Sejuta Harapan, Jangan Kandas Di Dasar Lautan Hindia

Nias Barat, Bupati Nias Mendengar Oleh Ranto

Nias Barat, Bupati Nias Mendengar Oleh Ranto

Sejuta harapan masyarakat Nias Barat tertumpah ruah dalam ungkapan yang indah di malam pertama Pelantikan Bupati Nias Barat di Jakarta baru-baru ini. Acara itu terlaksana dengan spontanitas dari putra-putri Nias Barat di Jakarta, yang prakarsai oleh  Bapak Faa Maruhawa, SE (Ama Moses).

Jangan sampai kandas, itu harapan yang saya tuiliskan malam ini kepada kita semua. Dalam acara “BUPATI NIAS BARAT MENDENGAR” itu ada 19 orang yang berdiri dan menyampaikan harapan2 mereka kepada Bapak Faduhusi Daeli, SPd yang ditunjuk dan dilantik oleh Mentri Dalam Negeri untuk masa jabatan 1 tahun kurang lebih.Setelah selesai kata2 Sambutan maka dialog terjadi, yang naik ke panggung adalah:

  1. R Daeli, Ketua DPP SALOM  (Nias)
  2. Faduhusa Dael, SPd (Pj Buapti Nias)
  3. Taroni Hia(Tokoh Masyarakat Nias dari Medan)
  4. Sinufa Zebua (tokoh Masyarakat Nias dari Jakarta)
  5. Faahakhododo Maruhawa, SE (Ketua Panitia)

Notulis adalah :

  1. Drs. Atozisokhi Daeli, MSP
  2. Ir. Mustika Ranto Gulo
  3. Ariefman Gulo, ST
  4. Era-era Hia, SE
  5. Eta Fajar Wiriatmo Daely, SP.MM

Kesimpulan dalam acara tersebut, bahwa masyarakat Nias Barat merindukan seorang pemimpin Nias Barat akan bertindak sesuai dengan amanat yang diberikan kepadanya untuk dilaksanakan dengan baik dan mampu bermuara kepada kesejahteraan rakyat:

  1. Pemimpin Nias Barat adalah orang yang Takut Akan Tuhan
  2. Mempercepat pembentukan organisasi yang meliputi perangkat kantor Bupati dan Kepala Dinas, serta jajaran lainnya
  3. Mendukung percepatan pembentukan Legislatif kabupaten Nias Barat
  4. Segera mempersiapkan PILKADA yang adil dan terbuka
  5. Komit untuk tidak  KKN
  6. Cara merekruit Pegawai berdasarkan kompetensi, dan tidak mengutamakan golongan atau kelompok tertentu
  7. Program peningkatkan SDM dan SDA diutamakan
  8. Sosiolisasi kepada Maysarakat di Nias Barat tentang kemandirian dan visi misi kesejahteraan
  9. Bidang  Pendidikan menjadi Skala Prioritas serta  memperdayakan masyarakat
  10. Bidang Kesehatan Masyarakat
  11. Perhatian pada bidang Ekonomi pemberdayaan swasta
  12. Melobi Harga hasil komoditi dan harus ada regulasi dengan para tengkulak.
  13. Plt Bupati harus mampu meningkatkan keahlian dan kemapuan  personil PNS
  14. Kab Nisbar, perlu menerapkan ekonomi kerakyatan
  15. Meningkatkan potensi Kelautan
  16. Memperhatikan peningkatan pelayanan PLN
  17. Promosi Wisata Nias Barat, sebagai penghasil devisa.
  18. Hindari Para Pembisik dalam menyusun organisasi nantinya.

Sejuta harpan lainnya tidak terungkap malam ini, namun kami percaya apa yang menjadi kesimpulan tersebut tidak kandas di batu cadas dasar laut samudera hindia atau ba hogo gara zirombu. Mari sama-sama memberdayakan apapun yang ada di masyarakat, saling menghargai dan mengawasi pelaksaan pemerintahan yang adil dan beradab.

semoga , Salam dari saya Mustika Ranto Gulo

Iklan

30 pemikiran pada “Sejuta Harapan, Jangan Kandas Di Dasar Lautan Hindia

  1. Jakau berita ini saya sdh tahu, ini disusupi oleh poltik taik kambing..bulat2, rencananya mendukung salah satu pasangan calon bupati AA Gulo dan Hermit Hia …kampungan

    Jgn pake cara2 gini kawan. Berikan berita baguslah, masyrakat sdh mampu mmbacanya

    Pak Modeator, dihapus dan diboikot pemberitaan ini. kasihan masyrakat kita.

  2. Monday, 16 November 2009 10:25

    Putra Nias Barat di Jakarta pun ikut membangun daerahnya
    Ragam – Features
    BOTHANIMAN JAYA TELAUMBANUA

    D. Fona Marundrury alias Ama Dela salah seorang putra asli Nias Barat ikut memberikan andil dalam pembangunan di daerah asalnya dengan menyalurkan bantuan sosial secara hibah. Dana bantuan mencapai puluhan miliar itu yang dialokasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan dan pemebrdayaan ekonomi masyarakat.

    Keseriusan Fona Marundruri dalam membantu Pemerintah Kabupaten Nias Barat ditandai dengan penandatanganan nota kerjasama dengan Pj bupati Nias Barat, faduhusi Daeli. Sebelumnya pada peristiwa bencana tsunami dan gempa Fona Marundruri telah membuktikan kepeduliannya membangun empat ratusan unit rumah permanent anti gempa di Tetesua kecamatan Sirombu untuk korban bencana melalui Posko Delasiga miliknya.

