Pejuang Nias Barat

Tuliskan disini tentang saudara dengan data yang lengkap, sebagai pedoman ikutilah urutan penulisan sebagai berikut:

  1. Tuliskan pendapat anda tentang masa depan Nias Barat (harapan dan koreksi) menurut saudara.
  2. Tuliskan Pendapat anda tentang Forum ini http://niasbarat.wordpress.com dan apa saja usulan saudara tentang topik-topik yang ada di dalamnya.
  3. Tuliskan Kampung Halaman saudara, dan selayang pandang masa kecil saudara. Jika anda lahir di luar Nias Barat, harap berikan komentar semampu saudara.
  4. Tuliskan Biografi saudara, Nama, Tempat & Tgl Lahir, Alamat Sekarang dan Pendidikan Terakhir.
  5. Kalau anda sudah berkeluarga, tuliskan nama istri dan anak-anak.
  6. Tuliskan topik yang akan saudara usulkan untuk di bahas, jika saudara memiliki bahannya silahkan kirim kepada kami.

Karena banyak sekali para netters yang meminta kolom ini, maka kami persilahkan saudara untuk mengisinya di halaman ini.

Ingat bahwa data saudara akan menjadi kebanggan anak cucu saudara kelak, oleh karena itu kami harapkan ditulis dengan baik dan sesempurna mungkin.

Semua informasi yang di tulis asal-asalan dan tidak mengikuti urutan di atas, maka dengan berat hati kami tidak tampilkan.

Jika Tuhan berkenan, kami akan terbitkan nama-nama Pejuang Nias Barat ini menurut Kategori:

Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Tokoh Ekonomi dan Usaha, Tokoh Pemerhati Nias Barat, Tokoh Praktisi Hukum, Tokoh Seni dan Budaya, Tokoh Politik dan Tokoh IT (Informasi & Teknologi).

Demikianlah kolom ini kami sediakan sebagai jawaban terhadap permintaan yang sangat tinggi dari Para Netters. Jangan Malu menuliskan data diri saudara dan orang yang anda kenal.

Ya’ahowu Nias Barat Yang Tercinta

Moderator!

121 pemikiran pada “Pejuang Nias Barat

  1. Ya’ahowu fefu….
    Sekarang kita berbangga bahwa Kab Nias Barat sudah terbentuk dan Pemimpin Daerah sudah terpilih dan menjalankan Tupoksinya masing-masing. Sekarang kita tinggal membantu Program mereka. Kalau ada yang tidak berkenan kritiklah dengan jalan membangun (berikan saran dan solusinya) maksud saya jgn cuman kritik tapi solusinya tdk dipaparkan. Siapapun nanti jadi pemimpin baru silahkan…… kita tetap mendukung. Buatlah program yang terencana baik jangka pendek, menengah dan panjang yang penting sifatnya mengangkat derajat Nias khususnya Nias Barat, juga mampu memberikan nilai positif bagi masyarat secara menyeluruh. Cobalah merencanakan untuk APBN sesuai kebutuhan, hindari kebocoran APBN dan sumber lain agar Nias khusunya Nias Barat acuan jempol tanpa kebocoran dan semua dapat dimanfaatkan. Semoga pemimpin kita mau berjuang hanya utk Nias. Ya’ahowu. HD. Daeli-Jkt

  2. Be a candle,
    be a light,
    be a twinkle in the dark
    be a hope
    be an inspiration
    make a big difference in other heart.
    Happy Easter.

  3. Sy percya pulau nias akn mendpt kemajuan y luar biasa, dgn hadirx pejuang2 sy terlalu yakin masa dpn nias lbh baik ditambah wadah y ada tambah kren, menarik u/diolah khususx bbrapa pantai disirombu.

  4. haejo so komentar mado lombu badae ba,, faoma ira tuada halawa.. bee maifu… kita bisa beda dalam pendapat tetapi kita tidak pernah lepas sebagai warga nias barat…. satu perjuangan satu dalam Tuhan amin

  5. yahowu…….
    saya dah baca sebagian besar usulan,komen dri atas…….
    jadi saya pusing……
    tolong kalo mang bener2 wrga nias yang punya hati untuk membangun nias,khsusnya nias barat……
    jadi siapa pun pemimpnnya tlng jangan dipermaslahkan,
    yang pentng ada hati untuk membangun banuada…….
    dataosarao dododa
    melo niha boo nitotonada baero ita zangaazokhi banuada……..
    saohagolo……
    saya victor gulo,S.Pd.K

  6. Damai Itu Indah ….!
    jd mari tinggalkan hati yang bebal dan mari berubah menjadi mansia baru didunia baru

  7. assalammualaukum warahmatulahi wabarakatu…….
    salam kenel ni dari Pitra nias barat asal HINAKO
    MARTHIN F MARUHAWA kelahiran sumbar,dan masi kuliah di salah satu univarsitas di indonesia yang tercinta ini.Kami sebagai anak daearah nias barat sangat gembira atas telah terbentuk nya kabu paten nias barat itu semualah atas kerja keras pemerintah dan masyarakat,ada satu hal yang kami kurang senagi yaitu jangan sampai nantinya nias barat ini seperti NISEL terjadi perang perebutan kekuasaan jabatan dan lain sebagalnya smoga pak a.ester daeli nga membawa firus kepemimpinan NISEL di NISBART ini yang kita cintai ok thak’s pertemuan kita ya’ahowu pemimpin N I A S B A R A T………..

  8. menurut saya terlalu dini.mencari pemmpin. utk nias barat, karna…? mengapa???? apakah.. nama-nama. yang di atas benar-benar mereka. menjadi pemnmpin yg. bijaksana.adil. jujur.merakyat. dan,, tidak. (kkn) karna orang kita nias, kalau sudah menjadi pemmpin. sngat menonjolkan power nya. di dalam segala hal. ttpi siapa yang memilih merka, tentunya masryakat nias bart itu sendiri. karna setelah menjadi, pempin yang paling di utamakan adalah… dirinya sendiri,saudaranya, jadi kita tidak menginginkan hal itu terjadi. walaupun saya bukan dari nias barat,, tapi setelah saya membaca, (nias barat siapa yang punya) saya teropsesi utk menyumbang masukan,,, utk calon pemimpin di nias barat, oy,,nm sy,donald zebua, tggl. di pkn baru, kmpg, sy hilinaa.alasa,, yaahowu

  9. kita jangan terlalu pesimis untuk perkembangan pembangunan nias .harus pada kmitmen awla yaitu menjadi lebih baik.jangan terpengaruh oleh org2 yang mecari untuk dari kondisi nias saat ini yang sedang lagi berkembangnnya.

    y a a h o w u

  10. maaf atas perkataan saya ini…

    terus terang saya memang salah satu putra nias (walaupun saya putra nias barat, tetapi saya tetap menyebut sebagai putra nias). saya tinggal di kota medan.

    saya bukan membangga2kan pembangunan & kemajuan daerah lain, tetapi saya bangga dengan prinsip, persatuan dan pemikiran putra daerah lain.

    Jujur saja, saya sangat bangga dengan kekokohan putra daerah seberang yang ada di pulau sumatera utara, walaupun mereka ada yang iri hati, berbeda pendapat, dan ada yang hanya mementingkan diri sendiri, namun mereka satu untuk tetap membangun daerah mereka sendiri.

    Walaupun mereka banyak sebagai pengusaha besar, petinggi negara, tetapi mereka tidak lupa untuk membangun kampung halaman mereka sendiri & menjunjung tinggi ada istiadat mereka walaupun mereka ada di luar negeri, sehingga kekokohan adat istiadat mereka dibanggakan oleh orang luar negeri.

    justru saya iri sama daerah lain, dari hari kehari terus berkembang & maju, karena peran serta putra daerah mereka sendiri.

    membangun daerah pulau nias, merupakan kebanggaan kita semua khususnya sebagai putra nias. potensi alam pulau nias sangat besar seperti : pertanian, perkebunan, kelautan & parawisata, jadi tinggal kita sebagai putra nias bagaimana cara kita mengelolah potensi yang besar itu.

    ya’howuu

  11. Potensi pembangunan nias barat sangat besar, baik di bidang kelautan dan parawisata. jangan kita hanya melihat orang lain. tetapi marilah kita melihat secara pribadi (diri kita sendiri), karena selama ini yang saya ketahui, kita hanya melihat & membangga2kan pembangunan daerah luar pulau nias.
    siapa lagi yang membangun pulau nias kalau bukan kita sendiri sebagai putra nias.
    – belajarlah menilai pribadi sendiri, baru kita bisa menilai pribadi orang lain.
    – belajarlah untuk melihat kekurangan kita sendiri, baru kita bisa melihat kekurangan orang lain.
    – bangunlah daerah kita sendiri, baru kita bisa membangun daerah lain.
    “yahowuu”

  12. Semuanya bagus dan semuanya ckup brdedikasi. smoga kedepan smua mnjd lbih baik. Ingat! semua ini hanyalah awal tuk mnuju kpd pmbgnnan nias barat sesungguhnya. GBU

  13. jujur saya lbh stuju dg yg nmr 103. inila kkurangan kita sbg ononiha, saling menjepit demi keinginan semu. sebulan yg lalu sy bru keluar dr nias barat dan ksmpulan yg dapt sy smpaikan adalah krn trlalu banyaknya kpntingan2 pribadiu yg mwarnai pmbangunan nias barat tnpa kita sadari tlah mmbuka/mengekspos klemehan2 kita dan nias barat pd umumnya. smuanya saling berkaitan.

    DEWASALAH DLM SGALA BIDANG

    YAHOWU

    putra_nettpro@yahoo.co.id

  14. wow… pada unjuk GIGI smua ne crita_nya….????

    Apa dah pada yakin kalo GIGI_MU yang paling bersih…

    SPORTIF DONK….!!!!!

  15. Syallom…….

    Semoga nias barat menjadi panutan untuk semua kab. yang ada di pulau nias. hidup nias barat.

  16. syallom:

    siapun yg duduk di kabupaten nias barat,itu sdh tuhan tentukan.
    dan harapan kt nias barat harus maju dan tetap bersatu.
    dan harapan km kpd semua org tua km yg ada dinias doain km semoga km jauh dr mara bahaya.

    yaahowu;

  17. Tidak semua nama eben itu pembohong, ini nama dari kitab suci. Aku eben gulo yang sedang memperbaiki nasib bukan eben hia pembohong itu

    Yaahowu

  18. haLlo……..
    kAk SevEn larosa(lampung)
    gimaAna kAbaRnya………?
    sAya uCapin
    MARRY CHRISmAS 2008 n
    TaHun bAru 2009
    GBU……..
    OK

  19. Wah situs kita ini bagus ya. salam untuk anak SMU club x x pelita… dion dan ren … afa chabar rex?

    you contoh aja situs ini, apa bisa? nanti aku upload aja semua your blog.

    Yth Bapak Mustika Ranto Gulo, sukses saja ya pak, kapan jadi bupati Nias Barat …

    Bapak masih muda … jangan dulu ahm…!

    Sukses … semua… gitu aja.

    CF rex!!!

  20. Yaahowu bang Ama Maya Gulo, emailnya abang apa ya? sorry saya coba hub HPnya sulit. Terima kasih pencerahan di ged DPR RI itu ya, sekarang saya mengerti mengapa dan ada apa dengan perjuangan kita.

    lihat saja nanti bagaimana gelagat kawan kita di panitia pemekaran apakah mereka memuji diri dengan ketok palu pembentukan daerah otonom kel 15 itu. Saya mau diskusi lagi via email saja.

    terima kasih

    GBU

  21. Saya setuju dengan pendapat Mendrofa bahwa orang Nias memang susah, belum jadi apa-apa dah berantam. Saya pikir yang cocok menjadi pemimpin di Nias bukan hanya bermodalkan gelar saja (s1,s2,s3)karena Nias sekarang bukan seperti Nias dulu. Sekarang orang Nias banyak yang sudah berpendidikan khususnya Nias Barat, tetapi tidak semua orang-orang itu berkarakter baik. Oleh karena itu yang menjadi pemimpin di Nias Barat dibutuhkan orang-orang yang perpendidikan dan berkarakter. Untuk para pejuang Nias Barat tunjukkan bahwa anda adalah orang Nias Barat yang berpendidikan dan berkarakter. Melalui tulisan-tulisan anda di web ini masyarakat dan generasi muda (khususnya Nias Barat) dapat menilai siapakah anda sebenarnya.
    selamat berjuang…!Maju Nias Barat..!

