Siapa Mustika Ranto Gulo, Dapat dikenal dalam beberapa tulisan-tulisannya

Menjadi Publik Figur tidak gampang, kayak artis saja. Pada hal saya lihat kegiatan sosialnya bukan bermaksud demikian. Sekarang banyak diam dan melayani Tuhan saja katanya kepada saya.

Saya tadinya berharap beliau menjadi orang nomor satu di Nias Barat, ternyata beliau tidak tertarik, mengapa? Mari belajar melayani dulu, kalau sukses baru memikirkan hal lain, kita masih terlalu muda untuk memikirkan kekuasaan yang semu seperti menjadi pejabat dalam jangka waktu 5 tahun, itu sangat singkat, resikonya dibui karena sala kelola, mari belajar dari pengalaman para bupati dan gubernur yang berakhir bahagia di hotel prodeo itu. Masih panjang perjalanan kita menuju ke sana.

Kegiatan PelayanKatanya kepada saya: “Bukankankah karena  persoalan hidup yang kita alami berguna sebagai alat koreksi atas kelemahan yang tidak kita sadari?”

Terlibat dalam pelayanan gereja-gereja kecil yang membutuhkan perhatian khusus. Bukan untuk mencari popularitas semata, sungguh hanya sebuah pengorbanan.

Kalimat ini, pada peletakan batu pertama sebuah gereja kecil di daerah Cleungsi bogor, beliau mengatakan bahwa “Kita merindukan sebuah Gereja yang menjadi jawaban bagi SUKU NIAS yang sedang terpuruk sekarang ini”.

Ketika itu saya tanya “mohon dijelaskan apa maksudnya sedang terpuruk pak?”. Katanya ” Gereja terpecah karena kepentingan para tokoh di dalamnya, mereka tidak memikirkan nasib jemaat yang sangat miskin sekarang ini, mereka menghabiskan waktu untuk bertengkar memperebutkan kursi dan jabatan dalam organisasi gereja mereka”. Dicari seorang hamba yang sungguh-sungguh mengasihi jiwa-jiwa terutama suku kita dari Nias yang merantau di pulau sumatera dan jawa ini, mereka harus di jaga oleh seorang imam yang beribawa..”. Bagaikan api yang membakar semangatku berkobar untuk menerima misi itu, semoga saya juga bisa sukses dalam hidup ini. Motivasi ini, membuat saya bangkit kembali dan berjuang lagi …semangat lagi. Karena saya menyadari bahwa persoalan hidup yang saya alami dimasa lalu, sebagai indikasi adanya kelemahan yang harus saya perbaiki.

Ketika saya dipanggil dan dipercayakan mengelola situs (blog) ini, saya ragu-ragu, namun setelah beajar hampir 3 bulan, saya akhirnya bisa menyesuakan diri. Saya mengenal siapa Mustika Ranto Gulo dari berbagai tulisan-tulisannya, namun sosok pribadi yang sederhana itu saya lebih kenal dengan seutuhnya ketika saya dipercayakan untuk turut ambil bagian dalam memoderasi https://niasbarat.wordpress.com dari beliau. Saya pikir ini sebuah kepercayaan yang sangat berharga pada saya, pada hal saya baru mulai belajar dunia ICT ini. Jika dibandingkan dengan teman-teman lainnya, saya tidak ada apa-apanya. Sekalipun ini berat, namun sangat menantang, apakah aku bisa? Terima kasih jika saya dipercaya, dan semoga saya bisa melakukannya dengan baik.

Mustika Ranto Gulo (Pro Kontra Protap)

Mustika Ranto Gulo (Pro Kontra Protap)

Dalam tulisannya tentang “Orang Nias Dalam Prespektif primitif”, menuai banyak protes, namun setelah saya baca dan teliti, ternyata nasihat yg terkandung di dalamnya sangat mulia. Silahkan baca di

https://niasbarat.wordpress.com/2008/01/20/orang-nias-dalam-prespektif-budaya-primitif/

Ketika tulisan tentang orang Nias atau suku Nias ini dipublikasikan ke dalam dunia maya, maka seluruh dunia akan tahu bahwa disuatu pulau terpencil dibagian barat Sumatera ada satu suku bangsa yang hanya 800.000 jiwa penghuninya. Memiliki keunikan budaya yang sangat luar biasa. Belum tersentuh sama sekali oleh tangan-tangan investor.