    Pengusaha muda ini setelah membangun rumah korban bencana alam di Sirombu Nias kembali datang dari Jakarta ke kabupaten Nias Barat dan melakukan pertemuan dengan Pjbupati Nias Barat, Faduhusi Daeli, bersama sejumlah pengurus DPP Salom, tokoh masyarakat, camat dan kepala desa se-kabupaten Nias Barat dan pada Juli lalu.

    Pertemuan awal ini ditindaklanjuti dengan serius untuk menandatangani nota kerjasama di Onolimbu guna merealisasikan program bantuan kepada seluruh masyarakat di Nias Barat sekaligus membantu meringankan beban Pemkab Nias Barat dalam meningkatkan taraf kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di 8 kecamatan se-kabupaten Nias Barat.

    Fona Marundruri alias Ama Dela mengatakan bantuan hibah yang diserahkan kepada warga Nias Barat merupakan pastisipasinya untuk meringankan beban Pemerintah dalam menangani kegiatan pendidikan agar mutu SDM didaerah ini mendapat peningkatan dalam mendalami ilmu pengetahuan melalui metode pemberian beasiswa kepada 525 siswa SD yang orang tuanya tergolong tidak mampu.

    Sedangkan bagi siswa SMP dan SMA diberikan beasiswa kepada yang berprestasi sebesar Rp.500 ribu sampai Rp.900 ribu persemester yaitu untuk juara I-III tingkat kecamatan se-Kabupaten Nias Barat

    Sedangkan kepada guru teladan Kabupaten Nias Barat yaitu guru teladan I diberi hadiah satu unit sepeda motor, guru teladan II dihadiahkan satu unit laptop dan guru teladan III satu unit TV 21 inci yaitu 3 orang ditingkat SD.

    3 orang ditingkat SMP dan 3 orang di tingkat SMA/SMK, serta bantuan 15 Unit komputer kepada SMA Negeri 1 Lahomi . Pemberian bantuan beasiswa ini mulai dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2009/2010 sampai 31 Desember 2010 yang disalurkan melalui Koordinator Posko Delasiga A.A Gulo, SH dan Hermit Hia, SIP. selaku Perwakilan Posko Delasiga di Nias Barat.

    Dibidang kesehatan pengusaha ini akan memberikan pengobatan gratis, khitanan dan bantuan dana bagi pembangunan infrastruktur kesehatan setelah dilakukan survey agar tidak salah sasaran dan tidak dapat dimanfaatkan masyarakat dan juga Fona akan melakukan program pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

    Selain memberikan bantuan sosial bagi peningkatan pendidikan dan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat pengusaha ini akan berinvestasi dengan menyesuaikan usaha yang harus dikembangkan dengan potensi yang ada terutama dibidang peternakan, perikananan, pertanian dan perkebunan karet, kelapa, kakao dan kebun plawija.

    Pj. Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, SPd, Ketua Umum DPP Salom, R. Daeli, SIP, yang mewakili tokoh masyarakat Ta’azokhi Gulo, Anggota DPRD Kab. Nias Khenoki Waruwu dan Tokoh Agama Kalebi Hua S.Th.MTh menyambut baik rencana Fona Marundruri dalam mengalokasikan dana bantuan di daerah Nias Barat.

    Pj Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli pada kesempatan itu mengatakan kerjasama yang telah ditanda tangani merupakan kerjasama yang baik antara Penanggungjawab Posko Delasiga D. Fona Marundruri alias Ama Dela jelas murni sosial dan tidak ada muatan politik. Menurut Pj Bupati Nias Barat, kegiatan ini diproyeksikan untuk dinikmati oleh masyarakat, dan inilah tanda kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Nias Barat

    Menurut Bupati. SDM masyarakat Nias Barat memiliki potensi yang tinggi bila dikembangkan dan hal ini dapat dibuktikan di berbagai instansi dipercaya menduduki jabatan strategis seperti Bupati Nias yang pertama adalah Putra Nias Barat yaitu Bapak Ama Suka Marundruri dan Sekda pertama Ama Sorana Daeli disusul Drs. FG Martin Zebua, juga di tingkat Provinsi Sumatera Utara Kadis Pendidikan pernah dijabat Putra Nias Brata, Drs Taroni Hia termasuk pimpinan organisasi agama di Nias..

    Setelah terbentuk Kabupaten Nias Barat putra Nias Barat banyak putra daerah asal pemekaran menduduki jabatan Eselon II sebanyak 16 orang sebagai Kepala Badan/Dinas ditambah 4 orang di Kabupaten Nias dan 2 orang di Nias Selatan.

    Ref: Waspada Online (16 November 2009)

  3. Pak Bupati Faduhusi daeli, Bgm ini kerja bapak amburadul.

    Tlg diklarifikasi, jika kami ternyata kalah dalam pengum PNS itu

    Bapak hrs bertanggungjawab….

    Pak mentri pejabat sprti ini ditarik dan diganti saja.

    Sejuta harapan kandas ditengah jalan….

    GBU

  4. ” Y A `A H O W U ”
    NIAS BARAT -SIROMBU
    kami anak sirombu bangga mlhat nma ank nias trtera di Dunia maya ( Internet ) . Ya. mdh2han kemjuan teknlgi di daerah kta dpt brdampak pstif bagi peljar2…….. ya`ahowu NISBAR smoga jadi kbpten yang mandiri dan maju di pulau nias .

  5. Laporan Sementara

    Mulai menghangatnya situasi di Nias Barat, menjelang persetujuan struktur organisasi (perangkat Kabupaten baru) sesuai dengan amanah Mentri Dalam Negeri kepada Bupati Plt Faduhusi, SPd sejak tiga bulan lalu pada 26 Mei 2009.

    Tarik-menarik antara kepentingan sangat kuat, mulai tampil kepentingan per area wilayah kecamatan, kepentingan per marga dan kenetinga per organisasi masyarakat. SALOM mendominasi beberapa keputusan2 sehingga disinyalir organisasi itu akan pecah karena tidak mengakomodir kepentingan para sesepuh Nias Barat.

