Ya’e Gera-eragu

Petuah Saya:

  1. Jangan pernah terpengaruh karena “APA KATA ORANG !” karena keinginan mereka tidak terbatas.
  2. Anda harus memiliki kemampuan mempertahankan prinsip saudara, supaya jangan terombang-ambing.
  3. Jangan pula berhati batu, tidak mendengar saran orang lain, terimalah kritik dan evaluasi maksudnya.
  4. Jangan pula diam seribu bahasa, yang akhirnya anda ditinggalkan orang, kadang orang pikir anda pintar, tapi kenyataannya, anda memang tidak mengerti apa-apa.

Selamat bergabung!

Moderator 

Catatan:

AKan kelihatan secara kasak mata, siapa kita dari cara kita bicara dan menulis pikiran kita. Oleh karena itu tulislah sesuatu dengan bijak agar menjadi berkat bagi orang lain.

105 pemikiran pada “Ya’e Gera-eragu

  1. saatnya saya mau angkat bicara soal kampung halaman tercinta NIAS BARAT tempatku dilahirkan,
    nias barat dibawah komando bupati A.A.GULO hampir satu periode memimpin NIas Barat, ada banyak sisi negatif/rumor yang muncul di kalangan masyarakat nias barat sendiri,
    1. kepemimpinan tidak berkualitas
    2. tersisihnya orang – orang yang berkualitas karena dianggap lawan politik
    3. pencitraan yang luar biasa muncul,
    4. tidak dengan mengembalikan uang negara merupakan keberhasilan tetapi menunjukkan ketidakmampuan seorang pemimpin bahwa tidak mampu mengelola anggaran yang ada, boroboro mencari solusi penambahan APBD
    5. segala urusan ujung-unjungnya duit
    6. kroni kepemimpinan merasa lebih mampu dari yang lain dan ternyata tidak mampu mengemban tugas yang dipercayakan padanya karena penenmpatan yang tidak proposional
    7. rumor bahwa didominasi oleh orang – orang yang berlatarbelakang seiman/seagama dengan pemimpin seolah olah yang lain tidak mampu.
    rumor ini hanya sederetan kecil, masih banyak yang lain yang akan saya muat pada sesi berikut.
    ada solusi buat pemimpin kedepan agar NIAS BARAT yang kita cintai ini selevel atau setara dengan PEMDA lain yang ada di Pulau nias, anatara lain:
    1. berilah pendidikan gratis
    2. pelayanan prima gratis dibidang kesehatan
    3. berilah pengurusan gratis terhadap pengadaan sertifikat tanah seluruh nias barat, APBD dari sektor pajak yakinlah akan jauh lebih meningkat.
    3. penenmpatan pegawai yang proposional sesuai bidang dan keahliannya
    4. hindari anggaran yang biayanya membengkak dan tidak masuk akal
    masih ada lagi akan saya muat pada sesi berikut

    saya menyaksikan sendiri angaran yang di kelola pnpm mandiri perdesanan tentunya di daerah saya sendiri dan pernah saya salah satun tim pengelola kegiatannya, anggaran 300 jutaan mampu membangun hampir 1000m jalan aspal + drainase dan gorong-gorong (persisnya didusun SOMAWO menuju FAREGE, dibanding kalau APBD yang membiayai diperkirakan lebih dari 500jtaan

    saya tantang pihak SKPD (dinas PU nias barat) kalau sanggup dan mampu membiayai hal yang sama.

    proyek di dusun BAHO kurang lebih 400meter yang pelaksanaanya dimulai bulan september 2013 yang lalu (sebelumnya sudah disertu), hanya mengaspal itupun asal-asalan menelan biaya….. berapa????????

    terimakasih… ya’ahowu!
    – ini saya tulis demi masyarakat nias barat itu sendiri
    – saya tidak punya niat menyepelekan yang lain
    – agar menjadi acuan kedepan
    – mohon koreksi demi kebenaran
    – sumber di ambil dari yang saya alami sendiri dan keluhan yang disampaikan masyarakat nias barat……

  2. memulai sesuatu hal yang benar itu harus dari diri sendiri,,,,dengan sendirinya orang lain akan melihatnya,memahaminya,dan mengikutinya…karna orang yang sdh pnya pendidikan dan punya pola pikir yang baik akan lebih memilih jalan yg lebih membangun dan bermanfaat….salam buat Nias.

  3. I say this because this was the only cab company
    that picked up the phone on the first ring. What we can do is to really accept what we did while forgiving that part of us that
    was unaware of what we were doing or how it would impact other people; the part that
    just doesn’t always get it right. If we relate to the recession with fear, then it will close us down further.

  4. Ya’ahowu Fefu ….. !!!
    Nowaae ubaso fefu gera-era nda talifuso moroi yawa bahwa kesimpulan nia. Nias Barat tetap Maju, Jaya dan jangan pikirkaan krikil-krikil kecil yang mengganjal, tetap pada pendirian bahwa kita ingin sejajar dengan daerah lain. saya ajukan jempol pada saudara yang benar-benar memperjuangkan terbentuknya Kab Nias Barat. Nah… mari kita satukan pikiran ke depan bagaimana kita menggali potensi yang ada di Nias terutrama di Nias Barat semoga investor dari luar daerah nias bahkan kita orang niaspun yang sudah mampu mau mengambil bagian demi kemajuan nias khususnya demi kesejahteraan masyarat nias Barat. Himbauan kiranya kepada Yth. Bapak dan Saudara – Saudara yang sudah duduk di Pemda Kab Nias Barat: perlunya efisiensi, pemanfaatan sesuai program jangka pendek agar dapat terserap oleh pengguna demi peningkatan pendapatan daerah maupun masyarakat setempat. Semoga semua pihak dapat tersentuh demi pembanguna Nias, khususnya Nias Barat. Mari-mari…. berbuatlah…..Amin. HD. Daeli-Jkt

  5. macam mana nias mau maju orang nias banyak tidak jujur.hal yg kecil aja dulu seperti tukang rumah.orang dikota bikin rumah dua bulan kalau sama org nias dua tahun.kebanyakan org nias tidak jujur dia pikir dia udah merasa menang tapi dia tidak tau apa akibat semua yg diperbuatnya sama org.upahdosa adalah maut.

  6. minat maaf yang sngat terutama saya ucapkan bagi penduluan kami dalam prospek pengembangan nias………………!

    mohan di maklum jika ada keasalahan…………

    Nias…!Jaya…………..!
    kami generasi penerus khusnya saya sendiri, bangga memiliki abang2, orang tua yang duluan dari kami, yang telah rela mengorbankan semuanya demi kepentingan bersama dalam rangka pembangunan Nias.

    Bagaiman jika kita dari pulau yang tercinta yaitu nias menjadi satu prov…..?
    kita mengolah otonom kita sendiri,………?
    satu permintaan kami ini semoga bapak2 dan ibu2 serta kwan2 berstu tangan dan pendapat untuk mencapai tujuan itu……..?

    “YA’AHOWU’…………….!!!

    Nias…………!!Jaya………….!!!

  7. maaf sebelumnya…….kl bleh numpang tulis sy ingin mengatakan sesuatu…walaupun sy bukan orang nias barat tp sy ttp orng dr nias,dr nisel..sy membaca dan menganalis semua tlsan tulisan saudaraku yang anda muat di forum ni,dan saya anggap wajar wajar saja..hanya saja saran saya,kt sbg warga nias marilah kt satukan akal,pikiran dan ide ide kt tuk majukan nias yg kt cintai ni…jgn kt slng hina dan menjatuhkan.kt bangga kl ada saudara kt yg berani tampil dan bertujuan tuk membangun kt semua mendukung.dan km mahasiswa dari pekan baru sangat berharap kt bs bersatu tuk satu tujuan memajukan nias,berantas korupsi,tuntaskan kemiskinan yang merajalela di di daerah kt buang jauh jauh rasa egois…saya:BEZIDUHU HALAWA dr lolowau mengharapkn kebersamaan dan persatuan saudara tuk membangun nias,tunjukan kemampuan dan wujudkan nias yang handal dan terdepan…jgn mau ketinggalan dengan daerah lain…salam,,yaahowu

  8. Dasar orang Nias. Punya otak tapi gak punya pikiran. Masalah gitu aja di permasalahkan. Mikir donk pake otak.
    Dasar loe babi

  9. Yahowu Kawanku Senag Aro Lahagu, saya Mare Orahili Kec Lolowa,u Nisel kalau ngga salah kita satu sekolah, masih ingat?

    Ba Nisbar so ndrao’odo iadaa… CPNS, nasib kami belum jelas, …

    Yaahowu fefu mbanuada dimana saja,
    Tuhan memberkati

  10. yaahowu talifuso.. yaodo moroi ba lahagu, toroi ba, bogor…..nias barat maju trus siapa saja yg menjadi pimpinannya gk masalah yang penting:berpengalaman dalam bidangnya, berpengetahuan, dan beriman,,

  11. Yaahowu goi talifuso. hewisa mano pembanguna nias barat daana bale? apakah makin tedou pembangunannya ba? hendeso toroi daa bale? yaado moroi ba lawelu< tapitoroido iadaa ba tangerang.

  12. saya setuju dengan kalimat kita jangan terpengaruh dengan kata orang. saya mau katakan ketika kita ingin melangkah dan mau maju kita harus lakukan bersama dan jangan decara sendiri. agar ketika kita gagal kita tidak saling menuding tapi akan secara serentak bangkit jadi aman tak ada saling curiga, tak ada perpecahan. mungkin banyak hal peristiwa yang sudah ada bahkan kita alami sendiri tentang sistem pemerinthan selama ini dan apakah kita akan meniru atau kita akan berdiam aja dengan sistem tersebut. saya rasa tidak! kita tidak ingin nias barat, nias yang baru terbentuk dengan perjuangan yang begitu hebat kita sia2kan. saya yakin secara bersama kita ingin nisbar tampil lebih dari kabupaten lain. kita tingkatkan persatuan dan keterbukaan diantara kita. jadi pemimpin yang betul2 merakyat dan agar kita bisa melangkah secara serentak untuk memajukan nisbar yang lebih baik dan diberkati Tuhan. harapan saya tunjukkan nilai beda kita dengan daerah lain dengan hal yang baik, benar dan berkenan dihadapan Tuhan dalam menjalankan roda penmerintahan yang baru ini.

  13. hati2 pemilihan PNS di nias khususnya Nias Barat

    banYak izajah Palsu khususnya sdr kita dari JABODETABEK

    hari gini msh pake Ijazah PALSU, pemikirannya pendek bangett yahh

    kasian yg udh kuliah tp mereka cm Beli Ijazah S1 dan S2

    LANJUTKAN…………

  14. Yaahowu Ono Niha,
    Saoha golo bacaan yang baik ini, ada rasa ingin tahu semuanya, aku coba ikutan nimbrung mengenai Wisata Nias ke depan.

    Memang kalau kita lihat sekarang Teluk Dalam (Lagundri) sangat memprihatinkan sekali, sebagai putra daerah saya usul ke Pak Bupati Laia, supaya diberikan Penataran kepada Org desa di sekitar Lagundi agar tidak berlaku tidak sopan kepada Turis. Kadang mereka mendesa-desak untuk menjual barang dagangan meraka ..sangat tidak sopan dan tidak etis. Kadang memaksa.

    Di Hinako sangat besar peluang wisata, sebagai kesaksian saya di Hulo asu, (asuislands) para turis sudah membangun villa dan hotel mereka sendiri. Dulu pembangunan dan izin2 mereka dimasa Gub al Raja Inal Siregar. Apakah Kab Nias Barat nantinya mendapat ‘Income’ misalnya pajak dari kegiatan mereka. Perlu pembinaan juga.

    Saya menilai pendapat di situs ini seru.

    Salam Nias Yaahowu Fefu
    Tal Maru

  15. Pak Mustika Ranto Gulo, ( http://niasbarat.com )

    trimkasih atas banyak info di sini pak, saya lihat banyak web site kita khusus Nias seperti :
    Niasisland.com
    dll
    usul agar di tulis hal-hal yg berhubungan dengan pendidikan..untuk keperluan mahasiswa/i juga. Aku tertlg juga atas banyak info disini.

  16. Thanks atas semua info Nias Barat. GBU All
    Artikel dgn topic budaya dan tempramen ..sosial dan kultur bisa diperbanyak dgn berbagai nara sumber.

    Saohagolo

    Mile

  17. Der beste Online und Internet Poker Raum der Welt

    http://www.internet-poker.de

    http://www.internet-poker.de

    100 Euro Gratis für jeden neuen Spieler

    Jackpot: 2.458.145 Euro

    5000 Spieler 24 Std.

    —————————————————————

    The beste Online and Internet Poker Room the World.

    http://www.internet-poker.de

    http://www.internet-poker.de

    100 Dollar free Sign Up Bonus – for New Players

    Jackpot: 2.458.145 Euro

    5000 Players – 24h

    —————————————————————-

  18. Syalom….

    kami sekeluarga anak Nias yang ada di batam(Nias Barat).kami mengucapkan selamt berjuang membangun Nias Barat

    Yahowu…..

