Wisata Nias Barat Pasca T’usnami

Pantai Barat Pulau Nias yang terbentang dari Sirombu sampai Luaha Moro’o Mandrehe menjadi lebih indah dan semakin melebar.

Pasca T’sumami, Pantai Barat Pulau Nias, sekarang justru tampak indah dan sudah bersih dari puing-puing akibat gelombang air laut yang menaik hampir +/- 10 meter tingginya waktu itu. Pantainya sekarang malah menjadi indah dan luas sekali, pasirnya merah keputih-putihan. Sangat baik untuk berekrasi di sana. Masalahnya jalur perjalanan dari Kota Gunug Sitoli sangat jauh, ditempuh dalam waktu hampir 4 jam. Kendaraan Umum yang layak bagi Turis masih belum ada, demikian juga penginapan tidak ada.

Pantai Barat Nias 

Bagaimana Caranya Membangun Wisata Nias Barat?

Iklan

18 pemikiran pada “Wisata Nias Barat Pasca T’usnami

  1. syarat untuk menjadikan objek wisata layak untuk dipasarkan kepada publik dan tidak terkecuali kepada wisatawan asing jika diobjek wisata tersebut sudah tersentuh oleh aksesbilitas yang bagus dan fasilitas lengkap dan informasi tentang objek wisata tersebut yang bersifat faktual…salam otentik harefa….terus jaya nias akan menjadi pulaunya para wisatawan….

  2. Selama tiga bulan saya di Pulau nias dan hampir semua daerah sudah aku datangi, mulai dari kota gunung sitoli terus teluk dalam, sirombu, lahewa, sirombu, lolomoyo dan masih banyak lagi. pulau nias sebenarnya bisa maju atau berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakatnya, khususnya dalam bidang pariwisata yang begitu sangat indah dan budayanya yang masih asli masyarakat nias, maka dengan itu perlu digarap dengan baik. Apabila penanganannya serius untuk memajukan nias sudah pasti khususnya para wisatawan akan datang/berkunjung menikmati keindahan Alam yang begitu indah terutama Ombak lautnya. Bahkan tidak kalah dengan pulau Bali.

    Tingkatkan partisipasi atau peduli masyarakat nias untuk maju…..?

    Dan lebih ditingkatkan tatanan atau prilaku masyakat yang lebih baik serta SDM di tingingkatkan pula karena ini sangatlah penting untuk kemajuan nias…..? selamat berjuang untuk nias lebih baik ….!

  3. Nias Barat sangat indah bila ditata dgn bijak , Tapi lebih indah lg bl ditatar manusianya, sehingga untuk tujuan memajukan Nias yg utama adalah Sumber Daya Manusianya.

  4. nias barat atw kta knal dgan sirombu skrg dah sgat berubah,
    pantai’a luas depan belakang…, sirombu sangat bgus di jadikan objek wisata dan jalur’a sudah bgus tetapi kurang da sarana penginapan atw hotel.
    di sirombu skrg bisa bermaen surfing di pelabuhan dan di sifadaya, bukan hanya di p.Asu dan Sorake Beach z da ombak yg besar.

  5. Maaf pak Redi, terumbu karang Hinako belum bisa ditampilkan dulu deh, kami sdh kesana tapi tidak ketemu, tidak org nias disana yg tahu apa itu terumbu karang, ketika kita dibawa di lokasi malah mereka bingung disebelah mana.

    Daerah lain saja. thx

  6. Halo Pak Hadi, perkenalkan saya Redieli cukup panggil Redi saja asal Nias dari Zuzundrao Mandrehe Kab Nias (Nias Barat nantinya).

    Wisata yg prlu dikunjungi antara lain:
    1. Teluk dalam (Lagundi-beach)
    2. Bawomataluo Teluk dalam juga (desa tradisional Nias)
    3. Batu Megalit di Gomo Sahaya-haya (nias tengah)
    4. Terumbu Karang di P Hinako (Dari Sirombu masuknya)
    5. Patung Teche Mbowo di Hiligeo Mandrehe (nias Barat).

    Transportasi sdh cukup lumayan, saya sarankan naik Sepeda Motor RBT (lebih Murah) dibandingkan sewa Mobil Rp 350.000/hari.

    Bisa nginap di rumah2 rakyat biasanya di rumah Kepala Desa atau pemuka agama di sana.

