BERIKAN INFORMASI YANG BENAR KEPADA RAKYAT NIAS, MENGENAI PEMEKARAN

Yth. Pak Moderator, berikan Info ini kepada Rakyat Nias, jangan ditutupi, PEMEKARAN DI TUNDA, Yaahowu.

Eli Gulo

Pembahasan 21 RUU Pemekaran Ditunda

JAKARTA (Joglosemar): Ketua DPR RI Agung Laksono meminta Komisi II DPR RI menunda pembahasan 21 paket RUU Pemekaran Daerah. Itu menyusul maraknya aksi penolakan pemekaran dari berbagai elemen masyarakat.
“Rancangan Undang Undang yang sedang diproses ini harus segera direvisi, karena ada sebagian masyarakat menganggap melanggar undang-undang dan tidak mencerminkan aspirasi daerah,” tegas Agung Laksono, Kamis (14/2) usai menerima Bupati Rokan Hulu dan para tokoh adatnya.
Apa pun alasannya, kata Agung, Komisi II DPR harus menunda sampai keluar hasil kajian evaluasi pemerintah terhadap daerah yang akan dimekarkan.
“Ini harus jelas. Seperti apa masterplan-nya, syarat pemekaran dan kondisi ekonominya,” kata dia.
Menurutnya, pemekaran seharusnya dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan pemerintah lainnya, demi peningkatan kesejahteraan rakyat. Namun yang terjadi selama ini, sebagian daerah yang dimekarkan justru membuat masyarakat susah.
Ketua Komisi II DPR Rustam Tamburaka mengatakan, pihaknya mendukung untuk mendesak pembahasan 21 paket RUU pemekaran daerah ditunda. Sebab kenyataannya, masih ada konflik di daerah tersebut.
“Secara pribadi, soal ini sudah saya lontarkan pada saat memimpin rapat dengar pendapat umum dengan masyarakat Toraja, akhir Januari lalu. Saya mengusulkan, agar masalah pemekaran untuk sementara dihentikan, kemudian dikembalikan kepada masyarakat adat untuk menentukan nasibnya sendiri,” katanya.
Peneliti dari LIPI, Prof Alfitra Salam mengatakan, jumlah provinsi seharusnya tetap 33 buah. “Itu sudah cukup ideal. Mungkin di Kalimantan dan Papua memang layak dimekarkan. Tetapi untuk Pulau Sumatera masih belum layak,” katanya. (ant)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s