    Jovanbers Daeli

  19. Yahowu… ono niha,saya seneng s’kali melihat situs ini,krn ini adlh salah satu cara kita ono niha menyampaikan pendpt,saran,dan kritik utk kemajuan tano niha(Nias Barat.

    Salam….bwt bapak A.sona Daeli

    NB:# Orang2 tdk melakukan yang anda harapkan.tapi mereka melakukan yang anda periksa

    Perintah pertama, Bapa kpd manusia adlh agar sukses,makmur,dan menguasai bumi yang diciptaka-Nya.
    Kesuksesan akan memimpin anda u/mencapai status sosial yg tinggi.

    orang lain akan berada di bawah otoritas dan perintah anda.

    Anda akan mengatakan kpd seseorang”pergi” dan ia akan pergi dan kpd yang lain”Datanglah”ia akan datang.

    sering kali, peninggian dan perolehan spt itu menciptakan pendapat dan asumsi yang berlebihan dari orang tersebut tentang pentingya dirinya.

    oleh karna itu,tetaplah jika orang yang berprestasi mengetahui fakta yang penting:

    Bumi ini adalah kepunyaan Tuhan dan semua kekuasaan,kekayaan,berkat,serta karunia berasal dari Allah.amin

    NOFANOLO DAEELI

    NIAS BARAT(BATAM)

  20. Kami Sekel. Turut belasungkawa atas Meninggalnya Bapak talu Ama Ge’i Gulo (Tali Dodo Gulo)pada umur 79 tahun, di Simaeasi Kabupaten Nias Barat.
    Seperti kita tahu Alm adalah mantan Camat di beberapa kecamatan di p.nias dan terakhir di Kecamatan mandrehe.

    Info ini kami dapatkan dari talifusoda Ama Niso Gulo (ANG)
    Terima kasih

    Ama Maya Gulo

  21. Syalom
    Semoga dalam perjuangan untuk membentuk Nias Barat dapat terwujud dengan damai dan terlaksana secepatnya. jalani semua ini berdasarkan kasih yang dapat membangun antara satu dengan yang lain, sehingga apa yang akan kita lakukan dapat tercapai dengan lancar dan produktif.

    Terimakasih

  22. Hi…
    waa…aq baru nemu loo..blog ini. bagus amat. tp…jgn disalah guna gitu donk. kan ngk baek berantem. kita bersatu aja ya. kelamaan ya aq nemu blog ini.
    salam kenal semua.

    Maju NIAS.

  23. kenalin aku delau … aku baru tau klw blog ini ada…. salam kenal semuanya…..
    aku punya ide.. bagaimana klw cita2nya lawomaru kita wujudkan skrg mumpung ada bantuan dari luar negeri.. kita buat tali baja yg kuat buat menarik pulau nias, utk lebih dekat dgn pulau sumatera..

  24. YA’AHOWU

    INI BERUPA SARAN BAGI NIAS BARAT

    Objektif
    Menyediakan kemudahan prasarana, utiliti dan ameniti sosial yang berkualiti untuk meningkatkan keselesaan, kesejahteraan dan menggerakkan pembangunan ekonomi di kawasan luar bandar.

    Fungsi

    * Bertanggungjawab ke atas perancangan, pengurusan, pelaksanaan, pemantauan program-program Bahagian;
    * Merangka dan menyemak semua dasar/perubahan dasar selaras dengan dasar, matlamat dan strategi yang telah ditetapkan oleh kerajaan;
    * Mengenal pasti mekanisma pelaksanaan program bagi mewujudkan sistem penyampaian secara cekap dan berkesan;
    * Memastikan pelaksanaan program-program Bahagian mematuhi Garis Panduan yang ditetapkan dan selari dengan dasar Kerajaan;
    * Merancang, mengawal dan mengurus Belanjawan Mengurus dan Belanjawan Pembangunan Lima Tahun dan Tahunan selaras dengan matlamat yang telah ditetapkan;
    * Mewujudkan jaringan kerjasama dan mempertingkatkan hubungan strategik dengan agensi dan sektor luar;
    * Merangka dan membangunkan sistem maklumat dan inventori program pembangunan Bahagian;
    * Merangka penggunaan sistem/teknologi baru dalam pelaksanaan program pembangunan Bahagian ke arah meningkatkan keberkesanan Sistem Penyampaian (Delivery System); dan
    * Menganggotai Jawatankuasa Pemandu Penyelarasan Pelaksanaan Program Prasarana, Utiliti dan Ameniti Sosial.

  25. YA’AHOWU ……..

    Kita banggakan atas kerjasama antara pengurus”
    ………..Website Nias Barat
    Kepada pengurus” nias barat jangan ada kata
    ,,,,,,,,,,F A Y A’O S A………….
    maunya harus ada kekompakan antara pengurus”
    dan pertama kali jangan lepas dari TUHAN itu aja .

    Oke ya’ahowu

  26. Satu hal lagi yang saya lupakan……

    NIAS…………………………….
    Tidak butuh orang yang BANYAK BICARA
    sebab sudah terlalu banyak orang yang pandai bicara di NIas tapi tidak mengasilkan apa-apa

    NIAS…………………………….
    Butuh orang yang mau bekerja dan berkorban
    untuk membawa NIAS ke perubahan menjadi lebih baik

    Jadi…………………………….
    mari kita koreksi diri kita,
    apakah selama ini kita hanya BANYAK BICARA
    atau kita ingin bekerja untuk membangun NIAS tercinta

    HIDUP NIAS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. Kepada seluruh rekan-rekan yang lahir dan masih memiliki ataupun merasa memiliki darah nias dalam dirinya……………………………………………………………..
    Kita semua lahir dan besar di , kita makan dari tanah Nias,tertawa di tanah Nias dan menangis dalam pelukan Nias tercinta.
    Setiap hari kita ditemani oleh tanah Nias hingga akhirnya kita berhasil dan meantau keluar tanah ini……………………………..
    Sayang…………………………..
    Kita lalu lupa dengan tanah kelahiran kita
    yang telah mengandung dan membesarkan kita
    menampung semua air mata kita
    bahagia dengan tawa kita
    menangis dengan derita kita

    Banyak dari kita malu kembali ke Nias
    Malu melihat anak-anak yang bertelanjang dada dan kumal
    malu dengan pendidikannya yang hanya mampu merangkak ke atas
    malu dengan saudara-saudara kita yang katanya ketinggalan jaman
    padahal mereka adalah
    TANGGUNGJAWAB KITA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Saya banyak bertemu dengan orang Nias yang telah berhasil di tanah perantauan ini,
    tapi………
    Mereka sudah terlena dengan kehidupan kota besar dan lupa akan tanah leluhurnya,
    Banyak orang Nias diperantauan yang bahkan sudah lupa bahasa NIas, lalu bagaimana dengan putra putrinya?

    Jangan malu jadi orang Nias
    Tapi…
    Mari kita bangun NIas
    agak tidak dipermalukan lagi,

    Ya’ahowu

  28. To: Masyarakat Nias Barat

    WASPADA TERHADAP IRI HATI

    Artikel ini saya tulis atas keprihatinan saya terhadap masyarakat Nias Barat yang sering menghujat, mencaci maki, dan saling menyalahkan, dsb. Sehingga saya terinspirasi untuk menulis artikel ini yang menurut hemat saya dapat mengetuk pintu hati saudara, agar ditahun 2008 ini damai natal tinggal didalam hati kita semua.

    Referensi/dasar iman (Kisah Para Rasul 5:17)

    Dalam ayat tersebut dikisahkan tentang tua-tua Yahudi yang iri hati terhadap para rasul karena didalam pelayanan mereka Allah berkenan menyatakan kuasaNya sehingga orang-orang sakit mengalami mujizat kesembuhan. Hal ini membuat banyak orang merasa kagum kepada rasul dan tidak sedikit diantaranya yang bertobat. hal inilah yang menyebabkan hati para imam menjadi panas. Kemudian mereka menangkap rasul-rasul dan memenjarakan mereka dengan berbagai tuduhan. Semua didasari karena iri hati dengan apa yang telah dilakukan ole para rasul. ILUSTRASI.

    Berhubungan dengan persoalan iri hati ini ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui agar kita mewaspadainya.

    1. Bahaya Iri Hati

    Iri hati bukan hanya suatu sikap hati yang buruk saja, tetapi ada akibat dibaliknya, seperti: Seorang yang iri hati akan menyimpan dendam, menghalalkan segala cara, melupakan firman Tuhan. Orang tersebut juga mudah menjadi kecewa, semuanya ini terjadi disebabkan karena iri hati.

    2. Penyebab Timbulnya Iri Hati

    Ada beberapa hal yang menyebabkan iri hati menguasai seseorang seperti tidak memiliki rasa percaya diri, tidak menyadari anugerah dan kasih karunia Allah pada setiap orang itu berbeda-beda. Juga karena tidak berjiwa besar untuk menerima kelebihan orang lain.

    3. Kiat Kiat Agar Terhindar dari Iri hati

    Kita harus segera mengubah konsep berpikir kita, bahwa iri hati adalah dosa dihadapan Tuhan dan dapat menghancurkan hidup kita, serta membuat orang lain menderita. Setelah itu belajarlah untuk berjiwa besar menyaksikan berkat-berkat yang mengalir dalam kehidupan orang lain. Kita harus sadar dan berjiwa besar bahwa Tuhan memberkati setiap orang menurut kapasitasnya masing-masing, sebab orang yang diberi sedikit dituntut sedikit, sedangkan orang yang diberi banyak dituntut banyak. Hal ini berarti bahwa kapasitas seseorang menentukan tanggung jawab dalam dirinya.

    Iri hati bukanlah sifat yang baik, karena iri hati dapat menghancurkan hidup dan potensi yang kita miliki. Karena itu waspadailah dan tolak segala hal yang dapat menyebabkan kita menjadi iri hati, dan milikilah sikap hati yang benar, sebab hidup yang bebas dari iri hati akan membuat kita damai sejahtera.

    Untuk itu kita sebagai generasi muda Nias barat marilah kita mengubah cara pola berpikir kita, supaya kehidupan kita, pemikiran kita,dapat bermanfaat bagi sesama kita orang Nias, Kita tidak usah membangun opini Pro dan Kontra tetapi marilah kita membangun Nias melalui pemikiran dan potensi yang kita miliki sehingga dapat memberi solusi terhadap permasalahan Nias. Bangunlah Dialog yang baik dan bermanfaat dan hindari diskusi atau kese kese yang tidak sehat, karena dapat menimbulkan perpecahan diantara kita. Nias Barat memang milik kita semua.

    Siapa pun kita, baik itu Panitia BPP KNB maupun bukan panitia, tetapi sadarlah bahwa kita mempunyai tugas masing-masing, setidaknya dukungan doa supaya perjuangan pemekaran Nias Barat dapat terwujud. Ingat ” Apa yang telah kita lakukan hari ini akan diingat selamanya oleh anak cucu kita kelak”. Untuk itu STOP STOP menghujat dan jauhi sifat saling menyalahkan, karena itu penyebab timbulnya iri hati. Thanks God Bless You All.

    by. Lattreiyan Alo’oa Hia
    Villa Tangerang Elok
    Jl. Akasia IV Blok B22/11A
    Ps. Kemis-Tangerang
    Phone 0815 33 92 711/ 021. 990 19 777

    CATATAN PENTING :

    Silahkan baca artikel saya yang berjudul” CARA MEMBENTUK KARAKTER” di http://www.imaniyes.com. Dan nantikan artikel saya selanjutnya yang berjudul ” BENIH-BENIH PERJUANGAN YANG TIDAK KELIHATAN, NAMUN NYATA BAGI ORANG YANG MENGERTI DAN PERCAYA”

  29. Puji Tuhan saya menemukan beberapa situs yg peduli dengan keberadaan Tano Niha. Dari semua comment yg saya baca saya menangkap bahwa semuanya memiliki hati untuk P. Nias. Sebagian menulis dengan baik dan positif sebagian lagi menulis dengan bahasa yg miring dan bahkan provokatif. Usul saya kepada moderator supaya forum ini memiliki nilai kontribusi bagi semua pihak – termasuk anda dan saya – sebaiknya comment yg masuk di-edit atau bahkan di-blacklist sehingga tujuan sebenarnya dari forum ini dapat terwujud. Bukankah kita diberkati untuk memberkati ? Baik dengan pikiran, perkataan maupun perbuatan?
    Dan akhirnya, saya ingin berkata : MAJU TERUS ORANG NIAS, Tuhan memberkati kita Semua. Yaahowu

  30. Ketika pemekaran NIAS BARAT,NIAS UTARA serta Kota Gunung Sitoli diacc DPRD SUMUT, maka ethnis lain melihat begitu hebatnya diplomasi suku dalam pemerintahan Sumut, dan begitu banyak komentar yang meremehkan pemekaran itu, seolah -olah NIAS tidak akan sanggup mengurus daerahnya sendiri.

