Filsafat Nias Dalam Lirik Lagu

Ditulis : Mustika Ranto Gulo

Lirik Lagu Rakyat :

Basosambua  gamaedola ha… Siliwi Nali Saraha,

Asoso ngalai wache duha, Idou onia, ihorigo i’a,

Alai ndra’ugo Saraha, O’a zerege dodoma

Ya’aga sa zinuma, ba wohalowo cho nia. 2x.

 

Lirik ini, sangat dalam artinya karena merupakan filsafat kehidupan nyata dalam masyarakat Nias. Artinya dalam bahasa Indoensia kurang lebih adalah:

Ada satu cerita  dan peribahasa: Siliwi Nali Saraha (Burung Pipit Pemakan Padi).

Dan ada ladang yang sudah menguning siap panen, Ia makan sekenyang-kenyangnya dan dihabiskannya.

Alai (aduh) Burung Saraha (pipit), kog teganya memakan hasil jerih payah kami,

Kamilah yang menderita dan sampai jatuh miskin mengerjakan sawah / ladang itu, namun engkau yang menikmati.

Tafsiran atas Pepatah dan cerita rakyat yang dijadikan lirik lagu itu adalah:

1. Kebiasaan Unjuk Kekuatan (culture homo homini lupus) siapa yang kuat dia yang menang. Pada mulanya masih ada perang antar Ori (negeri) di Nias, sehingga siapa yang kuat akan menguasai yang lemah. namun sejak RI merdeka, kebiasaan ini bisa dikendalikan dengan hadirnya para penegak hukum ditingkat kecamatan.

2. Kebiasaan Malas Kerja, alam menyediakan dan tinggal petik, sekalipun orang lain yang bekerja keras untuk mengurus kebon, misalnya tanaman Pisang (gae mbolo mbenua) main tebang dan ambil saja buahnya.

3. Dalam dunia politik, ini adalah arogansi para penjilat dan juga pemain kelas teri. Dalam masa perjuangan Si Pemain Belakang, diam-diam saja. Biarkan orang lain yang maju. Namun ketika hasil perjuangan sudah nyata maka Posisi tertinggi dia rebut dan tidak mengingat siapa yang berkeringat atas upaya itu.

4. Lirik lagu ini juga menunjukkan keputus asaan, karena seakan-akan tidak bisa menghalau si Burung Pipit SILIWI NALI SARAHA tersebut. Padahal dalam dunia nyata dia adalah hanya seekor burung yang takut dengan manusia. Kebiasaan ini juga menunjukkan sikap ketidak pahlawanan. Mengalah saja pada nasib.

NIAS BARAT sedang berjuang, ada yang mengklaim “No’erege dodoma, baniha bo’o sa, zi moi yawa”. Terlalu dini saya berikan warning kepada para pejuang untuk tetap PATRIOTISME nya jangan undur karena cerita itu. Yang pasti rakyatlah yang menentukan siapa nanti yang berkuasa di Nias Barat. Sekalipun banyak isu mengenai siapa PLT dan sebagainya, biarkan saja berlalu cerita itu.

Inti dari perjuangan kita adalah mencapai titik “KETOK PALU KABUPATEN NIAS BARAT JADI!”. Jerih payah para pejuang akan kita catat di website ini, bahwa mereka berjasa. Dan percayalah kepada TUHAN bahwa jerih payah mereka pasti diperhitungkan.

Amin……Sukses Nias Barat.

Iklan

8 pemikiran pada “Filsafat Nias Dalam Lirik Lagu

  1. Ping balik: edisi Siliwi Nali Saraha | Elifati Waruwu

  2. semoga nias barat pimpinan faduhusi daely,s.pd sukses adanya. Utamakan pengabdian daripada yang lainnya. Bapak adalah seorang kristen yang jujur, maka jujurlah dalam melaksanakan tugas pemerintahan yang telah dibebankan kepada bapak untuk memajukan daerah bapak sendiri. Saohagolo dari tanah Langkat. Putra Nias selatan yang pindah tugas ke Kabupaten langkat. ya’ahowu. Ikatan Masyarakat Nias (IMAN) Kab. Langkat

  3. Pak Ketum, hahahahaha

    Aku kutip nih:

    “NIAS BARAT sedang berjuang, ada yang mengklaim “No’erege dodoma, baniha bo’o sa, zi moi yawa”. Terlalu dini saya berikan warning kepada para pejuang untuk tetap PATRIOTISME nya jangan undur karena cerita itu. Yang pasti rakyatlah yang menentukan siapa nanti yang berkuasa di Nias Barat. Sekalipun banyak isu mengenai siapa PLT dan sebagainya, biarkan saja berlalu cerita itu”.

  4. Selamat atas suksesnya MUNAS I PNB, Patut di Ancungkan Jempol u masyarakat Nias Barat, Hebat……!

    Kepada Bapak Pdm Mustika Ranto Gulo, IR, Fatizaro Daeli, Herman Zebua, SH. kami ucapkan selamat dan sukses, anda adalah purtra terbaik….tetap jaga ksaksian hidup anda bertiga.