    Yahowu
    CtsDaeli

  22. nias barat………..
    nias utara…………
    trus propinsi……..

    blum jadi dah banyak org berantam………..
    susah….

  23. Yaahowu.
    Nias Barat merupakan daerah yang sudah sewajarnya dimekarkan.
    Bila dilihat dari segi penduduk, pendapatan dan kegiatan lainnya, Nias bagian Barat ini merupakan daerah yang kejuannya sangat pesat.
    Terlebih dahulu kita ucapkan terimakasih kepada pejaung-pejuang kita Nias Barat yang telah bersusah payah memperjuangkan Nias Barat ini, menjadi sebuah kabuten. Tidak lama lagi akan disahkan.
    Namun, disamping itu kita punya peranyaan..
    1. Apakah bila sudh NIAS Barat sah, bukan tempat adu POLITIK..?
    2. Apakah bukan tmpat mencari keuntungan satu pihak..

    Nias Barat pada masa depan yang akan datang kita harapkan benar-benar NIAS Barat yang mewujudkan anak daerahnya maju.

    Terimakasih.
    Email/Friendster/Blog: yonnid@yahoo.com

  24. Yaahowu Nono Niha
    Banyak marga-marga di Nias yang tak jelas artinya, siapa yang bisa bantu ya? saya butuh untuk menulis tugas!
    Apa benar ada marga cangkokan (mado sifatewu)
    mado sibohou (marga baru muncul?)

    Trima kasih Pak ranto atas balasan emailnya. Tetapi saya belum puas pak, saya mohon ada yang menulis tentang riwayat marga-marga.

    Bebali Harefa
    MHS UNIKA MEDAN

  25. Salam Nias …Kangen Banget teriak Yaahowu?………….!

    Dulu, nias selatan berjuang mati2an untuk menjadikan Kab Nias Selatan, seperti kita tahu bersama, di sana tidak sedikit konflik bahkan nyawa pun melayang. Sedih banget!

    Untuk saudaraku Nias Barat dan nias lainnya coba ini di cerna dan dijadikan pengalaman. Sekalipun akhirnya gagal pemekaran itu, mudah2an dimasa yg akan datang ada kesempatan lagi.

    Ada baiknya personil kepanitiaan jangan dari pegawai negeri, ambisi mereka hanya untuk menjadi PENGUASA nantinya. Padahal keijakan pemerintah mereka tidak bisa lawan, hanya yes sir saja, ini kelemahan kepanitiaan team fasilitasi Pemekaran Nias sekarang. Dulu di Nias Selatan tidak begitu, oleh orang2 independen yg berjuang, sekalipun sekarang……..! eh ternyata pejabat/mantan jaksa jadi bupati. Sekarang jadinya apa? berdarah2!!!!!!!!!!!!

    Lebih baik dari businessman atau enterpreuneur untuk mengelola kab baru nantinya. Di atas semua itu doa kami menyertai semua ono niha dan pak moderator blog ini …cukup lumayan inspiratif !

    Yaahowu

    Serin4 Hondro

  26. Gegap gempita suara pemekaran, tapi kayaknya cuma buang angin doang.

    Selamat jalan ke neraka semua, team fasilitasi …kalian akan makan buahnya, kalau tidak dibalas di dunia ini, kalian akan terima hukuman dari yg maha kuasa.

    Baluseda

  27. NIAS BARAT sekalipun belum jadi kabupaten, tetapi teknik promosi dan positioning yang dilakukan sdr MRG (Mustika Ranto Gulo) baik melalui web ini maupun di Pilar Nias Barat (PNB) telah mengangkat daerah ini menjadi terkenal. Nias barat, dalam image semua orang dari luar pulau nias, seakan-akan sdh menjadi wilayah tersendiri lepas dari Kab Nias Induk.

    Cara-cara ini yang kita tiru dan PNB di Jakarta, sosialisasinya ke masyarakat sangat baik, salam sukses, dan mari berhenti berkelahi. Hormatilah orang lain, supaya kita pun di hormati dan diberkati Tuhan.

    Saya setuju MRG adalah PUTRA TERBAIK NIAS BARAT Pejuang yg nyata-nyata telah berbuat, sekalipun belum sempurna, namun telah meletakkan dasar2 perjuangan. Tuhan memberkatimu dan jangan pernah kecil hati jika anda dimaki sana sini, itu resiko bag seorang PUBLIC FIGUR!

    Mari berdoa untuk Nias, semoga pertumbuhan ekonomi seperti yg bapak cita-citakan bisa terwujud.

    Yaahowu

    Martinus Halawa

  28. Yth Pak Ranto,

    Bagus tanggapannya begitu, tetapi jgnlah terbawa emosi menanggapi sdr kita seperti di atas. Mungkin mereka blm kenal anda. Kami doakan smoga sukses cita2 membangun Nias itu, saran saya sebenarnya membangun manusianya dulu pak. Contoh ya, Jagoan internet ono niha tidak jadi berkat, jadi tukang fitnah termasuk gambar bapak yang diedit oleh pakar design itu. Karanya bukan untuk kemuliaan Nama Tuhan, apa bedanya dgn kafir?

    Tetapi kalau saya mampu melakukan perubahan ke arah yg baik, saya bikin tulisan ‘seperti anda’. sebenarnya buah iri hati itu masih melekat pada setiap org Nias yg belum bertobat, itu sifat dasar.

    anjing menggongong kafilah berlalu berkrya aja trus pak.

    Yaahowu
    Nasori Daeli

  29. Saudara saya yang dokasihi oleh TUHAN, kepada saudara An NGorifi pada komentar di atas, pikirkanlah dirimu, kita tidak sempat mencari sensasi di jakarta ini. Untuk pujian kami sudah kenyang, jadi kami tidak perlu mendapat pengakuandari anda. Kami ingin berbuat, Tuhan dipihak kami. Kamu ini kasihan, iri hati dan kurang produktif, seharusnya urus perutmu saja, saya tahu kamu tidak jelas kerjaan, pontang panting tidak karuan, jangankn masa depan org lain kamu pikirkan atau masa depan rakyat (saudara kita di Nias) dirimu dan keluargamu saja tidak jadi saksi. Coba konsentrasi membgun dirimu, berdamai dgn dirimu dan asti kamu berhasil.

    Mulailah dari dirimu untuk berinvestasi, yaitu investasi kemakmuran, kebaikan dan kemuliaan dalam pikiranmu, dan serahkan pada Tuhan segala perbuatanmu, apa yang engkau cita-citakan, pasti akan baik termasuk tulisanmu / komentarmu di blog ini akan menjadi berkat bagi banyak orang yg membaca.

    Banyak komentar anda yang tidak ditampilkan, sekalipun engkau bermuka dua, kadang mengomentari dgn cara baik dan berbeda. Ingat, Nias itu berbudaya sangat tinggi, mari kita junjung etika itu, ok? Sekalipun tidak sedikit pikiran kotor karena cemburu, seperti otak anda. Itulah sebabnya investor takut ke Nias.

    Salam sukses
    MRG

  30. Tokoh Utama Nias Barat hanya 1 orang yaitu namanya : PDT. IR. MUSTIKA RANTO GULO……

    Hebat….yang lain payah…………..yang lain ketinggalan…….ketinggalan jaman

    he……….he………….

    Bagaimana Bung Ranto, pasti senang ya????????????????????????

  31. Saya sebagai pemuda nias barat sedih membaca komentar2 dalam situs kita ini, karena ada banyak komentar yang tidak mendidik dan bahkan memojokkan orang lain (meskipun tidak semua) sedihnya lagi orang-orang tersebut adalah orang2 berpendidikan yang seharusnya menjadi teladan bagi generasi muda nias barat. Bagaimana nias barat maju kalau pejuang-pejuangnya saja tidak bisa memberi teladan yang baik bagi masyarakat. Bagi pejuang-pejuang nias barat, bersikaplah dewasa agar masyarakat dapat mempercayai anda. selamat berjuang!

    CtsDaeli

  32. YTH Masyarakat nias dan niasmarat secara khusus, mengomentari berbagai perkembangan tulisan bapak-ibu dalam mail, agaknya memang menyedihkan. kita sulit mendapatkan isi dan makna berbagai perkembangan itu sebab komentar selalu destruktif dan tidak memberi kerangka berpikir sehat.
    menurut kami siapapun |Bupati pertama di |NISBAR tidak akan mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat kalau tidak melalui tahapan:
    1. mampu menjadi diri sendiri
    2. mampu menemukan tujuan dirinya
    3. mampu melihat lingkungannya sebagai suatu tanggung jawab
    4. dengan melihat lingkungannya ( sesamanya), ia juga tahu menempatkan diri
    5. mengutamakan orang lain sebagai langkah memajukan diri

    dengan demikian dapat kita melihat bagaimana cara orang-orang sederhana yang mampu menjadi pilihat rakyat|? belajar dari RANO |KARTO, DEDE YUsuf dll. yaahowu! dari adieli zendrato ( ams moses)

  33. Yahowu…

    Minta tolong Saudara-saudaraku Pejuang Nias Barat, saya sangat kaget ketika membuka situs: http://www.niasisland.com., khususnya tag: Angombakhata, disitu tertulis: Pilar Nias Barat terancam Bubar.
    Selanjutnya diminta untuk mencari tau di situs:www.yaahowu.com., tapi sayang ketika saya buka belum menemukan maksud lebih detilnya.
    Ada yang bisa menjelaskan kenapa hal tersebut dimuat?
    Saya tidak bermaksud mengutak-atik perjuangan Pemekaran Nias Barat.
    Walaupun belum terlibat sama sekali secara materil ataupun secara fisik untuk memperjuangkan Pemekaran Nias Barat, saya sebagai Pemuda Nias Barat sangat mengharapkan dan mendukung agar Pemekaran Nias Barat dapat terwujud secepatnya, karena bagaimanapun hal ini akan sangat mempengaruhi pembangunan Nias di berbagai Sektor, terutama sektor Pendidikan dan Ekonomi.

  34. Saya melihat (bila ditilik dari komentar-komentar yang ada)bahwa situs kita ini terlalu banyak di isi dengan pendapat yang kurang positif dan terkesan menyudutkan satu sama lain.

    Ada yang dukung tidak kalau saya juga ikut mencalonkan diri kedepan menjadi Bupati di Nias Barat tercinta kita?

    Abia Gulo, Mandrehe

  35. Saya pribadi sangat sepakat dengan komentar yang terdahulu…

    “Gunakanlah Forum ini sebagai ajang diskusi dintara kita orang Nias”

    Salam perjuangan untuk PEJUANG NIAS BARAT khususnya, Kemajuan ONO NIHA Pada Umumnya… Ya’ahowu…

    Jul H. Daeli
    Mahasiswa UNAND Padang

  36. ya’ahowu

    Semua komentar-komentar di atas …………
    sangat di banggakan tp banyak yang engga arti
    percuma kasih komentar deh sia-sia …
    Tp dalam website nias barat ini harus menjaga dengan baik
    kalo bisa sampai akhir zaman okeeeeeeeeeeeee
    Dan satu”nya jangan ada kata FAYA’OSA …..
    maunya harus ada kekompakan bagi pengurus”……..

    oke Saohagölö
    YA’AHOWU

  37. malu memberi komentar diantara orang2 yang keras hati.
    jangan bangga debat tidak karuan dalam situs ini karena dunia dan bisa bercermin tentang nias dari situs ini..
    saya rasa saudara lebih bijak dari saya, tetapi egois anda yang membuat saya lebih bijak dari anda.

  38. Ya’ahowu

    Salam untuk adik Nito (Creato Sonitehe Gulo) di Semarang. Kapan lulus AKABRI Kepolisian? Ada salam dari tulang ama niso gulo (ANG).
    Salam juga untuk Greta di Jogya.

