Pertemuan Masyarakat nias Barat Minggu 30/9/07

Niasbarat.Com, Undangan:

Mohon kehadiran bapak pada rapat panitia pemekaran (red=BPP KANISBAR) masyarakat Nias Barat, pada :

Minggu 30 September 2007

Waktu : jam 17 WIB

Bertempat di : Gedung PGI Jalan Salemba 10 Jakarta Pusat.

Agenda:

“Penjelasan Perkembangan Pemekaran”

Undangan tertulis sudah didistribusikan, namun kalau belum sampai harap SMS (red=pengumuman ini) dianggap sebagai undangan resmi.

______________________________________

Berita tersebut kami dapat dari SMS salah seorang Wa.Sekretaris BPP Kanisbar  Bapak Ama Desta Hia.

Redaksi berharap Masyarakat Nias Barat dapat bertemu dalam damai dan sejahtera dan tetap bersatu. Amin (AH)

Iklan

23 pemikiran pada “Pertemuan Masyarakat nias Barat Minggu 30/9/07

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    : JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

  2. “LEMPAR BATU SEMBUNYI TANGAN” Itulah kesan komentar diatas.
    Sepertinya janganlah saling menjelekkan satu sama lain karena kita adalah saudara.
    Seharusnya disini kita bukan saling manjatuhkan tapi saling membangun satu dengan yang lain. Kalau ada masalah jangan dibesar-besarkan tapi di kecilkan sampai tidak ada yang terluka.

  3. Untuk kakak saya Deti Waruwu

    Seharusnya ka, anda sangat diharapkan untuk tidak memanas-manaskan api, yang memang sudah nyala dan tinggal membakar mangsanya. Tapi anda sendiri, saya kira tidak jauh beda dengan bapak-bapak kita diatas. Bagi saya, komentar kakak sungguh di luar batas dan menyalahi etika, atau istilahnya, sangat kasar. Ini ruang publik, karena itu, anda tidak seharusnya membeberkan kelemahan dan kekurangan orang-orang tertentu atau mendikreditkan orang-orang tertentu. Tidak masalah sih kalo anda memang pendidikannya masih pas-pasan. Tapi sungguh memalukan bila anda sudah keluar Nias dan sekolah di perguruan tinggi.

    Ada istilah latin “Interkomunicatus”, artinya bahwa komunikasi terjadi bila setiap kelompok saling menghargai dan menjungjung tinggi kebersamaan serta etika moral. Jadi, apa gunanya kita saling berkomunikasi melalui media ini, bila ujung-ujungnya, kita saling menghujat, dan tidak menghargai etika moral” Saya kira anda dan siapun pun pasti tahu apa yang saya maksudkan.

    Salam dari saya adikmu
    Bandung

  4. Pembicaraan bapak-bapak ini sudah mulai tidak beraturan, melanggar tatanan kesopanan ono niha, jangan lah, kita ini masih saudara, dan tidak perlu sikut-sikutan mencari kambing hitam atas semua apa yang telah terjadi. Tidak ada manusia yang sempurna, kita hidup dalam proses menuju jalan kebenaran, hari ini kita lulus, bagaimana dengan besok ? apa kita lulus juga, belum tentu, inilah ujian bagi kita semua.

    Tapi baiklah, saudara2x diatas sudah keterlaluan mendiskritkan kepemimipian seseorang, ini tidak adil, karena yang saya tau, karena orang yang bapak-bapak maksud itu banyak berkorban untuk organisasi yang dia pimpin, materi & tenaga, tentu sebagai manusia biasa mungkin ada kekurangan sana-sini, hendaknya kita jangan melihat negatifnya tapi positifnya supaya organisasi ono nohi selangkah lebih maju.

    Apa yang hebat dengan bapak Kasar-o, Abisloni, Ebe, kalian ini perusak organisasi2x dari nias, nias barat khususnya, kenapa kalian hanya memikirkan perut kalian, karena kalian menjadikan organisasi sebagai lahan dan tempat bakul makanan kalian.