Pelayanan

GBI Time Square

Selain itu saya lihat keinginan beliau dalam memajukan Nias dengan mempromosikan peluang-peluang bisnis di Nias terutama bidang pendidikan dan eknomi pro rakyat. Sebaiknya anda ikuti pola pikirnya di http://niasbarat.com/2009/04/17/nias-peluang-bisnis/ Menjelaskan banyak hal tentang betapa mudahnya investasi di sana. Investasi paling menggiurkan adalah dibidang perikanan  (laut) yang sangat kaya karena terbentang luas sampai Samudera Hindia, tanpa batas.

Ir. Mustika Ranto Gulo

Ir. Mustika Ranto Gulo

Siapa tidak kenal orang tuanya, RS Gulo Alias Ama Asa Gulo dari Desa Bukit tinggi Kec Mandrehe sekarang masuk di kec Ulu moro,o.  “Saya anak paling kecil, dari 14 bersaudara, percaya atau tidak kami keluarga besar”. Pertalian dan persaudaraan di Nias sangat erat sekali, terutama di Nias Barat, sangat kental rasa persatuan dan persaudaraan itu. Ketika bertemu di Nias, langsung menuju deanya yang terpencil, dan tidak mau heboh-heboh untuk memulai pergumulaan maha berat dan sangat mulia yaitu merintis pendidikan di daerah Nias Barat. Tanah dan fasilitas lainnya sudah disiapkan dengan harapan cita-cita ini dapat terwujud dengan baik.

Pengusaha Muda Nias Barat

Pengusaha Muda Nias Barat

Anda bisa lihat-foto-foto tentang perjuangannya dulu di Facebook beliau, ketika memulai merintis upaya sebuah lembaga pendidikan yang masih diperjuangkan, itu sebuah harapan. Tuhan kiranya memberkati bapak.

Sejak perjuangan kabupaten Nias Barat, pemikiran sdr. Mustika Ranto Gulo telah banyak memberi sumbangan positif tentang Nias Barat sekarang dan nanti. Masa depan Nias Barat perlu ditata dari sekarang. Designer putra Daerah kita sangat dibutuhkan, seperti Pak Ranto, wacana kita menjadi terbuka oleh berbagai tulisan-tulisannya.

Gambar peta Nias barat sudah dibuatnya, sebagai upaya dan bukti perjuangan memajukan khusus Nias Barat dan pada umumnya pulau Nias. Saya pikir karya ini, tidak seberapa canggih, tetapi efeknya sangat luar biasa.

https://niasbarat.wordpress.com/2007/07/17/peta-nias-barat-versi-mrg120707-silahkan-koreksi/

dan ini tulisannya yang sangat bagus : “NIAS SEBAGAI TUJUAN WISATA TERBAIK DI SUMATERA UTARA”. Sehingga jauh-jauh hari sebelum itu semua terjadi, beliau sudah merancangnya dengan ide-ide brillian.

http://niasbarat.com/2009/06/25/west-nias-brand-image/

Mau bukti-bukti lain? silahkan searching saja tulisan-tulisannya yang kadang menggugah hati, menggentarkan dan mendorong kita berkomentar, pro kontra mengalir, membahas pikirannya itu. Semoga berlanjut dan terhindar dari konflik-konflik yang sengaja dibangun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, banyak kepentingan dan niat yang tak terkesampaian, semoga tidak ada kata-kata kotor lagi disetiap komentar di masa yang akan datang. Tuhan Memberkati Bapak, silahkan lanjutkan.

Sebelum saya lupa, semua pengakuan atas perjuangan bapak dalam “Perjuangan Pemekaran Nias Barat kami bisa melihat dalam berita lain :  http://niasonline.net/2007/09/18/dprd-sumut-setujui-pemekaran-nias/

Yasokhi Gulo / Ama Cahaya Gulo email: banuada@niasbarat.com

asal : Hayo Nias Barat

Iklan

37 pemikiran pada “Siapa Mustika Ranto Gulo, Dapat dikenal dalam beberapa tulisan-tulisannya

  1. Setuju Pak ….Kirim duit sama sangila osisila…hehehe supaya bisa bertahan hidup..karena dia lagi kelaparan…hahahaha. Kelaparan …dan mencari mangsa baru…! Dia lagi nganggur nih, jadi…dia memulai pertengakaran baru. Buku ttg Nias..jgn kasih Dia, entar dia gila membacanya…n dia bilang itu hasil karyanya… ! ….mending kita doa untuk dia….!

