gulo, Pejabat BRR………apa untung kita menghujat????
    8. Ester Telaumbanua, Pejabat BAPPENAS………apa untung kita menghujat????
    9. Arisman Zagoto, anggota DPR………apa untung kita menghujat????
    10. Era Era Hia, Pejabat KPAID Banten/calon anggota KPAI,………apa untung kita menghujat????
    11. Ama Valen Zebua, Hakim Adhock………apa untung kita menghujat????
    12. Ama Pratama, Hakim,………apa untung kita menghujat????
    13. Ama Agus, tokoh masyarakat Nias,………apa untung kita menghujat????
    14. Ranto Gulo, Pejabat PILAR,………apa untung kita menghujat????
    dan beberapa tokoh penting lainnya…….

    Mengapa kita menjelek-jelekan mereka……apa untung kita kalau mereka sudah jelek (apalagi kalau itu bukan perbuatan mereka)………

    Bukan kita bangga orang Nias ada pada lini-lini tertentu??????

    Kita hentikan menghujat….hanya menambah dosa kita, lagian tidak berpengaruh apa-apa kepada orang yang dihujat, malah semakin melejit karir mereka…….. fakta di Indonesia, orang yang selalu di hujat malah semakin naik karir.

  28. Mr. Pikiran

    Aekhula yang anda maksud (K) ejaan baru. Redaksi memakai (C)ejaan lama jadi artinya sama saja. Menurutku ejaan lama itu lebih merakyat/familiar.

    Salam buat keluarga.

    Terima kasih
    Firman Hia
    A. Gaby

  29. Mr. Pikiran

    Aekhula yang anda maksud (K) ejaan baru. Redaksi memakai (C)ejaan lama jadi artinya sama saja. Menurutku ejaan lama itu lebih merakyat.

    Salam buat keluarga.

    Terima kasih
    Firman Hia
    A. Gaby

  30. Ya’ahowu Pak/Bu Redaksi,
    Terima kasih atas respond yang begitu cepat. Saya juga berusaha meluangkan waktu mengikuti perkembangan di NBC ini. Mengenai penulisan kata “barat” yang diartikan dalam bahasa Nias : Aekhula, koq pakai “C” dan bukan “K” ? ini kan kata dasar “aekhu” yang “Kh” di dalamnya pasti “K” dan bukan “Ch”. Terima kasih.

    Salam,
    pd

  31. SALAM SUKSES UNTUK BAPAK PIKIRAN DAELI

    HEHEHEHE, Benar bos, kita sudah lama mau koreksi menjadi AECHULA, namun ..biasa pak Moderator ziiiibuk …..bisanya access malam hari saja…. hehehehe buka dapur nih.

    Segera dicoreksi…. salam hangat

    NIAS …I LOVE YOU SO MUCH

  32. Ya’ahowu…
    Saya hanya komentari mengenai masalah “judulnya” saja dulu: Achula Nias. Ini artinya apa ya..? Memang demikian tulisannya? Ataukah suatu “inovasi” penulisan bahasa Nias? Saya besar di Nias, meskipun banyak kosa-kata yang kadang tidak mengerti yang ada di beberapa daerah di Nias, tetapi kata “achula” di atas sangat mungkin diucapkan oleh saudara-saudari kita yang biasa mentatakn”no ‘ara ya’o siefo”. Kalau memang yang dimaksud adalah : Barat, maka bahasa Nias nya adalah AEKHULA. Namun kalau yang saya sampaikan salah, judul tresebut tidak perlu dikoreksi seperti yang saya sampaikan. kasih.

    Salam,
    pd

  33. Jangan Ikut_ikutan kayak gini ya !!!!!
    HATI-HATI:
    Kese-Kese | Discussion
    4/6/2007 09:51:31 | Pemerhati Budaya (No. IP = 125.160.248.181) | Meruya Jakarta Barat
    1257. Malam Pesona Budaya Nias Ajang Sukseskan Fauzi Bowo

    Selamat atas suksesnya Malam Pesona Budaya Nias yang diselenggarakan oleh Team Fasilitasi Pemekaran Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunung Sitoli dibawah kepemimpinan Drs. Martin Luther Daeli, M.Si.