    Satu-satu ya, saya mulai dari KASAR-O
    Kau ini kasar o, hanya sebua bawa dan sebua garogo, buktinya kamu tidak ada otak, dia setiap kesempatan kamu mensejajarkan dirimu dengan petinggi2x partai tertentu dengan mengatakan tahun 70 an, bersama petinggi2x tersebut cari wanita di puncak hehehe luar biasa, bagaimana kalau petinggi tersebut tau, kamu bisa – bisa di kebiri, kau juga bilang bahwa kau sudah pernah meniduri wanita lebih dari ratusan orang yang sudah tentu bukan istrimu yang sah, kalau yang sah baru dua ya kalo nga salah hehehe, orang ini yang kalian katakan hebat, sebentar dulu, bukti bejatnya kau kasar-o kau dapat getahnya, saya dengar bahwa kau pernah DIPUKUL (oleh petinju nasional yang kebetulan makan disitu) di LAPO TINDONGTA sampe babak belur dan tidak sadar diri, kau masih ingat itu, kau sampe masuk ke kolom meja katannya hehehe, darah sudah dimana2x, untung aja kau tidak di bunuh disitu. Mana keberanianmu, hagarogo mano khou, tebai fadou, sampe-sampe pulang kerumah nga bisa nyetir sendiri hehehe benar KASAR OOOOOOOOOOOOOOO

    Abisloni Gulo
    Kau ini tidak pernah tau diri dan tidak pernah berterimakasih, kau masih ingat kasus yang menimpa saudara p r m u n u di medan
    yang dibawa lari oleh polisi, siapa yang repot kacang lupa kulitnya, anda juga mengklaim bahwa kamu senior punya pengalaman berorganisasi tapi nyata-nyatanya otakmu kosong, pantas aja kalau orang lagi ngomong ke kamu, nifaigimo da’o bawa zifahuhuo khomo karena kami tuli lo orongo2x li niha alias afiso rahasia kelemahanmu sudah diketahui, jadi kamu itu tuli, mestinya yang benar kalau orang bicara ke kita yang dilihat matanya (kontak mata, bukan kontak mulut), bagaimana kalau ama pratama dengar bahwa kamu sering ngomong bahwa dia itu anak buahmu waktu di medan sowoli-woli rokomo, kamu bisa lewat kalau dia dengar itu, oh ia saya dengar2x kamu punya istri dua ya berarti sama dengan gurumo kasar o, luar biasa

    kau Ebe, tidak lebih dari nago sabao yang minta di sodomi, orientasimo uang uang dan vulus, pentas aja mukamu kayak tikus, saya banyak dengar tentang kamu dari kawan-kawan nisel, saya dengar2x setelah laporan audit panitia, kamu ke gereja di slipi ngaku dosa tapi tidak disambut, apa kamu masih kesana?, kamulah dan abisloni pengacau gosali tersbut….kalian payah

    ini yang kalian anggap pemimpin….

  5. PRIHATIN……para “Senior” kita, yang hidup di kota dan “seharusnya” bisa dikategorikan berawawasan luas, hanya seperti ini caranya berkomunikasi…? Kepada siapa lagi kita harus berharap kata-kata bijak..? Apakah ini yang disebut “Pejuang”…?

  6. PRIHATIN……para “Senior” kita, yang hidup di kota dan “seharunya” bisa dikategorikan berawawasan luas, hanya seperti ini caranya berkomunikasi…? Kepada siapa lagi kita harus berharap kata-kata bijak..? Apakah ini yang disebut “Pejuang”…?

  7. sayang ya, semua komentar sdh tak karuan, saya juga tak bisa menghapusnya, pak moderator pulang kampung. yah, kesempatan kita maki2 saja, saya lihat pak ranto tidk pernah menanggapi kawan2 ini, kok bisa seperti ini, apakah masiha adakah Roh takut akan Tuhan pada kita?

    Saya coba Call beliau agar bisa memberikan pasword namun belum berhasil. Aku sedih mau menangis …., sebab beliau yang menurut saya sangat tulus, malah jadi tumpuan makian anda semua. Saya percaya Hukum Tabur Tuai, tunggu waktunya Tuhan pasti ambil tindakan. Sebab kita tidak bisa mengadili dgn tangan kita sendiri siapa yang salah.

    Semog Pak Ranto segera pulang dari Nias dan menghapus semua komentar ini, kasihan……………..

    Me!

  8. Inilah realita kita Ono Niha, hanya berani menyalahkan saudaranya sendiri tapi tidak bisa melihat sesuatu apa yang terjadi.
    Kita semua elemen masyarakat baiknya janganlah kita melakukan hal tercela dan saling menyalahkan, kalau memang kita mau Nias maju dan berbuat sesuatu bukan hanya di organisasi saja kita salurkan tapi masih banyak jalan lain diluar organisasi.
    Sekali lagi janganlah kita saling menjelekkan atau menghujat saudara kita sendiri, karena yang malu bukan orang lain tapi diri kita sendiri.
    Saya usul kalau memang Pengurus Pilar Nias Barat sudah habis masa jabatannya, mohon kita adaakan mekanisme yang baik dan “LEGAL” dimata masyarakat dan apalagi dimata Tuhan dengan mengadakan “MUNAS” undang para sesepuh dan masyarakat Nias Barat serta penasehat dan unsur pimpinan teras dalam waktu dekat ini.
    Janganlah kita hanya bisa menjelek-jelekkan pribadi Pengurus saja tapi kita melakukannya dengan cara yang terbaik penuh sukacita tanpa ada benci dan dendam, karena tidak menyelesaikan masalah.

