Webhosting Nakal, merugikan umat manusia

Jakarta, 24 Maret 2009

http://www.niasbarat.com mati, karena webhosting http://www.microcyber.net bermasalah. Masalahnya apa? Hanya Tuhan yang tahu, karena hari ini adalah hari ke 11 sejak web hosting ini mati dan pemiliknya entah kemana. Sejak tanggal 13 Maret 2009 webhosting ini trouble serta website lainnya yang dihosting di microcyber juga mati.

Sakit sekali kalau kita menjadi korban penipuan teman sendiri atau bahkan saudara sendiri yang sama-sama berjuang mengelola bisnis dari nol. Anda percaya atau tidak apa yang dilakukan oleh webhosting nakal, mereka telah merugikan umat manusia di seluruh dunia. Karena pemakai jasa internet itu adalah umat manuisa secara world wide. Dosa mereka seperti apa? Apakah Tuhan akan Diam????

Oleh karena itu saya sarankan kepada saudara-saudara baca artikel ini sebelum anda hosting ditempat manapun.  Saya kutip artikel ini dari blog tetangga, karena saya telah mengalami betapa sakitnya http://www.niasbarat.com dihancurkan oleh webhosting bermasalah http://www.microcyber.net yang dikelola oleh Abang Ebenezer Hia alias Ama Micahel Hia alias ebenhia@yahoo.com

(kiriman):

Acuan / Referensi Memilih Web Hosting

Saat ini bisnis web hosting seperti layaknya jamur dimusim hujan yang mengakibatkan terjadinya beberapa jenis persaingan yang tidak sehat (bahkan cenderung dapat dikatakan melakukan beberapa trik penipuan).

Agar hal ini tidak terjadi kepada Anda, berikut ini adalah beberapa saran yang dibuat atas berbagai keluhan yang sempat kami terima.

1. Pastikan Perusahaan Penyedia Jasa Hosting yang dipergunakan :

·

Aturan pertama; pastikan kredibilitas penyedia jasa Web / Email Hosting yang akan dipergunakan memiliki sebuah perusahaan berbadan hukum serta memiliki alamat kantor yang jelas, dan sedikitnya telepon yang dapat dihubungi selama hari dan jam kerja.

·

Banyak penyedia jasa yang merupakan bisnis sambilan dan coba-coba, mereka tidak memiliki server dan infrastruktur sendiri, serta tidak memiliki dukungan teknis yang dibutuhkan. Dan yang terpenting adalah tidak memiliki badan hukum (perusahaan) yang jelas. Kemana anda akan menuntut bila sewaktu-waktu website atau email anda bermasalah?

2. Cek Referensi yang ada :

·

Aturan kedua; pastikan perusahaan penyedia jasa Hosting yang akan digunakan memiliki refferensi serta reputasi yang baik, minimal satu tahun.

·

Banyak perusahaan Hosting mengklaim bahwa mereka telah meng-hostkan ratusan bahkan ribuan website tanpa memberikan (menampilkan) daftar pelanggannya di Internet. Apa yang harus ditakutkan bila memang benar pelanggan mereka ada sebanyak yang mereka klaim, bukankah daftar pelanggan menambah kepercayaan konsumen serta dapat meningkatkan hits pada website pelanggan mereka.

·

Pastikan juga bahwa daftar pelanggan tersebut adalah benar, luangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan dengan cara mengunjungi beberapa website yang ada didaftar secara acak. Bila perlu hubungi salah satunya untuk memastikan dan minta referensi.

3. Pastikan anda mengerti Terms Of Service yang berlaku :

·

Terms of Service (TOS) merupakan suatu perjanjian syarat dan kondisi dalam menggunakan fasilitas hosting yang harus anda setujui selama menjadi pelanggan.

·

Pastikan anda mengerti dan memahami isi perjanjian TOS tersebut, bila tidak jangan segan-segan untuk menghubungi provider tersebut untuk minta penjelasan yang lebih jelas.

·

Bila provider anda tidak memiliki TOS maka jangan ragu-ragu untuk meninggalkannya.

·

Bandingkan TOS dari beberapa provider sebelum anda memutuskan!

4. Sebaiknya anda memiliki kontrak Hosting :

·

Bila website dan email merupakan hal yang kritikal bagi bisnis anda, maka sebuah kontrak tertulis yang mencakup TOS akan menjadi sangat berguna dikemudian hari.