    Yaami fefu banuada enao ta fikirkan bersama masaalah da’a, dan sibaga nia haniha ami zitola mempercepat proses zura moroi GUBSU agar secepatnya Mendagri mengeluarkan keputusan ini, inilah yang menjadi topik kita hendaknya dalam situs ini.

    Pertikaian yang berlarut-larut akan semakin membuktikan kata ethnis lain bahwa kita NIAS ini payah.

    Gofu haniha mano zitobali menjadi pemimpin kelak that is no problim, TANGAN TUHAN cukup panjang menghajar para pejabat-pejabat ini kelak, dan saya percaya bahwa kita juga akan mengkoreksi mereka mungkin anada boleh duduk di DPRD masing masing atau di DINAS yang tersedia, asalkan NIAS BARAT,NIAS UTARA dan Pemko GUNUNG SITOLI semakin baik dari sekarang.

    Marilah kita renungkan bahwa BRR serta seluruh Negara negara di dunia juga sebentar lagi akan meninggalkan NIAS, dan kitalah yang bertanggung jawab untuk memajukan Kepulauan NIAS ini.

    Mohon maaf bagi diskusi yang saling menyakiti diri kita sendiri, saya kira Mr.MUSTIKA RANTO GULO punya resycle bin untuk membuang semua komentar itu.

    Kita berkarya untuk demi anak cucu kita kelak, agar mereka maju dan lebih baik lagi dari kondisi kita sekarang ini,Syaloom;TUHAN YESUS MEMBERKATI.

  31. Thanks Ya…?? bw situs ini yang telah meberikan banyak informasi ttg Nias khususnya Nias Barat tercinta. Secara pribadi saya sangat prihatin akan rasa kebersamaan, Persatuan masyarakat kita Nias Barat yang masih belum memiliki satu kesepakatan, satu tujuan bahwa Nias Barat harus maju dan memiliki perkembangan yang lebih dibanding daerah lainnya. Kalau saja masih ada dari antara kita yang masih mementingkan pribadi, keluarga bahkan kelompok tertentu untuk mencari popularitas murahan bahkan saling menjatuhkan, kapan Nias Barat yang kita dambakan akan maju dan berkembang? Tolong sadarilah bahwa masyarakat Nias Barat ingin melihat kesejahteraan bukan melihat pertentangan ataupun perselisihan diantara Putra Daerahnya sendiri. Kita sudah berpendidikan, bahkan memiliki gelar yang menunjukan bawa ia orang yang memiliki dedikasi yang tinggi.

    Kita semua yang menyadari bahwa kami memperjuangkan Nias Barat karena didasarkan rasa kebersamaan, persatuan dengan satu tujuan Nias Barat harus maju, memiliki perkembangan yang memberikan kesejahteraan bagi seluruh warganya bukan untuk individu, keluarga, kelompok atau hanya mencari popularitas.

    “Berusahalah mengembangkan sikap peduli. Pedulilah terhadap orang lain, apa yang mereka rasakan, bagaimana mereka berpikir, bagaimana mereka melihat dunia. Apakah harapan, impian dan ketakutan mereka? Apakah aspirasi mereka? rintangan apa yang mereka hadapi dalam hidup? jika anda ingin bekerja sama dengan mereka, menyukai anda atau terbuka kepada anda, anda harus benar-benar tertarik kepada mereka. Dari pada memfokuskan perhatian hanya pada kepentingan anda, mulailah memfokuskan perhatian kepada orang lain. Perhatikan apa yang membuat mareka Bahagia atau Tidak Bahagia”.

    “IF WE DO OUR BEST, GOD WIIL DO THE REST”.

    “TUHAN MEMBERKATI”.

  32. Syalom Ama Moses, seandainya anda benar-benar bertanya mengapa Ranto tidak datang ke Rapat BPP Kanisbar, lalu anda jawab sendiri karena TAKUT, terima kasih atas kesimpulan anda. (Saya Harap Bukan Anda yang berinisial Sam Hulu dan dibawahnya anda tulis Ama Moses, lafa’udu ami Niha he).

    Dengan ini kami menyampaikan terima kasih sekali lagi atas jawaban anda itu, Ranto tidak mau berkelahi dgn anda bukan karena takut, saya sdh tanya langsung, makanya saya terpaksa tulis ini, anda sebagai pejabat …seorang direktur di perusahaan (niha si terhormat layaknya begitu, dan Juga Satua Niha Keriso ba Gosali, ba sebagai ono matua sabolo tola ba gotalua nono niha, sakalito maandro saoha golo).

    Hewisa na obe contoh si sokhi ato ma’ifu mena’o ba nono niha, ena’o lafosumange ndra’ugo sebagai iraono hulo siso ba Pulau Jawa. Alai ndra’o ndra’ugo, maso draono sahola-hola ba ladidiga ndra’ugo, te salao ndraugo namoi’o ota’u nidano ba mba’a he …. alai ndra’ugo ga’a, oya’o wangandro.

    Ya anau nosou bagulidano…. hewisa lala wa falukha ita ba gosalimi ba silipi, yaita andre fatalifuso cho zo,aya he, hadauga agotamo iada’a ga’a?…..hehehe eleganlah kata “Afolo Daeli” ……… apa maksudnya? ….hehehehe. yahowu he

    Hogo Gara
    Bekasi Lemah Abang

  33. Berbuat baik itu itu tidak gampang, untuk saudara-saudara yang memperjuangkan NIAS BARAT tolong Semangat dong jangan dengan satu ucapan yang tidak berbobot langsung down. ingat kalian berjuang bukan untuk pribadi sendiri tapi untuk MASYARAKAT NIAS BARAT. kami Selalu mendukung perjuangan Saudara.
    GBU

  34. Perjuangan tanpa pamrih pasti membuahkan hasil dan untuk PAK MOYO Res#1, tolong dipikirkan dulu baru ngomong jangan ngomong kayak pengecut gitu dong!
    Mari kita support saudara-saudara kita untuk memperjuangkan NIAS BARAT
    Yamutolo ami lowalangi

  35. semangat teruzz ya buat kalian…saya cukup senang dengan perjuangannya…jangan lupa”..tetap andalkan Tuhan dan berhikmatlah dalam berjuang menuju sxeesssssssssssss…yahowu!!

  36. Yahowu fefu

    Saya baru pertama kali berkunjung disitus ini saya sangat senang dan bangga ternyata orang dari aekhula bisa muncul dengan ide-ide yang sangat serius untuk membangun bukan menghancurkan walaupun sekali-kali ada komentar yang lain dari tujuan,

    Moga saja berita dari Nias Barat dapat lebih dijangkau dan akurat diseluruh nusantara

    salam buat moderator
    Sukses Selalu !!!!

    Best Regareds

    Soni Waruwu
    (Mandrehe)

  37. Ya’ahowu Pak Moderator :
    Tolong di delete kolom Yus berkata yg pertama, itu ada kesalahan ketik, tampilannya sudah tambah oke, aku suka kunjungi situs ini,aku ingin tahu perkembangan demi perkembangan yg terjadi di Nias, khususnya Nias Barat, berita2 yg aktual terjadi tolong ditampilkan ya. jangan ketinggalan berita, You’re the best.

  38. Syalom…Saudaraku aku mo ikutan ya…wah seru banget baca-baca semua komentar dalam situs ini.

    Inilah kita identitasnya Ono Niha, bagiku sih gak papa kata pepatah Nias ” NAFADEKHA GARA BA ALOSO ” tapi alangkah lebih

    baiknya kalo kita gunakan situs ini tuk hal-hal yang bisa membangun dan bisa membuat kita saling bersatu, bahkan kita bisa

    saling kenal satu sama lain, mungkin kita ini berada di Kota-Kota yang berbeda, ada yg di Jakarta, di Bandung, diberbagai kota

    di seluruh pelosok Indonesia. Bersyukurlah kita sudah dibuatkan situs ini, mempermudah kita saling kenal sesama orang Nias,

    bisa curhat2an, berbagi pengalaman yg kita dapat diperantauan.

    Mari kita bangun P. Nias lewat situs ini : berupa buah pikiran, masukan, dll yg bisa membangun.

    Pesan u/ yg menangani atau yg bekerja di situs ini: SETIALAH himpunlah berita2 yg aktual khususnya berita2 Nisbar.

    Ini bkn pekerjaan mudah, tp saya berdoa spy sdr diberi kekuatan oleh Tuhan tuk menjalani tugas yg mulia ini.

    God Bless U. I Love All.

  39. Kepemimpinan bukan keistimewaan, tetapi tanggung jawab. Ia bukan fasilitas tetapi pengorbanan. Ia juga bukan leha-leha tetapi kerja keras, ia bukan kesewenang-wenangan bertindak, tetapi kewenangan untuk melayani. Selanjutnya, kepemimpinan adalah keteladanan berbuat dan kepeloporan bertindak.
    Artinya bahwa bila sudah ada putr/i Nias Barat sudah memulai memikirkan masa depan rakyatnya kita harus bersyukur dan bekerja sama dengan mereka bukan berarti mereka ini suruhan tapi itulah jiwa dan diri mereka.Terimakasih kepada penjuang Nias Barat yang sudah memulai berjuang semoga sukses.

    Terimakasih dan mohon maaf kalau kurang berkenang.Have a nice sunday.God Bless us.

    Sdra,

    Mr.YAREDI WARUWU

  40. sebelumnya, saya ingin menyampaikan kepada webmasternya …
    Tolong dong sourcenya diatas di betulin … Tq.

    Saya melihat setiap ada forum yang dibentuk mengenai Nias (Baik di Mailing list, situs niasisland, friendster, mungkin dimanamana), selalu saja ada tanggapan2 yang artinya tidak bisa dimengerti… selalu ada yang saling menghina, saling menjatuhkan, saling meremehkan. Untuk apakah semua itu dilakukan ? Apakah untuk menonjolkan diri sendiri dengan cara menjelek2 kan orang lain ? atau apa ????.

    Forum Nias dibuatkan untuk menampung masukan2 yang membangun, pikiran positif demi kemajuan Nias.

    Mari Kita sadari bahwa jaman sekarang bukan lagi jamannya saling menjatuhkan, bukan jamannya irihati dgn sesama. Sekarang sudah jaman modern bung … kalau ingin bersaing, maka bersaing sehat lah ….

    Menurut saya, tentang pemekaran Nias Barat …
    Kita jangan terlalu terburu2, karena kalau kita terburu2 maka hasilnya tidak efektif/ tidak sesuai dengan yang kita harapkan, saya tiru gaya guru saya dulu waktu SMU, katanya kita “SLOWKEN” saja, yang artinya Slow tapi Kencang, dimana kita bisa santai tetap tetap saja bekerja untuk mencapai suatu tujuan.

    Saran saya untuk para calon penguasa untuk Nias Barat nanti, Mohon :
    1. Jangan menggunakan uang yang begitu banyak pada saat kampanye nanti. karena pengaruhnya akan sangat merugikan orang lain, kenapa ? karena pasti ada korupsi. karena adanya pikiran bagaimana cara untuk bisa kembali modal saya yang telah saya gunakan waktu kampanye ?? (tidak bagus)
    2. Tolong perhatikan rakyatnya, jangan hanya memikirkan keluarga sendiri.
    3. Tolong perhatikan jalur transportasi (jalan penghubung) antar kecamatan, antar desa. DImana saat ini masih jalan setapak.

    mungkin hanya itu saja, klo masih ada ide, lain kali kita teruskan

    Bravo Nias Island

  41. Yaahowu Pejuang Ono Niha.
    Saya dukung pemekaran Pulau Nias menjadi beberapa kabupaten.Hadirnya Kabupaten NIAS BARAT, NIAS UTARA, Kota Gunung Sitoli, dll sangat membantu PEMBANGUNAN MANUSIA NIAS. Dengan adanya beberapa kabupaten, maka sentuhan pembangunan lebih cepat,dekat dan tepat sasarannya yakni rakyat kecil. Ini juga mampu mendobrak ketertinggalan kita dalam hal SDM. Bila perjuangan kita ini didasarkan dari Nurani yang MELAYANI, pasti perjuangan BERHASIL dan DINIKMATI oleh ONO NIHA terlebih yang ada di KAMPUNG-KAMPUNG. Namun, bila perjuangan ini dijadikan sebagai ARENA mencari KURSI yang EMPUK, maka hasilnya BERANTAKAN. Maunya kita tetap BERSATU sebagai ONO NIHA. Kita jangan dipecah-pecahkan oleh KEDUDUKAN, ASAL (AEKHULA,ATUMBUKHA,MOROI RAYA,dll). Kita adalah ONO NIHA!!
    Jadi, Perjuangan hendaklah MURNI “MEMBANGUN ONO NIHA”,”MANGEHAOGO TANO BA GAEKHULA.”
    Biasanya, pada awal perjuangan semua elemen mengatakan “KHODA,YAITA,BORO ITA, FA’AMARASEDA, BOI-BOIDA”, namun mendekat HASILNYA mulai TAMPIL, maka kata-kata yang tadi mulai berubah menjadi “YA,O, KHOMA, KHOGU, BOI-BOIGU”. Inilah yang harus kita HILANGKAN dan hendaknya tetap berkata:”KHODA,YAITA,BORO ITA, FA’AMARASEDA, BOI-BOIDA”. Bila semangat ini yang ada maka SIAPA PUN yang BERKOMPETEN untuk menjadi “ORANG NOMOR SATU” biarlah dia yang MEMIMPIN. Jangan sampai FA’AMARASEDA tadi menjadi FA’AMATE. “BILA KITA BERSANDAR KEPADA TUHAN DALAM MERANCANG MELAKUKAN KEBAIKAN DAN KEMAJUAN, HASILNYA BERLIMPAH-LIMPAH DAN MEMUASKAN ORANG BANYAK.” Hidup Ono Niha!
    Selamat Berjuang, Ya’ifahowu’o ita SO’AYA!!!!