    Sesungguhnya masyarakat Nias itu sangat santun, namun menyangkut masalah ini perlu sangat hati2 untuk memutuskan siapa2 nantinya yg duduk di jabatan2 yg menggiurkan itu

    ada 14 jabatan setingkat Dinas, BKD dan bahkan Staff Ahli serta kasub dan kasubdin diincar oleh PNS dari Nias Induk.

    Persoalan lain adalah pelepasan para calon pejabat itu dari KAb Nis induk belum tentu mendapat persetujuan dari Bupati Nias Binahati B Baeha, karena alasan strategis juga. Bagaimana jadinya Kab Nias indyuk itu jika ditinggalkan oleh SDM2 terbaiknya?

    Dukungan doa kita semua untuk Bapak Faduhusi Daeli, Spd agar tidak goncang dalam mengambil keptusan …apalagi para pembisik yang sangat dominan. Disinyalir beberapa orang yang menjadi sutradara dalam menggodok posisi-posisi itu yang diduga tidak luput dari politik dagang sapi serta KKN.

    Laporan kami bisa di crosscheck lagi dengan beberapa kawan2 dari Nias Barat.

    salam hormat

    Jena S

  6. Yth Ir. Mustika Ranto Gulo

    Kita kembali ke topik saja “sejuta harapan”…kog banyak benar ya pak? Topik demi topik mendingan itu yg dibahas pak, dimoderasi supaya teratur.

    Selain itu, kepada Bapak/Ibu Jena S, ada pertanyaan, “Apa Artinya Guide Order?” apakah sebatas perantara saja? Atau mereka sebagai informen untuk NGO agar bantuan mereka sampai di Nias. Kemudian bagaimana prosesnya sehingga NGO menyerahkannya kepada siapa? Pemkab atau perorangan?

    Jika demikian, maka pembangunan Jembatan dan perumahan itu perlu diaudit, apakah berasal dari dana NGO untuk kemanusiaan atau berasal dari dana Koorporasi atau yang berasal dari seorang Investor. Semua itu atas nama PT (perseroan atau buka?), bagaimana mekanismenya? Jgn mengorbankan rakyat lagi dengan segala kelihaian dan kepintaran kita..kasihan pak Ketum!

    Nias sudah babak belur dgn metode ini pak Ketum, mudah-mudahan tidak ditiru. Mumpung sdh naik ke permuakaan masalah ini Pak Lathe, maka masyarakat wajib bertanya, usaha itu bermuara untuk rakyat atau untuk dagang?

    Mhn Bapak Fena Marunduri juga bisa bantu untuk klarifikasi, saya yakin kita semua berniat baik. Semoga berhasil semua upaya bapak.

    Note: Maso ndraonoda, sahola-hola bawa wolaporkan kasus ini, aila ita.

    Yaahowu
    Herman

  7. Puji Tuhan, …niha khoda! Inilah tantangan, mengapa berat sekali ‘mengakui kelebihan orang lain’…pada hal Putra-putri Nias Barat banyak yang brilian otaknya, banyak yg sdh mapan…mengapa seperti ini? Mari kita bertanya pada rumput yg bergoyang!!!!! maju terus “Niha Khoda”, saohagolo”.

    Syukurlah beberapa website yg sdh hancur karena bangkrut…Tuhan Maha Adil bagi mereka….kita doakan supaya mereka bangkit lagi ya…!

    Saya tawarkan kepada siapapun ono niha nias barat…untuk meneruskan webblog ini.

    kirim kesediaan anda ke mgulo@yahoo.com

    GBU ALL
    Mustika Ranto Gulo

  8. wow,,, saya baru online di web site ini. ternyata dari dulu sampe skrg web site ini tidak pernah berubah, selalu jadi tempat keributan, caci maki dan selalu miss communication.

    Saya bersyukur website www. ya’ahowu dan http://www.niasbarat.org tidak beroperasi lagi, kedua website itu sangat jelek dan tidak mendidik, mudah-mudahan niasbarat.wordpress.com ini bisa lebih baik lagi…

  9. Ngga sempat saya edit ini semua …saya mhn Pak Yas Gulo, kelola saja seterusnya.

    Tuhan, ini doaku…Tolong kami semua, supaya berleh hati yang bijaksana…Amin

    Selamat berjuang kepada semua Ono Niha…jangan pernah berhenti membangun Nias Barat, memikirkan Nias Barat, untuk Nias Barat…jiwaku untuk kemuliaan Tuhan, demi Nias Barat…Haleluyah!

    Amin

    MRG

  10. Saya setuju comment #11, tulisannya tolong share ke saya di yulieli77@yahoo.co.id.

    Apakah memang sulit berinvestasi di Nias? saya curiga cara & pola pikirlah yg harus diperbaiki.

    Jgn bertengkar di media terbuka, adu argun\mntasi boleh2 tetapi jgn menuduh atau menjatuhkan.

    GBU

  11. Senang baca web ini …ketawa dulu hahahaha! Selamat membangu8n Nias kepada Bupati Nias Barat bapak Faduhusi Daeli, SPd.

    @Lathe, sorry ya boss, tolong kurangi cara anda yg tak senonoh untuk mengata2i org lain, ingat ya, Bang Fena tidak setuju cara anda. Kasihan Bang Fena gara2 anda dia ditafsir macam2 ..saya perintahkan anda hentikan bicara keluarga kami di web atau di Face Book. ..! Kami tidak butuh !

    @Pak Ranto selaku Moderator, saya sdh minta Telp Bapak Ke Ab A Moses, tapi ngga nyambung, mhn pak ………mengenai diri Ab Fena agar di Hapus, terasuk semua komentar Lathe di atas. itu bukan dari Kel besar kami.

