HUKUM MATI KORUPTOR BENCANA ALAM

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan seluruh intansi yang terlibat dalam penanganan bencana di Indonesia agar menjalankan petunjuk pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada masa rehabilitasi.

Pasca tanggap darurat, KPK akan memberlakukan tindak pidana korupsi bagi pihak yang mengadakan barang dan jasa tanpa menggunakan proses tender. “Setelah masuk tahap rehabilitasi, pengadaan barang dan jasa harus melalui tender,” ujar dia, seusai peluncuran Indeks Presepsi Korupsi TII, di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Selasa (9/11).

Dia mengatakan, pihaknya bisa saja meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada pasca rehabilitasi untuk mengaudit seluruh pengadaan barang dan jasa bantuan. “Kita lihat dari pelaksaannya apakah dari proses pengadaan barang jasa, itu ada atau tidak ada mark up, atau fiktif atau tidak. Dan itu yang bisa mengaudit adalah BPK,” kata dia.

Chandra beralasan, hal itu dilakukan semata-mata guna memastikan jika proses bantuan dapat tersalurkan kepada para korban. “Jika terbukti, itu hukumannya lebih berat. Dalam undang-undang, ancamam hukuman ketika bencana adalah mati,” kata dia.

Iklan

2 pemikiran pada “HUKUM MATI KORUPTOR BENCANA ALAM

  1. Setuju..!!! Korupsi merajalela dimana-mana. sangat banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.. jangan di biarkan para koruptor berkembang, di musnahkan secepat mungkin. terimakasih.

  2. Pengaduan Dugaan Tindak Pidana Korupsi:
    Direktorat Pengaduan Masyarakat PO BOX 575 Jakarta 10120
    Telp: (021) 2557 8389
    Faks: (021) 5289 2454
    SMS: 08558 575 575, 0811 959 575
    Email: pengaduan@kpk.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s