    Dari,
    Mawati Gulo
    +6281380289298
    E-mail: mawati_gulo@yahoo.com

  39. Ya’ahowu

    Saya hanya ingin menyampaikan
    bahwa sangat disayangkan bila Website yang luar biasa ini
    dijadikan biasa-biasa saja
    Website ini bukan ajang kita saling memojokkan dan menyudutkan
    saling menghina dan mengejek
    merasa diri paling benar
    Ayah saya pernah berkata
    “Kelemahan orang Nias adalah terlalu KERAS KEPALA dan tidak mau menerima saran orang lain”
    Saya sudah buktikan bahwa ternyata itu benar,
    Kita orang Nias jangan merasa paling Hebat
    sebab kita hanyalah secuil debu diantara taburan pasir di pantai Nias yang indah
    Mari kita mulai belajar untuk rendah hati dan lebih dewasa

    Apa yang saya lihat dalam Forum ini kebanyakan hanyalah celotehan anak kecil yan tidak tahu apa-apa

    Gunakanlah Forum ini sebagai ajang diskusi dintara kita orang Nias

    Kalau ada yang mau berdiskusi dengan saya silahkan kirim e-mail ke Cre_aK@plasa.com

    Tapi mohom maaf sebab saya hanyalah secuil debu yang belum tahu banyak dan belum berpengalaman, maka bagilah pengalaman anda kepada saya agar saya dapat menjadi lebih bijak,

    Ya’ahowu

  40. Kita jagokan bpk Abisaloni Gulo sebagai ketua DPRD Nias Barat
    Kita jagokan bpk Eben Hia sebagai wakil bupati Nias Barat
    Kita jagokan bpk Ranto Gulo sebagai bupati Nias Barat

    Yang lainnya —— Wait & See

  41. PERJUANGAN YANG TIDAK KELIHATAN, NAMUN NYATA BAGI ORANG PERCYA

    Oleh, Lattreiyan Alo’oa Hia
    Untuk Masyarakat Nias Barat.

    Mengukur orang atau mengukur sebuah keadaan dari yang kelihatan paling gampang, pada hal dari yang tidak kelihatan menopang kuat semua yang kelihatan atau dapat dikatakan; Sesuatu yang tidak terlihat itu akan melampaui semua aspek. Jadi orang yang kuat adalah orang yang topangannya tidak kelihatan kuat.

    Seringkali kita mengukur orang itu sukses dari yang kelihatan, misalnya: Orang sukses diukur dari berapa banyak perusahaannya atau jabatannya, Orang baik diukur dari seberapa banyak dia memberikan sumbangan atau sedekah, Orang pintar diukur dari berapa panjang gelarnya dan anehnya orang yang pintar itu semua didikan perguruan tinggi terkemuka didunia, mereka bicara seperti malaikat, suci, bersih dan penolong tapi praktinya jauh dari ucapannya, atau orang saleh diukur dari aktifnya kegereja dan berapa banyak kegiatan rohani yang dia ikuti!! akan tetapi kita tidak sadar bahwa ” KEJAHATAN PALING JAHAT SEBENARNYA BUKAN DIBIDANG POLITIK TETAPI DIBIDANG KEAGAMAAN KARENA MANUSIA BERSEMBUNYI DIBALIK TUHAN” Bagi teman-teman yang sering menghujat orang dengan mengutip firman Tuhan, Bertobatlah!

    Mengukur orang dalam sudut pandang fisik dan kebendaan itu paling gampang akan tetapi ternyata ada beberapa hal yang harus kita sungguh-sungguh fokuskan dalam mengukur hal-hal yang tidak kelihatan sebab yang tidak kelihatan itu memiliki esensi yang sangat kuat. Contoh yang tidak kelihatan: Karakter, Kasih, Iman dan Pengharapan, inilah yang harus sungguh-sungguh kita fokuskan dalam perjuangan pemekaran ini, orang yang hidup sungguh-sungguh membangun yang tidak kelihatan, dia akan tetap kokoh ditengah semua kegoncangan apapun yang terjadi.

    Oleh sebab itu, orang yang tidak membangun pikirannya secara kuat maka semua apresiasi dan aplikasinya pun tidak akan kuat dalam kehidupannya. Kalau kita menabur pikiran menuai perbuatan, menabur perbuatan menuai kebiasaan, menabur kebiasaan menuai karakter, menabur karakter menuai masa depan, oleh karena itu perjuangan pemekaran Nias Barat harus fokus dan murni dan jangan mau kita diintimidasi oleh siapa pun.

    Kalau orang membangun tanggung jawab dengan kuat, maka hidupnya akan berbuah kematangan dengan luar biasa, kalau orang membangun kesetiaan dengan kuat, maka hidupnya akan berbuah kepercayaan yang begitu besar, kalau orang membangun integritas dengan kuat, maka hidupnya akan membuahkan kewibawaan karena kewibawaan itu tidak datang karena seseorang mempunyai kumis tebal, tetapi kewibawaan itu karena integritas, sekalipun orang itu penampilannya polos tetapi integritasnya kuat maka orang tersebut akan memiliki wibawa. inilah nasehat mazmur untuk saudaraku Panitia BPP KNB dan masyarakat Nias Barat.

    TIGA CARA TUHAN BEKERJA LEWAT PEMEKARAN

    1. Lewat Insting atau Naluri

    Seorang ibu secara naluri, dia pasti membesarkan anaknya. Tetapi yang menjadi berbahaya apabila seorang ibu berani membunuh bayinya atau menjual bayinya. Maka ketika kita mematikan insting perjuangan pemekaran itu, maka apa yang akan terjadi? biarlah kita menjawabnya dalam hati.

    2. Lewwat Intelek atau Nalar

    Tuhan menghidupkan rasio kita atau nalar untuk mengerti akan kebenaran, itulah sebabnya otak kita harus digali sekuat mungkin, supaya jangan menjadi orang nias yang bodoh karena orang bodoh akan dibodohi oleh zaman yang semakin rusak tetapi orang nias yang pintar tidak mudah dibadohi, Maksudnya: Panitia BPP KNB harus pintar-pintar memanfaatkan kesempatan, lobinya bagaimana?, trik-triknya bagaimana?. Saya rasa Panitia lebih tau akan hal itu dan sampai sekarang penulis berkeyakinan akan kemampuan mereka semua, kita doain sajalah.

    3. Lewat Intuisi atau Nurani

    Tuhan berbicara lewat hati nurani kita. Hati nurani bukan suara Tuhan akan tetapi Tuhan memakai suara hati nurani untuk menegur kita. Maksudnya: Panitia BPP KNB harus terbuka dan mau menerima masukan dari pihak manapun, baik itu berupa saran maupun kritikan sekalipun. NIWAO BAKHODA OYA ZONDA BADAO TESONDA ZATULO. Dan pengamatan penulis panitia sudah mulai menyadari itu, bangun terus rekonsiliasi.

    YANG MENJADI PENGHALANG PEMEKARAN

    Namun disamping itu ada 3 (tiga) hal yang dapat menjadi duri penghalang pemekaran Nias Barat dan inilah yang harus kita waspadai dan hindari, yaitu:

    1. Kebimbangan

    Ketidak percayaan mungkin adalah rintangan yang paling besar. Ada orang yang tidak menerima karena tidak meminta, Orang lain tidak menerima karena bimbang, seperti Tuhan katakan “Hai orang yang kuran percaya, mengapa engkau bimbang?” baca Matius 21:21, dan bagaimana dengan saudara dan saya apakah kita masih bimbang?

    2. Egoisme_ akar segala kejahatan

    Betapa egoistisnya kita, dan betapa ragunya kita untuk merelakan sesuatu kepada orang lain karena kita juga sangat mengingininya. Bukah kah kerja sama perjuangan itu baik?

    3. Buta kasih

    Apakah kita berani mengasihi orang yang memusuhi kita? dan berdoa bagi mereka yang menganiaya dan menjelek2an nama baik kita di situs ini? Apakah kita mau duduk semeja dengan orang yang berseberangan politik dengan kita? Biarlah masyarakat nias barat yang akan menjawabnya. (dan bagi saudaraku yang sedang bertikai, kini saatnya berdamailah).

    Oleh karena itu, kepada saudaraku Panitia BPP KNB, Team Fasilitasi Pemekaran Nias, PNB, Para Tokoh Nias Barat dan siapapun kita, Marilah kita saling bergandengan tangan untuk mewujudkan pemekaran nias barat demi kemajuan kita bersama, inilah tangisan dan harapan kami sebagai generasi penerus nias barat. Dan kepada para tokoh kami tolonglah posisikan dirimu sebagai tokoh yang dapat kami teladani dimasa akan datang, jangan ikut-ikutan memperkeruh situasi tetapi berilah kami contoh, arahan yang baik, tulus dan ikhlas. Diakhir kata saya menghimbau dan mengajak saudara nias barat untuk tetap bersatu dan jangan pernah ragu lagi, perjuangan kita tinggal selangkah lagi, Maju terus. Bravo Nias Barat.

    by. Lattreiyan Alo’oa Hia
    Villa Tangerang Elok
    Jl. Akasia IV Blok B22/11A
    Pasar Kemis-Tangerang
    Phone. 0815 33 92 711 / 021 990 19 777

  42. Semoga sukses buat para pejuang Nias Barat.
    Ingat: Orang yang disebut pejuang itu melakukan sesuatu bukan buat diri sendiri, tapi untuk orang lain, khususnya masyarakat di Nias Barat.

    Tuhan memberkati

    Ya’ahowu

  43. Ya’ahowu fefu,
    Sebelumnya, di web NWC ini masih “lebih bersih” dari NIC yang lebih sering kita baca caci-maki sesama ono niha, sehingga saya lebih sering mengujungi NCW ini dari pada NIC. Tetapi sekarang, sama saja…. Kalimat saling hujat, saling maki, saling menjatuhkan…muncul juga bahkan hampir di setiap forum. Apa yang mau kita tunjukan? Kehebatan? Ke-intelektual-an kita? Tidak..! Yg kita tunjukan adalah “kebobrokan mental”.

    Hanya sekedar mengingatkan (karena semua yg nimbrung di forum ini adalah orang2 yang berpendidikan bahkan mungkin calon pemimpin yang intelek, berawawasan luas), kiranya kita bertutur kata (setidaknya dalam web ini karena bisa dilihat oleh siapa saja diseluruh dunia)menggambarkan ono niha yang berbudaya……!

    Mohon ma’af, saya bukanlah menasehati, tetapi hanya sekedar mengingatkan orang2 yang sesungguhnya berbudaya luhur….
    Ya’ahowu, maju terus ono niha….!

    Salam,
    PD-Jambi

  44. YA’AHOWU FEFU….

    hmm….menurut hemat saya, terlalu dini untuk membicarakan CABU & WACABU utk Nias Barat..why?
    karena, lebih baik membangun rumah gubuk tapi kenyataan daripada membangun rumah mewah hanya di angan-angan…Maksudnya,kembangkan dulu yang sudah ada bung, seperti SDM & SDA nya….Tunjukin bahwa Nisbar tuh punya potensi….bkn sibuk menentukan Cabu & Wacabu.
    Sebenarnya sih emank perlu.Kita memang butuh pimpinan yg cukup bijaksana.SEDIKIT BICARA tapi BANYAK BERBUAT (+)..

    Tapi yg jelas Apapun Saran dan Kritik yg membangun utk kemajuan Nias Barat kita, WAJIB kita dukung..

    Yang mampu sebenarnya cukup banyak..Saya juga mampu kok….he2x…;-)

    data oya’ö wangandrö wö’i..Ena’ö i fahowu’ö ita Fefu Yesu Keriso…

  45. Ytk. Adik Dina Gulõ (0813 9669 8191)
    di
    Medan

    Tumben adik Dina Gulõ tiba2 nongol di website ini? Apakah Papi telah kembali dari Pulau Nias dalam rangka pelayanan rohani?