    Malam Pesona Budaya Nias yang diperuntukan untuk menggalang dana dalam rangka mensukseskan Proses Pemekaran Nias telah dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Oknum Calon Gubernur DKI Bp. Fauzi Bowo. Kehadiran Fauzibowo dalam acara tersebut memberi isarat bahwa Masyarakat Nias sepakat memilih Fauzibowo. Kehadiran Fauzibowo tidak terlepas dari peran aktif dari Pentolan PDI-Perjuangan Bp. Firman Jaya Daeli, SH.

    Kita patut berbangga karena Bp. FJD mampu memberdayakan masyarakat Nias untuk mendukung Fauzibowo dengan mensukseskan dirinya dalam meraih sejumlah Rupiah di Partainya. Dalam hal ini juga Nias ikut keciprat walaupun hanya sebagai objek exploitasi kepentingan sesaat selama kepentingan Pilkada berlangsung. Bp. FJD pasti bangga kepada Fauzibowo karena Bp. FJD mampu menjamu Fauzibowo dengan menu kebudayaan Nias dan janji suara Bohongan.

    Selamat dan sukses ya Buat Bp. Drs. Martin Luther Daeli, SH Selamat meraih rupiah dari Bp. Calon Gubernur DKI dan Selamat mengexploitasi kita masyarakat Nias.

    R e s p o n s e :
    1. 4/6/2007 10:01:26 | Faigimano Zebua (No. IP = 125.160.232.178) | Tangerang
    Horeeee, Masyarakat Nias diperhitungkan di DKI………. Terimakasih Pak FJD. sekarang sudah terbukti siapa yang menjual Nias untuk kepentingan golongan dan peribadinya. Hehehe….

    Beberapa waktu lalu, semua orang mencela pemberitaan Harian Pos Kota pada saat Deklarasi Pilar dan Bp. Ama Klara sendiri yang mengatakan kepada kami bahwa acara Pilar itu acaranya Fauzibowo. Hehehe…. Bau busuk bpk juga ketahuan ya…………

    Uang yang didapat pada malam Dana itu apakah juga nasibnya sama dengan Malam Dana Bantuan Bencana 2 thn lalu?

    Pak Ama Klara, ingat malam Pesona itu atas nama masyarakat Nias keseluruhan oleh sebab itu Bagi-bagi termasuk Nias Selatan dan jangan lupat ditilep ya………..

    Selamat menikmati………. dadadada

    4. 4/6/2007 13:07:02 | Ono Sitoli Banua (No. IP = 125.160.234.7) | Matraman Jakarta Timur
    Apa tidak ada lahan lain yang bisa diexploitasi ? kenapa harus masyarakat Nias sendiri. Lmayan kalau dibagi-bagi untuk menolong saudara kita yang kekurangan.

    Saya sih cuma kasihan saja ama Nias Barat. Mudah-mudahan respon saya ini tdk hapus ya. Saya mohon ama pengelola jangan dihapus biar saudara kita dari Nias Barat bisa mencari jalan keluarnya.

    5. 4/6/2007 17:05:14 | Beni (No. IP = 202.74.79.94) | tangerannng
    Saya ucapkan Selamat Ya…atas suksesnya Acara Malam Pesona Budaya Nias yang dilaksanakan di Hotel Candra Kartika pada hari sabtu pukul 17.00-22.30 wib. Sebenarnya acara itu adalah memperkenalkan Nias dan sekaligus sebagai aksi dana dalam rangka pemekaran Nias.Dana yang terkumpul sekitar Rp.184.000, semoga dapat digunakan untuk proses pemekaran Nias dan tidak ada hal-hal penyelewengan.Saya yakin dan percaya kepada para panitia, bahwa bekerjalah dengan jujur,,,,dan jadilah teladan bagi generasi muda….