    Pendekatan ke masyarakat, ada dua kebiasaan yang sangat menyolok:
    1. Setiap org harus disapa dengan mengucapkan “Ya’ahowu” kadang disingkat “Yahowu pak, atau yahowu ina dan setrusnya.”
    2. Jika bertemu orang, selain disapa greetings di atas, ternyata harus di salam, jangan heran kalau mereka bersalam-salamn sampai beberapa kalia sebelum berpisah dengan anda.
    3. Biasanya anda disuguhkan “sirih” yang digulung dengan buah Pinang yang sudah dikupas. Anda boleh menolaknya dgn halus, terimalah dan pegang saja tanpa harus anda kunyah. Jika anda ingin mencoba tak masalah, tetapi sirih itu membuat mulut anda merah karena ramuan sirih itu. Air dari hasil kunyahan sirih jangan di telan, harus dibuang karena kalau anda telan, bisa membuat mabuk.
    4. Perhatikan pada saat anda dijamu makan, jangan sentuh sebelum dipersilahkan dan dimulai dgn doa, karena di sana mayoritas kristen. Mereka akan memberikan jelek jika etika makan anda tidak baik.
    5. Selain hal2 di atas, jangan mengumbar janji dengan org2 di sana, karena mereka sering mendengar janji-janji para amtenar kota menjelang pasca sunami dan bencana gempa yg lalu. Banyak yg mengambil kesempatan, tentu kita harus jaga, karena kita datang hanya u wisata saja.

    Semoga bahagia dan sejahtera pak Hadi, silahkan jalan-jalan ke desa saya. Saya tinggal di Medan Jalan Pattimura dekat Kampus USU.

    Salam
    Redi

  7. wah….saya lihat web tentang NIAS menarik sekali, saya sama temen2 proyek mau kesana maret ini,tapi belum punya paduan yang jelas tempat2 yang harus dilihat.mudah2an ada temen2 asli pulau sana yang bisa bantu infonya seperti:
    1. akomodasi yang sederhana/tidak mahal (maklum aja budget terbatas)
    2. wisata kuliner yg bagus
    3. transportasi (Sewa kendaraan,bus,dll)
    4. pengenalan tata krama/adata istiadat setempatyang harus dipatuhi
    5. tempat wisata yang lengkap
    rencana 5 hari, berangkar dari Jakarta.

    terima kasih

  8. Wah Pantai Fari’i di Na’a…luar biasa, letaknya persis perbatasan dengan kecamatan Lolowa’u dan hebatnya di depan pantai ini ada pulau kecil kira-kira 10 x lapangan sepak bola.

    Dan antara Pulau ini dengan pantai Fari’i lautnya sangat tenang/diam karena tidak ada angin yang kencang, warna air lautnya sangat biru dan jernih sekali, kayak air danau aja.

    Bila dibuat tempat pemancingan khusus yang menyalurkan hobbynya sangat cocok, tentu harus didukung dengan sarana transportasi dan pondokan beserta kepeluan sehari-hari, serta keamanan para wisatawan.

  9. Pantai FARI’I Desa Hilimberua Na’a Kecamatan Sirombu, jika ada informasi lebih lanjut dan fhoto2nya tolong kirim ke redaksi pak kami sedang mengumpulkan informasi Pantai Nias Barat untuk di promosikan ….

    Seandainya terwujud maka kita buat pameran kecil fhoto-fhoto nias barat termasuk pantainya dan mengajak siapapun untuk investasi di mandrehe dan sirombu … apa saja seperti hotel dan lain-lain.

    terima kasih usul darah muda dan pak manase z
    redaksi

  10. Maaf, saya menulis menanggapi Wisata Nias ini, jika saudara mau beerjuang untuk nias barat, ya atau tidak menjadi kabupaten tidak masalah yang penting kita harus bawa investor:
    1. Nias barat butuh satu Hotel di Pantai barat (?) yang sederhana saja seperti disoreke
    2. Kendaraan dari g. sitoli ke sirombu 2 armada yang baguslah PP sirombu G sitoli (binaka) sertiap hari.
    3. Travel di jakarta buatlah program untuk paket perjalanan.

    itu saja sumbangsih saya.
    Yaahowu
    manase

  11. Sekaranglah Waktunya kita Promosikan Nias Barat di dunia Internasional, inlah kesempatan bagi kita Nias Barat dimana dulunya dunia hanya mengenal Nias Selatan dengan Desa Bawomataluo dan Pantai Sorake nan Elok, tapi sekarang itu semua sudah berubah dimana Pantai Lagundri dan sorake tidak seindah dulu lagi semenjak Stunami melanda NIas, malah sekarang pantai yang paling menjanjikan adalah Pantai FARI’I Desa Hilimberua Na’a Kecamatan Sirombu yang pantainya disebut-sebut melebihi pantai Kuta Bali dan Pulau Asu (Kep.Hinako) yang menurut wisatawan mancanegara lebih bagus dari Pantai Lagundri dan Sorake.
    Nah sekaranglah waktunya bagaimana kita memberdayakan potensi Wisata Alam Nias Barat ini menjadi daerah wisata Utama di Nias dan menjadi ajang promosi kita kepada para investor untuk menanamkan modal dan membangun NIas Barat pada Umumnya.
    Saya yakin PILAR NIAS BARAT dapat mengambil peran dalam hal Ini, jangan sampai kita ketinggalan dari yang lain karena dari kita oelh kita untuk kita Pilar Nias Barat Maju!!!!!

