Pro Kontra Provinsi Tapanuli

ranto-universitas-nias-baratJakarta, 18 Februari 2009

Acara di TV One yang menampilan debat Pro dan Kontra Provinsi Tapanuli, sangat menarik perhatian pemirsa.

Pro, duduk disebelah kanan, mahasiswa dan tokoh masyarakat. Disana hadir pak Drs. Arisman Zagoto (DPR RI) dan Ir. Ikhtiar Ndruru (Ketua HIMNI).

Kontra, duduk disebelah kiri panggung, mahasiswa dan tokoh masyarkat, terlihat Ir. Mustika Ranto Gulo (Ketum Pilar Nias Barat), Ebenezer Hia (Caleg DPRD SUMUT) dan beberapa tokoh muda masyarakat Nias.

Perdebatan, kami menilai tidak kontekstual dan terkesan ada upaya pembenaran-pembenaran yang seharusnya tidak perlu diperdebatkan. Karena esensi perdebatan adalah pro kontra secara strategis politik ekonomis serta sosial budaya. Sayang Pro Kontra diwarnai oleh peristiwa demo di Sumatera Utara yang berakibat kepada meninggalnya Ketua DPRD SUMUT dari Partai Golkar itu.

Silahkan simak berita tersebut pada acara

Hari/Tanggal : Rabu /18 februari 2008
Jam : 7 – 9 malam

Menurut kami Demo yang mengakibatkan kematian Politikus Senior di Sumatera Utara itu sebagai akibat kelalaian para elite yang sengaja bermain dalam situasi bangsa kita yang sedang terpuruk. “Kalau memang sudah saatnya PROTAP itu merdeka dan layak menajadi Provinsi, maka marilah kita memberikannya secara arif”.

Kematian Ketua DPRD itu, setidaknya mengingatkan kita betapa mahalnya sebuah pemekaran itu sendiri.

Kami kontra, karena alasan yang logis, yaitu :

  1. Pemekaran Daerah Nias adalah tanggung jawab Provinsi Sumatera Utara baik secara financial dan sosial ekonomi. Anggaran yang dibutuhkan sangat besar, sehingga jika Protab dimekarkan juga, maka satu-satunya Provinsi di Indonesia yang menanggung beban anggaran terbesar adalah SUMATERA UTARA. Secara strategis, masyarakat Nias harus lebih melihat hal, sebagai faktor terbengkalainya anggaran menyukseskan Nias nantinya.
  2. Tapanuli adalah saudara kita, lebih dekat dari sisi emosional, namun sikap kami menolak itu bukan karena benci atau karena alasan persaan semata. Tetapi sekali lagi saya katan alasan logis, karena kami juga (NIAS) ingin menjadi provinsi 7 atau 15 tahun kedepan. Kami antisipasi UU yang berlaku, jika bergabung dengan PROTAP sebagai propinsi baru, maka kami tidak yakin akan melepaskan kami untuk menjadi propinsi kelak.

Saudara2, cukup dua alasan yang saya sampaikan disini, nanti kita bahas dikesempatan lain.

Semoga Nias tetap konsekwen atas halk ini.

Salam dari saya Mustika Ranto Gulo (Ama Maya Gulo)

10 pemikiran pada “Pro Kontra Provinsi Tapanuli

  1. Bahemano Pak Ketum!!!!!!!!!!!

    hehehe, saya dapat telp dari pak hia, katanya anda ‘pade’ hehehehe.

    Nias pro Portap, tetapi tidak mesti menjadi bagian wilayah protab bukan ?

  2. Pendapat2 anda ditiru juga beberapa pejabat waktu acara di Medan, saya hanya tersenyum dan geli..hehehehe.

    Mereka paparkan maksud mengapa menolak Protab ..copy paste 100 % dari tulisan ini..hahaha. Lucu sih

    Mesi

  3. salam pak ranto
    aku rinto
    bapak ini cukup vokal juga ya,,
    tapi, sejauh ini masih baik2 saja sih
    tapi pesan saya, sdra harus tetap berprinsip
    ” ini DEMI NIAS BARAT. gitu lhoo..”
    sejauh ini sdra sudah dapat posisi apa nih di NISBAR??
    karena kan gak ada yg bebass NILAI donk??

    yang penting, bagi2 deh buat kita2 yang masih muda,
    bukannya sudah harus begitu,,
    yo.. kita bersama berperan mencerahkan masyarakat,
    jangan senang membodohi masyarakat,
    karena, banyak anak2 yang pinter lho sekarang.
    ok, byeeeeeeeee..

    merdeka.!!
    ono niha. (nisbar)

  4. .Tuhan itu baik bagi orang yang rendah hati, saya sangat diberkti dari banyak tulisan bapak.

    kelihatan juga org yang dangkal pemikirannya, terbaca dari pendapatnya dan tulisan or komentarnya disini.

    komentar itu melukiskan watak kita yang sesungguhnya.

    Nias Selatan kapan ada websitenya?

  5. Hehehe…………!

    Dirindukan dan dibenci, disayang tetapi dihina!
    Puisi ini kutuliskan buat Pak ranto, aku adalah rumput yang brgoyang, jadi kalau ada yang anda tanya kan ? tanya saya aja..pada rumput yang bergoyang.

    bagaimana cara membuat website ini pak, saya jadi iri. Aku silvia dari ujung bumi yang kurang kerjaan, jadi aku iri!

    Aku bisa! shg aku tidak benci!

    hehehehe

  6. Lau ba Pak Ranto,
    baguslah ….! semakin eksis saja nih

    ofaigi mano sa’e zabolo baga talifudo.
    Dalimano ndra’ugo khonia,

    hewisa pilar iada’a?? Tiarap ya? seharusnya kayak ama klara donk …sibuk koleksi pujian kayak B3 hehehe

    Kami dengar Sekum udah mulai ga searah dan se visi dengan Pak Ranto? karena dia mata2?

    Herman kemana ….udah mengungsi ke nias??

    Lalu pilar bagaimana?

    apakah masih eksis????????

  7. Pak Ranto,saya lihat ada orang Nias yang memberi masukan pada acara tersebut, tapi kok ngomongnya malu-maulin orang Nias, tidak berbobot. Giliran digertak sama Bang Ruhut mukanya seperti mayat pocong ketakutan, lho katanya orang tsb jago kiritik dan ahli bicara atau hanya OMDO yang besar.
    Trus buat apa orang NIas duduk disana kalau hanya menghangatkan bangku saja atau penggembira?
    Saya kecewa sama HIMNI dan anggota DPR-RI dari Nias pada waktu itu, diforum seperti itulah tunjukkan bahwa orang NIas mampu berbicara dan bukan anak bawang.
    Kalau saya ada di Jakarta waktu itu saya pasti datang melahap omongan Bang Ruhut simulut besar itu, saya bicarakan bahwa Nias adalah Nias TANONIHA dan Tapanuli-adalah Tapanuli tidak ada kaitan dengan Nias. Namun sebagai saudara Seiman dan punya ikatan kuat antara Nias dan Batak, kita tetap mendukung mereka menjadi satu DOB Propinsi, namun tindakan anarkis mereka tetap kita tidak benarkan.

  8. saya secara pribadi sangat mendukung protap tp untuk Nias sandiri alangkah lebih baiknya kalau bisa berdiri sendiri dan kita semoga usaha Pak Ranto untuk menyatukan masyarakat Nias dapat terlaksana sesuai dengan komitmen kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s