    6. 4/6/2007 19:17:09 | olombanua (No. IP = 222.124.137.90) | jk-sel
    koq, pada marah semua. coba dong seperti fjd, bisa ngak????????

    7. 4/6/2007 19:26:22 | dodo (No. IP = 61.94.112.138) | jakarta
    horrey …………….kita muncul sebagai bagian yang diperhitungkan di jakarta, kalau menurut saya yang kurang jeli adalah Fauzi, dan yang pintar adalah para politisi dari NIAS mampu memainkan peran panggung sandiwara.

    8. 5/6/2007 00:54:44 | Luther (No. IP = 125.161.137.93) | Bogor
    Jangan terlalu negatif dulu teman2 saya setanah air Nias. Esensi Malam Budaya Nias sudah terlihat yaitu malam budaya pengemis, malam budaya korup, malam budaya dukungan ke fauzi, malam budaya penjilatan, malam budaya korup, malam budaya kefasikan (artis dipegang-pegang lalu menyatakan diri hebat), malam budaya Satua Niah Keriso bersaksi, dan seterusnya. Mari Kita Banggalah dan lupa daratan. Mari Kita Makan-Makan di Hotel Kartika Chandra dan org Nias di Lahomi merambah umbi-umbian. Mari kita menepuk dada, dan berkata nama besar kami sudah nyata sebagai Pengemis High Kelas di Ruang VIP (apa Bedanya Pengemis di Pinggir Jalan?) … Oh Nias yg korup satu malam anda lupa daratan, konspirasi bantuan anda 10 juta, untuk memukul dan memancing saudara anda yg duduk disebelah kiri anda. Oh… Nias, Malam Budaya diexploitasi….. Kami Hebat

  34. Salam saudara, AJP
    1. Saya lihat acara malam pesona lebih ke arah entertaiment dan acara malam dana saja, tidak lebih dari sebuah jebakan kepada penoton dan pemirsa. Secara moral ini tidak baik, karena beberapa org tidak menyangka sehngga mereka tidak nyaman dgn sikap dan ara Oran Nias mencari dana.
    2. Acara tidak istimewa malah kabur dari esensi penampilan Budaya Nias yang sesungguhnya. Dikomersialkan dan dipaksakan untuk tujuan yang konyol. Hal adi kebiasaan kita di Nias.
    3. Belum lupa kisah dana Bencana 198 juta ditilep dan dikelola oleh BPP Kanisar, sekarang bikin panitia baru lagi untuk klola dana baru. Wah, aku hanya sedih, jika dana ini di kemas untuk kepentingan pribadi panitia lagi.
    4. Kasihan Nias yang terluka dan di nodai lagi dengan recehan dengan alasan “MALAM BUDAYA” yaitu BUDAYA KORUP PARA PENGEMIS.
    Sory pak moderator, disisi lain mungkinbanyak yang bangga tetapi saya disudut kota kecil di perantauan malah sedih dan menangis.
    Trims untuk semua koreksi yang jitu
    Martinus Halawa

  35. Kita harus beri Selamat kepada Panitia Malam Pesona Budaya Pesona Nias.
    Acara kemaren cukup bagus dan menjanjikan, namun sayang sekali kenapa orang-orang Nias yang menonton orang Nias? Kedepan kalau saya usul jangan jual undangan kepada mayoritas orang Nias tapi berikan 75% undangan kepada orang-orang lain diluar Nias misalnya pengusaha dan pejabat. Kedepan kalau bisa Undangan itu di pisahkan mana yang type A dan Type B atau sesuai nomor, karena seperti kemaren undangan membaur dan tidak teratur.
    Mudah mudahan apa yang saya katakan diatas bisa diterima Panitia kedepan.

    Tuhan Memberkati Kita Semua,

    HIDUP PILAR NIAS BARAT!!!!

