Pelayanan Pria (VMM), Apa Itu ?

Dikirim pada tanggal 2009/03/13 pukul 16:58

Usulan untuk mengembangkan SDM.

Saya rindu agar di Nias ada wadah pelayanan khusus pria, apabila pria dipulihkan maka yang lain akan jadi lebih mudah. Tahun 2001 kami mendirikan satu pelayanan khusus pria yang bermula dari Amerika, namanya Vibrant Mens Ministri atau disingkat VMM.

Apa itu Pelayanan Pria (VMM)?

VMM adalah singkatan dari Vibrant Men’s Ministry yang artinya sebagai pelayanan pria yang bersemangat, menggebu-gebu, menggetarkan atau luar biasa. VMM merupakan salah satu pelayanan pria di setiap gereja lokal, sebagai wadah untuk penjangkauan, memulihkan / pelatihan dan mengutus agar yang bersangkutan menjadi para pemegang janji yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yesus Kristus, keluarga, teman-teman, gereja dan komunitas mereka.

Pertemuan VMM berbeda dengan kebaktian kaum pria pada umumnya, karena VMM merupakan sebuah gerakan yang mempunyai cirri khas tertentu, yaitu setiap kali pertemuan dihadiri oleh khusus pria dan tidak bercorak seperti kebaktian hari Minggu.

Sehingga apabila yang hadir pada pertemuan tersebut bukan pria maka yang bersangkutan akan merasa tidak nyaman. Hal ini lah yang seharusnya mendorong para pemimpin gereja untuk mengadakan pelayanan khusus kaum pria yang berbeda dari corak kebaktian minggu. Visi: Membangun pria sejati yang dapat diandalkan sesuai dengan firman Tuhan. Misi: Menjangkau, memuridkan dan mengutus kaum Pria, sesuai dengan 7 komitmen pria sejati yang dapat diandalkan.

Komitmen adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu atau tanggung jawab yang wajib dilakukan. 7 komitmen pria sejati yang dapat diandalkan adalah : 1. Komitmen kepada Tuhan 2. Komitmen kepada kekudusan 3. Komitmen kepada integritas kristiani 4. Komitmen kepada keluarga 5. Komitmen kepada gerejanya 6. Komitmen kepada saudara seiman 7.

Komitmen kepada amanat agung Kegiatan Vibrant Men’s Ministry (VMM) Untuk menunjang kehidupan pria yang dapat diandalkan, Vibrant Men’s Ministry menyelenggarakan beberapa pertemuan khusus :

  1. Men’s monthly meeting Pertemuan bulanan para pria yang diselenggarakan oleh gereja lokal masing-masing.
  2. Men’s equipping seminar Seminar untuk memperlengkapi para pria yang diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Men’s boot camp Salah satu bentuk pembinaan yang diselenggarakan oleh gereja lokal atau dalam bentuk kerja sama antara gereja – gereja dengan persekutuan-persekutuan kristen lainnya. Men’s boot camp ini terdiri dari tiga tahap yang bersifat baku, yaitu : – The real man – The mighty man – The noble man
  4. Promise keepers conference Konferensi ini bertujuan untuk membangun gerakan pembaharuan kaum pria ditingkat dunia.

Sejarah Singkat VMM di Indonesia Bermula dari seorang pelatih Baseball di Universitas Colorado Amerika Serikat yang bernama Bill MC Cartney mengunjungi salah satu persekutuan para atlit Pria Kristen di kampusnya.

Kemudian ia mendapat visi dari Tuhan, yaitu apa bila para Pria dapat dimuridkan menjadi Pria sejati yang dapat diandalkan tentu akan membawa dampak positif bagi lingkungannya. Hal tersebut disampaikan kepada temannya Dave Wardell. Lalu bersama-sama, mereka mulai mengadakan persekutuan kaum Pria dari kampus ke kampus yang lain.

Kemudian gerakan ini semakin lama semakin besar dan mereka bergabung dengan apa yang dinamakan gerakan PROMISE KEEPERS – MEN OF INTEGRITY. Dan pada tahun 1997 gerakan tersebut dapat menghimpun satu juta Pria di lapangan Washington DC. Melalui acara ini telah terjadi rekonsiliasi antara anak laki-laki dengan ayahnya, teman dengan temannya dan hidup mereka diubahkan untuk kembali kepada panggilannya yaitu sebagai Pria sejati yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Pada tahun 2001 api gerakan PROMISE KEEPERS tersebut melanda ke Indonesia dengan nama VMM (Vibrant Men’s Ministry) dan terus menyala mulai dari Bandung kemudian menjalar ke Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, NTT dan diberbagai kota di Indonesia. Melalui VMM, telah banyak Pria yang diubahkan dan kembali kepada fitrahnya yaitu menjadi Pria Sejati yang dapat diandalkan oleh keluarga, gereja, masyarakat, Negara bahkan dunia. Kesaksian beberapa orang yang sudah aktif dalam pelayanan ini:

1. Ada perubahan dalam diri saya untuk menjadi pria yang dapat diandalkan. Tujuh komitmen dari VMM telah memberikan pencerahan dan wawasan seorang gembala. (Gito – Jakarta)

2. Selama saya mengikuti VMM ada banyak berkat yang saya terima untuk menjadi bahan acuan dalam pelayanan saya. Para hamba Tuhan semakin dipersatukan. Pdt. RM. Christman Hutabarat, Gembala GSPDI Filadelfia.