  9. Sorry ya, kepada Ama Monika Waruwu, saya hanya prihatin anda menulis dimana-mana. Sepertinya anda memiliki karakter “ANIMAL INSTING” hanya ingin makan saja tanpa bekerja. Kalau ada kesempatan untuk mencuri pun saya jamin anda mencuri. Disela-sela suksesnya PILAR NIAS BARAT, anda mengirim tulisan ini, kemana-mana. Anda menjadi pusat kebencian masy Nias. Seharusnya anda ini tidak perlu hidup di tengah-tengah masy madani Nias barat. Pilar tetap eksis, tinggal anda, eben dan abisaloni yang menjadi sampah di PNB, termasuk ama agus / Kasaro sebua bawa.

    Tanya sana-sini, ternyata anda membuat macam-macam issue pemecah Nias Barat. PNB dan KANISBAR sudah menyatu berjuang dengan ikhlas untuk mewujudkan Nias barat, sementara anda sedang mengumpulkan recehan membeli bakso mempertahankan hidup di jakarta.

    Jadilah pejuang dan jangan merengut keuntungan disetiap kesempatan. Kasihan anda.

  10. Mengapa kita bertengkar, tulisan yang bagus, karena…karena kita tidak mengerti berorganisasi. Kita klaim diri kita mengerti pada hal kita menabrak rambu2 yang ada… demi uang recehan dan demi tujuan tersembunyi…

    sering melakukan hal yg ilegal… hehehe

    Redaksi

  11. Ya’ahowu!

    Selamat & Sukses kepada Bp. Marinus Waruwu di Bandung dengan melaunching situs barunya, yakni http://niasbaru.wordpress.com

    Semoga dengan dilaunchingnya situs niasbaru yang merupakan kreasi Ono Niha sendiri dapat menambah iptek serta nuansa wawasan Ono Niha dimanapun berada, Gbu.

    Shalom,
    ANG
    HP.: 0815 1424 8880

  12. Fahasara dodo adalah kunci keberhasilan masyrakat nias barat. tanpa itu, cita-cita mulia kita tidak akan pernah tercapai.

    Saudaraku ono niha silahkan bergabung di situs: niasbaru.wordpress.com. pemilik dan redakturnya adalah putera asli mandrehe yaitu Marinus Waruwu. selamat bergabung. Tuhan memberkati.

  13. Pada rapat tgl 30 sep 2007 di PGI saya hadir dipimpin oleh Ketu Kanisbar Bpk A Clara Daeli dan Moderator Bpk Ama Sintia Gulo, saya terus terang baru saya fahami proses pemekaran setelah dijelaskan oleh Bapak Ama Clara Daeli dari awal yang tidak lupa saya ada 20 langkah baru jadi pemekaran tetapi Puji Tuhan kita sudah sampai pada Tahap 7 masih 13 lagi yang harus kita lalui.

    Eben…hehehe Memang banyak palawan kesiangan selama ini antara oknum Pilar, lihat Ama Agus Daeli orang pintar sudah jadi (mengikut) BPP Kanisbar seperti dia bukan orang pilar lagi, begitu Juga Saudara Eben Hia (OMDO) menjadi pahlawan di siang bolong (dia saat itu seperti tidak pernah bersalah) sudah merapat ke BPP Kanisbar dan begitu juga Saudara Loni Gulo juga seperti manusia tidak berdosa sudah merapat ke BPP Kanisbar.

    Jadi oroma zindruhu ni wao ba khoda ba orioma goi zi ha OMdo yg tidak berbobot kasihan deh. Penjelasan ketua Kanisbar lagi bahwa ada pertemuan akbar di Nias yaitu BPP Jakarta, BPP Medan, BPP Nias, seluruh anggota DPRD Nias,Kadis dan camat dilakukan di Nias semacam sosialisasi dan Pilar tidak masuk dalam daftar yang di undang, dan juga Tokoh tokoh Nias menghadap Mendagri dari Pilar tidak ikut. Sekali lagi saya himbau jangan banyak omong deh sudah ketahuan kalau semua tidak bisa apa apa tidak bisa cerita seperti yang direcitakan oleh Bapak Ama Clara Daeli ketua BPP Kanisbar.