  36. Protes Keras:

    1. Bapak saya beli undangan malam Pesona 1 juta rupiah 2 lembar.

    2. Di Bekasi, malah dibagi-bagi gratis, karena ?????

    Tidak ada masyarakat yang mau datang karena kejebak macet …yaitu sikap panitia yang plin plan…………

    3. Panitia diragukan dan tidak dipercaya uang ini dimenakan nanti. Ama Grace zebua, jangan hancurkan diri anda dengan ikut nimbung dalam acara ini, lihat ama klara sendiri tidak diterima oleh masyarakat nias barat apalagi org lain.

    kami sekeluarga tidak ikhlas terhadap undangan yang dibeli papa kemarin dari panitia yang menjualnya kayak ngemis aja. Tuh, tau rasa kan, makanya jangan jelek-jelekan orang lain,,, ama klara memang payah, ama moses … dana sdh cukup belum?

    malu-maluin saja kalian.

  37. Don’t worry friends, Panitia sudah mendapatkan uang sebanyak 1 M, besok malam kita cari lagi uang. Jadi gampanglah. Utang sementara aja dulu.

  38. Saudara Panitia Malam Pesona Budaya Nias,
    Saya kuwatir kami tidak di bayar… biaya latihan dan sewa alat, bagaimana ini. Sampai tadi gladi resik, bingung bin ajaib, pak ama moses jangan strees donk, aku malu melihat anda ………ach. tolong dipastikan kami dibayar ya!

    MMD

  39. KEPADA SELURUH MASYARAKAT NIAS BARAT, ACARA KITA SUKSES, PILAR NIAS BARAT TETAP JAYA.
    Acaranya banyak yang memuji, tetapi sebenarnya karena acaranya sangat pas dan sederhana, tidak eksklusif terbuka bagi semua orang, bayangkan salam-salamannya sampai berkali-kali dan bersahabat. Orang Tua pun mau datang ke arah peserta untuk memberi salam. Itu kebanggaan saya, bahwa semua orang merendahkan diri, selayaknya seorang hamba. Thank You!

    SUKSES DAN TERIMA KASIH ATAS KEHADIRAN SAUDARA SEMUA AMIN

    AMA MAYA GULO & FAM

  40. Dear Members of the Steering Committee Pilar Nias Barat,

    Thank you very much for your announcement and invitation to the event” Declaration of the Pilar Nias Barat”
    I read your invitation with great interest since I consider good realtionships among you and advancement of the process of the Pilar Nias Barat unification to be very important. The Pilar Nias Barat is a bridge for us how to Build the West of Nias in the future.So, by this community can give a special contribution to mutual understanding, since the Pilar Nias Barat unite people with a common faith and with common roots beyong national borders.

    I hope you will understand that, regrettably. I will not be able to join with you on May 26,2007 in Gedung Landmark Tower “A” Lantai 22, Jalan Sudirman No. 1 at Jakarta Center but all my unity for you.

    I wish you every success for the preparations and for the declaration itself.Please extend my good wishes to all the participants. “Have a nice declaration”
    Thank you very much.

    MY Unity,

    YAREDI WARUWU
    (SWITZERLAND)

  41. Salom Saudara2.
    Saya baru berhubungan via phone dengan Yupiter Gulo dan menyatakan berusaha semaksimal mungkin untuk hadir. Pagi harinya berada di Jogja dan sore jam dua berusaha untuk hadir pada DEKLARASI NIAS BARAT di LANDMARK Jakarta. Mengenai pembicaraannya dengan sesorang di Jakarta, memang benar bahwa pernayataanya itu telah dimanfaatkan untuk memukul PILAR NIAS BARAT. Cara ini sangat tidak terhormat dan memalukan sekali. Saya ajak kita rapatkan barisan, jangan terpancinglah. Mengenai Laporan ke POLISI menganai FITNAH dan PERBUATAN tidak menyenangkan tersebut mohon untuk di tahan dulu oleh Bidang PILAR HUKUM. Orang yang mengirim berita tersebut sudah terdeteksi dan Lokasi Pengiriman berita juga sudah ketahuan.