    Kalau tadi adik Dina nanya ke ga’a via sms, maka yang kelola website ini adalah KETUM Pilar Nias Barat Bp. Mustika Ranto Gulõ (Ama Maya Gulõ) dkk. Papinya Dina kenal banget dengan orangnya yang guanteng asal NisBar juga versi Hong Kong he…8x.

    Udahan dulu, khan ga’a telah balas di website ini. Lebih baik via handphone saja jika adik Dina ingin berkomunikasi dengan ga’a, okay?

    Shalom,
    Ga’a ANG
    081514248880

  46. Untuk Bang kris,mohon bantuan untuk bagi pemula seperti saya buat website.
    kapan dunk’S????
    I wait your reply…!!!

  47. Siapa pun yang akan menjadi pejabat nias barat saya berharap orang-orang yang berkompeten. Tentunya kehidupan masyarakat nias barat akan semakin maju dalam segala sektor.

    SUKSES….!!!

  48. Berusahalah mengembangkan sikap peduli. Peduli terhadap orang lain, apa yang mereka rasakan, bagaimana mereka berpikir, bagaimana mereka melihat dunia. Apakah harapan, ketakutan dan impian mereka? Apakah aspirasi mereka? Rintangan apa yang mereka hadapi dalam hidup? Jika anda ingin orang bekerjasama dengan anda, menyukai anda, dan terbuka kepada anda, anda harus benar-benar tertarik kepada mereka. Daripada memfokuskan perhatian hanya pada kepentingan anda, mulailah memfokuskan perhatian kepada orang lain. Perhatikan apa yang membuat mereka BAHAGIA atau TIDAK BAHAGIA.

  49. saya pendatang baru di kolom ini, saya iraono side-ide todo dari kec. Moro’o (Kec. Baru) saya senang dan bangga kepada abang-abang saya yang memikirkan bagaimana nias barat bisa maju dan berkembang. waktu deklarasi Nias barat saya cukup senang mendengarkan komentar dari setiap yang memberikan pemikirannya terhadap nias. menurut saya untuk menjadikan nias barat menjadi satu kabupaten kita harus : bersatu, tidak mengejar jabatan, hilangkan rasa kebencian, tetapi kita bergandeng tangan untuk memajukan nias barat di bidang pendidikan, ekonomi, dan mengembangkan kebudayaan serta daerah wisata yang ada. setelah saya melihat kecamatan-kecamatan yang ada di lingkungan kanisbar ada sekitar 8 kec. tetapi masih ada kec. yang belum mempunyai fasilitas dan kelengkapan pegawai kantornya, ini bukan pesimis tetapi ini adalah tantangan bagi kita semua khususnya kita putra-putri dari kanisbar untuk memikirkan dan bertindak apa yang harus kita lakukan. mari kita ambil bagian kita dalam memperjuangkan daerah kita, jangan banyak kritik tetapi tidak membangun. bagi abang-abang sebagai sebagi tokoh pejuang kanisbar ingat bahwa perjuangan tidaklah mudah. khususnya untuk abang MRG maju terus…..!! walau banyak tantangan tetapi lewat itu semua kita membenahi diri sambil memberikan teladan yang baik karena keteladanan seorang pemimpin sangat berpengaruh kepada orang benyak. lebih berharga satu teladan daripada 1000 nasihat yang tidak dilakukan. ANDALKAN TUHAN DALAM SEGALA APAPUN YANG KITA LAKUKAN
    HIDUP KANISBAR, MASYARAKAT AECHULA MENANTIMU………….!!!!!!

  50. Salom Abang Ranto (Ama Maya Gulo)di jakarta.
    MATI PUN JADI, itulah isi hati kami, ketika habis pertemuan di Rumah Abang Angandrowa, sampai kepada kami, sekalipun kami tidak ikut namun tak masalah. Hidup Nias Barat, ….intinya “Kalau masih berkenan saya setuju apa yang disampaikan abang Ama Rio (Pekan Baru) bukan karena dia abang saya”.
    Segera konsolidasi dengan abang ama klara dan Pilar tetap existensi, saya sarankan juga jangan sampai loyo, selagi begini majulah. PILAR NANTINYA HARUS INDEPENDEN, saya setuju, foto abang dengan abang Ama Rini, dengan Tuagu Ama Januari Gulo, menunjukkan suatu kekompakkan yang luar biasa.
    Jangan pernah mau tersinggung dengan makian orang luar maupun orang dalam organisasi. Ingat anda hamba Tuhan dan harapan kita semua. Tulus……tulus…………tulus…………amin.

  51. YTH : Mr.MUSTIKA RANTO GULO.
    SELANGKAH PERJUANGAN TELAH SEMAKIN KOKOH, PILAR NIAS BARAT YANG DITEGAKKAN AGAR TERUS DIKIBARKAN, SELURUH MASYARAKAT NIAS MENANTIKAN KANISBAR DIRESMIKAN, TUHAN YESUS MEMBERKATI.
    LANGKAH-LANGKAH USULAN ADALAH :
    1.AGAR DRAFT ACC DPRD-SU OLEH GUBSU TERUS DIPANTAU OLEH ANGGOTA PARLEMEN MR.ALUIZISOKHI FAU, MR.DODI ZAMAN GOMO MENDROA DAN 2 LAGI, SELANJUTNYA KOMUNIKASI MR.IDEALISMAN DACHI, MR.FIRMAN JAYA DAELI, ARISMAN ZAGOTO DAN ANGGOTA PARLEMEN LAINNYA DI JAKARTA TERUS DI BANGUN KOMINIKASINYA RUTIN.
    2.PROFIL NIAS BARAT AGAR DISIAPKAN MELIPUTI 4 PERSYARATAN DASAR PEMBENTUKAN KANISBAR.
    3.AGAR DIFASILITASI OLEH MR.MA’ATOSOKHI ZENDRATO, PERTEMUAN BUPATI NIAS SERTA BUPATI NISEL TENTANG BATAS BATAS WILAYAH SESUAI DENGAN USUL PETA YANG ANDA TELAH BUAT.
    4.BAGI ANDA ANDA YANG PESIMIS TENTANG PEMBENTUKAN NIAS BARAT, COBA RENUNGKAN BERAPA TAHUN LAGI ANAK CUCU KITA HARUS JALAN KAKI ATAU NAIK OJEK DARI GUNUNG SITOLI KE MANDREHE, TANPA ADA DANA YANG MEMBANTU UNTUK PEMBUATAN JALAN.
    4.MARI KITA MELUPAKAN SEGALA DENDAM ATAU KEBENCIAN YANG TANPA ALASAN, BIARLAH ANAK CUCU KITA SENANG MESKI AIR MATA DARAH, KERINGAT DAN TUBUH KITA HANCUR UNHTUK PEMBENTUKAN KANISBAR INI
    5.SIAPAPUN PEMIMPIN SERTA MUSPIDA KANISBAR KELAK, BIARLAH KARMA YANG AKAN MENGHANCURKANNYA JIKA DISIA-SIAKAN HASIL PERJUANGAN BERSAMA INI.
    5.YA’AGA IRAONO SI HINO DOLA, YAITA ONO NIHA GAEKHULA FEFU DANA NIFOTOI NONO NIHA, BOI AILA ITA KHO ETHNIS TANO BO’O, YA’AHOWU SELAMAT BERJUANG.

  52. Ya’ahowu..!!!

    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri sebagai seorang pendatang baru sebagai mana pepatah mengatakan “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG”.

    Nama : Erwin Marundruri, ST
    Tempat Lahir : Hinako, Sirombu.

    Saya senang dan bangga ternyata ono niha khususnya dari “AECHULA” punya ide-ide yang bagus dalam membangun dan memajukan daerahnya khususnya dalam hal ini pemekaran kabupaten Nias Barat. Saya prihatin membaca beberapa saran dan tanggapan yang menurut saya kurang etis dimana masih menganggap dirinya dan kroni-kroninya merasa yang benar sehingga yang lain kurang baik.

    Saya sedikit memberi komentar tentang : “ARTI SEBUAH PERJUANGAN”
    yang digambarkan dalam sebuah cerita sbb:
    Dua orang lelaki datang bertamu ke rumah seorang bijak. Mereka melihat si orang bijak sedang bekerja keras. Ia mengangkut air dalam ember kemudian menyikat lantai rumahnya. Keringatnya bercucuran dengan deras. Menyaksikan keganjilan ini salah seorang dari lelaki ini bertanya, “Apakah engkau lakukan hai, orang bijak?”

    Orang bijak menjawab, “Tadi aku kedatangan serombongan tamu yang meminta nasihat kepadaku. Aku memberikan banyak nasihat yang bermanfaat bagi mereka. Merekapun tampak puas dan bahagia mendengar semua perkataanku. Namun setelah mereka pulang tiba-tiba aku merasa menjadi orang yang hebat. Kesombonganku mulai bermunculan. Karena itu, aku melakukan pekerjaan ini untuk membunuh perasaan sombongku itu.”

    Pembaca yang budiman, sombong adalah penyakit yang sering menghinggapi kita semua yang benih-benihnya sering muncul tanpa kita sadari. Ditingkat terbawah, sombong sering disebabkan oleh karena faktor materi. Kita merasa lebih kaya, lebih cantik dan lebih terhormat daripada orang lain.

    Di tingkat kedua, sombong sering disebabkan oleh faktor kecerdasan. Kita merasa lebih pintar, lebih kompeten, lebih bijaksana dan lebih berwawasan dibandingkan dengan orang lain.

    Di tingkat ketiga, sombong sering disebabkan oleh faktor kebaikan. Kita sering menganggap diri kita lebih berakhlak, lebih pemurah dan lebih tulus dibandingkan dengan orang lain.

    Yang lebih menarik adalah semakin tinggi tingkat kesombongan ini,semakin sulit kita mendeteksinya. Sombong karena materi akan sangat mudah terlihat tetapi sombong karena pengetahuan, apalagi karena kebaikan sulit terdeteksi hanya hanya berbentuk benih-benih yang halus didalam diri/ hati kita.

    Akar dari kesombongan adalah ego yang berlebihan dan tidak pada tempatnya. Pada tataran yang wajar ego menampilkan dirinya dalam bentuk harga diri (self-esteem) dan kepercayaan diri (self confidence). Namun, begitu kedua hal ini berubah menjadi kebanggaan (pride), Anda sudah berada sangat dekat dengan kesombongan bahkan, seringkali batas antara bangga dan sombong tidak terlalu jauh.

    Perjalanan hidup sering membawa kita ke kutub ego. Perjalanan inilah yang memperkenalkan kita kepada kesombongan, kerakusan serta iri dan dengki. Ketiga sifat ini adalah akar segala permasalahan yang sering terjadi dalam sejarah umat manusia.

    Perjuangan melawan kesombongan sebenarnya adalah perjuangan menarik diri kita ke kutub diri sejati. Untuk itu dibutuhkan suatu paradigma baru yang pertama, Anda perlu menyadari bahwa hakekat manusia adalah diri sejati, kita bukanlah makhluk fisik tetapi makhluk spiritual. Yang kedua, Anda perlu menyadari bahwa apapun perbuatan baik yang anda lakukan, semuanya itu semata-mata adalah untuk diri anda sendiri. Anda menolong orang untuk kebaikan Anda sendiri. Anda memberikan sesuatu untuk orang lain adalah untuk diri Anda sendiri.

    Dalam hidup ini berlaku hukum “kekekalan energi” : Energi yang anda berikan kepada dunia tak akan pernah hilang. Energi itu akan kembali kepada Anda dalam bentuk yang lain. Kebaikan yang Anda lakukan pasti akan kembali kepada Anda dalam bentuk persahabatan, cinta kasih, perasaan bermakna maupun kepuasan bathin yang mendalam. Jadi, setiap berbuat baik pada orang lain, kita sebenarnya sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri. Kalau begitu apalagi yang perlu di sombongkan ???

    Perjalanan menuju kepemimpinan senantiasa dimulai dengan mengalahkan ego dan kesombongan. Dalam hal ini ujian yang harus dilalui adalah bagaimana mewujudkan Nias Barat menjadi kenyataan dan bukan hanya angan-angan atau rencana. Para “reformis” yang mengklaim dirinya layak menjadi pejabat kelak hanya tercipta apabila ia mampu mengalahkan egonya. Tanpa mengalahkan ego ini, mustahil mereka bisa menang. Kalau ini terjadi, jangan-jangan daerah Nias Barat akan dipimpin oleh orang-orang yang tidak punya amanah dan hanya mementingkan dirinya sendiri.