  42. Ya’ahowu fefu.
    Kita tdk usah takut dan gemetar thdp smua kritikan dgn tujuan mengurungkan niat Nias Barat untuk bersatu. Mari kita manfaatkan kritikan itu untuk membangun. Ayo….. bangkit Nias Barat

  43. YA’AHOWU..,

    Saya bangga dan masyarakat Nias Barat atas kesimpulan yang PILAR NIAS BARAT putuskan dalam menghadapi segala masalah dan isu selama ini.Inilah tandanya bahwa “PILAR NIAS BARAT” bersahabat kepada semua masyarakat tanpa melihat semua latar belakang baik agama, ras, suku dan warna kulit.Excellent….perlu kita pertahankan moment seperti ini…..

    Saya sudah membuat sebuah ada beberapa tulisan dan masih belum bisa di kirim saat ini karena saya juga sibuk dan pelu revisi dengan berbagai kalimat.Saya akan kirim secepatnya….
    Salam Kepada Moderator dan seluruh Staff….., MARILAH KITA BERDOA BERSAMA-SAMA,SEMOGA NIAS BARAT TERWUJUD ….

    Sdra,

    YAREDI WARUWU
    (SWITZERLAND)

  44. Salam Pak Yaredi,

    Terima Kasih Pencerahannya Pak, dalam diskusi panjang dengan Pak Moderator dan semua redaktur, kami berkeimpulan bahwa hal-hal negatif tidak usah kita tanggapi termasuk mengenai SMS yang beredar dua hari lalu di seluruh Nusantara. Kita doakan mereka, dan sabar menghadapi semuanya. Kita tidak perlu “reaktif” terhadap sikap tersebut dan segera kita perbaiki semua kekurangan kita. Teman2 yang ingin berpartisipasi menulis dengan penuh semangat dan kasih terhadap Nias Barat, kami persilahkan. kami segera muat segera, pengunjung web ini sangat tinggi sekali.
    Salam
    Redaktur
    a/e/m

  45. Kepada kita semua,

    “KESABARAN ADALAH SUATU TINDAKAN DAN SIKAP YANG PALING TEPAT DALAM MENGHADAPI SEMUA MASALAH….”

    Terimakasih juga kepada Ir. Mustika Ranto Gulö selaku ketua Umum “PILAR NIAS BARAT”karena beliau telah sabar dalam menghadapi masalah selama ini.Semoga Tuhan memberkati Anda dalam mewujudkan Nias Barat jadi satu kabupaten.

    “Hendaknya kita semua menjauhkan masalah mulai sekarang dan marilah kita mencoba dan memulai lagi hidup yang baru untuk mewujudkan kasih di antara sesama”.
    Maaf bila kurang berkenang. Terimakasih.

    Sdra,

    YAREDI WARUWU
    (SWITZERLAND)

  46. Terima Kasih Kepada sdr Pikiran Daeli, sekali lagi kami menyambut anda dalam forum kita ini, semoga redaktur dan moderator bangga atas tulisan anda. Afato dodogu tulisan sotoi rusuli Gulo, alai ndra’o ita niha gaechula. Berikanlah yang terbaik dalam bertutur kata….Tuhan Memberkati Kita semua!

  47. Syalom Sdr/i, Masyarakat Nias di Jakarta, saya ingin menyampaikan “isi hatiku” yang terluka karena Nias Barat Menangis dan air matanya berlinang. Tunggu tulisan kami berikutnya.

    Mengenai cacian dan makian via sms secara bertubi-tubi dari nomor 081399882065 dimana isinya menghina dan menfitnah Pilar Nias Barat, saya harapkan kepada semua masyarakat agar tidak menanggapi SMS tersebut dan segera melupakannya. Siapapun orgnya yang menalangi SMS itu kita jangan pedulikan. Orang ini menunjukkan ketakutannya kepada kebenaran yang diusung oleh Pilar Nias Barat.

    Mengenai Rekaman Rapat Tgl 13 Mei 2007 di STT, saya tidak miliki, mungkin orang lain yang punya, jadi kepada teman-teman yang budiman mari kita lupakan semua itu.

    Mohon memberika Pencerahan kepada semua pembaca dan harapan saya agar tidak menghina sesama kita. Terima Kasih Kepada Saudaraku Pikiran Daeli di Jambi, Postinus Gulo di Bandung dan juga Lewi M Halawa di London dan Yaredi Waruwu di Switzeland Tuhan Memberkati Kita Semua.

    Mar Berjuang secara intelek dan mengutamakan KEBESARAN DAN KEMULIAAN BAGI TUHAN !

    Salom
    Mustika Ranto Gulo

  48. Ya’afowu….
    Membaca “judul” ini tadi, hati saya senang, karena meskipun banyak orang yang sangat ingin membangun Nias namun mempunyai berbagai keterbatasan, termasuk saya. Jadi, walau hanya sekedar menulis “ide” yang belum tentu dapat digunakan, namun setidaknya ada setitik kata sebegai wujud pernyataan “Aku Cinta Nias dan Saya Rindu Nias Yang Makmur, Damai dan Sejahtera”.

    Tetapi, terus terang saya kaget membaca isi yang disampaikan oleh saudara-saudari kita, apapun topik, apapun thema yang diangkat, tetapi koq isinya hampir seragam “hujatan dan makian bahkan ancaman”.

    Kasihan kita….kapan kita bisa maju kalau demikian. Kalau kita hanya ingin memaki dan menghujat, janganlah buang-buang waktu dan tenaga bahkan materi untuk akses internet..menambah dosa lagi…. jauh lebih baik kalau lipat tangan, duduk atau tidur dan jauh lebih baik lagi kalau mencari pekerjaan lain yang memberi dampak positif bagi diri kita….

    Saya hanya berharap, komentar kita sesuaikan dengan topik sehingga kita bisa belajar untuk mengendalikan diri dan manata scope pembicaraan kita sendiri….. Dan saya juga setuju moderator/administrator/webmaster bisa me-reject komentar yg diluar topik lah….

    Baiklah, agar moderator tidak me-reject apa yg saya tulis ini, maka saya juga menyampaikan ide yang relevan dengan topik “Ya’e mbua gera-eragu”, tentunya untuk pembangunan Nias pada umumnya dan Nias Barat pada khususnya.

    Mengenai Nias kita, sesungguhnya sangat berpotensi untuk menjadi “sangat makmur”. Tetapi kenyataannya…? Dibawah garis kemiskinan…berapa %? Saya tidak memiliki data statistic tetapi kita bisa lihat dan yakini tanpa harus buat analisa statistic….

    Oleh sebab itu, seharusnya para Pemimpin dan pengambil kebijakan di Nias, harus menentukan “target” yang S.M.A.R.T (jangan kita sebut Visi agar tidak terlalu terkesan “high”). Kemudian mengetahui potensi / faktor apa yang bisa mendukung dan menghambat untuk mencapai kesana.

    Jadi, jika Nias Barat terbentuk juga nanti, seharusnya demikian. Dan kalau sudah ada calon Bupati yang berpikiran ke sana, saya rela cuti untuk turut berkampanye…paling tidak kepada famili/keluarga di kampung….gak perlu saya dibayar…

    Saya tidak bicara lagi mengenai potensi kekayaan Nias…itu juga kasat mata. (tragis ya…kemiskinan kasat mata, kekayaan di depan mata kasat mata juga…..prihatin). Tetapi saya mengusulkan satu hal yang menjadi prioritas utama / karena ini faktor penghambat paling utama (disamping menata budaya yg saat ini mulai terkontaminasi dengan kekerasan dan hal-hal yg bertentangan dengan budaya kita), yaitu:
    “Sarana/infrastruktur transportasi, meliputi:Darat, pelabuhan laut dan pelabuhan udara”

    Tidak perlu janji beras murah bahkan gratis, sekolah gratis, pelayanan kesehatah gratis….karena itu tidak akan menjadi solusi permanen. Jika ada Bupati yang menjamin bahwa dalam masa kepemimpinannya, sarana itu semua bisa selesai maka beliaulah yang layak menjadi pemimipin bahkan pahlawan Nias.

    Dengan demikian, harus ada komitmen setting step dan target (progress report), pada thn pertama apa target, anggaran, sumber anggaran dan lain sebagainya. Thn kedua dan seterusnya….

    Kita tidak usah berharap terlalu banyak, cukup Infrastruktur Transportasi saja dulu….dengan demikian hasil bumi akan menjadi “bahan bakar menuju kesejahteraan” bagi masyarakat….Investor pasti masuk….pariwisata dengan sendirinya menggeliat….dampaknya pasti luar biasa….!

    Demikian saja dulu, semoga bisa diakomodir oleh Bupati Nias Barat Nantinya.

    Salam,
    Pikiran Daeli – Jambi
    e-mail: Pikiran.Daeli@sinarmasforestry.com

  49. YTH PANITIA BPP KANISBAR JAKARTA
    Dengan hormat,
    Sebelum meledak emosi masyarakat Nias Barat di Jakarta, kami mohon saudara Era-era Hia, Ama Klara dan Herman Zebua, segera merealisasikan hasil rapat 13 mei 2007 di STT jakarta bahwa Ama Klara segera diganti dan organisasi segera direfitaisasi. Kami berikan waktu 10 hari, kalau tidak maka anda tahu akibatnya, segala kekuatan Nias Barat akan menyeret ama klara daeli sebua bawa untuk ditelanjangin. Jika mau bertahan dengan kekuatan elemu, silahkan…. kita lihat saja nanti. Kalau ama maya gulo takut, maka kami semua maju………… sama-sama iraono kara zirombu. Ama Klara katanya sudah nantang berkelahi…hehehehe

  50. Pilar adalah representatif dari sebagian besar masyarakat Nias barat. Kami harapkan bisa disosialisasikan kepada masyarakat bahwa Pilar bertujuan mewujudkan Kabupaten Nias barat.

    Pengurus Pilar teruskan perjuanganmu, kami selalu mendukung orang yg tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya saja.

  51. Dear Mr.Lewi M Halawa,

    How are you….? I hope you are fine and success in London.I am YAREDI WARUWU did you still remember…? I knew you when you gave a comment in my an article at this community ….did you still remember…? I am interesting in, the topic what did you say before…
    why didn’t you start and send at this website…..? I think this si a good topic….Please ……
    you can reach me at my email address,yaredi_europe@yahoo.co.id or
    telephone number 026.6625439 ( This is my number room.
    Thank you and I am looking forward to hearing from you soon.

    Best regards,

    YAREDI WARUWU

  52. Yth. Pak Moderator,
    Tulisan disisi kanan mengenai KERTAS PUTIH YANG TERCORET TANPA ARTI saya klik tapi tidak bisa tampil untuk kolom komentarnya. Apa Tulisan itu tidak bisa dikomentari ya pak. Baik saya sangat tergugah, ini pikiran murni yang sejati. Saya akan kutip tulisan ini dala makalah studiku, mohon izin pak. Saya sangat bersyukur pada Tuhan, menemukan kuaitas yang the best dalam pola pikir yang sejati. AKU BUKAN MENGADA-NGADA anda memang diberkati Tuhan dan memiliki TALENTA menulis. Sesampai di Indoensia, saya mohon dapat beri waktu kepada saya menemui bapak. GBU……!