    KITA KONSENTRASI SAJA TERHADAP ACARA DEKLARASI 26 MEI 2007
    GOD BLESS US
    AMA MAYA GULO

  42. YTH SAUDARA-SAUDARIKU ONO NIHA MOROI BA GAECHULA,
    No ma telp. Sdr. Yupiter Gulo mengenai rumor dia tersinggung karena namanya ada di dalam undangan PILAR NIAS BARAT, sebagai Turut Mengundang. Menurut beliau, ini perbuatan Marthin Luther Daeli (Ama Clara) yang menggunakan kesempatan itu pada waktu mereka bertelepon beberapa hari lalu. Memang Yupiter Gulo menyatakan untuk sementara tidak mau tahu aktifitas organisasi karena lagi konsentrasi di BRR. Kata-kata itu diplintir oleh Ama Clara Daeli Cs dan dimuat di NIC tadi malam. Sangat menyedihkan sekali cara-cara abang Ama Clara Daeli ini, apa yang pantas untuk anda ?

    PILAR NIAS BARAT

  43. Latar belakang orang-orang Pelopor PILAR NIAS BARAT = Berasal dari sakit hati atau dendam dengan AMA CLARA.

    1. Kasaro Daeli— dia sangat benci kepada AMA Clara bahkan pernah berantam di Gereja BNKP.
    2. Ama Pratama —- Di kampung memang tidak pernah akur dan selalu beda pendapat, intinya musuh abadi.
    3. Eben Hia — dia di tegur keras Ama Clara Saat pertemuan masyarakat Nias dengan TB. Silalahi.
    4. Meiatasi Dolai — tidak di ikut sertakan membawa bantuan di Nias.
    5. Ama Valen — ambisi menggantikan ama clara sebagaiPanitia.

    Mengapa mesti kita ikut-ikutan dengan kelompok sakit hati…..

    Jangan masalah Pribadi mengajak orang lain di peta konflik anda…… memalukan.

  44. Selamat buat Pilar Nias.
    Suatu prestasi yang perlu dibanggakan bisa hadir untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan Nias khususnya Nias barat. Hal-hal yang telah terlewati yg bersifat korupsi seperti yg dilakukan oleh MADOFAYE jgn diulangi oleh Pilar Nias.
    Tapi ada satu yang terganjal buat banyak masyarakat Nias adalah kurang rampingnya susunan dewan Pembina. Saya lihat pada susunan panitia/Pembina/Penasehat(Atau apa namanya)ADA YG NAMANYA SATELI GULO (A. Serta). Menurut saya TIDAK LAYAK SEBAGAI PEMBINA karena latar belakangnya yang tidak baik, al:
    1. Kerjaannya adalah MENIPU ORANG (meminjam uang dan tidak pernah mengembalikannya). Tidak layak jadi panutan
    2. Katanya dia Pendeta, tapi tidak jelas bentuk gerejanya. Mengurus surat AKTE NIKAH tapi setelah menerima uangnya tidak kunjung datang AKTE. Sudah banyak sekali korbannya. Anaknya juga sering mencuri uang Jemaatnya (Misalnya, anaknya PUTRI sudah mencuri uang Ina Franky Jemaat GSI Cakung). Ini perlu dipertimbangkan oleh masyarakat bahkan termasuk TINDAK KRIMINAL jgn masuk dalam dibawah naungan ORANG KOTOR
    3. Dari gelar yang dipakai, Menurut saya DIA, SATELI TIDAK PERNAH KULIAH. COBA DI AUDIT GELARNYA (Drs, MTh dan MA nya dari mana) Ini penipuan.
    4. Selama menjadi pendeta, ybs juga TIDAK ADA KAS JEMAAT KARENA ISTRINYA ADALAH BENDAHARA. Dikorupsi, masuk kantong. Lucu……………..?