    Semua ono Niha Bangunlah Nias Barat, setahu saya tidak ada anti pemekaran seperti dugaan Lathe Hia. Mhn Bang era dan Bang Ote nasihati donk adik kalian ini. Malu…sama semua org yg baca sedunia…!

    Tuhan Memberkati
    FM

  12. Pak Mod yth, komentar2 di topik ini di saringlah pak. Komentr Late hia dari dulu memicu hal2 yg tak berguna saja, klau bisa di hapus pak, tak enak di baca. Lagian Pak Late kan punya blok snediri u maki2 org..pikirannya agak diragukan pak. percaya tidak?

    Mhn di hapus saja semua ttg lathe disini, disini dia puja si “A” disana di maki2 pak. tentang diri abang saya yng dia agung2kan, mhn dihapus, kami tidak minta Bang Fena dipuja2 disini atau dimana saja.

    Profilenya saya ragukan, kami sbg pemuda Nias Barat tdk mau diracuni pemkiran seperti ini.

    Aku pikir begitu, pak
    mhn dihapus…dan untuk Bapak Latherian Hia ..ngga usah cape2 mampir ke blog ini pak, dari dulu anda bikin ulah. kasihan deh lu…!

    saohagolo balio!

  13. aduh pak late, sdh lah…anda kayak … hm kurang kerjaan saja …

    semua org ingin maju bos, ingin berbuat apapun…kita senang…tetapi kog Pak late yg panas ….hahaha malu ah

  14. Ternyata ada saja orang Nias Barat yang tidak senang melihat orang lain maju dan berbuat untuk Nias Barat, justru kita seharusnya mendukung dan mendoakan rencana Fena Marunduri untuk membangun kembali Nias Barat melalui Delasiga ini, bukan malah kita curiga dan mempolitisir kegiatan ini dengan berbagai macam tafsiran. Ada opini yang dibangun dari orang-orang tertentu mereka beranggapan aksi sosial ini sebagai strategi untuk merebut kursi No. 1 di Nias Barat. Setelah saya jelaskan dan sedikit mendoktrin kawan-kawan itu dan saya berani pastikan bahwa TIDAK ADA ARTINYA BUAT DI FENA UNTUK MENJADI BUPATI NIAS BARAT, akhirnya ” Niha sifawea-wea da’o” malu sendiri karena banyak program dan rencananya untuk membangun Nias Barat dan sudah di ekspos kemana-mana namun belum terwujud sampai saat ini masih di alam mimpi. He.He.He..

    Menarik bagi kita untuk mengetahui cara menangkap kepiting! Sebuah kotak ditaruh dalam air, sisi bagian atas dibiarkan terbuka untuk memungkinkan kepiting masuk. Jika kotak itu sudah penuh barulah ditutup. Sebenarnya kepiting-kepiting itu bisa keluar sebelum kotak itu ditutup, namun hal itu tidak pernah terjadi, karena disaat seekor kepiting mencoba keluar, maka yang lain ikut merangkak, sehingga mereka saling tarik sehingga tidak seekorpun berhasil keluar. Seorang yang mempunyai sifat iri hati. tidak senang melihat orang lain maju bahkan dia akan berusaha menggagalkannya. Dia sendiri pun tidak pernah pernah bisa maju sebab ketika dia diperhadapkan pada kenyataan dia tidak mampu mengatasinya. Itu tandanya bahwa dia tidak rela disaingi !!

    Maksud saya menulis ini supaya kita menghindari gosip murahan seperti itu sehingga tidak mengurungkan niat orang-orang Nias Barat yang ingin berbuat sesuatu untuk Nias Barat. Maju terus Bung Fena Marunduri, Tuhan yesus memberkatimu.

  15. Ternyata ada saja orang Nias Barat yang tidak senang melihat orang lain maju dan berbuat untuk Nias Barat, justru kita seharusnya mendukung dan mendoakan rencana Fena Marunduri untuk membangun kembali Nias Barat melalui Delasiga ini, bukan malah kita curiga dan mempolitisir kegiatan ini dengan berbagai macam tafsiran. Ada opini yang dibangun dari orang-orang tertentu (yang notabene anti pemekaran selama ini) mereka beranggapan aksi sosial ini sebagai strategi untuk merebut kursi No. 1 di Nias Barat. Setelah saya jelaskan dan sedikit mendoktrin kawan-kawan itu dan saya berani pastikan bahwa TIDAK ADA ARTINYA BUAT DI FENA UNTUK MENJADI BUPATI NIAS BARAT, akhirnya ” Niha sifawea-wea da’o” malu sendiri karena banyak program dan rencananya untuk membangun Nias Barat dan sudah di ekspos kemana-mana namun belum terwujud sampai saat ini masih di alam mimpi. He.He.He..

    Menarik bagi kita untuk mengetahui cara menangkap kepiting! Sebuah kotak ditaruh dalam air, sisi bagian atas dibiarkan terbuka untuk memungkinkan kepiting masuk. Jika kotak itu sudah penuh barulah ditutup. Sebenarnya kepiting-kepiting itu bisa keluar sebelum kotak itu ditutup, namun hal itu tidak pernah terjadi, karena disaat seekor kepiting mencoba keluar, maka yang lain ikut merangkak, sehingga mereka saling tarik sehingga tidak seekorpun berhasil keluar. Seorang yang mempunyai sifat iri hati. tidak senang melihat orang lain maju bahkan dia akan berusaha menggagalkannya. Dia sendiri pun tidak pernah pernah bisa maju sebab ketika dia diperhadapkan pada kenyataan dia tidak mampu mengatasinya. Itu tandanya bahwa dia tidak rela disaingi !!