    Semoga perjuangan membentuk Nias Barat benar-benar menjadi kenyataan. Maju terus dan pantang mundur….Merdeka…!!!

    Tuhan memberkati.

    Erwin Marundruri, ST
    email : chepa_pk07@yahoo.com

  53. Yaa’howu !! Sebelumnya saya mohon maaf bila ada ketersinggungan diantara kita semua. Saya adalah pendatang baru dalam forum ini maka dari itu perkenankanlah kami untuk memperkenalkan diri.

    Nama : Erwin Marundruri, ST
    Tempat Lahir : Hinako

    Kami sedikit banyak mendengar tentang adanya pemekaran Nias Barat ini dan itu sah-sah saja mengingat karena semakin banyaknya popularitas penduduk khususnya di Nias Barat dan sudah sepantasnya untuk dimekarkan.

    Yang perlu diperhatikan dan diingat : Bukan siapa yang akan menjadi pemimpin (Pejabat-pejabatnya : Bupati s.d Kades dan bahkan ketua RT/RW nya)yang dibahas tetapi mau tidaknya penduduknya khususnya yang tinggal di Nias Barat menerima usulan pemekaran ini. (Perlu adanya Polling khusus ke Desa-desa disetiap Kecamatan yang akan dimekarkan) karena seorang pemimpin hanya dapat bekerja dengan baik apabila anggota-anggota yang dipimpinnya mau menerima dan mendukung dia sebagai pemimpin mereka.

    Semua akan berjalan dengan baik dan lancar apabila setiap pribadi masing-masing yang mengaku dirinya dari Nias Barat benar-benar dan sungguh-sungguh ingin membangun kampung halamannya sendiri dan menyadari akan apa yang dapat kulakukan untuk kampung halamanku bukan gontok-gontokan atau sirik-sirikan akan perkembangan orang lain.

    Mari kita belajar dari pendahulu-pendahulu kita karena seorang disebut “Pejuang / Pahlawan” hanya apabila ia rela berkorban untuk kepentingan dan perjuangan orang banyak (anak cucunya kelak).

    Harapan saya mari dukung semua rencana untuk mewujudkan Nias Barat bukan hanya mimpi dan angan-angan tetapi menjadi sebuah kenyataan dan hindarilah segala sifat cela yang dapat menjatuhkan harta dan martabat orang lain.

    Ingat : “Lidi” tidak akan dapat memalukan fungsinya sebagai sapu apabila hanya sebatang tetapi dengan bersatunya lidi-lidi itu maka ia akan semakin kuat dan sulit untuk dipatahkan sehingga demikian ia dapat melaksanakan fungsinya sebagai “Sapu”

    Sukses untuk para pejuang…..!!!! Tuhan memberkati…!!!

    Terima kasih
    Ya’ahowu

    Erwin Marundruri, ST

  54. Saya senang sekali membaca berita-berita yang dimuat di website nias barat.
    Kita harus maju dan pantang mundur dan kita harus punya komitmen unuk memajukan Nias Barat pada khususnya dan Pulau Nias pada umumnya.
    Kita diperantauan untuk sekolah dan kerja tapi jangan kita lupa setelah sukses untuk kembali membangun Nias Barat, bukan membangun daerah orang lain.
    Biarpun istilahnya makan tahu tempe di daerah orang lain alias ikat perut dan semua hasil yang kita dapatkan harus kita bawa ke Nias Barat dan bangun daerah sendiri.
    Harapan saya kepada teman-teman Nias Barat yang punya wawasan dan relasi luas baik dalam maupun luar negeri, sudah saatnya mencari investor-investor yang mau bangun daerah kita Nias Barat, seperti layaknya daerah lain yang daerahnya telah membuka banyak lapangan kerja untuk putra daerahnya sendiri. Dapatkah kita Daerah Nias Barat seperti daerah lain?
    Saya yakin dan percaya asal kita bersatu dan punya komitmen Nias Barat layaknya seperti daerah-daerah lain yang sudah maju.

    Terima kasih
    Yaahowu.

    Fatimano Daeli
    Email : fatimano_daeli@yahoo.co.id; fatimano.esc@grdsteel.com

  55. saya sudah lama tidak pulang melihat daerah saya p.telo, di karenakan saya seorang karyawan sehingga waktu untuk pulang sangat terbatas. karena saya sangat jarang pulang maka informasi yang saya dapatkan mengenai perkembangan NIAS sangat sedikit. baru saat ini saya berkesempatan mengunjungi situs ini. pendapat saya NIAS itu adalah sebuah tatanan kepulauan dan pulau-pulau nya tidak terlalu banyak, kenapa kita memisah-misahkan diri. nias sudah terbagi menjadi kabupaten NIAS vs NIAS SELATAN sekarang adalagi NIAS BARAT. apakah masyarakat kita sudah siap dengan keadaan seperti ini…? apakah hanya ingin mengejar kepentingan ekonomi daerah saja …? menurut saya lebih baik NIAS itu satu, sehingga bisa lebih kuat baik dalam hal ekonomi dan budaya. yang saya takut kan kita akan terkotak – kotak hanya karena berbeda kabupaten. di pulau jawa ada nama nya pulau seribu, dimana pulau nya sangat banyak tetapi mereka tidak meribut kan pembentukan kabupaten terus.

  56. Hallo Nias Barat…Anda Luar Biasa ! Aku bangga
    jadi warga Gaechula…Teruskanlah perjuanganmu
    Siapapun Bupatinya & Wakilnya aku tetap dukung
    yang penting mengerti apa yang harus dilakukan
    dan memahami aspirasi seluruh warga NisBar.
    Apa sudah ditentukan dimana Ibu Kotanya
    Nias Barat ? apa saya ketinggalan berita.

  57. Saya ingin menyampaikan pertanyaan kepada orang Nias khususnya Nias Barat. Tapi saya kurang tau dimana rubrik untuk menyampaikan informasi dan pertanyaan?

    Pertanyaannya adl: “Sudah adakah Bank di Nias Barat? Kalau sudah dimana dan Bank apa? Kalau belum adakah upaya pejuang Nias Barat ke depan untuk menginspirasikannya?”

    Terima kasih

  58. wah..!seru komentar yang ada di forum ini, cuma agak disayangkan karena ada oknum yang saling memojokkan dan menganggap diri paling hebat. Saran saya, tolong kalau menulis komentar janganlah saling memojokkan satu sama lain karena kita malu kalau ada orang lain dari luar daerah kita yang membaca komentar di forum ini. Tujuan utama kita adalah memperjuangkan terbentuknya kabupaten nias barat bukan saling memojokkan, agar kita warga nias barat tidak terpecah yang akan berakibat buruk pada perjuangan kita. Dalam memimpin nias barat ke depan, yang harus diperhatikan adalah kemampuan seorang pemimpin dalam mengambil kebijakan yang pro rakyat dan mampu melaksanakan kebijakan tersebut dengan baik. Selain itu, juga harus mampu melihat potensi yang ada di Nias Barat dan mampu memaksimalkan pengelolaan potensi yang ada dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat nias barat.

    Elman Zai
    email: sisobaholi@yahoo.co.id

  59. Yth MADOFAYE

    Dari cerita diatas sepertinya anda mau menantang,kasihan sekali kamu…jelas ada orang-orang kami yang duduk dikepanitiaan malam dana di hotel kartika candra…dan ada orang kami yang tau betul kemana uang itu dipake…dan kenapa uang tersebut same tertahan lama, kami punya data yang akurat????…kamu ini kasihan sekali…kami sudah tau semuanya karena ada orang kami yang duduk dikepanitiaan…kalau anda mau bukti-bukti…kami punya sangat lengkap dan bisa dipertanggungjawkan….tapi bukan disini tempatnya, sampaikan kepada tuan anda supaya segera menggelar rapat utk mendengar pertanggungjawaban laporan keuangan panitia malam dana, saya akan hadir di acara itu…dan saya pastikan anda akan puas….

    Kasihan sekali anda ini….saya mau tanya….apakah pemenang lelang (juara I) sudah bayar belum….????dan hadiahnya berupa rumah adat Nias sudah dikasih belum????he kawa cara-caramo lebaga…saya lanjutkan lagi ya….suadara YN sudah bayar belum??bagaiman dengan FJ sudah bayar belum….pasti belum karena FJ itu pengangguran, dia cuma ambil nama doang supaya dikatakan hebat tapi faktanya nga pernah bayar… kasihan sekali kamu…kamu perkeruh keaadan…..bertobat lah

    Buat pak AJP kami ada dibelakangmu

    sinema maruwu

  60. Salam Pak,

    kalau begitu bisa diatur perteuan kita sebab memang sangat urgent dan jika ada peluang, maka semua website lainnya juga kita hidupkan.

    Salam sukses

    bisa hub mgulo@yahoo.com, saya sdh bicara ke beliau.
    thx

    ABL

  61. Yaahowu fefu,
    Dari Pengalaman hidup saya, bahwa faktor utama dalam kesuksesan adalah “MENGUTAMAKAN TUHAN DALAM HIDUP INI”. Jangan sampai perjuangan kita mengandalkan kemampuan diri sendiri atau karena kemampuan secara teknik atau skill yang hebat yang kita miliki. Kemampuan kita sangatlah terbatas, tidak perlu kita membesarkan hati kita dengan mengatakan kita sudah bagus. Lalu, gagal dan akhirnya kita sakit hati dan brantam satu dengan yang lain.
    Ya’ahowu Banuada,
    Usulan untuk berdoa by SMS yang beredar minggu lalu, suatu respon yang baik sekali bagi kita semua. Itu pertanda yang sangat jitu yang dilakukan PILAR, artinya janganlah kita takuti PILAR itu sebagai suatu organisasi yang arogan untuk melengserkan seseorang.

    Sudah kita tahu semua kondisi yang sebenarnya, sudahlah…. jangan putus asa, kita kerjakan semua bagian kita masing-masing.

    BERDOA, itu kata terkhir dari saya, sesuai pengalaman saya “DALAM HIDUP HANYA TUHAN NOMOR SATU, UTAMAKAN TUHAN!”. Mari nikmati berkatnya. Amin

    Moderator

  62. Silakan maju terus, berjuang mewujudkan NIAS yang maju dan BERWIBAWA
    Perjuangan adalah pengorbanan, pengorbanan artinya terkorban…

    Salam Sejahtera bagi yang mendapat petunjuk menuju jalan kebenaran…

    Special thanks to Bapak Ir. Mustika Ranto Gulo, semoga tetap ikhlas berjuang…

  63. Wah terima kasih banget pak Kris J.Mendrofa, Bapak perhatian banget mengenai Nias ya.

    Kedua web http://www.niasbarat.org dan http://www.pilarnias.com emang BKO (bawah kendali operasi) teman-teman kita semua, malah ada lagi http://www.onkp.org juga BKO teman-teman semua….hehehe

    Namun masalahnya di materi sama kwantitas SDM yang masih pas-pasan serta tetap mefokuskan/prioritaskan di http://www.niasbarat.wordpress.com yang sudah dijadikan http://www.niasbarat.com. cuman masih tetap saja ngelink di wordpress…hehehe, gak mau dia lepasin wordpressnya pak.

    Ke depan kita harapkan semua web tersebut akan full online, tolong dibantu ya pak ? Kebetulan saja banyak teman-teman yang ada blessing sehingga dibooking nama-nama web tersebut.

    Sekali lagi terima kasih
    Tuhan memberkati dan sukses selalu.

    Redaksi

  64. Ya`ahowu,

    Buat moderator website ini, sebelumnya saya minta maaf karena agak keluar dari topik diatas.

    Apakah website http://www.niasbarat.org dan http://www.pilarnias.com punya Pilar Nias Barat (NiasBarat.WordPress.Com)juga?

    Kedua website diatas (www.niasbarat.org dan http://www.pilarnias.com) saya lihat masih belum ada isinya, kan lebih bagus menggunakan alamat website itu dibanding dengan alamat sekarang.