    Tuhan beserta anda, kami bangga dan kiranya damai sejahtera Tuhan untuk bapak2 bertiga, yang harus dijunjujng tinggi aalah kejujuran dan keterbukaan.

    Amin
    Bes Hulu

  5. Maafkan saya, saya terpaksa menghapus semua komentar yang tidak baik dari orang2 yang tidak bertanggung jawab.
    Semua makian mereka saya simpan dan saya anggap spam saja.
    Semoga mereka berbalik dari cara yg tidak baik menjadi manusia seutuhnya.

    Komputer saya kena virus dan ada peringatan dari prinsiple bahwa beberapa komentar mengandung virus, sehingga harus di scanning 10 menit bahkan ada yang satu jam komentar baru tampil.

    untuk kenyamanan kita semua web ini tetap di urus dengan baik oleh beberapa team redaksi yang baru. Supaya hasilnya bagus maka mulai sekarang saya tidak menanggapi komentar apapun, kecuali atas persetujuan redaksi. Saya hanya sebatas penulis saja dan memoderasi semua tanggapan saudara2.

    Mari kita gunakan blok ini sebagai alat komunikasi kita dan juga sebagai sumber informasi bagi Semua Warga Nias dan Nias Barat dimana pun berada.

    Tuhan Memberkati
    Moderator

  6. Buat Nak Fo’arota Hulu.
    Saya mengerti karakter dan cara berpikirmu nak, tapi kamu saya akui orang berpotensi dan berprestasi, namun sayang sekali anda menjelek-jelekkan web ini dengan mencap tidak baik. Coba renungkan lagi Nak apakah ada yang salah dalam cara berpikirmu, komentar Nak sendiri yang mengotori web ini namun anda menuduh orang lain? sungguh aneh Nak, anda menunjukkan kelasmu disini sedangkan berani menilai kelas orang lain. Kalau mau berdebat janganlah disini tapi tujunkkanlah dirimu melalui hasil karyamu untuk kepentingan orang lain, itu usaha jauh lebih berharga dimata dunia dan terlebih kepada Tuhan Nak. Ingat bahwa semakin kamu menjelekkan orang lain, kelasmu semakin turun Nak dan sebaliknya orang yang kamu jelekkan makin naik kelas apalagi dimata Tuhan karena bukan hak kita menghakimi tapi itu haknya Tuhan Nak.
    Saya sebagai orang yang lebih tua kalian memberikan nasehat ini, karen saya sangat sayang kalian semua, kalau saya tidak sayang kalian Nak saya tidak berkomentar untuk kalian, saya biarin dan terserah aja.
    Yang mengasihi kalian,
    Ama Gambi moroi ba Nitawisole

  7. Bagus banget komentar Moderator Res #2 di atas, setahu saya mana mungkin mustika ranto gulo maki2 dirinya sendiri. Saya kagum orang nias tahunya main belakang, kayak orang nias di kantor saya, susah sekali di percaya.

    Trus, hub kita sebenarnya sangat erat, Protab dan Nias Barat itu syah2 saja dibuat Link sebagai kekuatan.

    Saudaraku dari Nias Barat, kami siap bantu mobilisasi masa 17/09/07 nanti. bagaimana?

  8. Salam Nias Barat
    Terima kasih atas semua komentar saudara-saudara, itulah dinamika berkomunikasi, kadang membuat darah mendidih, namun karena kita memiliki kemampuan mengolah data dan informasi maka semuanya dapat difilter oleh otak kita.

    Situs ini, sudah berumur hampir 5 bulan berjalan…. disisi ego saya, kadang bangga namun lebih banyak tertawanya. Saya menemukan pembelajaran yang hebat dan luar biasa dengan membaca wajah culture nias yang sesungguhnya. Lucu dan seru, bagaimana orang nias bercanda, berkomunikasi dan bertukar pikiran.

    Kita tertangkap basah dari semua tulisan kita sendiri, sehingga terlihat semua aura dan lekukan kehidupan nyata kita… masing-masing …………….ketahuan deh, siapa kita.

    Sayangnya para Komentator banyak yg tidak ada nama aslinya, inilah model ketelodoran kita. Kita selalu bermain dibelakang layar dan dan bermanis muka kepada orang lain. Sebaliknya kita tidak bertanggung jawab kalau memaki-maki orang, berperang gerilya, pengecut dan lempar batu sembunyi tangan. Bukankah semua sikap itu telah kita lakukan untuk memuaskan nafsu kita. Kita memukul dengan kata-kata dan mengatasnamakan orang lain.

    Akhirnya terjadi perpecahan diantara bersaudara dan saling curiga. Marilah saudara, belajar merendahkan diri satu dengan yang lain, saling menghormati, dan jangan mengorbankan persahabatan.

    salam dari saya
    Ama Maya Gulo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s