    Maksud saya menulis ini supaya kita menghindari gosip murahan seperti itu sehingga tidak mengurungkan niat orang-orang Nias Barat yang ingin berbuat sesuatu untuk Nias Barat. Maju terus Bung Fena Marunduri, Tuhan yesus memberkatimu.

  16. Bung Ama Maya Gulo Alias Ranto,

    Saya tulis bang sedikit artikel untuk dimuat sdh saya kirim ke banuada@niasbarat.com. Mohn di edit…trims sebelumnya.

    Selama studi disini, saya banyak masukan yg berharga, termasuk perilaku bisnis keluarga dan kendala-kendalnya. Sedikit saya sdh bisa bahasa Nias. hahaha.
    Bang, isi artikel saya itu berkisar pada “Nias Barat Bukan Tempat Investasi yang Menguntungkan”. Banyak investor Putra Daerah ingin meliriknya, akhirnya mundur satu2 bang, karena trend bisnis 5 tahun ke depan sangat beresiko. ada beberapa alsan saya, coba diedit bang, ….!

    Saya tdk percaya bahwa Putra Daerah Seperti Vena akan investasi ke Nias kalau itu uangnya sendiri, itu namanya buang sial!, Perumahan yg dibangun saja menjadi persoalan dari sisi daya beli masyarakat hanya 27%, shg investasi mereka hanya berupa lips service kpd masyarakat dengan tujuan yang susah ditebak. Kecuali dibagi-bagi….saja gratis. Jadi, banyak yang nebeng diproyek sosial (Dana NGO luar) dan mengatasnamakan pribadi mereka di Nias, pada hal mereka tadinya hanya sebatas guide order… Investasi bisa2 kembalinya 30 tahun lagi, dari sisi feasibility study ….hahahaha, tidak feasible bang.

    Jadi, kita perlu hati2, ..namun kalau ada kelebihan uang di JKT tolong lanjutkan…seperti kalimat pertama commentar #6.

    Yaahowu ita fefu !!!!

    Jena S

  17. Saya setuju dengan judul goresan ini “Sejuta harapan” ..hehehehe Ama maya …bisa2 saja memilih judul brita ..jadinya hangat u dibicarakan. Pak, Ama Maya YTH….aku setuju harapan anda itu

    “biarkan org2 berlomba2 menggagas ide dan mewujudkannya…berlomba2 membangun Nias barat.

    sayangnya Pak, banyak yang menjadi Tuka Homba, sameta-meta tanga ia na baga …ba nalo baga ilau ma’igi-igi…hehehehe.

    Rame2 saja bang bangun daerah masing2 ngga usah terlalu global !!!!

    Yaahowu

  18. Untuk menindaklanjuti komentator no. 6 Sdr. Lathe Hia,

    Ya’ahowu!

    Kita perlu berikan apresiasi yang tinggi & dukungan atas rencana perusahaan Delasiga atau group untuk berinvestasi di Kanisbar dengan 3 (tiga) zona main master plan-nya yakni: zona pendidikan, zona kesehatan dan zona pemberdayaan ekonomi masyarakat. Diharapkan perencanaan main master plan tersebut bersinergi dengan zona pembangunan Pemkab Nisbar minimal untuk 5 (lima) tahun ke depan.

    Dalam perencanaan main master plan atau grand strategy diusahakan berpusat kepada masyarakat dimana masyarakat ditempatkan sebagai subject untuk mengetahui persoalan utama, mengukur & menganalisis potensi SDM/SDA sehingga secara bersama-sama melakukan suatu improvement kreatif dan inovatif yang sifatnya menyeluruh & komprehensif. Objectivenya kelak/di kemudian hari: mencapai suatu kemandirian di Kanisbar yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakatnya (output). Harus dilakukan secara menyeluruh & komprehensif, karena jika hanya dilakukan secara parsial maka akan memberi implikasi yang kurang signifikan pada outputnya. Semoga bermanfaat & Kanisbar kian jaya. Tuhan Yesus memberkati.

    =Simpatisan=

  19. Bang Lathe, bosan negaca brita itu..itu trus, di face book gw hapus tau nnga…

    Smua ingin dipuji …semua ingi di angungkan…

    diam2 saja bang…

    Bosan.

  20. Pak Late,

    trims infonya bung, Analisa saya atas kegiatan Pak Fena marundii sangat positif. Namun, steleah kami cob hub dari salah sorg putra daerah kemain, berita ini katanya dibesr-besarkan. Dia rendah hati sekali ya?
    Beliau ini pantasnya jadi wakil Gub sumut ..minimal… atau asst I MENKOKESRA untuk wil barat Indonesia.

    Kami dengan Dana yg sdh mengalir membngun P Nias lebih besar anggran Kabupaten. Satu prestasi hebat ya pak. # triliun yg trakhir di terima vena dari Arabsaudi, perlu dianalisa pak LATE, apakah itu isu saja atau benaran, nanti bisa jadi heboh di masyarakat kita.

    Cuma saya ingi konfirmasi …sulit sekali.

    Salam saya
    PUtra Nias Barat
    HGL

  21. BUNG FENA MARUNDURI alias A. Della lanjutkan pembangunan di Nias Barat.

    *BUNG JUJUR FONANIA MARUNDURI atau biasa dikenal A. DELLA KEMBALI BERBAKTI KE KABUPATEN NIAS BARAT

    *BHAKTI SOSIAL DI NIAS BARAT KEMBALI MELANJUTKAN PEMBANGUNAN POSKO DELASIGA SIAP AMBIL PERAN

    KANISBAR, Delipos

    Salah seorang pengusaha asli putra daerah Nias Barat, Bung Fona alias Ama Della kembali melakukan bhakti sosial demi kemajuan dan perkembangan masyarakat Nias Barat. Hal ini terbukti dengan apa yang pernah dilakukannya pada waktu paska gempa dan tsunami dimana pada waktu itu dia membangun beberapa perumahan sekitar 700 unit dan satu unit gedung sekolah di Hinako yang diperuntukan bagi masyarakat korban gempa dan tsunami dengan membentuk satu posko dengan nama Posko Dela Siga. Setelah terbentuknya Kab. Nias Barat, Ia kembali melanjutkan Bhakti sosial tersebut dengan diaktifkannya kembali Posko Dela siga yang di Koordinir Hermit Hia, Sip dan AA Gulo, SH, MH.