    Demikian komentar saya, kalau mau maju PILAR NIAS tolong dirampingkan pembina dan pengurusnya.

    saohagolo dan Yaahowu.

    Sarotona (Yang dikecewakan)

  45. Saya sangat senang mendengar ada acara deklarasi Pilar Nias Barat, kalau masih bisa kami berencana mau datang dari daerah Narogong Bekasi Barat.

    Disini kami ada perkumpulan orang orang Nias jumlah kami kira kira 60 orang. Kami bisa naik angkutan umum Bekasi-Tanah Abang, turun di Dukuh atas ya lalu menyeberang kearah stasiun Sudirman ya.

    Terima kasih

  46. Pak Panitia Deklarasi Pilar yang terhormat.

    Saya usulkan juga kalau bisa diundang Bapak-Bapak dari daerah di luar Jakarta sekitarnya. Seperti Ama Rini Hia dari Medan, Bapak Fonali Lahagu dari Jogja, Fakhili Gulo dari Palembang, Markus Saeli dari Surabaya dan lain lain.

    Ini hanya usul
    Terima kasih.

  47. Mau tanya, kepada PANITIA

    1. Apakah pada saat acara Deklarasi Pilar Nias Barat tersebut akan mengadakan aksi penggalangan DANA???

    2. Saya setuju kalo kesempatan itu dimanfaatkan.

    3. Kalo bisa tolong dijelaskan kalo dananya terkumpul, akan digunakan untuk apa, apakah digunakan untuk opersaional Pilar Nias Barat sesuai visi misinya atau di gunakan untuk perjuangan Pembentukan Nias Barat. wujudnya seperti APA???

    4. Ini penting untuk menghindari kesalahpahaman pengertian kita dikemudian hari..

    Thanks, GBU All!!

  48. Dengan ini kami mengundang sdr:

    Bpk Fena Marunduri, Bapak Ama Soza Maruhawa, Bpk Ama Soma Marunduri, Bapak Ama Feri Marunduri, Bapak Ama Jeslin Maruhawa, Bpk Azokhigo Zalukhu, Bapak Tiberius Zalukhu,

    Pada Acara Deklarasi PILAR NIAS BARAT
    Lihat Pengumuman di atas.

    Dengan penuh erendahan diri kami mohon kehadirannya dalam acara dari kita untuk kita tersebut di atas.

    Salam
    Ketua Umum

  49. Pada acara Deklarasi, Sabtu ini saya mohon kalau bisa diundang orang-orang Hinako seperti Bpk Fena Marunduri, Bapak Ama Soza Maruhawa, Bpk Ama Soma Marunduri, Bapak Ama Feri Marunduri, Bapak Ama Jeslin Maruhawa, Bpk Azokhigo Zalukhu, Bapak Tiberius Zalukhu dll

    Soalnya selama ini beliau beliau itu tidak campur campur karena ‘FA’ selalu mengatasnamakan Hinako, jadi daripada meladeni ‘FA’ yang tak tahu etika, maka mereka memilih diam, mohon juga kalau ‘FA’ diundang jangan diberi kesempatan ‘BERLAGU’. ini orang memang suka aneh aneh.

    Kalau tak sempat kirim undangan, mungkin melalui telepon atau sms aja bisa, yang penting niatnya mengundang tuluslah.

    Terima kasih Panitia

  50. Sangat Bisa, hubungi bapak Ama Sansan Hia nanti di lokasi untuk mendaftarkan nama VG anda. Pokoknya kita pasti ramai.

  51. Kepada yth. Panitia Deklarasi Pilar Nias Barat.

    Mau tanya, apakah kami bisa menyumbangkan lagu pada acara tersebut ? Karena kami beserta kawan-kawan ingin sekali melihat acara tersebut.

    Kami dari wilayah Cakung-Cilincing ada kira kira 50 oranglah.