    Kalau saya boleh kasih saran, moderator bisa memakai software yang disediakan WordPress dan meng-uploadnya, setingannya sangat gampang dan cepat kok.

    Sebagai perbandingan, website http://www.niaspost.com, http://www.niasonline.net dan juga website pribadi saya yang beralamat di http://www.krismendrofa.com memakai jasa software yang disediakan wordpress ini.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Ya`ahowu

    Kris J. Mendrofa
    http://www.KrisMendrofa.com

  65. Salam kenal untuk warga NIAS, khususnya NIAS BARAT. Saya adalah mahasiswa semester 6 Jurusan Kimia S-1 FMIPA Universitas Andalas Padang. Asal dari Sirombu. Pendidikan terakhir di Nias : SMUN 3 Plus Ya’ahowu Nias. Saya ingin berdiskusi banyak tentang NIAS…Demi kemajuan tentunya…Silakan kirim surat via e-mail julhasratman@yahoo.co.uk

  66. Salam Yunieli Gulo
    Semoga Sukses dan terima kasih mampir di forum kita ini selamat berjuang. Tinggal di mana ? besok kita ada pertemuan di Kadin Jakarta pusat jam enam sekalian berkenalan dng teman-teman dari nias barat.

    salam
    Hub 021 5885 1905
    email mgulo@yahoo.com

  67. Nama: YUNIELI GULO
    TEMPAT/TGL LAHIR: HAYO, 21 nOVEMBER 1979
    KECAMATAN : MANDEREHE
    DESA :HAYO
    SAYA MAU DIBAHAS TENTANG KEHIDUPAN KEROHANIAN ORANG NIAS, KARENA INI SANGAT PENTING BAGAIMANA ORANG NIAS PUNYA KESADARAN UNTUK MEMBANGUN DAERAHNYA SENDIRI

  68. Yaahowu
    Berbicara mengenai pemekaran kabupaten banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Untuk pemekaran kabupaten Nias barat, maka harus kita pertimbangkan apakah dari segi SDM dan SDA kita sudah siap apa belum? Saya melihat dari komentar sebelumnya maka sudah banyak yang mengusulkan siapa yang bakal jadi calon bupati dan wakil bupati. Tapi mari kita lihat sudah sejauhmana kita orang Nias benar-benar dari dalam hati ingin membanun Nias sepenuhnya (atau jangan2x kita hanya memikirkan diri kita sendiri.
    Kalau kita perhatikan Nias barat dari segi sumber daya alamnya, apakah yang busa diandalkan, masalahnya karakter orang nias itu masih banyak yang lasih belim bisa memanfaatkan alam yang ada dengan baik, akibat pendidikan di Nias yang masih kurang.
    oleh karena itu mari kita berpikir bersama-sama sehingga kita bisa mengambil keputusan yang benar.
    Yaahowu!

  69. Selamat siang Semuanya….
    Saya sebenarnya tidak terlalu “hobby” untuk berkomentar dengan nuansa yang kurang damai. Bukan karena saya orang pendamai, tetapi cukuplah segala penderitaan yang menimpa Bangsa ini dan Nias pada khususnya yang menambah kepiluan hati. Jangan lagi untuk hal-hal yang sangat sepele, melalui “keahlian” orang2 tertentu menggunakan internet, dengan membabi-buat tanpa kendala menyerang sesama…. Apa unttungnya…? Mungkin sesunggunya kehidupan saudara/i sehari2 tidak lah demikian…mungkin anda adalah kebanggaan keluarha….. tetapi anda menodai diri anda sendiri dan juga hanya menambah beban (bertengkar itu kan menjadi beban lho..) dan bisa memberi kesan hanya memaparkan siapa diri anda dan apa isinya.

    Oleh sebab itu, stop… Hampir semua ono niha punya potensi untuk maju dan lebih baik. Banyak buktinya koq…asal kita mau berubah menjadi lebih baik.

    Di tempat saya kerja, ono niha banyak yang dipercaya di Departement/bagian penting koq, seperti IT, HR, Logistic dan puji Tuhan, sampai saat ini dedikasi mereka diakui perusahaan.

    Saya juga bukan seseorang yang perfect, saya juga tidak dari lingkungan keluarga yg sangat-sangat harmonis…semua keluarga ada keributan. Tetapi tidak semua keluarga Nias juga berkata-kata jorok dan kotor lho… Bahkan saya waktu kecil kalau sempat menyebutkan kata-kata kotor apalagi kalau memaki orang, itu upahnya adalah mulut di-cabe-in. Memang metode mendidik kita dulu kebanyakan tanpa memperhatikan “hak” anak.

    Tetapi lepas dari itu semua, kita harus maju. Apapun latar belakang kita, kita harus lebih baik…..Jangan lah kita menjadikan kita seperti orang bebal, sebab Amsal berkata: Lebih baik berjumpa dengan beruang betina yang kehilangan anak, dari pada dengan orang bebal dengan kebodohannya.

    Nama baik juga penting dan itu tercermin dari sikap dan perilaku bahkan perkataan. Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

    Maju terus saudaraku, kita harus saling mendukung sekecil apapun yang kita bisa…termasuk melalui wadah seperti ini. Jangan bicara membangun Nias dengan berbagai statement dan mimpinya…kalau untuk hal yang kecil ini saja kita tidak bisa saling membangun. Terima kasih….saya bukan menasihati…tetapi sekedar sharing dan mengingatkan kita semua.

    Alamat contact saya: Pikiran Daeli, e-mail (Pikiran.Daeli@sinarmasforestry.com).

    Salam, Ya’ahowu.
    pd-Jambi

  70. Siapa nih, kog nggak ada namanya? Aku kecewa bang, membaca komentar JAYA DAELI (Pasti Orang Sirombu), sangat tidak santun. Aku pikir-pikir, putra Nias kog tidak sopan ya? Dalam renunganku yang panjang, memang kebiasaan keluarga kita di Nias telah diwariskan pada generasi sekarang. Saya yakin JAYA DAELI ini anak seorang pemabuk bahasa bataknya PARMITU. Kalau sudah mabuk, pasti cakap kotor….hehehe ngeri ya? aku bayangkan kalau orang ini jadi suami, bagaimana bisa di ajak ke pertemuan eksekutif ? malu…hahahahaha. Sorry la yau…. ogah ah!

  71. Realita harus kita terima, saatnya akan tiba nanti menjadi indah pada waktunya.

    Jangan kita taruh harapan kita pada manusia dan alam semesta karena tidak ada garansi menyenangkan kita secara kekal.

    marilah kita datang hepada Dia yang berkata : Marilah kepadaKu hai yang letih lesu dan berbeban berat…..dst

    Jadi buat Sdri Mesi apa yang ada didepan mata bawa dalam doa dan raihlah……niscaya Dia sanggup menjadikannya indah.

  72. Halo Ono Niha, adakah di antara kita yang baik dan sopan ? selain itu religius dan handsam … ganteng dan beribawa serta tutur katanya bagaikan seorang putra mahkota? Perhatikan keinginanku, jika ada di antara kita yang sedemikian berwibawa dan santun, mungkin dia adalah calon suamiku kelak. Tetapi dalam analisa yang panjang, ono niha / putra Nias, dapat disimpulkan bahwa mereka kolot, dengan cara pikir yang sangat terbelakang. Sorry, saya anggap semua, kecuali yang berkata manis di atas… hehehehe, ada yang marah nggak ya? Aku belum menemukannya, karena mereka tidak sopan, suka bicara kotor. Kebiasaan ini bawaan dari pengaruh orangtua yag suka bicara otor juga, menurun ke anak-anaknya … karena dia dengar ayahnya sangat kasar dan suka bicara kata-kata kotor.
    Ono niha, sebenarnya secara fisik bagus, sayangnya tidak sopan… dimana-mana mereka trouble maker. Beberapa orang saja yang berhasil karena hati mereka sudah dimenangkan oleh kristus. Karena mereka sudah gaul dengan suku lain dari kecil, maka bebas dari cara Jaya Daeli di atas. Yah, orang yang religius itu idaman yang baik untuk menjadi suami yang baik dan perkasa… hehehe. La’ua… ono niha
    Mesi
    Petulah Medn

  73. Terima kasih pak Pikiran Daeli.

    Masih ada sosok yg baik dari eks kecamatan Sorombu.
    Berikan terus seruan kepada sdr/i kita ini.

    Tuhan memberkati anda

  74. Ya’ahowu….
    Saya hampir lupa mengenai isi dari komentar2 saudara. Saya sangat prihatin atas kondisi demikian. Cukuplah, masih banyak hal positif yg bisa disampaikan, karena web ini bisa diakses oleh orang lain…baero nono niha. Saya percaya bahwa kita yg sudah di rantau ini tidaklah bebal. Ketahuilah bahwa Orang bebal tidak layak mengucapkan kata-kata yang bagus, apalagi orang mulia mengucapkan kata-kata dusta.

    Karena makin banyak kata-kata, apalagi kalau kata-kata yang hanya menyakitkan dan melukai, makin banyak kesia-siaan. Apakah faedahnya untuk manusia?

    Dengan “kesempatan yg kita bisa membuka internet” janganlah disia-siakan untuk saling menghujat. Ini bukan nasehat, karena saya tidak bisa menasehati…tetapi seruan buat kita dan saya tahu…sebagian yg berkomentar ini juga saya kenal….saudara kita juga…. maka berhentilah melukai dengan lidah

    Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan.

    Jadikanlah lidah (kata-kata melalui komentar ini) sebagai obat…maka dengan demikian kita sudah mulai membangun sesama….

    GBU.

  75. Ya’ahowu…
    Saya bersyukur karena kreatifitas “ono niha” melalui web ini bisa menambah satu lagi info seputar Nias dan jika dimanfaatkan dengan bijak, maka secara langsung ataupun tidak langsung bisa memberi dampak untuk pembangunan Nias.

    Saya hanya menyarankan, mengingat dari beberapa situs internet yang me-list out daftar tokoh-tokoh, ada baikanya tidak kalaupun harus demikian, kiranya ada kriteria mengapa itu disebut tokoh.

    Kalau dikatakan tokoh pembangunan masyarakat Nias, maka tentu harus ada “lahe” bahawa yang bersangkutan telah punya jasa membangun Nias.

    Seorang yang ditokohkan, tentu dapat menjadi harapan orang yang menganggapnya tokoh karena telah berbuat sesuatu dan akan terus berbuat sesuatu untuk kebaikan yang masyarakat yang menganggapnya tokoh.

    Mudah-mudahan daftar tokoh2 yang banyak ini (tidak bermaksud menilai bahwa ada yang tidak layak dianggap tokoh), kiranya bisa memenuhi harapan tsb. Maju terus Nias termasuk Nias barat. Ya’ahowu.

  76. Setelah proses dan evaluasi yang panjang, orang yang selalu negatif dalam email ini :
    1. Meiatasi Dolai
    2. EbenEzer Hia
    Kedua-duanya juga orang yang tidak berguna, dan dikenal sebagai pengacau.

    Sangat disayangkan, nama sekelas Meiatasi Dolai disebut sebagai Tokoh, kuliah aja sampai drop aut dan pengangguran besar-besaran. Eben Ezer Hia mantan pembawa tas FJD saat Pilkada. Kedua manusia ini sangat kecewa kepada Ama Clara dan FJD karena tidak dilibatkan dalam Panitia.

    Bagaimana dilibatkan orang-orang seperti itu??????

  77. Heheehe, luar biasa, jalan ceritanya jadi BTM sedang meluncurkan ide pemekaran Nias Utara dan Gunung sitoli. Nias Barat dihentikan sejenak, karena BTM merasa dirinya terancam jika Nias Barat berhasil, maka job baru bagi orang2 Nias barat terbuka lebar. Luar biasa Balugu Tuga Manu ini, anak dari Tuhenori Ambo Asio (TUASI). Anak Pertama dari 23 orang bersaudara. Istrinya 9 orang, anak2nya tidak bisa dihitung.

    hehehe, hbinya menjilat orang jepang tentara heiho, sebagai penguasa sementara.
    Hahahaha

  78. Saya pribadi prihatin aja,yang seharusnya disini kita berdiskusi saling membangun bukan saling pamer diri, cukuplah saya yang kena batunya.
    Tapi bagaimana pun kalau begini yang kita perdebatkan mungkin benar kata Pak Ama Dian Daeli kita akan kena “Virus”…

    GBU All

  79. Yahowu Fefu ONO NIHA

    Perhatian-perhatian …..! ada VIRUS di memori anda

    Kalau anda punya sentimen peribadi jangan sampai mengorbankan kepetingan orang banyak.