3. Luar biasa, karya Tuhan dalam hidup saya dan Dia mau saya menjadi pria sejati yang dapat diandalkan oleh masyarakat luas. Sukses buat VMM. Pdt. Rudy Jonto Soerjo. GBI Bekasi.

4. Saya sangat diberkati oleh acara ini dan kami tetap doakan agar selanjutnya dapat di buat lagi – Pdt. Ronal Sinaga, S.Th, Gembala dan Ketua Sinode GKII-Bekasi

5. Sebagai suami dan seorang bapak, saya semakin belajar mengasihi istri dan anak-anak saya dan memberi waktu untuk mereka sehingga saya menikmati kehidupan berkeluarga. (Tony Swardy – Penatua GKPB Jakarta)

6. Kehidupan keluarga saya semakin bertumbuh dalam kerohanian. Mudah memaafkan dan mengasihi sesama. Saya dan keluarga semakin percaya diri dalam menghadapi badai kehidupan ini. Kolonel O. Sudjatmiko, staf ahli KASAD.

7. Semakin sayang kepada istri dan anak-anak saya dan bertanggung jawab dalam kehidupan keluarga saya. VMM memang lain dari yang lain.(Sunarmo – Surabaya).

8. Belajar menempatkan diri menjadi imam. Karya Roh Kudus melalui VMM telah membuat karakter saya berubah, dari karakter buruk menjadi lebih sabar. Dan saya semakin rindu untuk melayani Tuhan. Letkol. Mindarto, Dandim Pangkalpinang.

9. Acara VMM memang luar biasa! Itu sebabnya setiap pria harus terlibat di dalamnya supaya dapat lebih memahami fungsinya sebagai pria sejati yang dapat diandalkan. Pdt. Abraham H.H., GBI Kemuliaan Alfa Omega.

10. Semakin sayang kepada istri dan anak-anak saya. Semakin rajin berdoa dan melayani. Kemana saya pergi pasti saya ajak teman-teman untuk ikut VMM. Antoni Wan – Medan.

11. Melalui kegiatan VMM, saya sangat di bangun dan dibentuk sehingga sekarang dapat memberikan pengaruh buat keluarga, teman-teman dan juga pekerjaan. Doni – Surabaya

12. Saya sangat diberkati oleh acara Pastors Men’s Boot Camp. Kerinduan saya agar seluruh pria dalam gereja dapat mengalami pemulihan.

Pdt. Herman Stevanus, GSPDI Filadelfia Musa Sampai disini dulu, lain waktu akan dilanjutkan.

vmmbdg@yahoo.com vmm01@indosat.net.id

Oferlin Hia,A.Md.,S.Th.,M.A.

Iklan

7 pemikiran pada “Pelayanan Pria (VMM), Apa Itu ?

  1. Koq VMM ini sangat mirip dg Pria Sejati yang suami saya pernah ikuti?Pria sejati juga sangat memberkati saya dan keluarga. Kalau pelayanan ini ada terinspirasi oleh Pria Sejati, seharusnya ada pernyataan yah. Karena jangan sampai tubuh Kristus terpecah karena ada orang yang punya niat hati ndak tulus. God bless you.

  2. Kami mengundang Yth. Bapak-Bapak, Anak Muda yg dikasihi ALLAH. Hari ini ada Kebaktian VMM pada Tgl 29 April 2013, di Resto Sheraton Jl Gajah Mada Simp. Iskandar Muda. Pembawa Firman : Pdt Samuel Gozali. Terima kasih GBU

  3. Syalom, saat ini Pertemuan ibadah VMM masih tetap ada diadakan di Kota Medan setiap hari Senin, minggu terakhir setiap bulan di Resto Sheraton mulai pukul 19.30 wib. Bulan Agustus 2012 ini, diadakan tanggal 27, mari kita hadir dan ajak teman2 kita untuk bisa mengalami dan merasakan apa yang telah disaksikan oleh saudara2 kita di atas….Haleluya, terpujilah Tuhan Yesus

  4. Mari…………….. ayo, bergabung Bapak2 dan Pria 2 ke VMM (MDC) Medan, yang akan dilaksanakan kebaktian VMM di Restoran Sheraton Jalan Gajah Mada (dekan Simpang Jl. Iskandar Muda) Medan. Jam 19.00 wib (malam)

  5. baru ini masuk di kota wonosobo -JATENG … cukup menggetarkan dengan selain persentasi juga memutar beberapa video klip kesaksian member yang telah dirubahkan ..

  6. shalom.
    Saya blm pernah ikut vmm. Tp tertarik utk bergabung. Mohon diberitahukan jadwal kegiatan khususnya utk jkt utara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s