    Kedatangan Bung Fona alias A. Della Marunduri di Nias bersama ketua PMHS (persatuan masyarakat Hinako se JABODETABEK) Ir. Tiberius Zalukhu dan rombongan lainnya dari Jakarta Kamis (23/7) di sambut meriah oleh sejumlah masyarakat Sirombu dan Hinako yang mana pada malam Jum’at (25/7) diadakan temu ramah dengan masyarakat Sirombu dan Hinako yang berdomisili di Gunungsitoli yang dilaksanakan di Miga Beach. Pada acara tersebut Bung Fona mengungkapkan akan membantu masyarakat Nias barat dan khususnya masyarakat Hinako dalam tiga sektor yang paling utama yaitu sektor pendidikan, sektor kesehatan dan sektor di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

    Keesokan harinya Bung Fona bersama rombongannya dari Jakarta dan koordinator Posko Dela Siga Hermit Hia, S.ip dan A.A Gulo, SH, MH serta sejumlah tokoh masyarakat Sirombu-Hinako melanjutkan perjalanan ke Nias barat dengan mengadakan temu ramah kepada masyarakat Onolimbu dan sekitarnya serta Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daeli, S.pd dan seluruh jajaran SKPD di Pemkab Nias Barat serta anggota DPRD Kab. Nias yang berasal dari Nias Barat di Gereja BNKP Onolimbu resort 19. Hal yang sama juga dikatakan bung Fena pada acara tersebut dengan dituturkannya lagi kalau akan menanamkan modalnya di Nias barat demi berkembangnya perekonomian masyarakat. Program ini akan di bantu juga oleh PMHS yang telah kami bentuk di Jakarta. Akan tetapi dalam menanamkan modal ini untuk membuat usaha, tetap saja tergatung bagaimana kesepakatan dan kerjasamanya Pemerintah Kab. Nias Barat nantinya.

    Pjs. Bupati Nias Barat FD Daeli S.Pd dalam sambutannya mengatakan gerakan cepat yang saya laksanakan ini setelah dilantik Mendagri H.Mardiyanto di Jakarta tanggal 26 Mei 2009 merupakan wujud nyata dalam memajukan pembangunan Kabupaten Nias Barat ( 8 kecamatan ), model Bupati sekarang harus selalu turun ke lapangan apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat dan mengajak investor untuk menanamkan modalnya di Nias Barat. Agar pendapatan perkapita masyarakat dapat meningkat, perlu juga adanya sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang tetap, maka Pemkab Nias Barat memberikan kemudahan kepada investor untuk berinvestasi di wilayah Kabupaten Nias Barat, karena lahan tidur di Nias Barat banyak yang belum diolah seperti disektor pertanian, perikanan yang lautnya cukup luas dan berpotensi untuk membudidayakan ikan diwilayah kepulauan Hinako, pengelolaan objek wisata bahari di Pulau Asu dan Pulau Bawa (lokasi surfing) dan pengolahan getah karet dari bahan mentah menjadi bahan jadi, tandas Daeli sambil menyerahkan buku informasi potensi yang dimiliki Nias Barat dan souvenir khas Nias Barat kepada Bung Fõna.

    Mantan Calon wakil Bupati Nias Zemi Gulo SH juga menyampaikan pendapatnya diruang diskusi yang dipandu A.A Gulõ,. SH, MH mengatakan kedatangan Bung Fena alias Ama Della ke daerah ini disambut dengan gembira oleh 84 ribu warga Nias Barat karena tujuan Ama Della menanam modal di sektor Paendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan ekonomi masyarakat, maka dalam hal ini diharapkan kepada seluruh tokoh-tokoh dan elit politik Nias Barat agar selalu mengamankannya dan mendukung kegiatan itu. Ia menegaskan kalau Ama Della gagal jangan harap investor datang lagi ke daerah ini, ujar Zemi dengan tegas.

    Acara tersebut berjalan dengan baik hingga sampai selesai, sehingga seluruh masyarakat menyambutnya dengan penuh sukacita, sembari berkata akan mendukung dan membantu segala kegiatan yang akan dilaksanakan Bung Fona bersama Dela siga dan PMHS kedepan. Selesainya acara itu rombongan langsung berkunjung di Hinako menemui masyarakat yang berdomisili di sana. Sesampainya di Hinako, dengan gembira masyarakat menyambut kedatangan Bung Fena dan Rombongannya. Hingga mengadakan acara yang sama di gedung sekolah yang di bangun Dela Siga. Pada acara tersebut beberapa masyarakat menyampakan keluhan yang selama ini mereka alami kepada Bung Fona dan PMHS agar bisa di bantu, baik perekonomian madyarakat maupun fasilitas lainnya.