    Lewi M Halawa

  53. Kepada : Para Netter Yth.
    Web ini adalah untuk kepentingan bersama sebagai sarana untuk bisa berkomunikasi, menyampaikan buah pikiran, curhat demi kemajuan Nias pada umumnya dan khususnya Nias Barat tercinta.
    Hujatan, caci maki, fitnah dsb, bukan tujuan kita bersama. Kita harus pakai logika bahwa hujatan, dsb bukan cara untuk maju tetapi malah menghancurkan reputasi, citra, diri kita sendiri, keluarga, teman dst bahkan akan berimbas pada tatanan hidup bermasyarat, umumnya Nias, khususnya Nisbar.
    Marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk mempergunakan Web ini sebaik-baiknya, mulai dalam hal memberi komentar yang, padat, berisi, bertanggung jawab dan bermanfaat luas. Inisial diri kita harus yang benar, bila perlu dibawah komentar anda tulis alamat dan no. telp. Misal nama Iraono khoda/.. kenapa bukan namanya langsung, dsb. Memang hal ini tidak diwajibkan untuk memberitahu nama asli tetapi marilah kita bicara dalam hati nurani kita masing-masing dan berkata “APAKAH BENAR DAN WAJAR HAL INI SAYA LAKUKAN?”…..Semua pendapat/komentar tetap dihargai di web ini, buktinya komentar hujat menguhujat, caci maki dsb bisa masuk dan diterima. Apalagi komentar yang tujuannya baik dan membangun, kata pa Moderator, PUJI TUHAN……, orang nias banyak juga yang berpikiran baik dan ingin membagi sesuatu untuk kepentingan kita bersama. PUJI TUHAN …GBU
    Di NIC kemarin, saya telah menyampaikan himbauan saya kepada segenap masyarakat nias barat khususnya PILAR NIAS BARAT yang akan dideklarasikan pada tanggal 26/5/07 mendatang, bahwa. Segala usaha-usaha pihak lain dengan tujuan untuk menggagalkan PILAR NIAS BARAT, hadapilah dengan kepala dingin, kalau bisa tidak usah di tanggapi. Oya Wehede…..Oya Golalowa. Saya harus akui bahwa keberpihakan masyarakat Nias Barat pada PILAR NIAS BARAT pantas saya acungkan jempol, tetapi dalam keadaan seperti ini jangan LENGAH, jangan CEPAT PUAS, justru dalam keadaan seperti ini kita dituntut untuk berbuat lebih dan lebih lagi, dan dapat membuktikan bahwa PILAR NIAS BARAT ADALAH BENAR-BENAR “PILAR”, sehingga Pilar Nias Barat sekarang dan dimasa yang akan datang, dapat melaksanakan Visi/Misi dengan lancar dan tidak minyimpang dari TUJUAN AWAL. Dengan kerendahan hati saya menyampaikan, JADIKANLAH PILAR NIAS INI MENJADI AIR diwaktu Panas,API UNGGUN diwaktu Dingin dan LILIN diwaktu Gelap serta dapat dipercaya oleh segenap masyarakat Nias Barat sebagai lembaga pengawal, pengawas dalam hal apapun untuk kemajuan Nias Barat.
    Terimakasih,
    Firman Hia
    A.Gaby

  54. YTH Pak Moderator,
    Saya sempat berjanji dalam diri saya untuk tidak mau komentari lagi web ini, namun karena menyinggung orang berinisial #s.zebua, maka terpaksa saya harus bicara. Saya sdh tahu orangnya dan tidak usah ditanggapi, biarkan saja dan mari kita membangun Nias Barat. Justru saya semakin simpatik kepada Pilar, karena dimusuhi oleh segelintir manusia yang sangat eksklusif itu. Saya sempat di ajak untuk datang ke rumah Bapak Ama Surya, saya tidak mau ikut karena cara-cara seperti itu sangat berbahaya. Saya dengar ada folo daeli dari semarang datang, anak ini plinplan juga sehingga saya mengambil sikap diam sajalah. Kita diam saja, siapapun anda saya harap tulis yg baik di dengar dan baik untuk dibicarakan.
    Selamat Pagi ya, saya sdh di office salam untuk Kris dan Ama Maya. Jalankan Tugasmu !

  55. Kasihannnnnnnnnnnnnnnnnn.

    Apa yang diperjuangkan ??????????????

    Mitotoi doi Lowalangi ba wangelifi talifusomi. Sekali lagi kasihannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!

    Sadarlah …………..Ya’ahowu

  56. Untuk Ono Niha yang baik hati,
    Seandainya penfitnah seperti s zebua atau apapun namanya, lenyap dari dunia ini, maka dunia ini sepi. S zebualah yang membuat ramai situs ini karena dia dihinggapi setan perpecahan. Sengaja kami print semua isi WordPress ini dan kami lihat siap ahntu dan siapa malaikat. Orang ini mengaku namanya Ama Grace Zebua kadang-kadang ngaku nama lain lagi, sungguh orang ini alat iblis di dunia ini. Biarkan saja orang berkoar-koar karena habitatnya sama dengan taman safari, suara burung ramai sekali. Salam untuk anda s zebua. Lihatlah cacian kepada anda …ada kutukan ……. dan anda pasti menrimanya lho. Karena ada celah anda berbuat dosa. …..kasihan moderatormenghapus makianmu malam ini.

    hehehehe

  57. Tims Sdr. Sudiaman Gulo. Saya sering “mampir” di situs, Ya’ahowu, NiasIsland.Com, dll (situs-situs Nias). Tetapi yang banyak justru hujatan dan makian. Bahkan beberapa kali saya menuliskan ide-ide saya tentang Nias tetapi malah ditanggapi dengan hujatan, pelesetan nama, makian, bahkan ancaman. Lantas, dari mereka-mereka itu kadang keluar kata-kata: ini kan zaman demokrasi. Lantas, sebagai manusia berpikir saya terus berpikir: apa arti demokrasi?

    Dari Iranono Khoda,
    seorang mahasiswa, tinggal di Bandung.

  58. Saudara Iraono Khoda,
    BOLOGO DODOU MENO SIMANO KEADAAN NIA, KEMARIN SAYA LIHAT ADA PENGHAPUSAN HUJATAN 50 komentar, hari ini masuk lagi dan terus terang kami kecewa kepada manusia bermuka dua ini. Kata Redaktur sudah tahu orang-orangnya, karena mereka juga biasa menulis di NIC dan millisyang lain dengan IP yang sama.
    YTH. PAK RANTO
    Bagaimana caranya agar orang-orang ini jangan bebas menulis seperti makian dan hujatan pak. berikan kita solusi. Sayang pak, Website ini sudah bagus.

    Sudiaman G (Bekasi)

  59. Gw heran, kok situs ini semakin dipenuhi caci-maki, ajang protes yang kadangkala bertendensi dekonstruktif dan bukan konstruktif. Padahal, beberapa hari silam, seorang netter memuji situs ini: yang membacanya adalah orang-orang berpendidikan! Seharusnya kan orang berpendidikan itu lebih arif, lebih persuasif, lebih etis berbicara karena ia berilmu. Tapi yang terjadi, malah sebaliknya: hujatan dan makian. Mengapa sih kita selalu melihat orang lain salah, musuh, objek makian? atau jangan-jangan dengan ini Anda puas…puas…puas. Gimana saudara….?

  60. Yth. Para Netters,

    Jangan terpancing emosi, jaga hatimu karena dari sana terpancar kehidupan. Biarkan saja apa kata orang!

    SUKSES SEMUA
    Redaksi

  61. saya lagi ga bisa tidurrrrr!!!

    weleh2, respon#33 komentar anda KUTUKAN semua neh…. sampai-sampai anda mengajak TUHAN berkolusi untuk melampiaskan emosimu…

    kalo orang lain jahat kenapa anda harus menjadi jahat…
    WUJUDKAN IMANMU DENGAN KASIH….

  62. LIHAT IP YAO MARUHAWA INI dia sering menfitnah di web ini:

    7. 23/5/2007 21:13:45 | Yao Maruhawa (No. IP = 125.160.205.85) | Bekasi
    Kinerja BRR sengaja dilamban-lamban agar masa jabatan diperpanjang. Pegawai BRR semua hasil KKN, bagaimana bisa maju?
    Lihat Yupiter Gulo dan Otniel Waruwu tidak lain adalah TIM SUKSES Arkian Zebua saat pilkada…….. bagaimana ada kualitas kalau mereka masuk lewat KKN?
    TULISAN S ZEBUA DI ATAS mengganti namanya menjadi Yao Maruhawa……..Nah semakin terungkaplah di kau
    Kemudian S Zebua menyamar lagi :
    Pribadi Gulo | pribadig@yahoo.com | IP: 125.160.205.85
    MEMBUBARKAN PANITIA NIAS BARAT (FPNBSM2PNB) Siap membawa masa 500 orang untuk mengamankan Acara deklarasi PILAR.
    Apa yang perlu dibawa Ketua Panitia, golok, kayu …..siap kami menghantam Ama Clara …….. Kita bubarkan Panitia pimpinan Ama Clara……Hidup Ranto……kami dukung anda menggantikan Ama Clara, kalau anda tidak mau yang pantas menggantikan Ama Pratama, A. Agus atau A. Valen yang tyelah banyak berjuang menurunkan Ama Clara, walaupun belum berhasil
    IP yang sama dan saya sdh dapat MAC ADRESS nya…. PILAR NIAS BARAT menangkap basah seorang MANUSIA SAMPAH BERINITIAL:
    Pribadi Gulo Alias S Zebua alias Yao Maruhawa…….nah ketahuan khan. Tunggu ya

  63. Anda sudah tertangkap !!!!!!!!!! anda baik-baik menyerahkan diri atau harus dengan jalur hukum?
    Anda mengaku bahwa YUPITER GULO mengatakan bahwa sangat tersinggung karena namanya ditulis sebagai Badan Pembina dalam Undangan PILAR NIAS BARAT. Ternyata di NIC anda anda menulis “Yupiter Gulo” jangan ke UKI lagi kalau hanya membohongi kami.
    Wah sudah ketahuan siapa anda. Seluruh Masyarakat Nias Barat mengutuk anda supaya HIDUPMU MENJADI SAMPAH MASYARAKAT dan MAKANANMU SAMPAH MANUSIA, Kau mengatasnamakan Mahasiswa UKI, benar-benar kamu bukan manusia yang layak dipanggil manusia.
    BERTOBATLAH SEGERA dan MINTA AMPUN KEPADA TUHAN SEBELUM ANDA HANCUR.
    KIRANYA KEMISKINAN DAN PENDERITAAN MENGGILAS ANDA. Padahal jika anda datang baik-baik maka saudara Mustika Ranto Gulo itu bisa memberi anda makan! lihat mental anda mengemis : “Mohon bantuan masyarakat Nias kepada kami……., kami sangat menderita sekali………, makan sangat sederhana……. DASAR KORUPTOR, boi go’o-go’o lagu-lagu namau no andro he!

    KIRANYA KAU JADI FASIK DAN SAMPAH YANG TAK BERGUNA, MAKAN SAMPAH!!!
    IP mu sudah ketahuan 23/5/2007 21:41:09 | S. Zebua (No. IP = 125.160.205.85) | UKI Jakarta

  64. 23/5/2007 21:41:09 | S. Zebua (No. IP = 125.160.205.85) | UKI Jakarta
    1236. Mohon Bantuan Masy Nias. Tatuhini Nias Bangkit, kapan janjinya di penuhi???

    Saya mewakili mahasiswa UKI (Program beasiswa). Beberapa kali Yayasan Tatuhini Nias Bangkit (YTNB)yang berkantor di suara pembaharua pernah menjanjikan ke mahasiswa bantuan.

    Melalui BRR juga pernah di lobi beserta dengan rektor UKI. Sudah beberapa kali orang YTNB ke UKI ngambil data-data …… namun sampai sekarang tidak pernah mewujudkan janji-janjinya.

    Mrs. Ester Telaumbanua, MR. Arisman Zagoto, MR. Yupiter Gulo, kapan janjinya dipenuhi?, jangan bohongi kami yang membutuhkan bantuan.

    Jangan ke UKI lagi kalau hanya membohongi kami.

    Mohon bantuan masyarakat Nias kepada kami……., kami sangat menderita sekali………, makan sangat sederhana…….

  65. Kepada Yth
    Bapak/Ibu Anggota Majelis BNKP se-Distrik Jakarta
    Di-
    T e m p a t

    Salam Sejahtera,
    Bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu Anggota Majelis BNKP se-
    Distrik Jakarta untuk menghadiri Pelantikan Majelis BNKP se-Distrik
    Jakarta pada :
    Hari/Tanggal : Jum’at, 1 Juni 2007
    Waktu : Pukul 09.00 WIB – Selesai
    Tempat : Gedung Sartika
    Jl Pramuka No. 62 Bekasi
    (Samping RSU Bekasi atau Sebelum POLRES Bekasi)
    Mengingat pentingnya acara tersebut mohon datang tepat waktu.
    Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
    Tuhan Yesus Memberkati.

    BADAN PEKERJA MAJELIS DISTRIK BNKP JAKARTA

    Bewamati Zega, STh SNK. Agus Gea, SH
    Ketua Sekretaris

  66. Salam Ya’ahowu pak Frans Zai

    Apa yang bisa kita kerjakan untuk Nias Tercinta? sesama IT mari kita ciptakan sesuatu, ada ide ?

    telp kami 021 68861905
    email: mgulo@yahoo.com

  67. Ini kali pertama saya berkunjung di sini. Aku terkagum-kagum bisa menemukan adanya situs ini. Mohon maaf bila saya blm bisa ikut diskusi yg sudah ada.

    Kedatanganku hanya untuk mengucapkan selamat atas munculnya web ini. Saya tidak tahu apakah saya menulis di kolom yang benar. Bila saya salah tempat, mohon dimaafkan.

    Maju terus banuada Ono NIha.

    Ya’ahowu…!!!