·

Lazimya bisnis Hosting di luar negeri tidak membutuhkan kontrak, tapi di Indonesia untuk menghindari kerugian-kerugian yang mungkin timbul akibat banyaknya penyedia jasa yang nakal sebaiknya anda memiliki kontrak Hosting yang jelas dan berkekuatan hukum (diatas materai).

5. Perhatikan Web Space yang dijanjikan :

Perhatikan betul penawaran Webspace yang dijanjikan kepada anda, banyak yang menggunakan kata Unlimited (tidak terbatas) pada penawarannya, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada penawaran Unlimited :

·

Unlimited Email Account

Kalimat diatas berarti anda bisa memiliki Email tidak terbatas, perhatikan juga kapasitas space hosting yang ditawarkan, apabila mereka menawarkan 10 MB dengan fasilitas Unlimited Email apakah mungkin? Logikanya bila anda membuat 100 Email account saja dengan kapasitas hosting 10 MB maka setiap mailbox hanya akan memiliki kapasitas 100 KB saja.

·

Unlimited Space

Tempat tidak terbatas diberikan oleh beberapa penyedia jasa Hosting, dalam hal ini kapasitas tersebut mungkin saja diberikan kepada pelanggan tanpa batasan dengan pertimbangan bahwa sebagian orang menggunakan lebih banyak dan sebagian lagi menggunakan hanya sedikit saja. Sementara pada beberapa provider lain menawarkan fasilitas Unlimited Space dengan ketentuan tidak melebihi 3GB misalnya.

Selain itu tempat tidak terbatas yang ditawarkan juga perlu diperhatikan betul peraturannya (khususnya di Interaksi.co.id), biasanya pada penawaran ini juga dilampirkan ketentuan-ketentuan khusus seperti tidak diperkenankan untuk meletakan file-file tertentu yang tidak berhubungan dengan website di server dan pelanggan dilarang untuk menempatkan website pihak ketiga pada account pelanggan.

Ada juga sebagian penyedia jasa Hosting yang menyebutkan unlimited space tapi bila anda sudah menggunakan resources diatas rata-rata maka akan dikenakan biaya tambahan. Hati-hati dengan yang satu ini.

·

Unlimited Space & Unlimited Email

Hingga saat ini sepertinya hanya PT. Interaksi Intimedia ( www.interaksi.co..id ) saja yang dapat menyediakan jasa ini dengan account yang bernama Corporate Mail.

Jasa ini diberikan dengan catatan bahwa Anda bisa memiliki email sebanyak yang anda butuhkan untuk perusahaan anda, tapi tidak boleh untuk digunakan pihak ketiga seperti jasa Free Email misalnya.

6. Perhatikan kepemilikan Domain Name anda :

·

Hampir semua webhosting menyediakan fasilitas pendaftaran domainname. Anda yang tidak mengerti benar seluk-beluk pendaftaran nama domain biasanya akan menerima begitu saja nama domain situs Anda tanpa mengetahui siapa pemilik domainname tersebut.

·

Pastikan anda merupakan pemilik Domain, penting bagi anda untuk melihat isi kontrak (atau TOS) dan melihat pasal yang bersangkutan dengan kepemilikan domain.

·

Pastikan bahwa sebagai pemilik anda dapat memindahkan kemanapun atau merubah data apapun yang diperlukan sehubungan dengan domain tersebut.

·

Bila perlu daftarkan sendiri domain yang anda inginkan ke berbagai domain registrar seperti di www.register.com , www.itsyourdomain.com , www.dotregistrar.com atau www.networksolutions.com dan www.idnic.net.id untuk domain Indonesia. Dengan demikian anda memiliki hak dan akses penuh atas domain tersebut.

7. Pastikan Website anda bebas dari Banner :

·

Pastikan website anda bebas dari Banner atau iklan bila memang itu tidak anda inginkan. Anda membayar sebuah jasa hosting untuk menampilkan website yang membawa citra perusahaan anda…. bukan orang lain!.

·

Beberapa penyedia jasa dengan sengaja mengambil keuntungan dari Banner-banner (iklan) yang dipasang pada website pelanggannya.