    Pada kata sambutannya Bung fona tetap saja menuturkan hal yang sama, namun hal ini demi kelancaran seluruh program kegiatan yang telah di rencanakan maka ia menghimbau masyarakat untuk selalu bekerjasama dan bahu membahu. Namun semua keluhan masyarakat tetap di tampung untuk jadi bahan yang akan di bicarakan pada pertemuan di organisasi PMHS di Jakarta. Selanjutnya Setelah selesai acara itu Bung fona dan rombongan, keesokan harinya, Minggu (27/7) kembali ke Gunungsitoli. Di perjalanan menuju Gunungsitoli ianya mampir melihat perumahan di komplek Dela Siga dan sempat mampir di gereja ONKP sirombu. (Fesianus Ndraha)

    DELASIGA LANJUTKAN PEMBANGUNAN DI KANISBAR
    • Pj BUPATI KANISBAR SAMBUT DENGAN BAIK INVESTOR
    • Posko Delasiga dikoordinir Hermit Hia S.Ip dan A.A. Gulo
    .
    KANISBAR, Delipos
    Direktur Perusahaan Delasiga Bung Fόna alias Ama Dela pada acara temu ramah Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli S.Pd bersama jajarannya dan Tokoh masyarakat/agama/pemuda dan Pengurus DPP Salom di Gereja BNKP Jemaat Onolimbu Sabtu (25/07/2009) nyatakan kesediaannya menginvestasikan modal usahanya di Kanisbar (kabupaten Nias Barat ) Pernyataan ini diungkapkan pada saat menyampaikan paparan dihadapan ratusan peserta temu ramah sembari mengatakan pada tahap awal ini saya (Fona red) akan menanamkan modal di tiga sektor yang menyentuh kepentingan masyarakat yaitu di sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan dan di Bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Mengawali kegiatan ketiga program ini dimulai dari kegiatan pemberian dana bantuan kepada murid SD yang orangtuanya tergolong tidak mampu, sedangkan untuk siswa/i SLTP dan SLTA diberi dana beasiswa kepada putra/i di seluruh Kab.Nias Barat yang berprestasi sesuai kriteria yang telah ditetapkan Pimpinan Posko Delasiga yang dikoordinir oleh Saudara AA Gulō SH, MH ( Ama Agnes ) dan Hermit Hia S.Ip ( Ama Herti ) dan beberapa mitra kerja lainnya dan dukungan dari masyarakat, apalagi Pjs. Bupati Nias barat Selaku pribadi maupun atas nama Perusahaan Delasiga Saya menyampaikan terima kasih kepada tokoh masyarakat, DPP Salom dan para Camat, dan warga masyarakat yang telah menyatakan dukungannya membantu kegiatan penanaman modal di daerah ini dan kepada Bapak Bupati diharapkan kiranya dapat menyampaikan rencana kerja sama ( MOU ) yang akan kita buat agar investasi yang kita tanamkan di daerah ini selalu aman dan berhasil sesuai dengan kehendak kita semua. Sesuai dengan investasi budidaya ikan yang telah saya tanam di 10 Kabupaten lainnya di Indonesia, diantaranya di Kalimantan kami dapat hasil setiap bulan sebesar Rp 20 miliar karena investasinya aman, maka ditahap awal ini harus kita selalu serius menjamin keamanan investasi dan jangan dicoba-coba untuk bermain-main setelah saya tanam, kalau ada yang main-main akan saya sikapi karena umumnya pengusaha menginginkan modalnya kembali dan mendapat utung yang bernuansa meningkatkan pengembangan usaha dan meningkatkan PAD Pemda dan pendapatan warga masyarakat setempat.

    Anggota DPRD Kabupaten Nias TD Gulõ S.Pd bersama Ketua DPP Ormas Salom Raradodo Daeli S.Ip dan Mantan Ephorus ONKP Pdt B Hia S.Th memuji kinerja Bupati Nias Barat yang baru dua bulan setelah dilantik Mendagri H.Mardiyanto di Jakarta (26/05/2009) berhasil mendatangkan investor seraya mengatakan kami sangat senang atas kedatangan Bung Fena als Ama Della atas berkenaannya menginvestasikan modalnya dalam mengisi pembangunan Kabupaten Nias Barat, kepada Ama Della dan rekan-rekan dari Jakarta diucapkan selamat, semoga kerjasama yang telah dimulai hari ini dapat berlangsung dengan baik dan memberi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Nias Barat., ujar mereka senada pada acara ramah tamah di Gereja ONKP Onolimbu,Sabtu5/07/2009).

    Hadir pada acara itu, Mantan Sekda Kabupaten Nias Drs. FGM Zebua, Anggota DPRD Kabupaten Nias TD Gulo S.Pd, Drs Evolut Zebua, Ketua TP PKK Ny. FD Daeli, Mantan Ephorus ONKP Pdt B Hia S.Th, Ketua DPP Salom Raradodo Daeli S.Ip, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Hermit Hia S.Ip, Kaban Kesbang dan Linmas Kab Nias A.A. Gulo SH, MH, Ama Feri Marunduri dari Jakarta, Tony dari Jakarta, Para camat se-Kab.Nias Barat diantaranya Sozisokhi Hia SH, Para Kepala Desa dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan se Nias Barat, Mahasiswa yamg PKLM dan warga masyarakat yang sangat mendukung Sekretaris LSM Yapema Hadirat ST Gea yang di hubungin jurnalis melalui selulernya mengatakan Diminta kepada seluruh warga masyarkat sekabupaten nias barat agar mendukung kedatangan Bung Föna dalam melanjutkan pembangunan di Kanisbar, sehoingga ekonomi masyarakat dapat bertambah serta kepada Bung Föna juga dengan secepatnya merespon keluhan-keluhan masyarakat setempat.
    Lanjutnya mengatakan di minta dengan secepat mungkin kepada Pj Bupati Nias Barat agar memberikan kemudahan-kemudahan kepada investor temasuk kepada Bung Föna, mengakhiri .(Fesianus Ndraha)

  22. Laporan sementara, pak!

    Sejauh ini belum ada dana u operasional Kab Nias Barat itu, masih negosiasi dengan Nias Induk, apa ada solusi dari teman2 setanah air.