  68. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Mengundang Akademisi, Pemerhati, dan Voluntir untuk Menulis Studi Pengembangan Ekonomi Nias

    Jakarta (Niasbarat.wordpress.Com)

    Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Mengundang akademisi, pemerhati, dan voluntir lainnya untuk menulis:

    T e m a:
    Studi Pengembangan Ekonomi Nias

    Sub-T e m a:
    Strategi Pembangunan Nias Pasca Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

    Tsunami 26 Desember 2004 dan gempa bumi 28 Maret 2005 membawa berbagai dampak negatif pada masyarakat, tidak hanya mengubah struktur tanah tapi juga mengubah struktur kehidupan dan ekonomi masyarakat Nias. Kini, pasca bencana gempa bumi dan tsunami menimbulkan pertanyaan yang sangat mendasar yaitu bagaimana cara membangun kembali pulau Nias? Tidak dapat dipungkiri bahwa Nias memerlukan strategi pembangunan dan perencanaan yang komprehensif yang mengacu kepada kondisi dan situasi aktual di Nias. Untuk itu, kajian regional Nias yang menuju pada sebuah strategi dan rencana kerja pembangunan ekonomi yang berkelanjutan sangat diperlukan.

    LD-FEUI mengundang Bpk/Ibu/Sdr/I untuk mengajukan penelitian/tulisan yang pernah atau akan dilakukan yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan tentang pembangunan regional Nias. Penelitian/tulisan yang diterima akan diseleksi, kemudian penelitian/tulisan yang terpilih akan kami undang untuk dipresentasikan dalam kegiatan Seminar dan Dengar Pendapat dengan masyarakat Nias. Hasil penelitian atau tulisan ini akan kami jadikan bahan masukan dalam rancangan strategis pembangunan kembali sosial-ekonomi Nias.

    Jika Bpk/Ibu/Sdr/I berminat berpartisipasi, silahkan segera menghubungi Lembaga Demografi FEUI untuk mengajukan judul dan abstrak penelitian/tulisan tentang topik tersebut di atas. Kepada voluntir yang tulisannya terpilih akan mendapatkan reward berupa dana penelitian atau penulisan maksimal Rp 5,000,000.00 (sesuai dengan penilaian panitia).

    Untuk pengiriman hasil penelitian/tulisan atau keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi Lembaga Demografi FEUI (Telp. 021-7872911/7872912, Fax. 021-7872909, mail demofeui@indo.net.id) dengan contact person: Dewa (dewa.wisana@ldfeui.org), Deni (friawan@ldfeui.org), atau Monang (monank@ldfeui.org).

  69. Salam Ya’ahowu !

    Luar Biasa, pengunjung http://niasbarat.wordpress.com seluruh dunia menembus angka fantastis 2.415 dalam waktu 14 hari sejak di lauching dua minggu lalu.
    Hebat, terima kasih atas antusias saudara!
    Karena permintaan sangat tinggi maka kami open semua akses tulisan apapun di http://niasbarat.wordpress.com dengan harapan semoga tidak melukai hati orang lain. Untuk mengantisipasinya kami terpaksa memasang Firewall disubnetnya agar virus yg nebeng di internet anda tidak ikut masuk. Biasanya kalau PC/Laoptop anda mengandung virus maka kiriman anda langsung masuk ke Kategori SPAM. Langsung lihat angka SPAM nya pasti bertambah.
    Sekarang website ini telah menjadi milik masyarakat Nias Barat.

    Moderator

  70. Selamat Siang,
    saya melihat di website dan forum komunitas kita ini semakin hari semakin berkembang memberi kabar tentang Nias. Menurut saya marilah kita saling menjaga forum komunitas kita ini karena inilah salah satu alat komunikasi kita semua baik yang ada di Nias, di perantuan dan juga di luar negeri.
    Saya kurang tau ya, mengapa setiap kali saya kirim respons tentang Nias ini tidak pernah di tampilkan?saya harapkan kepada seluruh moderator supaya menerima semua tulisan dan di tampilkan jangan “delated” biar tau semua public apa yang di maksudkan oleh penulis. Walaupun banyak perbedaan pendapat di forum komunitas kita ini, menurut saya sangat bagus untuk diterima. kita Harapkan kepada seluruh masyarakat semua supaya kita saling kerja sama dalam memajukan Nias Barat ini jadi satu kabupaten.Semakin banyak kabupaten di Pulau Nias semakin cepat pembangunan berkembang baik di Desa maupun di kota.
    Terimakasih.

    Sdr,
    YAREDI WARUWU
    (SWITZERLAND)

  71. Ya’ahowu fefu,

    Beberapa hari kemarin saya baru pulang dari Nias tercinta, biasalah rindu dengan KAMPOENG HALAMAN.

    Selama di Nias saya mencoba untuk mencari tahu issu hangat di masyarakat. Saya melihat bahwa issu tentang pemekaran daerah sepertinya mulai “dingin”. Saya katakan mulai “dingin” karena memang sebelumnya pernah hangat (lokasi perkantoran PEMDA sudah disediakan meskipun sekarang sudah jadi hutan) dibicarakan tapi sekarang yah….. begitulah.

    Itulah sebabnya saya kaget ketika membaca beberapa komentar di Webmaster ini. Seakan-akan Kabupaten Nias Barat/Utara itu sudah di “atas piring” dan tinggal dilalap.
    Atau jangan-jangan penggagas pemekaran sengaja mempersiapkan ‘kejutan’ kepada masyarakat Nias yang masih berdomisili di P. Nias tercinta. Tapi apakah memang harus demikiankah jalan yang harus dilalui??? Masyarakat yang berdomisili di Nias nggak perlu repot-repot untuk mengurus pemekaran ini?

    Issu yang paling hangat di Nias justru pengembangan ekonomi masyarakat. Beberapa orang yang diskusi dengan saya tentang Nias; mereka selalu berkata, “kami tidak tahu apa yang akan terjadi setelah selesai masa kerja BRR, UNICEF, WVI, dan beberapa NGO lainnya di Nias”.

    Oleh karena itu saya sarankan agar ketika kita membicarakan tetang pemekaran daerah, kita juga jangan lupa bahwa ekonomi masyarakat perlu ditingkatkan dan hal ini sifatnya sangat urgen. Mari kita jawab kekuatiran saudara-saudara kita yang ada di Nias.

    Sekian.

  72. Nif Ira Talifusogu Ono Niha Yaahowu, Rekomendasi Gubsu dan DPRD Sumut sedang di usahakan oleh Bpak Bupati Nias secara informal pendekatan ini sangat baik dan mudah mudahan bisa keluar, Kajian Akademik sudah kita serahkan ke Komisi II DPR RI tgl 4 April 2007,Kajian Akademik disusun oleh Lembaga Kajian Ekonomi UI kalau ada yg berminat silahkan hubungi saya ( Ama Clara Daeli) Saya informasikan bahwa tgl 14 April 2007 Bapak Bupati Nias dan Pimpinan DPRD Nias akn melakukan pertemuan dengan tokoh tokoh yarakat Nias di Jakarta dan Sekitarnya dalam rangka meminta masukan untuk Pebyusunan Blue Print atau Master Plan Nias serta penjelasan tentang perkembangan pemekaran Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli mohon dukungan doa agar pertemuan tersebut sukses penggagas pertemuan adalah Tim Fasilitasi Pemekaran Nias ( Drs. Marthin L. Daeli M.Si, Pdt Herman Baeha, M.Th dan Drs. Saroziduhu Zebua)
    Maju terus
    Tuhan memberkati
    Konfirmasi Ama Clara Daeli : Jl.Bambu Aus VIII A No.3 Pondok Bambu Jakarta Timur tel 021-8603967 HP 08158763885 081382291959

  73. Pak Tolong Dimuat ya

    “Judulnya terserah” baca dulu hehehe!

    Masyarakat Nias pada umumnya mempunyai sifat atau karakter yang sangat ulet, cerdas dan pintar serta bermental bagaikan baja (pantang menyerah) dan inilah nilai positif yang dimilikinya, sifat atau karakter tersebut muncul tanpa disadari mengingat garis keturunan masyarakat Nias itu pada umumnya adalah keturunan Raja (Razo Nidada Moroi Yawa) dan begitulah menurut ceritanya, percaya atau tidak tapi itulah sifat atau karakter yang sebenarnya.
    Sifat atau karakter lain yang dimiliki oleh Orang Nias adalah, selalu mau menang dan benar sendiri dan inilah nilai negative yang dimilikinya, dan inipun tanpa disadarinya atau dengan kata lain dibawah alam kesadarannya, sebagai contoh adalah : orang-orang Nias yang ada diperantauan dan mereka tinggal disuatu daerah tertentu, dan dari sini anda jangan bingung kalau orang Nias yang tinggal didaerah tersebut selalu maunya itu harus dihormati dan bukan menghormati, dan yang sangat heboh lagi jika orang lain atau suku lain tinggal didaerahnya dia maka dengan tanpa syarat orang lain tersebut harus lebih dulu menghargai dan menghormati dia(orang Nias) dan kalau tidak maka orang lain tersebut dipukuli habis-habisan jika tidak menghormatinya dengan alasan melecehkan martabat dan kehormatannya sebagai sesepuh (Ono Zalawa).

    Timbulnya sifat atau karakter negative tersebut diakibatkan karena beberapa factor yaitu :
    1.orang Nias selalu menganggap dirinya turunan Raja sehingga patut dihargai dan
    dihormati (begitlah menurutnya),
    2.karena adanya suatu semboyan yang mengatakan “Lebih Baik Mati Dari Pada
    Malu” (begitulah pemahaman terhadap budayanya),
    3.menganggap dirinya benar dan suci karena keKristenannya atau dengan kata lain
    Kristen Turunan (begitulah pemahaman dan pengertiannya terhadap Agama yang
    dianutnya).

    Secara umum bahwa sifat atau karakter diatas hanya dimiliki oleh beberapa negara didunia seperti Negara Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya, dan harus dimaklumi karena Negara tersebut adalah Negara yang sangat kaya dari berbagai segi diatas permukaan bumi ini, akan tetapi bagi kita sebagai Orang Nias menjadi dilema didalam berbagai segi kehidupan social karena,
    1. daerah kita hanyalah salah satu daerah yang sangat kecil yang tidak sebanding dengan
    Negara Amerika,
    2. masyarakat atau orang-orang Nias yang sangat begitu melarat, miskin dan sangat jauh
    dibawah garis kemiskinan atau jelas tidak sama dengan Amerika.

    Akan tetapi kalau kita melihat secara khusus semua karakter orang-orang Nias diatas, baik karakter positive dan maupun karakter yang negative maka kalau digabung kedua karakter tersebut maka bisa menjadi POWER untuk lebih cepat maju dalam berbagai segi. Dan yang menjadi pertanyaan adalah, “Bagaimana Agar Kedua Karakter Tersebut Bisa Menjadi Power?”
    Dan sebagai jawaban agar bisa menjadi POWER adalah, dengan memoles atau memodifikasi sedikit karakter negativenya sehingga menjadi hal yang positive seperti,
    1. hidup saling mendahulukan menghargai dan menghormati, karena kita adalah Turunan
    Raja diatas Segala Raja(Tuhan Kita Yesus Kristus),
    2. pakailah seboyan yang mengatakan “Lebih Baik Hidup Dari Pada Mati” dan jangan
    pakai lagi semboyan lama yang mengatakan Lebih Baik Mati Dari Pada Malu karena
    semboyan tersebut adalah semboyan yang dapat membawa kesengsaraan dan Maut,
    3 .taati dan jadilah pelaku Firman Tuhan yang setia.

    Demikian ulasan ini dan semoga dapat bermafaat bagi kita semua untuk menuju pintu kesuksesan mulai dari sekarang dan dimasa yang akan datang, semoga dimuat pak moderator. Ya’ahowu.

    YAREDI WARUWU

  74. Yang di Medan……….tenang……..kalian urus aja DPRD SUMUT.
    Tak ada kaitan kalian di Medan dengan pak Moderator,ini masih teritorial P.Jawa nih.
    Bisa nggak kalian urus DPRD SUMUT ? agar mengeluarkan rekomondasi bagi pemekaran 3 kab/kota di Nias ???????? Kalau belum bisa ya…pergi aja ke Sambu merenung…ntar ketemu keberanian kalian…oke God Bless us

    judul tulisan yang anda delete pak moderator apa aja……….aku sudah capek ketik, didalamnya tak ada kata kasar,kotor,fitnah dan makian, filenya tidak ada lagi sama saya…………KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA DALAM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN TERMASUK DISINI…
    coba coba lagi kok kadang masuk, kadang ga…………aku lagi cari komentar saya……kenapa ga ada …………..gimana nih moderator

  75. benar juga tuh kata pak Lewi….mudah-mudahan bukan asli keturunan Lewi anak Yakub dari Israel, klo ya jangan ke Indonesia bos….bahaya sama ndrawa sagaukhu…hehehe, maaf intermeso pak Lewi.