  14. PNB perlu waspada terhadap orang yang tadinya makan sepiring, tidur sekamar dan 1 selimut ternyata adalah seseorang yang berkhianat. Belum saatnya kita sampai pada ajang berpolitik, sudah ada yang terindikasi “BERKHIANAT”. Patut disesalkan bila berita tersebut benar. Kita tidak perlu heran karena memang keadaan bisa berubah sewaktu-waktu hanya oleh karena sesuatu hal yang menguntungkan pribadi demi pribadi. Lantas kita harus bertanya dalam hati, “HATI NURANIKU DIMANA”.

    Buat Bung……yang kabarnya plin plan itu dan rada menjadi calon pengkhianat, sadarlah bahwa sepak terjang anda sudah ketahuan termasuk trik anda untuk menjadi kompor masyarakat Nias Barat. Anda seorang intektual dan berinteligensi, ternyata anda dapat dibeli dengan secangkir kopi. Kalau anda merasa pejuang untuk Nias Barat, yang anda lakukan bukanlah seperti cara-cara yang kotor tetapi benar-benar menjadi pejuang yang murni seorang pejuang.

    Saya prihatin kepada anda, karena muka anda ternyata 2 (dua).

    Pesanku, jangan merasa hebat dengan keadaan anda sekarang ini, andalah hanya seorang pecundang yang tidak bertanggung jawab. Otak kotor tidak laku untuk masyarakat Nias Barat.

    Mudah-mudahan berita miring tentang anda tidak benar, tapi bila benar, anda harus menarik nafas panjang-panjang dan menyadari akan kekeliruan anda selama ini.

    Terima kasih.
    A. Gaby Hia

  15. Kalau sudah jelas siapa penghianat itu sebaiknya disidang saja dia dan cabut dari dalam daging dari pada menjadi duri yang bisa membuat daging membusuk. Sayang sekali bila dibiarkan, saya kira Ranto tidak salah bila Penghianat itu segera dilengserkan dari Pilar Nias Barat agar Pilar Nias Barat segera keluar dari masalah yang berlarut-larut.

    Waktu saya mengikuti Deklarasi Pilar Nias Barat, Pidato Ranto begitu menggebu-gebu ingin membangun Nias Barat dan mengawal pemekaran, semua oknum Pilar kelihatan kompak, saya sama sekali tidak tau kalau ada penghianat. Eh… sekarang ketahuan kalau penghianat itu bukan siapa-siapa.

    Bung Ranto, sebaiknya nih… anda pilih dua pilihan 1. PENGHIANAT INI SEGERA DILENGSERKAN atau 2. ANDA SEGERA MUNDUR karena bila ini berlarut maka tidak menutup kemungkinan Pilar Nias Barat yang kita banggakan ini akan lenyap di peredaran dan menjadi batu sandungan. Memang berat untuk memilih karena ibarat makan buah simalakama. Tetapi bila Ranto seorang pemimpin yang tegas tentu harus mengambl sikap yang berani tidak seperti bencong takut memutuskan.

    Usul, tolong sebutkan saja nama penghianat itu setidaknya inisialnya biar kita waspada kepada orang ini.

    # Nehesi & Ama Gambi Moroi Banitawi Sole

    Anda berdua kan orangnya sama, Anda ini bukannya memberi solusi, malah manas-manasin Ranto, jangan begitulah. Anda pintar beracting juga, membuat dialog sendiri. Diantara Orang Nias Barat yang ada di Jakarta ini saya tau lho siapa yg sering bilang Nitawi Sole, hehehehehe. Tidak baik kalau membuat diri seolah-olah dianiaya, dihianati. Cobalah bicara realitas, apa adanya.

    Terima kasih telah diberi kesempatan menulis komentar disini.

    Fetolo

  16. Ama Gambi, anda ini pasti seumur kakek saya………….sore ini selagi ada waktu, mampir di warnet ria…and hatiku di nias barat hehehe.

    Itulah kek, maslasah nono niha, suka berhianat, mereka dorong-dorong sesorang tetapi mereka sendiri cari selamat. Saya pernah telp pak ranto, namun tdk ditanggapi, dia pikir saya menghasut dia u memusuhi manusia satu itu.

    Kita semua, calon pejuang Nias barat, mengertilah siapa malaikat dan siapa iblis. serigala berbulu domba…. manusia ini bertanduk kalau gelap…hehehe.

    otaknya uanggggggggggggggggggggggggggggggggg, uanggggggggggggggggggggg, katanya akan membubarkan Pilar Nias barat kalau uangnya 200 ribu tdk diagnti pak ranto. heeeeeeeeeeeeeeeehehehe.

    sdhlah pak tua, kami bisa mengurus bangsa ini (syair Lagu)… jgn bermain-main dgn uang, anda rela dibeli dengan uang, anda rela dibeli dgn uang…., uang recehan, uang recehan (ingat lagunya? ayo, siapa penyanyinya?)

    begini saja, kalau saya ke Jakarta, bgm kalau kita robek-robek mulut penghianat itu? setuju hehehe.