    Marase nono niha…so’aya… ono niha sifa’udu-ydy mano… hahahaha. Nias Barat gayanya begitulah !

    Tuhan Tolong Mereka

  2. Sangila Osisila, Ya’ahowu Talifuso…

    Seandainya Talifuso memberi nama asli dan bukan surat Kaleng seperti ini, saya sangat hormat dan mengirim anda sebuah dokumen yang manarik tentang Nias Barat. Mhn Alamat yg jelas dan no. telp juga, supaya pertanaan anda bisa kami jaab.

    Sekarang saya di Hiliwaele, Desa B Tinggi, besok ke G Sitoli, jumat ke Medan, kapan kita bisa bertemu. Saya sdh mundar-mandir ke Nias Barat selama 1 minggu ini, dan tidak ada org yang jentelmen berhadapan dgn saya u membicarakan bgm membangun Nias Barat. Semua org pasang kuda-kuda untuk saling jegal menjegal, menjelang PILKADA ini. Msyarakat kita saling waspada dan curiga satu sama lain. Seandainya kita diam saja dan diam-diam bertindak dgn hal2 yg kecil, saya rasa lebih berguna daripada sumbang saran seperti Tanggapan Talifusogu “SANGILA Osisila”

    Yth Adek Kami Pdp. Sa’ilati Bawamenewi, STh…… Luar Biasa ! terus terang tanggapan pak Pendeta tidak disangka. Didunia maya kita ini kayaknya kurang akrab, …. saya sangat kaget. Tdk apa2lah…mari berdiam diri saja sampai pada waktunya nanti, dimana kawan2 yang lain sudah lelah berkelahi, … barulah kita kembali ke ladang masing-masing untuk menuai hasil kerja kita yang dulu. Kita mungkin saja sdh menabur benih dari TUHAN, dan akan menuainya 1000 kali lipat.

    Marilah menuai benih yang baik, benih dari Tuhan, niscaya kelak akan berbuah dengan berlipat-lipat ganda.

    Salam sukses,
    Saohagolo talifusogu SANGILA OSISILA dan Adik Kami Pdm Sa’ilati Bawamenewi, STh.

    Mustika Ranto Gulo

  3. #34…Salam kenal juga bung, justru inilah yang menjadi masalahnya bung…Perjuangan yang penuh dengan BOHONG BELAKA…hehehe…penuh dengan tipu muslihat…! Justru Ranto dan Sinufa sekarang sedang gencar2 untuk mengurus perutnya, ya kan? Universitas nanti dululah..hihihi! Bung hati2 kalau keniasbarat tano bagaekhula…suatu saat ditanya keanda…!

    Sampai ketemu.

    Yaahowu pak, !

    Sangila Osisila

  4. #33….Salam kenal, sangat bangga anda bisa menulis di internet. Sayang sekali saudaraku, anda ngga punya rasa malu……….. hehehe.
    Perjuangan orang lain bukanlah urusan kita, ya kan ? mari urus saja perut kita…..sdrku… Saya setuju mengingtakan pak Sinufa, Ranto, namun sayang kita kan ngga tahu apa yg mereka gumulkan sekarang. kau ingatkan orang lain, tapi anda sendiri apakah mendukung ?

    Aku Orang Yang Paling Menunggu.

    Yaahowu Pak, !
    Sa’ilati Bawamenewi

  5. Saya mau mengingatkan Ranto dan Sinufa, tolong lanjutkan universitas yang sudah anda janjikan di Kec, Ulumoroo dan di Iraono gambo…batu pertama sudah diletakkan dan spanduk sudah dipasang…tapi sampai detik ini tidak ada kelanjutan dan realisasi…masyarakat sedang menunggu bung…tolong dilanjutkan..Gbu.

  6. Saya bangga kalau bisa menyeimbangkan cara penulisan bapak…Trik2 yg luar biasa

    Saya dengan Pak Herman Zebua sdg mempersipakan diri tentang masa depan di Nias.

    GBU All

  7. Aku juga cari pemilik http://www.niasbarat.com, saya searching di ‘who is’ dan ternyata pemiliknya pak Ranto. Ada ide neh pak, web site ini akan mahal sekali harganya jika dikembangkan sejalan dengan berdirinya kabupaten Nias barat.