    Yang saya tahu BPP (Badan Persiapan Pemekaran) Kab.Nias Barat

    Pengurus BPP Kanisbar Pusat di Nias :
    Ketua : Zemi Gulő, SH (mantan cawabu dulu, ga tahu jabatan PNSnya)
    Sekretaris : Raradődő Daeli/Ama Noni

    Pengurus BPP Kanisbar di Medan :
    Ketua : Drs Taroni Hia (Kanwil P & K Sumut di Medan)
    Sekretaris : Drs.Sudirman Halawa

    Pengurus BPP Kanisbar di Jakarta :
    Ketua : Drs.Marthin Luther Daeli, MSi/Ama Klara(jabatan PNSnya Pemda DKI)
    Sekretaris : Drs.Yupiter Gulő,MM (mantan waben PGI, Kepala Divisi BRR Nias Induk)

    Tentu banyak lagi kroco-kroco di jajaran mereka, maaf saya belum tahu selengkapnya karena sampai saat ini, saya saja yang berada di Jakarta dan boleh dibilang aku akrab dengan beliau-beliau itu karena Zemi dan Yupiter sambua banua ira ba mbewe Moro’ő, Ama Noni zatuara siso ba G.sitoli banua Lahőmi, simanő Luter banua Zitőlubanua Lahőmi, Taroni banua Zisobambowo sekarang Mandrehe barat, Amada dawa da’ő…hehehe ba Sudirman Halawa, moroi siyawa khőmi da’ő pak Lewi, me so ndra’odo ba Medan ba niha sibarani da’ő, Mado Halawa..??????..hehehe.

    Nah irugi iada’a balő lambakha’ő khőda susunan Pengurus lengkap BPP Kanisbar andrő. Lau tabologő manő dődőda khőra. Eksklusif banget gitu lho…… yang aku khawatirkan jika mereka gagal padahal perjuangan ini saya tahu percis sudah lebih dari 90 % atau kata lain “noso főna hőrőda na ta’ila talalau”.

    Apa ga kita tanya kalau gagal : GAGAL DIMANA ? KENAPA GA BILANG-BILANG ? Kalau mereka beritahu progress aktivitas mereka kan, kita bisa ikut memikirkan, memberi saran bahkan ikut bernego-nego/berlobi-lobi atau bahasa kerennya BERJIBAKU hehehe.

    Kita positif thinking aja, mereka diam berarti is ok….ma tenga da’ő pak Lewi ?

    Oke deh..pak moderator tolong diminta tolong aja pada para netter yang ada agar bersedia menjadi perwakilan di tiap daerah dengan meminta id email mereka sehingga bisa kita kontek, syukur-syukur dapat no.HP dan alamat lengkap.

    Ya maaf moderator, sudah terlanjur melayani…….ya apa boleh buat, basah sekalianlah, ga berat kok, lebih susah melewati daso noyo mefőna, ősőbi gaheu ba falawa waha wa’abakha dambu, ba őfuli őmasukő zui gaheu ba masu ba dambu alőső bakha ba dambu irugi waha zui, simanő-manő sepanjang 2 km di masing-masing sisi sungai Oyo. hehehe…nostalgia nih.

    Di Padang ada Pak Halawa disana
    Di Bandung ada Pak Gulő ya
    Di Medan……
    Di Nias ……..
    Di Jogja……
    Surabaya, Jambi, Riau, Palembang, Dll

    Pak Lewi semoga anda terhibur dengan sekelumit informasi ini dan ga bilang lagi : Oh orang Nias Barat “orang-orang misterius semua”

    Kalau ada yang mau ditanya lagi hubungi aja http://www.niasbarat.org atau e mail lautanbarat@yahoo.com

    Kita berusaha memberikan PENCERAHAN dengan apa kemampuan yg kita miliki kepada saudara/i kita dari Nias barat agar dapat memiliki KECERDASAN IQ,EQ DAN SQ sehingga dapat menjadi SDM yang berkualitas dan kepada saudara kita di luar Nias Barat, kita berusaha selalu mengasihi mereka walaupun ada yang menghina kita (maaf kalau sekiranya ada lho, tak perlu kita balas atau lawan karena kalau kita balas…apa bedanya kita dengan orang-orang dunia ?……ce..ila alkitab banget nih).

    Buat Novan kontek Luter/Ama Clara ba HP 081382291959 anda harus ngomong yang sopan dan pelan-pelan ya seperti anda kalau merayu cewek lembut, halus tapi pasti, kalau anda kasar dan marah-marah itu tidak pada tempatnya.

    Sukses selalu

  76. Salam Ida, alama bisa dek, jangan ragu-ragu. Siapa bapak talu yang disebut2 itu? Ini khan kayak millis dan tumpahan unek-unek kata orang jawa. Une2 itu sejenis makanan dek. Kul diamana ya, boleh nggak ikut PD Faomasi di sei batang kuis, belakang pringgan
    salam

  77. Syalom Smeua ya, wah ini aku grogi, terima kasih skrg aku bisa internet hehehe, sdh maju nias barat, ya. Tuhan melindungi perjuangan kita semua. Cuma aku baca ada yang bertengkar lho, bapak talu saya juga disebut-sebut gitu.
    aku sih… ya
    salam saja semua untuk IMAM Medan, maju terus, brljer internet…hehe

  78. Kata pak moderator, ini bukan tempat chating, sumbangsih saran. Aku saran ya, agar setiap tulisan jangan langsung tampil kali ya, dikrim ke moderator kemudian di input di moderator, hehehe boleh nggak begitu

  79. Saudaraku Marthinus Moyo, Terima kasih pengertian anda, setelah anda baca tulisan saya diatas, kalau anda simak benar-benar Ama Klara mengontak Pdt Herman Baeha (Ketua BPP Nias Utara) pada HARI SABTU 24 MARET 2007 mereka ketemu malamnya di hotel Mercure demikian juga dengan anggota DPRD Nias ditelpon 24 Maret 2007 . JADI KATA KUNCINYA ANDA TERLAMBAT BUKAN KARENA ORANG NIAS BARAT TAPI KARENA KOMUNIKASI ANTARA KALIAN YG TAK BERES, saya tidak tahu anda dari Nias Utara atau bukan, Kalau anda dari Nias Utara coba tanya baik-baik ke pak Herman kapan dia ketemu Ama Klara.

    Maaf ya Marthinus bukan saya kesal sama anda tapi SAATNYA KAMI DARI NIAS BARAT TAK MAU MENERIMA JIKA DISALAHKAN KALAU BUKAN KESALAHAN KAMI TAPI JIKA KAMI SALAH, KAMI WAJIB MOHON MAAF. KAMI SENANG JIKA DAPAT MENJADIKAN ORANG LAIN BERBAHAGIA.

    Tuhan memberkati anda.

  80. He Marthinus Moyo, no mengerti dan sadar ndraugo me owa’o NIAS BARAT SERAKAH AMI KARENA BANYAK KE DPR RI DAN MELANGKAHI DPRD SUMUT.

    Na lo nasa si mengerti ndraugo ba’akha ijelasko BOANERGES jadi biar sma persepsi kita dan enak kita bicara……………….jangan asal vonis nias barat serakah gitu lho, seharusnya anda itu BERTANYA KENAPA ORANG NIAS BARAT BANYAK, mudah-mudahan anda bukan berasal dari Nias barat, sehingga kami selalu mengasihi anda, tapi………………..kalau anda berasal dari Nias Barat, menjadi tanggung jawab moril kami pernyataan anda yang lalu.

    Oke yang lalu biarlah berlalu, memang pembelajaran itu ada tahapannya……mulai dari bodoh/goblok/tidak tahu………pengen tahu……..tahu sedikit……..tahu banyak….dst..dst.
    jadi ada prosesnya dan memerlukan waktu.

    Mari kita terus belajar supaya kita berada di……….tahu banyak..dst
    God bless u

  81. Ya’ahowu

    aq senang banget nemuin situs ini, isinya bagus apalagi ditujukan buat menyampaikan pemikiran-pemikiran dan opini alias debat argumentasi secara ilmiah,

    oke aq setuju dan senang akan hal itu, CUMAN, maaf ya lihat tulisan diatas itu lho NIAS BARAT SIAPA YANG PUNYA ? walah…walah mas, ga’a, ama, sibaya ba ira tua, apakah ini tidak tersirat NADA KEMARAHAN ???

    logika aq sederhana aja, kira-kira begini : ada nih kue diatas meja yang dikelilingi beberapa orang, terus kue itu di pegang-pegang ama seseorang misalnya namanya si Deni lalu ada beberapa lagi orang lain misalnya si Gilbert, si Marunto, si Hilman, si Wilfred, si Zaky dll ngomong KUE ITU SIAPA YANG PUNYA ? hehehe…….

    Emang sih….si Deni main caplok aja, sabar dong…Gilbert, Jangan unjuk kekuatan dulu ya ? Tolong Pak Vicar Yoseph Gulo rara dodo ndra teman-teman Gilbert, ena’o boi la HAWUI. hehehe…..lo mi’ila mofonu khogu boro me inagu moroi ba Lawelu….ba ya’aga niha nonolimbu Lahomi………yahowu ndra sibayagu.

    Sepanjang kalian melihat-lihat Melisa Daeli ada di arena, saya mohon dengan sangat sebagai onombini’o jangan MIHAWUI tapi bila Melisa Daeli tidak kalian lihat, ya lo sa’ae ufaguru’o ami ba da’o sibaya.

    Salam dari Melisa Daeli dari Merauke-Papua
    God bless us

  82. Ya’ahowu Bapak Moderator, Saya minta blog saya jangan dimatikan lah, ini khan, milik kita bersama. Saya kenal anda sangat moderat, apa artinya anda buat web ini tapi kita tidak bisa menulis, saya bisa krim data saya ke email bapak. Saya hanya ikut meramaikan saja. Boleh ya, beda pendapat, saya rasa pendapat saya tidak kasar dan masuk akal. Saya tidak pernah di blok di NIC kog.
    Lau bale, nalo sa’e tampil tulisan da’ana, berarti selamat tinggal saja lah. Saya tidak marah pak, cuma saya kaget saja kog begitu kerasnya ya moderator.

    Ya’ahowu
    Martinus

  83. Ya’ahowu Amada Vicar Ama Marlene Gulō ( Yoseph Gulō, STh )

    Omuso sibai dōdōgu meno ubaso mene-mene ni be’emō, No’ohahau sibai dōdōda na tabaso nisura ndra Amada Fakake andre. Oya Daroma Li ba Amaedola la be’e khōda.

    Lau Amada Vicar, omasido sibai falukha khōu, yaodo Fasōsō Gulō/Azō moroi ba Moro’ō ba torōido ba Depok, No sa ara me falukha ita, hadia olifu’ō ndra,o ? Ba hezo torōi ami ? Hewisa lala ena’ō tola uhubungi ndraugō ? Urongo ba perkembangan jemaat ONKP Cikarang luar biasa semenjak pak Ama Marlene la tugaskō ba da’ō ? Ba hewisa gōi ndra mahasiswa/i mō pak ? sehat-sehat ira, u,owai ira pak, Na libur ndra’o ba kuliahgu ba u’usahakō u’alui ba UKI, dimananya ya ?

    Pak Moderator, Ira Amada Fakake da’a, harus so kolomra ba NIASBARAT.COM da’a, bōrō na lafaogō-faogō Daroma Li faoma amaedola ba Fangokafu-kafu dōdō ndra samadu-madu tuo ma anggur ba lafo, simane ira Gabu ba mandrehe ma Nias/Waruwu ba Petisah Medan……siso ba Jakarta ba lō’u’ombakha’ō ma oya zi mōi-mōi khōnia dania ba itugu manō lō sōkhi ira.

    Pak Vicar Gulō, mohon dibalas ya
    Tuhan memberkati

    Fasōsō Gulō / Azō
    Kos di Depok

  84. Ubee ba dodomi ziso ba dodogu. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam perjuangan Nias Barat adalah mengedepankan Tuhan dan kebersamaan. Rekrutlah oprg Nias Barat yang mau bekerja keras dan pandangan jauh ke depan untuk membawa Nias Barat ke negeri aman, damai dan membuka lapangan kerja supaya terwujud NISBAR yang hidup mandiri. Coba bayangkan…………. ISRAEL YG DIHIMPIT OLEH NEGARA2 LAIN YG TDK SEPAHAM DGN DIA TAPI ISRAEL TETAP KOKOH DAN MEMPUNYAI TEKNOLOGI HEBAT. Coba pikirkan dan adopsi perjuangan Israel itu. OKE ?

  85. So sambua gamaedola Nono Niha: Na sambua zondada, na sambua gera-era, ta’oliche gawoni ta’olai guli nasi. Eluaha nia? Yaso choda wa hasara dodo. Gofu hawaabua halowo ba gofu hewisa wa’a sulit nia ba tola ofeta balulu boro me so wahasara dodo. Iwa’o Faulo, lakhomi sebua wahasara dodo. Ando boro da’o, boi so chomi (Fanitia)waasiloyawa. Ena;o so kebersamaan. Na fahasara dodo tabee baba dododa ba lo zilotaloaloo ifahowuo perjuanganmi Yehowa. Lo aechu golo zohalowao iwao Lowalangi, hadia ni taru mi ba mi basi. Na sochi danomo ni tarumi ba mibasi mbua si sochi. Ba na bawaasiloyawa mifalua halowo (nitaru) ba lo baga mbuania dania. Miogo wohalowo soroi ba dodomi. Yamufahowu’o ami Lowalangi.