    Terus terang sangat memprihatinkan semua pihak, pak. Mari bersatu u bangun daerah kita. Kami harap sdr2 di Manapun asal Nias barat jgn diam saja…

    yahowu

  23. Semoga antara harapan dan kenyataan akan berjalan selaras sesuai yang diharapkan dan yang di inginkan oleh semua pihak yang ada di nias. Salam berjuang dan tetap bersemangat.

  24. PANITIA SYUKURAN KABUPATEN NIAS BARAT:

    Onolimbu, 17 Juni 2009

    Syalom,

    Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa atas peresmian Kabupaten Nias Barat pada tangga 26 Mei 2009 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri RI. Maka dengan ini, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Acara syukuran yang dilaksanakan pada:

    Hari, Tanggal : Jum’at, 03 Juli 2009
    Dimulai pukul : 10.00 Wib pagi
    Bertempat : Balai Serba Guna Kab. Nias Barat

    Demikian disampaikan, kehadiran Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

    an. Panitia

    ZEMI GULO, SH (Ketua)
    YUPITER HIA,S.IP (Sekretaris)

    Turut mengundang:
    FADUHUSI DAELI, S.PD (Pj. Bupati Nias Barat)
    RARADODO DAELI, S.IP. (Ketua Umum DPP SALOM)

    ———————————————————————————-

    SUSUNAN ACARA SYUKURAN KABUPATEN NIAS BARAT SEBAGAI BERIKUT:

    I. ACARA PENYAMBUTAN
    a. Kata pengantar
    b. Fangowai dan Fame’e afo

    II. UPACARA NASIONAL
    a. Lagu Indonesia Raya (Drs. TS. Gulo)
    b. Hening Cipta (Pj. Bupati Nias Barat)
    c. Lagu “Ya’ahowu Kanisbar” (VG. Ya’ahowu kanisbar)

    III. ACARA SYUKURAN
    a. Laporan Panitia (Zemi Gulo, SH)
    b. Ibadah Syukuran (P. Romanus Daeli, O.F.Cam)
    c. Tari Ya’ahowu ( Siswa SMPN 1 Sirombu)
    d. Kata Sambutan DPP SALOM (Raradodo Daeli, S.IP)
    e. Lagu ” He tano niha” ( Siswa SMUN 1 Sirombu)
    f. Kata sambutan mewakili Putra Nias Barat (Firman Jaya Daeli, SH)
    g. Tari Folaya saembu ( Siswa SMAN 1 Sirombu)
    h. Kata sambutan Ketua DPRD Kab. Nias ( M. Ingati Nazara, A.Md)
    i. Kata sambutan Bupati Nias Selatan ( Fahuwusa Laia, SH,MH)
    j. Kata sambutan Bupati Nias (Binahati B. Baeha, SH)
    k.Kata sambutan Pj. Bupati Nias Barat (Faduhusi Daeli, S.Pd)

    IV. ACARA KHUSUS
    a. Istirahat/Jedah
    b. kata Penutup (Abia Waruwu, BA)

  25. PANITIA SYUKURAN KABUPATEN NIAS BARAT:

    Onolimbu, 17 Juni 2009

    Syalom,

    Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa atas peresmian Kabupaten Nias Barat pada tangga 26 Mei 2009 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri RI. Maka dengan ini, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Acara syukuran yang dilaksanakan pada:

    Hari, Tanggal : Jum’at, 03 Juli 2009
    Dimulai pukul : 10.00 Wib pagi
    Bertempat : Balai Serba Guna Kab. Nias Barat

    Demikian disampaikan, kehadiran Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

    an. Panitia

    ZEMI GULO, SH (Ketua)
    YUPITER HIA,S.IP (Sekretaris)

    Turut mengundang:
    FADUHUSI DAELI, S.PD (Pj. Bupati Nias Barat)
    RARADODO DAELI, S.IP. (Ketua Umum DPP SALOM)

    SUSUNAN ACARA SYUKURAN KABUPATEN NIAS BARAT SEBAGAI BERIKUT:

    I. ACARA PENYAMBUTAN
    a. Kata pengantar
    b. Fangowai dan Fame’e afo

    II. UPACARA NASIONAL
    a. Lagu Indonesia Raya (Drs. TS. Gulo)
    b. Hening Cipta (Pj. Bupati Nias Barat)
    c. Lagu “Ya’ahowu Kanisbar” (VG. Ya’ahowu kanisbar)

    III. ACARA SYUKURAN
    a. Laporan Panitia (Zemi Gulo, SH)
    b. Ibadah Syukuran (P. Romanus Daeli, O.F.Cam)
    c. Tari Ya’ahowu ( Siswa SMPN 1 Sirombu)
    d. Kata Sambutan DPP SALOM (Raradodo Daeli, S.IP)
    e. Lagu ” He tano niha” ( Siswa SMUN 1 Sirombu)
    f. Kata sambutan mewakili Putra Nias Barat (Firman Jaya Daeli, SH)
    g. Tari Folaya saembu ( Siswa SMAN 1 Sirombu)
    h. Kata sambutan Ketua DPRD Kab. Nias ( M. Ingati Nazara, A.Md)
    i. Kata sambutan Bupati Nias Selatan ( Fahuwusa Laia, SH,MH)
    j. Kata sambutan Bupati Nias (Binahati B. Baeha, SH)
    k.Kata sambutan Pj. Bupati Nias Barat (Faduhusi Daeli, S.Pd)

    IV. ACARA KHUSUS
    a. Istirahat/Jedah
    b. kata Penutup (Abia Waruwu, BA)

  26. Smoga harapan kita unk kesejahteraan masyarakat nias barat bisa terwujud.

    Saohagolo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s