    Terima kasih

    Mariman Hia

  52. salom sdr/i ku di jakarta, alangkah indahnya dan alangkah baiknya bila saudara seiman duduk dalam persatuan. http:niasbarat.wordpress.com ini sangat baik untuk menjdi sarana u nias barat dan nias pada umumnya. mari menjaganya agar baik jadinya. Pak Ama Maya Gulo, harus tegaslah terhadap comentar yg tdk bagus. mari sdr2 ini kesempatan bagi kita semua ya, u berkomunikasi seperti kata pak Loni Gulo. jagalah

  53. POKOKNYA PILAR NIAS BARAT PESTA YA !!!

    AKU SENANG KALAU ORANG-ORANG NIAS KUMPUL ADA NYANYIAN DAN TARI-TARIAN SEMACAM PESTA BUDAYALAH…TERUS KITA FAMAENA…HEHEHE

    YAHOWU…YAHOWU…

    SUKSES, SELAMAT BERJUANG.

    BIARKAN AJA YANG NGIRI, TAK MAU MENDUKUNG

    KITA BERDEKLARASI,…KEREN BANGET…HEHEHE

  54. HEBOH BENAR NIH, APA PILAR NIAS BARAT ITU ADALAH?
    1. Wujud dari orang2 yang tercecer selama ini seperti kata Ebener Hia?
    2. Mengapa mereka tercecer dan tertampung disebuah tempat yang disebut PILAR NAIS BARAT?
    3. Motivasinya berarti motivasi balas denndam atau bukan? Bukankah anda tidak ada tempat di BPP KANISBAR, kalau di undang tidak nongol?
    4. Selamatlah kepada anda semoga sukses.

    Hino Daeli

  55. Sdri Titi yang diberkati Tuhan, anda seorang yang potensial utk menjadi generasi leader masa depan baik di keluarga, negara dan kerohanian, tetaplah banyak belajar dan menyerap banyak informasi.

    Terhadap orang lain, saya hanya mau katakan bahwa kita tidak bisa memaksakan supaya mereka/orang lain itu berpikir, berperilaku sesuai dengan yg kita inginkan, kalaupun kita berani memberi sinyal hanya utk “mengingatkan” saja.

    Yang utama dan yg dapat dirubah adalah diri kita sendiri, pertama kita berusaha positif thinking pada orang lain, walaupun negatif banget tindakan/pikiran mereka. Lalu kita tetap bersikap positif/berteman dan memberikan contoh yang baik serta syukur2 kita doakan mereka agar Tuhan yang bekerja dengan caraNya sendiri.

    Maaf, kayaknya saya teori banget tapi koridornya ya seperti itulah, Thanks God bless us alls

  56. KENDALA BESAR
    Saya pikir, kendala kita adalah “POLA PIKIR” yang masih agak primitif. Perilaku saling menjegal satu sama lain, nyata-nyata dilakukan oleh sesama anggota perjuangan. Sering disebut musuh dalam selimut, siapa pun tidak ada yang bisa dipercaya. Bagaimana Nias Barat bisa mencapai cita-citanya? Saya amati, tidak ada yang jujur kepada satu dengan yang lain. Selalu mengatakan sesuatu secara “Hyperbolik” alias “Nilahilahisi mano” semua pembicaraan. Apa masih ada yang bersikap “SETIA DENGAN SESAMA SEPERJUANGAN?”

    Semoga ya. GBU

  57. Masih banyak, cara mencari nafkah selain korupsi….makanya saya harus bilang, mindset yang harus dibenarin dulu…………..kalau maindsetnya mau liat porno melulu, maka kemana-mana ia pergi, liat binatangpun, yg diliat pornonya aja (maaf, illustration only).
    Maindset yang benar atau cerdas akan keluar dari kata-kata/diucapkan……….lalu ucapan tersebut menjadi action/perbuatan……………yang diperbuat itu akan menjadi kebiasaan/habit, dan kebiasaan ini akan menjadi Cultur atau budaya……Sekali lagi saya katakan pola pikir/mindset harus dibenarin dulu…oke, Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s