    Perhatian ….!! VIRUS kena memori KNB
    Scan…?
    OK.

    Saohagolo

    A. Dian Daeli

  80. Besar kali omongan yang mebela-belain modefaye ini, okelah anggap saja diri anda hebat, itu kan menurut anda, perasaan anda.

    Tapi waktu dan sejarah akan membuktikan siapa yang sesungguhnya memiliki kemampuan untuk menjadi Panutan, Pengayom dan yang berpihak pada kesejahteraan rakyat di Nias Barat.

    Buat saudaraku dari Hinako, Mandrehe dan Moi mungkin di Jakarta tidak ada mau meladeni kelompok tsb atau benar benar tidak ada yang potensial. Mungkin di Daerah lain atau di Nias ada yang potensial

  81. Menanggapi tulisan saudara diatas, saudara mengatakan bahwa “Anda sebagai putera Nias Barat bahkan sampai anak cucu anda tetap bagian dari masyarakat Nias Barat” serta kutipan anda dari pepatah Nias “TABE’E ZIDOFA BA BOI TABE’E ZIBOTO BU” saya ketawa membacanya. Apakah anda tahu apa yang sedang anda bicarakan..?

    Pernyataan saudara AJP diatas sangat bertentangan dengan apa yang saudara tulis, yang menyatakan bahwa perjuangan kabupaten Nias Barat di biayai dari dana sumbangan gempa Nias.
    Apakah saudara AJP pernah berpikir bahwa pernyataan saudara tsb di atas telah melukai hati masyarakat Nias Barat karena saudara telah menyebarkan fitnah atau menuduh pejuang (masyarakat) Nias Barat telah mempergunakan uang sumbangan untuk perjuangan Kabupaten Nias Barat.
    Pernyataan saudara AJP (Otenieli) menciptakan kondisi yang tidak kondusif di lingkungan masyarakat Nias Barat keseluruhan dan ber-akibat pecahnya kesatuan masyarakat Nias Barat. Saudara juga membuat pernyataan terbalik tentang kondisi masyarakat Nias Barat yang tidak memiliki kemampuan untuk mendanai perjuangan kabupaten Nias Barat sementara analisa anda terfokus pada pemekaran kabupaten Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli yang menurut anda lebih berpeluang untuk menjadi kabupaten baru karena kemapuan keuangan mereka lebih mampu dari kabupaten Nias Barat.
    Kesimpulan saudara AJP menurut kami salah. Justru penilaian kami banyak masyarakat Nias Barat yang memiliki kemampuan keuangan yang sudah mapan. Terlepas dari kondisi itu semua, perjuangan Nias Barat adalah tanggung jawab masyarakat Nias Barat seluruhnya, baik yang berada di Nias, Jakarta, Medan, Bandung, Padang, Surabaya, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua sampai kepada masyarakat Nias Barat yang berada di luar negeri.
    Analisa dan pernyataan saudara diatas mungkin dilandasi oleh perasaaan kurang puas terhadap kinerja kerja Badan Persiapan Pemekaran Kabupaten Nias Barat secara perorangan. Saudara tidak menyadara pernyataan saudara telah melukai perasaan masyarakat Nias Barat secara keseluruhan.

    PERTANYAAN UNTUK SAUDARA AJP:

    1.Darimana saudara tahu kalau dana bencana gempa dipergunakan untuk perjuangan kabupaten Nias Barat ?
    2.Apakah saudara terlibat di kepanitiaan penggalangan dana bencana sehingga anda tahu kemana aliaran dana tsb ?
    3.Berapa besar dana bencana tesebut yang dipergunakan oleh Badan Persiapan Pemekaran Kabupaten Nias Barat untuk pemekaran kabupaten Nias Barat ?

    Pernyatan dan tulisan saudara yang telah saudara publikasikan pada media situs http://www.niasbarat.wordpress.com dan situs http://www.niasisland.com harus anda pertanggung jawabkan secara lisan dan tertulis kepada pejuang (masyarakat ) Nias Barat. Masyarakat Nias Barat berharap saudara AJP (Otenieli Hia) memberi jawaban dan data yang akurat sesuai dengan pernyataan saudara di atas.
    Saudara AJP mungkin sakit hati atau kurang senang kepada satau pribadi di susunan panitia Pemekaran Kabupaten Nias Barat, tapi JANGAN SAKITI HATI PEJUANG (MASYARAKAT) NIAS BARAT.

    Ingat : MULUTMU ADALAH HARIMAUMU

    Pejuang Nias Barat
    MADOFAYE

  82. Yang benar aja ? kenapa orang eks mandrehe (5 kecamatan)protes, emang ada diantara anda yang bisa menyamai kemampuan orang-orang madofaye ?, apalagi di Jakarta emang ada orang mandrehe yang berani terhadap elite nias barat/madofaye cs ????

    Jadi sadarlah, tau diri dong…..madofaye is the best.hehehe kalau kami kalah sama binahati di Nias induk, Nias barat digenggaman kami.!!!

  83. SALAM YA’AHOWU NIAS BARAT, SELAMAT PAGI SEMUA.

    SAYA SELAKU MODERATOR MEMOHON DENGAN SANGAT AMAT!
    1. Jangan Menyinggung perasaan sesama Anak-anak Tuhan
    2. Jangan Menyerang Pribadi
    3. Tulis Pendapat anda dengan tujuan membangun
    4. Saya setuju semua Usul-Usul pak inisial “Balugu” tadi malam

    BACA TATA CARA DI HALAMAN ‘GOI-GOI WANURA’

    Tuhan melindungi orang benar, ingat bahwa kita semua adalah hamba kebenaran!

    salam
    MODERATOR

  84. Hentikan !

    Akhirnya semua kecurigaan saya tentang mental nono niha itu adalah benar, waktu itu pak moderator sangat tersinggung sekali sama saya pada waktu saya bilang ono niha hanya taunya protes sana protes sini, ngga karuan orang2 tersebut. Akhirnya khan benar, kita habiskan waktu memaki-maki org lain.

    saran:
    1. Pak Moderator seharusnya memberi peringatan kepada madofaye untuk jangan memperlakukan org seperti AJP tersebut.
    2. Pak Moderator jangan segan-segan mengeblog orang ini sekalian.
    3. Apa benar Madofaye sejauh ini tindakannya?
    4. Tulis kritik yang bagus dan membuat org bertobat, jangan mengancam.
    5. Baca baik2 tanggapan orang baru di bahas.

    Salam
    Balugu

  85. Salam Pak Meiatasi Dolai,

    maaf pak, saya sdh baca di daftar nama-nama tokoh nias barat di atas, dan saya sudah memahami. Kami membuka internet tidak setiap hari, karena masih dialup, lambat sekali dan pulsanya juga banyak.

    Pak Dolai, ada pertanyaan yang berkembang sekitar daerah ini, a.l:
    1. Mengapa org2 mandrehe dan 4 kecamatan baru ini tidak ada yang ikut dalam kepanitiaan Nias Barat di Jakarta.
    2. Mengapa hanya kroninya Marthin Luther (Kalah jadi wabu kalau ngga salah setahun lalu)yang menjadi pengurus kepanitiaan.
    3. Kami sangat prihatin atas perlakuan kpd org2 mandrehe, wah, heboh sekali tentang isu ini di Medan, ada sedikit kekecewaan dihati kami, minggu kemarin agak hangat dibicarakan di BNKP teladan, apa benar issue tersebut?

    Ama Dera

  86. Salam Nias Barat….

    kata pertama untuk Netters adalah LUAR BIASA. Perkataan saya disini mengatakan luar biasa karena komentar-komentar netter yang mulai memojokkan seseorang bahkan cenderung mendiskriminasikan orang lain. Baiknya kita sebagai aset nmasyarakat nias memberi contoh yang baik dalam penyampaian pendapat dan tanpa merugikan orang lain. Setiap orang berhak intuk memberi pendapat dalam forum ini, tapi dengan syarat tidak mendiskriminasikan orang lain.

    Terus terang saya prihatin dengan apa yang ditulis tentang saudara AJP oleh yang bernama MADOFAYE, siapapun anda tidaklah baik kalau dalam pemberian pendapat sapai menyinggung hati orang lain, berpikirlah yang rasional dan belajarlah dewasa untuk menghargai pendapat orang lain. Jika anda memiliki hati yang penuh kasih (siapun anda yang menulis tentang saudara AJP) baiknya anda klarifikasi.

    Saya juga memberi input buat saudara Moderator supaya semua pendapat yang sampaikan melalui niasbarat.wordpress.com ini disaring lagi sebelum di tampilkan, sehingga semua pendapat atau saran atau opini yang berbentuk memojokkan orang lain tidak perlu ditampilkan. Harapan saya blog ini tidak sama dengan NIC.

    Kalau ada perkataan saya yang menyinggung teman-teman sesama netter mohon maaf.

    Saohagölö

    Meiatasi Dolai

  87. Saya hanya heran sepak terjang yang menamakan dirinya MADOFAYE, saya yakin orang ini pengacau.
    Dia berkomentar di Resp#1 dia sendiri yang kebakaran jenggot,wel-wel…maksudnya apa sih..Pak? Betul kata Pak Agus dan AJP kalau anda benar tolong klarifikan ke publik karena itu jangan menjadi konsumsi umum, ntar kita malu.
    yang menamakan dirinya MADOFAYE, jangan lempar batu sembunyi tangan, kalau bisa tulis namamu disini jangan hanya main nyaru kasihan beliau-beliau.
    Moga masalah ini hanya sampai disini dan STOP jangan ada perdebatan ntar kita malu klu orang Lahewa dan Gusit membacanya.
    Ya’ahowu Saudaraku Nias Barat Tercinta…

  88. Wah seru banget nih, Agus memberikan PENCERAHAN kepada MADOFAYE,AMG dan AJP Semoga usaha anda Agus tidak ssia-sia karena kalau orang sudah umur 20 tahun keatas susah untuk berubah tapi jangan putus asa tetap berusaha.

  89. Buat MADOFAYE!
    Anda Sendiri diforum ini yang mengungkapkan di Res#1, anda sendiri yang kebakaran Jenggot. Kayaknya Mental yang saya tahu tentang beberapa orang MADOFAYE (Era-Era Hia/Dodo Hia/Fa’a M’Hawa)orang cerdas dan berkwalitas dan idola saya, tidak seperti tulisan-tulisan MADOFAYE di Web.ini dan di NIC yang terkesan mental preman buakn type pemimpin. Saya kira anda ini secara sengaja merusak nama-nama tsb diatas. Perlu saya jelaskan bahwa tuduhan Madofaye(Palsu) ini ttg keluarga saya sampai-sampai mengorek asal istri saya, wahh anda luar biasa Pak, ga ada hubungannya layaw…sampai kiamat pun saya tetap Pro NIas Barat dan bermarga Hia Desa Iraonogaila. Niwao Bakhoda TABE’E ZIDOFA BA BOI TABE’E ZIBOTO BU. Maksud saya menulis diatas sebenarnya karena kita dari awal aja tidak ada kekompakan, karena disini semua netter mengeluhkan kinerja dan Sturktur perjuangan ini yang didominasi orang Lahomi dan beberapa yang kerabat dekat padahal disini banyak orang Mandreahe yang berpotensi dan memiliki kredibilitas jaminan mutu. Bukan NIas Barat itu Tidak Mampu, tapi perlu saudara ingat perlu saudara ingat bahwa perjuangan yang dibutuhkan adalah kebersamaan dan keutuhan Team dan tentu harus dengan dana yang memadai.
    Untuk sumbangan yang dikumpulkan tolong di paparkan kepada kita disini. Jangan menjadi polemik karena saya tahu karena beberapa Tokoh Nias Barat di Australia pernah meminta data dana tsb di NIC. Biar saudara tahu bahwa Pengurus inti NIas Barat tsb juga keluarga saya sendiri tapi jangan menjadi bahan pertanyaan publik.