    Kalau memungkinkan mhn berkenan bertemu dgn kami, saya sdh kirim email ke mgulo@yahoo.com dua kali, blm ada replay.

    untuk solusi https://niasbarat.wordpress.com, menurut saya yg di share itu bukan password, tetapi kontributor saja. Kalau password diganti..biasanya ada konfimasi ulang ke emai bapak. Kecuali email bapak tidak berfngsi lagi.

    bisa minta lagi ke wordpress.com (komplain saja), jika ini bener2 hilang.

    suksesssss.
    Balas pak.

  8. aneh bin ajaib……………dodo, mungkin …masih ragu2 artinya tdk pasti. Saya tulus meneruskannya jika diberikan ke saya.

    Ama Maya, Saya sangat percaya bahwa anda ini memiliki Niat yang murni, selain memiliki skill. Jadi, bukan hanya sekedar menjadi public figur kayak artis. anda diberkati Tuhan, jadi jgn tawar hati..dgn kata apapun.

    Disisi manapun saya hormat kepada adik saya ini, jadi saya dukung jika blog ini diterusin termasuk web http://www.niasbarat.com nya itu dilanjutkan u media kita sbg putra daerah nias barat.

    ini mulia, tak ada motivasi yg tersembunyi, kan? seharusnya dodo (komentar di ats) berbuat seperti ama maya juga, diam2 tetapi mampu bentuk opini publik, sekalipun hanya melalui media seperti blog atau web seperti ini.

    setuju kan?

    Abang Kalian

  9. baru bacabaca …coba tulis kmtrnya,
    saya seneng aja baca2..tapi org kita ngga sopan2, klo bicara apalagi klo kase komntr …sprti org kampung.

    prihatin pada kmtr dodo, sedih ya! bgm kalau kita ketemuan …kan malu ya?

    mo tanya dodo bisa dilacak ngga ya …klo pake nama samaran..pengecut kali..kan.

  10. Pengelolanya sendiri Ama Maya, mungkin dia sudah bosan karena tinggal sama teman-temannya, makanya kalau jadi orang harus gaul dan tidak membuat onar

  11. Pak Ama Maya

    Mengenai Blok ini, lebih baik kami yg kelola…balas ke emailku.

    Topik2nya baguis dan sdh menjadi icon Nias barat…diteruskan saja

  12. Gawat…pak, kog ngasi ke org bodoh u kelola blok ini, pengunjung bagus …tulisan anda bagus…wah….wah.

    Begini pak Ranto, ambil alih lagi dan di tata ulang.

    GBU

  13. Selamat Natal & Tahun Baru bang Ranto,
    apa kabar,
    apakah masih memoderasi blog kita ini?

    Ambil alih lagi bang, beritanya ngga nambah2…!

    Ditata ulang lagi bang!

    Mes

  14. Bapak/Ibu/sdr/i masyarakat Nias Barat untuk lebih memperat hubungan kita satu dengan yang lain, tidak saling menjatuhkan tetapi saling membangun satu dengan yang lain. Firman Tuhan berkata : ”
    MARILAH KITA SALING MEMPERHATIKAN SUPAYA KITA SALING MENDORONG DALAM KASIH DAN DALAM PEKERJAAN BAIK.
    ( IBRANI 10:24).
    “SELAMAT HARI NATAL, 25 DESEMBER 2009 DAN SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2010” IMMANUEL.

  15. Met Natal Ranto, apa kabar? lama saya cari kawan lama ini, 23 tahun sudah…!

    face book anda ngga pernah dibuka, why? add saya dong pak.

    Damai sejahtera Natal untuk kel semua ya!

    Ini Cerita Alkitab tentang Statement Yesus :

    Matius 5:1. Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya.

    5:2 Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya:

    5:3. “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

    5:4 Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

    5:5 Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.

    5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

    5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.

    5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

    5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

    5:10 Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

    5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.

    5:12 Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.”

    5:13. “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

    5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

    5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

    5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

    5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

    5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

    5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

    5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

    5:21. Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.

    5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

    5:23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,

    5:24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

    KEBAHAGIAAN KITA BUKAN KARENA BAJU BARU, MOBIL BARU DAN APAPUN YANG INDAH2 DALAM HIDUP INI.
    5 KATA BAHAGIA>>>INGAT ITU>>>>

    RANTO,
    DAMAI-DAMAI DAMAILAH HATIKU, MOHON MAAF ATAS SEGALA DOSA DAN KESALAHAN KAMI SEKEL, BANYAK KESILAFAN DI MASA LALU, NAMUN KASIH YESUS YG MENGAMPUNI, GBU.