  86. Ya’o asli Ono Niha moroi ba Gaechula. Setuju sekali ada pemekaran NiasBarat. Tapi, adakah orang NISBAR yang benar2 memperjuangkan kepentingan Gaechula? Dari awal saya ikut panitia NIASBARAT tapi saya lihat lebih cenderung pada kepentingan politik.
    Saya secara pribadi mendukungnya semoga sukses dalam perjuangan TAPI INGAT anda harus bekerja bersama tim dan minta hikmat dari Tuhan supaya kepentingan pribadi tidak dikedepankan. OK? Da’o zito’olo ba khoda, hasara dodo ba mborota ba nano a’ozu YAUGO BA YAO MANE GEU NIFALOO

  87. “Melayani bukan dilayani”
    Paus Basuh Kaki Awam pada Kamis Putih
    KOMPAS
    ROMA, JUMAT – Paus Benediktus XVI membasuh kaki 12 orang awam di sebuah basilika Roma dalam sebuah tradisi Kamis Putih yang melambangkan kerendahan hati, sementara dia melanjutkan jadwal upacara Pekan Suci Gereja Katolik yang padat yang akan berpuncak pada Minggu Paskah.

    Dengan membungkuk, Paus menuangkan air dari sebuah kendi emas ke kaki keduabelas orang itu, yang mengenakan jubah putih dan duduk berjajar. Benediktus kemudian menggunakan sebuah kain putih untuk mengeringkan kaki mereka, yang diambil dari umat Keuskupan Roma. Sebagai Paus, Benediktus adalah juga Uskup Roma.

    Ritual pembasuhan kaki oleh Paus, yang mengenakan pakaian warna emas, melambangkan kerendahan hati Yesus terhadap para rasulnya dalam Jamuan Makan Terakhir, sehari sebelum disalibkan, dan dimaksud untuk mengingatkan umat masa kini bahwa mereka juga harus melayani orang lain.

    Upacara pembasuhan kaki itu diadakan di Basilika Santo Johanes Lateran, Roma, yang merupakan katedral Paus dalam kapasitasnya sebagai Uskup Roma.

    Paus yang pada tanggal 16 April akan berusia 80 tahun itu mengajak umat Katolik untuk berdoa bagi “pemurnian hati.”

    “Kita berdoa untuk membantu kita agar tidak memperuntukkan hidup hanya untuk diri kita, melainkan untuk mempersembahkannya pada Tuhan,” ujar Paus.

    Pada Kamis pagi, Benediktus merayakan misa dengan para kardinal, uskup, dan rohaniwan lain di Basilika Santo Petrus, di mana dia mengatakan bahwa para pastor harus mengenali kekurangan dalam hidup mereka dan mencari kemurnian dari Tuhan.

    Dia juga menyebut penulis Rusia Leon Tolstoy yang berbicara mengenai “cinta Kristus yang disalibkan” yang mampu “memberikan putihnya pada pakaian kita yang kotor, memberikan kebenaran dan cahayanya pada jiwa kita yang gelap.”

    Pada hari Jumat Agung, Paus memimpin dua upacara peringatan penyaliban Kristus, yang pertama di Basilika Santo Petrus, dilanjutkan dengan Via Crucis (Jalan Salib) yang diadakan di reruntuhan Colosseum, Roma.

    Dua upacara akan dipimpinnya untuk memperingati Paskah, hari suci paling penting Gereja. Pada Sabtu malam dia akan memimpin sebuah misa Malam Paskah dan hari Minggu Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus, di mana dia akan memberikan berkat dan pesan “Urbi et Orbi” (pada kota dan dunia).

    Konservatif

    Menjelang ulang tahunnya yang ke-80 dan dua tahun dia terpilih sebagai Paus bulan ini, Benediktus dinilai telah mulai menegaskan sikapnya.

    Dia telah menolak imbauan- imbauan—termasuk dari uskup- uskup di negara asalnya, Jerman —untuk memperbolehkan orang Katolik yang menikah lagi untuk berpartisipasi penuh dalam Gereja.

    Dia telah memperingatkan para politisi Katolik yang harus memutuskan mengenai isu-isu seperti aborsi, euthanasia, dan perkawinan bahwa nilai-nilai Katolik adalah “tidak bisa ditawar-tawar.” Dan dia menolak usul dikendurkannya syarat selibasi bagi pastor.

    Dia mempertahankan “keluarga tradisional” berdasarkan pada perkawinan antara seorang pria dan seorang wanita. Itu telah membesarkan hati para uskup Italia yang berjuang menentang usulan pemerintah untuk memberikan hak pada pasangan-pasangan yang tidak menikah, termasuk pasangan sama jenis.

    Orang menilai Benediktus mulai menegaskan cap konservatif pada masa kepausannya. Enri- que Miret Magdalena, seorang ahli teologi Spanyol, menyebut Benediktus takut untuk berubah.

    Salah satu target utama Paus untuk menghidupkan kembali iman adalah Eropa, yang baru- baru ini disebutnya sebagai “menuruni sebuah jalan yang bisa membawanya untuk pergi terhapus dari sejarah.” (AP/Reuters/AFP/DI)

  88. Mohon maaf sdr yang berinisial # Moyo, saya kira anda adalah orang menginginkan KEBERSAMAAN DAN REPRESENTATIF dalam gawean ke SENAYAN, hal itu sangat bagus dan semoga tetap dipertahankan…

    Saya jelaskan target/sasaran pertemuan ke SENAYAN dengan KOMISI II DPR RI adalah memutakhirkan data Pemekaran Kab.Nias Barat dan Kab.Nias Utara SERTA MENGUSULKAN PEMEKARAN KOTA GUNUNG SITOLI MENJADI KOTAMADYA. (ini gol terakhir pada tgl 29 maret 2007, perkembangan terakhir pada saat itu.)

    Nah………kronologis…target tersebut diatas yang saya ikuti dan ketahui (sekali lagi hanya yang saya ketahui) sbb:
    1. Pada Sabtu, 10 maret 2007 Badan Panitia Pemekaran (BPP) Nias barat Jakarta yg diketuai Marthin Luther Daeli/Ama Klara, Sekretaris Yupiter Gulo/Ama Sinthia mengadakan dengar pendapat/silaturahmi dengan masyarakat Nias barat di Hotel Mercure Jln. Hayam Wuruk Jakarta dari jam 09.00-17.00 agenda mengusahakan jalan keluar utk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan utk segera menjadikan KABUPATEN NIAS BARAT dan sorenya diisi oleh ceramah Ama Sinthia mengenai BRR di Nias dan BPP KANISBAR mengusulkan point-point yang diberikan kepada BRR dan PEMDA NIAS.

    2.Pada Sabtu 24 Maret 2007 di tempat dan jam yang sama kembali BPP KANISBAR Jakarta mengundang masyarakat NIAS BARAT utk mendengar lagi ceramah WILLIAM SABANA mengenai kegiatan BRR di Nias pada pagi harinya.
    Setelah makan siang akan dilanjutkan dengan merumuskan usulan point-point yang diberikan kepada BRR dan PEMDA NIAS………………..

    Nah…….Naluri Firman Jaya daeli yang melihat supir-supir pribadi KOMISI II DPR RI ada di sekitar hotel, dihubungilah 3 orang anggota PDIP yang juga wakil ketua komisi dan anggota komisi II yang sedang sidang di HOTEL MERCURE, dibawalah ke ruangan tempat orang-orang NIAS BARAT RAPAT dan darisanalah wakil ketua KOMOSI II Bapak Fakhruddin mengguide APA YG HARUS DILAKUKAN, OLEH NIAS BARAT DAN NIAS UTARA, dan selambat-lambatnya 29 Maret 2007 harus menghadiri sidang komisi II dengan agenda : memutakhirkan data Pemekaran Kab.Nias Barat dan Kab.Nias Utara.

    Akhirnya Firman dan Ama Klara mengontak pdt Herman Baeha (Ketua BPP Nias Utara), DPRD NIAS, BUPATI NIAS dan BPP KANISBAR NIAS utk konsolidasi menghadiri sidang KOMISI II pada 29/3, Jadilah Bupati BINAHATI dan DPRD Nias datang dan menambahkan USULAN PEMEKARAN KODYA GUNUNG SITOLI.

    Sehingga Gawean yang tadinya hanya NIAS BARAT, telah menggelinding menjadi GAWEAN KEPULAUAN NIAS dan didukung penuh oleh Bupati, DPRD Nias, Yasona Laoli, Idealisme Dachi (Anggota DPRRI), firman jaya daeli, Sokhiatulo Laoli (calon bupati dulu)masyarakat NIAS BARAT, NIAS UTARA, GUNUNG SITOLI.

    Pada waktu dekat akan ada pertemuan seluruh orang Nias di jakarta……….nah kira2 begitulah ceritanya mengapa orang NIAS BARAT BANYAK WAKTU KE SENAYAN.

    OKE, LAIN KALI KITA TERUSIN, YAHOWU

  89. Pak Moyo,
    Rubrik ini, boleh-boleh saja menjadi ruang kritik pedas dan kita sepakat untuk tidak mengedit protes anda. Bagus, cuma apa benar data 65% orang-orang nias barat yang hadir di senayan tgl 29 maret 07 itu?
    Pak Ama Sona,
    Pemakaian kata gila, memang tidak baik, kami tidak edit, kami memahami kemarahan anda, tapi terkendali ya.

    Tuhan memberkati kita semua, majulah dan bersatulah.

    Ya’ahowu
    Moderator

  90. SETUJU BOSS, manusia tidak boleh dipengaruhi 100% oleh KATA ORANG, dan JANGAN JUGA 100% diam kayak batu.

    Aku mau katakan bahwa kita bersyukur hidup sebagai manusia yang diberikan ROH,JIWA/PIKIRAN/AKAL BUDI DAN TUBUH.
    Kita selalu memohon kepada Tuhan supaya kepada kita diberikan IMAN, HIKMAT DAN MARIFAT sehingga apapu yang kita perbuat sesuai dengan kehendakNya.
    Kita selalu menggunakan akal budi kita, kita memelihara tubuh kita, dan selalu memasrahkan roh kita kepada Tuhan.

    Sekarang saya katakan, saya bangga menjadi orang dari Nias barat, saya bangga melihat orang-orang tua dari sana yang MENEMPATKAN KEPENTINGAN UMUM DIATAS KEPENTINGAN PRIBADI. Orang Nias barat itu mau mengalah demi persahabatan dengan orang di luar Nias barat sehingga ya dinikmati terus keuntungan oleh orang lain, termasuk pilkada kemarin……………..coba kalau marthin Luther tidak maju……..Silvilster dan Zemi, kan pasti menang………..tapi itu,…cambuk…..sekali lagi…cambuk, yang berlalu biarlah berlalu.

    Orang-orang Nias barat generasi tua, tetaplah berdoa dan berikan dorongan semangat bagi yang muda-muda, tegorlah yang muda-muda yang masih liar, masih mau menang sendiri, yang tidak mengajak orang lain tapi hanya kerja sendiri. TIDAK AKAN LAMA LAGI NIAS BARAT AKAN MENJADI KENYATAAN.

    Tidak ada yang bisa berbuat seenaknya nanti kalau Nias barat sudah jadi. KITA MEMANTAU TERUS, SIAPA YANG ADA BOROK AKAN TERTELANJANGIN OLEH KEMAJUAN GLOBALISASI DAN HITECH.

    Bagi yang mampu, silahkan bekerja dan anda juga harus diterima oleh orang banyak, Leader itu harus kredibel dan aceptabel.

    Bagi yang tak kredibel dan aseptebel, jangan paksain…nanti anda frustasi.

    Oke…selamat berjuang, Tuhan memberkati kita.

  91. TUDUHAN GILA,
    Supaya Moyo tahu ya, kami serius sekali, hidup atau mati, kami siap demi apapun agar NIAS BARAT tetap jadi kabupaten, lihat pengorbanan kami dari waktu ke waktu sejak di cetuskan thn 2004, 2005 sekarang 2007, kami sabar dan tetap berjuang. Jangan begitu donk, kalau team NIAS BARAT tidak datang ke senayan, pasti orang pikir kami ini main-main.
    Jangan hanya tau ngiritik dong, anda seharusnya ikutan memberi semangat.

  92. Jangan pernah kita dibuai mimpi-mimpi, Kawan2 dari Nias Barat kelihatan mulai tampil serakah.
    Coba lihat saja, pertemuan dengan DPR RI kamis yang lalu, dihadiri oleh 65% orang2 dari NIAS BARAT.
    Malunya lagi, mereka coba-coba melangkahi DPRD SUMUT, unjuk gigi nih ye.
    Yamutolo ami Lowalangi

    Moyo
    Tangerang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s