MAJU TERUS, PANTANG MUNDUR ! SYARAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENYETUJUI KAB NIAS BARAT, KAB NIAS UTARA DAN KOTA GUNUNG SITOLI AGAR SEGERA DIPENUHI

Jakarta, 22 Oktober 2008

Kabupaten Nias Barat masuk dalam kategori masih dipertimbangkan oleh DPOD dan diberi kesempatan lagi agar segera memenuhi syarat sesuai UU yang berlaku sebelum tanggal 30 Oktober 2008 untuk ditetapkan dan disyahkan RUU oleh DPR RI.

BERITA JPNN


Rabu, 22 Oktober 2008 , 17:58:00

DPOD Loloskan Lima Daerah Baru

JAKARTADewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) meloloskan usulan pembentukan lima calon daerah otonom baru. Tiga diantaranya yakni calon Kabupaten Pringsewu di Lampung, Sabu Raijua di NTT dan Kota Tangerang Selatan di Banten dinyatakan lolos murni.

Sementara dua bakal calon kabupaten baru di Provinsi Papua yakni Intan Jaya dan Deiyai dinyatakan lolos dengan catatan. “Untuk yang lolos dengan catatan, kami beri kesempatan utnuk melengkapi persyaratannya hingga Senin (27/10) pekan depan,” ujar Ketua DPOD sekaligus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto usai memimpin rapat DPOD di Gedung Depdagri, Rabu (22/10).

Mardiyanto menjelaskan bahwa pada rapat kali ini DPOD membahas 15 bakal calon daerah baru hasil usul inisiatif DPR. Untuk membahas bakal calon daerah baru itu, katanya, DPOD menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2007 sebagai pengganti PP 129 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.

Menurut Mardiyanto, beleid yang baru tersebut maka ada bakal calon daerah yang  tidak diloloskan DPOD. “Masalahnya memang harus ada jalan keluarnya. Kita kawinkan ukuran-ukuran teknis dengan keputusan politis. Politisnya, untuk mengakomodir aspirasi masyarakat,” sambung

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Depdagri, selain lima bakal calon daerah yang dinyatakan lolos itu masih terdapat lima bakal calon daerah yang memerlukan pendalaman. Sementara lima bakal calon lainnya belum dapat diloloskan karena masih memerlukan kajian ulang.

Lengkapnya, 15 calon daerah baru hasil inisiatif DPR itu terdiri dari satu calon provinsi, 11 calon kabupaten, serta tiga calon kota otonom. Untuk calon provinsinya adalah Provinsi Tapanuli Utara. Sementara bakal calon kabupatennya antara lain Nias Utara dan Nias Selatan di Sumatera Utara, Mesuji, Tulang Bawang  dan Pringsewu di Lampung, Sabu Raijua di NTT, Morotai di Maluku Utara, Maibrat dan Tambraw di Papua Barat, serta Intan Jaya dan Deiyai di nProvinsi Papua.

Adapun bakal calon kota otonomnya adalah Gunungsitoli dan Brastagi di Sumatera Utara, serta Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten.(ara/JPNN)

Baca: http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=8713

 

Iklan

Satu pemikiran pada “MAJU TERUS, PANTANG MUNDUR ! SYARAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENYETUJUI KAB NIAS BARAT, KAB NIAS UTARA DAN KOTA GUNUNG SITOLI AGAR SEGERA DIPENUHI

  1. Apa yang terjadi jika Nias barat, Nias Utara dan Kota G Sitoli tidak jadi di mekarkan?

    Bongkar borok mereka samua, termasuk biaya perjalanan para panitia dan DPR RI serta DPD ke Nias, Uang saku mereka dari mana kalau bukan dari masyarakat. Kalau (ranto) Pilar NISBAR takut, kami akan maju… HIMPUNAN MAHASISWA NIAS BARAT…..SUMUT!

    terakhir kumpul dana hampir 400 juta bulan lalu di Nias, jangan pura2 tidak tau semua kalian, masyarakat kena tipu, bapa ranto seharusnya tegas aja… awas lo semua bapa yang suka makan di atas penderitaan rakyat. lapor polisi aja, ngga usah ke KPK kelamaan.

    kami tunggu anda di Medan.
    RGulo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s