  17. Anak Anakku yang kukasihi,
    Saya sudah wanti-wanti dari awal Nak, kalian jangan bertengkar atau cakar-cakaran (eh.emangnya cewek?). Walau saya tidak hadir waktu itu karena kebetulan ada di luar kota namun saya dengar banyak yang aneh dalam rapat tersebut, terutama yang selama ini gagah berani bercuap-cuap keras namun kemaren seperti ayam betina yang ketakutan, lucunya lagi ada yang menyalahkan kawan sendiri yang seharusnya mereka backup, giliran orang-orang Pilar diserbu roket Ama Clara mereka diam ga bekutik. Kasihan aja kalian Nak.

  18. Pada pertemuan tanggal 30 September ketahuan orang-orang yang berpotensi dan yang hanya omdo, kalau diluar seperti orang hebat, berpotensi dan menamakan diri pejuang,gigih dan punya kredibilitas selangit dan bermanis-manis didepan kita. Namun giliran ketemu dengan yang sepadan nyali pada ciut seperti ayam betina yang sedang sakit menahun. Saya teringat kata Kakek Ama Gambi, kira-kira begini tujuannya : Yang harus diwaspadai adalah orang yang bermuka dua bisa dibeli dengan secangkir kopi. Ini orang yang sangat berbahaya dalam berorganisasi karena mereka ini punya target-target tertentu dan tega mengorbankan kawan sendiri saudara maupun orang lain demi tercapainya target tertentu.

    AWAS sudah banyak bergentayangan tikus-tikus comberan.

  19. Selamat dan sukses untuk Rapat Panitia Pemekaran Masyarakat Nias Barat yang direncanakan berlangsung besok hari Minggu sore jam 17 Wib di PGI Salemba.

    Kalau bisa bukan hanya kaum Bapak yang diundang he…8x, namun kaum Ibu/Wanita juga perlu diundang dalam rangka emansipasi mengemukakan/mengeluarkan pendapat dan ide/gagasan dsb untuk kemajuan Nias.

    Mohon maklum,,,saya belum bisa hadir besok Minggu sore, karena ada urusan dinas ke luar kota.

    Shalom,
    ANG

  20. Jakarta (WASPADA Online)

    Anggota MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP), Yasonna H. Laoly mengajak seluruh elemen masyarakat Nias bersatu dan bekerja keras membangun Nias pasca rekomendasi persetujuan DPRDSU atas pemekaran Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

    Laoly mengingatkan pemekaran Nias yang sudah diperjuangkan habis-habisan harus menjadi pilar utama memacu pembangunan dan melomba ketertinggalan Nias dari daerah lain. “Jika DPR menyetujui pemekaran Nias di sidang paripurna, maka Nias terbagi lima daerah tingkat dua, dan menjadi tantangan bagi putra-putri Nias menggali semua potensi guna memacu pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Nias yang selama ini jauh tertinggal,” tandas Laoly kepada Waspada, Rabu (26/9) di gedung DPR Jakarta.

    Doktor hukum jebolan Amerika Serikat ini meminta masyarakat Nias mengutamakan persatuan dan kesatuan. “Saya menyampaikan harapan ini, agar jangan karena pemekaran akhirnya persatuan dan kesatuan berantakan, hanya karena ambisi seseorang atau kelompok yang menginginkan jabatan kepala daerah. Intinya kita mengajukan pemekaran guna membangun dan mensejahterakan rakyat, bukan hanya untuk mendapatkan jabatan.”

    Sementara Kepala Pusat Penerangan Departemen Dalam Negeri (Kapuspen Depdagri), Saut Situmorang mengakui pihaknya belum menerima rekomendasi peretujuan DPRDSU atas pemekaran Nias. “Rekomendasi itu mungkin ditujukan ke DPR RI. Biasanya kalau usulan inisiatif DPR maka rekomendasi akan diusulkan ke DPR dan nanti dalam pembahasanlah DPR menyampaikannya kepada pemerintah,” ujarnya.(aya)

  21. Undangan untuk Pak Ketua Umum Pilar (pribadi sebagai anggota panitia BPP Kanisbar) sudah kami berikan ke pa Fosako Hia, semoga sdh terima dan harap maklum jika tidak sempat sampai. Kohon hadir pak. GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s