  90. Sorry MADOFAYE,

    Prediksi saya, anda akan dibenci oleh masyrakat nias barat setengah mati.
    Jangan arogan, kakalu anda bersih dari tuduhan orang-orang (apakah itu AJP) atau siapapun, ayo berikan pertanggung jawaban di Forum ini, an Clear!

    Peta Akar Rumput Nias Barat, Mandrehe yang sudah menjadi 5 kecamatan, memegang suara terbesar untuk memilih Bupati Nias Barat.
    Sedangkan informasi dari situs ini MADOFAYE bersaudara semua dari LAHOMI, wah anda salah kaprah kali ya.

    Saya harap agar tidak terlanjur jauh kebencian ini terjadi kepada MADOFAYE, segera pertanggungan jawab atas semua tuduhan diclearkan saja. Sehinga perjuangan anda adalah perjuangan kita juga.

    Salam sukses
    Agus

  91. Salam Sejahtera Semua……

    Saya merespon dengan apa yang dikatakan oleh saudara rAJP atau Saudara Otenieli Hia desa Iraonogaila Kecamatan lahomi , mungkin pengetahuan anda tentang perjuangan Nias Barat, Utara dan Kota Gunungsitoli sangat dangkal sehingga anda berani memberikan statment yang sangat keliru. Baiknuya anda mengeluarkan satu pendapat dengan analisa dan data yang akurat, sangat disayangkan anda sebagai salah satu puttera dar Nias barat mengemukakan pendapat yang mencoreng muka anda sendiri. Saya kenal anda yang menyebut diri AJP adalah saudara Otenieli Hia (Kampung Iraonogaila kecamatan Lahomi) tinggal di Tangerang dan kawin dengan orang lahewa dari Nias Utara apakah karena anda kawin dengan orang lahewa sebagai alasan anda mengatakan Nias Utara lebih hebat dan mereka bisa Jor-joran (istilah saudara otenieli hia-AJP)? sementara anda mengatakan kalau Nias Barat tidak mampu dan memakai uang sumbangan??
    Sumbangan yang anda maksud telah disampaikan ke Nias dan itu sudah ada pertanggungjawabannya. Jadi statment saudara tidak porposional dengan apa yang anda emukakan di portal ini.

    Saran saya untuk saudara otenieli hia-AJP :
    Berhentilah mnfitnah dan berika data yang akurat, pelajari dulu, dengar dulu, lihat dulu baru anda ngomong, Semoga bermanfaat buat saudara.

    Saohagolo

  92. PAK AMG,

    Sory, saya baca judul di kolom ini adalah “saya pejuang nias barat”, bukan siapa bupati, mungkin issue ini tidak usah di bahas sekarang. Kita mau kalau Nias Barat langgeng untuk menuju masa depan yang baik dan sejahtera. Kompak selalu dan tidak ada intrik-intrik, saya makan siang kemarin dengan pak moderator, mengatakan “KITA SEMUA PAHLAWAN”, artinya bukan hanya sianu yang jadi pahlawan. Kalau dari sekarang anda sudah bicara sianu-sianu, wah malah kita terkotak-kotak.
    Sorry, kalau saya salah tentang siapa anda, tetapi yang jelas kita hindari perbedaan pendapatlah. Kita focus pada perjuangan saja, setuju!

  93. Terus terang ketika membaca komentar para saudara saya netters di situs ini, saya kadang hanya mengelus-elus dada. Mengapa? karena kebanyakan yang dibahas adalah siapa yang akan menjadi bupati atau wakil bupati Nias Barat dan bukan bagaimana mewujudkan cita-cita untuk menjadikan Nias Barat sebagai Kabuptaten. Menurut saya ketika kita berbicara mengenai pemekaran, sekaligus juga kita memikirkan pola an figur ideal kepemimpinan. Jadi, yang perlu di gagas adalah visi apa yang ideal bagi seorang pemimpin, khususnya di Nias Barat.

    Saya hanya berandai-andai. Bisa jadi bahwa kebanyakan dari kita yang memperjuangkan Kabupaten Nias Barat, yang melihat satu sisi, yakni: kekuasaan, kedudukan. Saudara niha khoda, uandro khomi fefu, bijaksanalah berpikir. seorang pemimpin, ia harus menyadari bahwa yang hukum tertinggi adalah kesejahteraan rakyat: Salus populi suprema lex (kesejahteraan rakyat adalah hukum tertinggi). Tapi, ingat! visi ini baru berwujud jika ia diaktualisasikan, dan itu yang disebut dengan misi. Misalnya, masyarakat Nias Barat mayoritas bertani oleh karenanya, untuk mensejahterakan masyarakatnya, seorang pemimpin harus memperhatikan sektor pertanian. Anda tahu, bahwa sawah di Nias tidak ada irigasi yang dibangun pemerintah? Anda tahu bahwa Nias, lautnya luas, tetapi apa yang sudah dilakukan pemerintah saat ini? apakah pemerintah telah memberdayakan rakyat. Anda tahu, masyarakat Nias miskin, tetapi mengapa pemerintah tenang-tenang saja? seolah hal kemiskinan lumrah!

    Ini bukan nasehat. Saya masih muda. Dan, rasanya belum layak menggurui orang lain. Tetapi ide ini, saya benar-benar menginternalisasikannya, terutama sejak bergulirnya wacana tentang pemekaran di Nias. Terima kasih.

  94. Menurut sayua terlalu dini kita ngomongi Bupati dan Wakil Bupati sedangkan KNB aja kita belum jelas nasibnya, disinilah ketahuan trik-trik seseorang yang dari awal menamakan dirinya “pejuang” dan mementingkan hasrat pribadinya bukan kepentingan bagaimana Nias Barat ini kelak jadi Maju dengan kebersamaan. Coba bayangkan dari awal aja kita sudah mengotak-ngotakkan orang/kelompok yang mengarah kepada perpecahan ditengah jalan. Betul topik yang pernah muncul”KITA HANYA BISA GIGIT JARI”. Karena secara kacamata saya sebagai rakyat jelata yang ingusan, kekuatan kita baik dari segi Finansial dan startegi kalah sama kota gunungsitoli dan NIas utara yang Berani berkorban untuk daerahnya dari segala aspek. Sedangkan kita hanya mengandalkan keberanian tanpa didukung Materi dan Finansial yang memadai karena para pejuangnya tidak mau berkorban untuk Daerahnya dan hanya mengandalkan Uang Sumbangan Bencana yang seharusnya dialokasikan untuk korban gempa (Uang Rakyat)tapi disini dipakai untuk kepentingan yang bukan untuk bencana.
    Selamat Berjuang semoga kehendak-Nya yang terjadi.

  95. Tuagu #Agus Yang dikasihi Tuhan,

    Usulan di atas hanya sebatas opini, saya rasa syah-syah saja kita bicara apa ini, apa itu. Sekalipun akhirnya Firman Jaya Daeli dan Mustika Ranto Gulo tidak setuju, biar saja bergulir. Saya tidak asal ngomong juga, pasti ada alasannya. Anda seharusnya bertanya pa alasan saya.
    Anda tidak punya hak menyetop saya bicara.
    Kita sama-sama manusia, berhak memberi komentar di forum ini. Anda salah saya bukan ama marlene gulo (AMG)

    Sorry, anda memang hebat, tapi jangan dikte orang ya!
    Salam
    AMG

  96. Pejuang Nias barat :
    1.Ama Surya daeli
    2.Ama Anton daeli
    3.Ama Ugi daeli
    4.Ama Valen Zebua
    5.Ama Diky Gulo
    6.Ama Soma Marundruri
    7.Ama Soza Maruhawa
    8.Ama Agus daeli

    Inilah mereka yang mengawal terus perjuangan Nias Barat di Jakarta, kalau luter dan dodo itu hanya suruhan mereka saja tapi di akhir akhir dodo membuat kroninya yaitu sepupunia luter, yeremia, faa dan era era hia, itu yg disebut MADOFAYE

  97. Salam Untuk AMG,

    Usulan anda seharusnya tulis di NIC saja, sebab usul ini sangat kontrofersial. Bukan siapa Bupati yang menjadi masalah, tetapi apa tugasnya. Kolom ini justru kolom nama-nama pejuang nias barat. Please usulan nama Firman Jaya Daeli dan Mustika Ranto Gulo di stop untuk diperdebatkan, simpan saja. Siapa tahu berguna kelak, saya pikir juga nama-nama tersebut di atas tidak ambisi. Saya sudah konfirmasi kepada mereka, dan tidak ada yang bilang “SIAP”. Malah dianggap ledekan semata. Mungkin AMG (Ama Marlene Gulo) benar dan tulus, tetapi akibatnya sangat fatal, silhakan kita bicarakan nanti di telepon.

    Saohagolo.
    Agus

  98. Firman Jaya daeli (FJD) memang potensial di bidangnya, seperti adu argumentasi atau trik-trik utk lobby, istilahnya ahli strategilah, tapi kalau untuk jadi Leader masih belum mateng, dia itu perlu belajar lagi bagaimana MENGAYOMI, MENGAKOMODIR, BERLAKU ADIL, MENJADI PERSONAL MILIK PUBLIK dlllah, pokoknya Firman harus banyak belajarlah, naluri bisnisnya juga belum ada.

    Mustika Ranto Gulo.(MRT)…wah jangan kaget nanti ya kalau SELURUH NIAS BARAT menjadi pelaku-pelaku bisnis tangguh, ENTERPRENUERSHIP TANGGUH, hanya saja masih perlu belajar untuk tidak memaksakan kehendak sendiri atau sorr….nya dewe, karena keinginan kita itu walaupun baik, belum tentu tepat waktunya utk diterima orang lain.

    Artinya perlu dalam memandang masalah itu, kita keluar dari diri kita, kita melihat dari sisi orang lain.

    Solusinya….FJD atau MRT kalau mau mengabdi belajar dan perbaiki diri terus, continuous improvement..

    Kenapa..? karena masih banyak orang-orang lain yang masih potensial hanya mereka belum muncul atau belum di fasilitasi untuk muncul…hehehe

  99. Halo Pejuang?

    Kalau menurut saya, pasangan yang paling tepat dari sisi kultur dan geografis serta perpaduan pengalaman antara birokrasi dan bisnis (umur 40-45 tahun) adalah:

    Birokrasi : Firman Jaya Daeli, SH
    Busines : Ir. Mustika Ranto Gulo

    Kedua Calon saya ini bisa dipasangkan, ini serius ya, jangan-jangan nanti ada yang marah-marah.
    Kita hanya memberi input, ini pendapat pribadi saya sendiri. Boleh beda-beda khan?

    AMG

  100. SEBAIKNYA Cabu & Cawabu Bupati Nias Barat dari kalangan muda usia 40-50 tahun sebagai berikut :

    1. Yupiter Gulo
    2. Torowa Daeli
    3. Mustika Ranto Gulo
    4. Ama Asni Gulo
    5. Arif Gulo
    6. Ama Michael – Eben Ezer Hia
    7. Era Era Hia
    8. Sosialis Daeli
    9. Fa’a Maruhawa
    10. Fa’a Daeli
    11. Ama Della Marunduri
    12. Fakhili Gulo
    13. Firman Jaya Daeli
    14. Nefos Daeli

    Penulis #Tuada Hia.
    Manase

  101. Nama : MADOFAYE (Marthin luter daeli-Dodo Hia-Fa’a Maruhawa-Yeremia Lase-Era era Hia)

    Kami sudah berbuat mengumpulkan uang masyarakat nias barat waktu bencana alam.
    Kami juga sudah mengikuti keinginan Binahati, ngumpulkan orang di hotel Sahid.

    CITA-CITA : Tolong dukung kami supaya bisa tampil sebagai pemimpin di nias barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s