    Bravo PILAR NIAS BARAT…

  12. Disamping memperkenalkan/promosikan ke lokasi pameran, saya pikir menarik perhatian pejabat di departemen pariwisata juga sangat menentukan majunya suatu lokasi pariwisata.

    Untuk itu, kalau punya akses atau bisa menerobos kita harus menarik perhatian para pejabat departemen pariwisata.

  13. Pak Moderator,
    1. Saya usul agar promosi pariwisata ini menjadi tema yang terus diangkat.
    2. Mohon masyarakat Nias yang punya modal agar melirik sektor ini menjadi peluang usaha ke depan yang harus digarap potensinya.
    3. Mohon redaksi memiliki kontak person dengan Kabid. Pariwisat Tk II Nias, agar dapat memanfaatkan blog ini untuk promosi program kerjanya yang belum direalisasikan.

    Saohagolo

  14. Yth. Para Netters yang telp. dan yang memberi komentar !

    Mohon Maaf, kami tidak memiliki banyak fhoto2 nias barat, kalau saduara2 punya bisa dikirim ke

    email mgulo@yahoo.com
    call 24 hours 021 6886 1905

    Trims
    Moderator

  15. Ini pertama sekali saya mengunjungi web ini. Setelah saya dengar hirur pikuk bahwa ada web yang baru milik Nias Barat.

    Topik yang disajikan oleh moderator tentang pariwisata Nias Barat menarik perhatian saya untuk sedikit memberi pendapat sbb:
    1. Berbicara tentang Tourisme/pariwisata kita bicara tentang sebuah objek. Pada dasarnya objek wisata di Nias Barat setahu saya sangat banyak, seperti Lautnya sangat indah, batu2 bersejarah, pemandangan alamnya yang indah serta kakayaan budaya yang khas memberi nilai tersendiri bagi tourist untuk berkunjung.
    2. Saya himbau kepada putra/i Nias di perantauan yang sudah punya “modal” hendaknya melirik sektor pariwisata ini, seperti merancang sebuah perjalanan tour yang diiklankan di surat kabar atau dari mulut kemulut kita promosikan bahwa ada pemandu tour. Sekarang sudah lebih mudah karena pesawat dari Medan-Nias sangat lancar (3x dalam sehari) juga akses jalan G.Sitoli ke Mandrehe-Sirombu masuk tahap finishing.

    Marilah kita memajukan sektor pariwisata dengan jiwa ramah tama.

    As. Gulo

  16. Kalau Wisata di Pantai Barat Nias, ini merupakan tempat mainan saya waktu kecil.

    Dulu saja sangat sangat indah, bagaimana menyaksikan matahari terbenam pelan-pelan dengan warna merah ke kuning-kuningan.

    Mulai dari matahari masuk kedalam laut, pertama pinggir bawah, lama kelamaan bola matahari kayak jatuh ke dalam laut,……..wah.indahnya langit….matahari masuk secara pelan ke dalam laut dan akhirnya…..habis deh mataharinya ditelan air laut, lalu gelaplah sudah………indahnya bukan main.

    Justru waktu kecil…itu saya sambil mandi di laut yang masih hangat…

    Dan pantainya itu ada kurang lebih 15 km……..sangat panjang. Saya pikir sekarang kalau bisa dilewati kendaraan roda empat dari Sirombu sangat bagus. Artinya mobil langsung memasuki pantai pasir (bewenasi).

    Masalahnya sekarang yang penting di sediakan adalah :
    1. Pemondokan yang aman. Jangan sampai wisatawan tidak terjamin keselamatannya.
    2. Tempat mereka mendapatkan makanan.
    3. Ada sarana mereka mencapai lokasi.
    4. Promosi.

    Dengan menyediakan kebutuhan wisatawan maka Pantai Nias barat akan menjadi salah satu tujuan wisata yang handal.

  17. WISATA NIAS BARAT adalah sebuah kebanggaan kita bersama untuk mewujudkan Nias Barat jadi daerah wisata.Memang saya tidak pernah melihat wisata yang ada di Nias Barat tapi bila kita punya wisata yang sangat indah dengan +/- 10 meter tingginya berarti pantai dan wisata Nias Barat sudah menjadi standar International.Sehingga para wisatawan dengan melihat kondisi wisata tersebut akan tertarik.

    Pesan: Tolong kirim kepada saya semua foto wisata yang ada di Nias Barat agar saya bisa menceritakan kepada temen-temen disini karena saya hari Jum’at ini saya akan pergi ke German selama 5 hari untuk seminar antara students di Eropa…, siapa tau ada waktu untuk saya bisa caritakan sedikit semaksimal mungkin.
    Terimakasih… I am looking forward to hearing for you as soon as possible.

    WARUWU,YAREDI
    (SWITZERLAND)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s