    Man

  16. kangen ya? sama pak ranto………………………

    Puisi untuk bung Ranto “Wajahmu bagaikan bintang bercahaya…ada yg kangen mas !, dirindukan…tetapi di benci…tetapi di cari …hehehehe…kemana aja bung ranto?”

    Selamat hari Natal 25 Desember dan Tahun baru 1 Jan 2010

  17. Untuk semua Sdr ku senias saya ucpkn SELAMAT NATAL 25 Des 2009 DAN TAHUN BARU 1 Jan 2010.

    Semoga damai sejahtera Tuhan menyertai kita amin!

    Tahun 2010 sukses !

    LL Gulo

  18. beritanya cuma masalah bantuan luar negeri doang ke delasiga, masyrakat kita sdh di atas angin, sejahtera karena bantuan dari arab ….dari kerajaan.

    hahahaha

  19. Pak Ketum, kita buthkan berita yg aktual mengenai Nias Barat (khs penerim PNS) mhn beritanya pak.

    thx

  20. Pak Zebua, sungguh naif kalau itu dihub2kan dgn orang yg tidak berkompenten di situ.

    Nias barat memang memalukan, saya pikir demikian, saya hanya rindu ada tokoh yg angkat bicara/

    Trims

  21. Apakah situasi ini kita diamkan? APa ada hubungannya dengan Pa Ranto?
    Saya kecewa ma pak A Esther daeli….tdak profesional banget. Kita jauh2 datang dari jawa melamar PNS, malah kacau.

    Mudah2 anda jangan pernah menjadi pejabat lagi. Termasuk Joko halawa dan Zemi Gulo

  22. SALAM KENAL SEMUA,,,

    hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang…

    kalau boleh saya utarakan isi hati ini dan biarlah semua orang tau kalau orang benar,jujur itu tetap dilindungi tuhan,,, dan untuk semua saudara” ku ononiha yg diperantauan janganlh kita lelah dan pernah berhenti dan takut berbuat kebaikan dan terutama dalam memajukan nias barat,,, siapa pun dia yg tulus hatiny untuk memajukan nisbar, kami akan dukung saudara.

    orang yg berbuat baik besar upahnya disurga,

    NIAS BARAT MAJU TERUS,,, YAAHOWU

  23. Yahowu ono niha dimana saja.

    Pergaulan yg buruk merusak kebiasaan yg baik. Ada apa dgn Pilar Nias Barat, karena pergaulan yang buruk.

    Puji Tuhan Bang Ama maya tidak terjerumus poltik terlalu jauh.

    Skrg beban Nias Barat semakin berat …
    Penerimaan PNS sangat sarat dengan dugaan KKN ..walahahahahaha.

    Semoga kita tidak mengalami kutuk Tuhan secara kolektif karena dosa-dosa pejabat yang berbuat secara kolektif juga,…

    Yahowu Fefu

  24. Pak Ranto Yth.
    Apakah pikiran2 anda ini sdh disampaikan kepada pemimpin Pemkab di daerah.

    Sebenarnya sangat tepat untuk memberi seminar2 yang berhubungan dgn investasi atau mengajak investor seperti bidang pertanian tanpa bertjuan politik seperti Delasiga yang ujung2nya berpolitik.

    adakah ono niha yang murni hatinya untuk membangun Nias tanpa politik…murni bisnis..? adakah ?

    Salom Pak
    GL

  25. Perjuangan Nias Barat u jadi Kab apakah anda juga ikut? dari rapat paguyuban di Medan, Info dari pak Hia, sangat berbeda infonya.

    tolong klarifikasi bro..

  26. Yahowu Pak Ranto, Khotbahnya di BNKP depok tgl 18 Oktober 2009, LUAR BIASA, aboto badodogu …Tuhan Yesus memberkati…Salam u Kel.

    Pak, kami butuh info bea siswa Jurusan PAK, S1 di Jakarta, bukan theologia..masih bisa ditampung ba>

    Salam u Pa Budi ya!

    yahowu pa

  27. Met ulang tahun ya ….sdh berapa skrg? 23 Agustus ?
    Maju terus dan harus tahan banting, ketulusan membuat anda menang.
    Banyak duri disepanjang jalanmu, hati-hati melangkah. jgn terlalu terbuka buat ndraono tano bagaekhula, penghianat ada disekitar anda.

    Selamat ULTAH

    Ama Sosi Gulo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s