8. Harga bukan segalanya :

·

Harga bukanlah segalanya, pastikan anda mendapat dukungan teknis yang profesional bila dibutuhkan. Perhatikan fokus / arah perusahaan tersebut, pada beberapa perusahaan menawarkan penjualan nama domain dengan harga khusus berikut bonus fasilitas hosting gratis, umumnya mereka tidak menyediakan dukungan teknis, karena fasilitas hosting yang diberikan merupakan pelengkap dari nama domain yang dibeli dari mereka.

Baca juga di :

http://www.citrahost.com/artikel_detail.php?act=view&id=2

Iklan

7 pemikiran pada “Webhosting Nakal, merugikan umat manusia

  1. Ping balik: Web Hosting Indonesia, Bali Web Design Murah » Blog Archive » Web Hosting & Domain Register Bermasalah

  2. http://forum.kompas.com/internet/17202-microcyber-net-masalah-domain-hosting.html

    Klient sudah lakukan berbagai cara untuk menghubunginya. Pertelepon/HP, SMS, email dan Forum. Keliatannya beliau gak mau gubris. Saya dengar-dengar ada sebagian besar klien berkumpul untuk lapor ke Polisi (katanya ke Ploda Metro Jaya Jakarta).

    DI sisi lain saya dengar bahwa Owner microcyber.net adalah caleg dari Partai HANURA asal Nias Sumatra. Jika hal ini terjadi (di Laporkan ke Polda Metro Jaya) maka masalah ini akan menjadi masalah nasional dan ada 3 hal yang menjadi imbas:
    1. Jika Pak Eben (owner Microcyber.net) tidak selesaikan masalah ini maka ia akan kehilang kepercayaan dari masyarakat, suara untuk mendukung dia akan berkurang
    2. Jika Pak Eben tidak mencapai target Politiknya (tidak lolos caleg), maka dia kehilangan kepercayaan dan kehilangan bisnis via dunia maya.
    3. Jika Pak Eben adalah kader/caleg dari Partai HANURA, dan partai HANURA tidak cepat ambil action dalam masalah ini, apalagi sekarang saat berkampanye, lalu di hembus oleh masalah dari pak yang sebenar masalah ini adalah masalah dari Pak Eben, namun tetap kena getah/imbas ke Partai HANURA. Saya sudah coba kirim email ke Partai HANURA agar lebih proaktif terhadap masalah ini, jika benar pak Eben caleg dari Partai Hanura.
    __________________
    Eddy Harianto dari Web Hosting Indonesia
    Denpasar – Bali – Indonesia

    Klient sudah lakukan berbagai cara untuk menghubunginya. Pertelepon/HP, SMS, email dan Forum. Keliatannya beliau gak mau gubris. Saya dengar-dengar ada sebagian besar klien berkumpul untuk lapor ke Polisi (katanya ke Ploda Metro Jaya Jakarta).

    DI sisi lain saya dengar bahwa Owner microcyber.net adalah caleg dari Partai HANURA asal Nias Sumatra. Jika hal ini terjadi (di Laporkan ke Polda Metro Jaya) maka masalah ini akan menjadi masalah nasional dan ada 3 hal yang menjadi imbas:
    1. Jika Pak Eben (owner Microcyber.net) tidak selesaikan masalah ini maka ia akan kehilang kepercayaan dari masyarakat, suara untuk mendukung dia akan berkurang
    2. Jika Pak Eben tidak mencapai target Politiknya (tidak lolos caleg), maka dia kehilangan kepercayaan dan kehilangan bisnis via dunia maya.
    3. Jika Pak Eben adalah kader/caleg dari Partai HANURA, dan partai HANURA tidak cepat ambil action dalam masalah ini, apalagi sekarang saat berkampanye, lalu di hembus oleh masalah dari pak yang sebenar masalah ini adalah masalah dari Pak Eben, namun tetap kena getah/imbas ke Partai HANURA. Saya sudah coba kirim email ke Partai HANURA agar lebih proaktif terhadap masalah ini, jika benar pak Eben caleg dari Partai Hanura.
    __________________
    Eddy Harianto dari Web Hosting Indonesia
    Denpasar – Bali – Indonesia

  3. wah eben lagi ….vyg punya caleg dari hanura nih. kalo gitu jgn pilih eben…efeknya ke hanura.

    apakah hanura turut menghacurkan bisnis orang lain? besok kita berdelegasi kesana saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s