SAMBUTAN KETUA PANITIA SYUKURAN, NATALAN & TAHUN BARU 2008-2009 MASYARAKAT NIAS BARAT SE-JABODETABEK, ATAS TERBENTUKNYA KABUPATEN NIAS BARAT

Salam Sejahtera Buat Kita Semua, Syalom!!!

Ketua Panitia

Ketua Panitia

Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Tuhan Allah, atas kesempatan yang diberikanNya bagi kita semua yang hadir ditempat ini, hanya karena rahmat dan anugerahNya saja kita bisa berkumpul bersekutu dan memuji Tuhan dalam acara Syukuran, Natal dan Tahun Baru masyarakat Nias Barat se-Jabodetabek, sebagaimana kita ikuti bersama.

 

Pembentukan Panitia Syukuran, Natal dan Tahun Baru ini, adalah merupakan dorongan dan kerinduan dari masyarakat Nias Barat se-Jabodetabek dalam mengungkapkan rasa terima kasih atas berkat dari Tuhan dengan telah didengar dan dikabulkanNya doa, perjuangan seluruh masyarakat Nias Barat dimanapun berada, sehingga BPP Kanisbar Perwakilan Jakarta ber-inisiatif melaksanakan acara syukuran dimaksud maka pada tanggal 10 November 2008 dengan dihadiri beberapa komponen dan tokoh masyarakat Nias Barat, jadi panitia bekerja mempersiapkan acara ini hanya dalam 1 bulan.

Karena masa-masa ini adalah masa memasuki Natal serta akan memasuki pergantian tahun, maka acara syukuran tersebut dilaksanakan dan dikaitkan dengan acara Natal & Tahun Baru 2008-2009.

Bapak/ibu, sdra/I yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, sangatlah wajar bilamana kita semua dan secara khusus masyarakat Nias Barat bersyukur dengan terbentuknya Kabupaten Nias Barat melalui pengesahan UU Otonomi yang baru pada sidang Paripurna DPR-RI bersama Pemerintah tanggal 29 Oktober 2008 yang lalu, Firman Tuhan mengajar kita untuk bersuka cita, berdoa dan mengucap syukur, sebagaimana ajakan Rasul Paullus kepada Jemaatnya di Tesalonika “Bersukacitalah senantiasa, Tetaplah berdoa Dan Mengucap Syukurlah dalam segala hal itulah yang dikehendaki Alalh bagi kamu (1 Tesalonika 5:18-20).

Cita-cita masyarakat Nias Barat (Aechula) membentuk kota Nias Barat adalah suatu impian dan harpan seluruh masyarakat Nias Barat yang telah melalui proses dan perjuangan panjang, tahun 1950an pernah dicetuskan dan bilamana baru tahun 2008 ini baru terwujud adalah waktu yang inda yang diberikan Tuhan kepada masyarakat Nias Barat. Parose yang terjadi di tingkat pusat di tandai dengan menjadi hak inisiatif DPR-RI Thn 2004 untuk membuat RUU dan kemudian mengalami kevakuman dan tahun 2007 sekali lagi hak inisiatif DPR-RI dalam RUU dan proses bergulir terus sampai di undangnya Daerah Otonomi Baru tersebut.

Sidang Paripurna 29 Oktober DPRRI Pengesahan Kabupaten Nias Barat

Sidang Paripurna 29 Oktober DPRRI Pengesahan Kabupaten Nias Barat

Panitia yang selama ini terlibat melalui Badan Persiapan Pemekaran (BPP-Kanisbar) di Nias, Medan dan Perwakilan Jakarta adalah hanya kepanjangan dan penyambung lidah dari masyarakat Nias Barat itu sendiri, demikian juga dalam kepanitiaan TIM FASILITASI, kami hanya melanjutkan perjuangan tersebut untuk mewujudkan pemekaran Nias yaitu Kanisbar, Kanira dan Kota Gunung Sitoli. Seluruh masyarakat Nias Barat adalah bagian dalam  perjuangan tersebut oleh karena Nias Barat adalah milik semua masyarakat Nias Barat dan bukan milik satu orang atau kelompok. Dalam mengenang perjuangan ini, maka saya ajak kita semua untuk melihat lebih dalam dan terbuka bahwa banyak suka duka yang kita alami, saya merasakan sendiri walau kadang-kadang ter-ekspresikan dengan cara sendiri-sendiri dalam mewujudkan pemekaran tersebut. Oleh karena itu, janganlah kita hanya melihat proses terakhirnya saja misalnya seminggu atau dua minggu sebelum disahkannya UU Otonomi tersebut, tetapi harap dicatat: disaat panitia sudah terlena dan terkesan tidakada kegiatan hampir 2.5 tahun, maka pernahlah bertemu/berkumpul beberapa orang pada tanggal 19 Februari 2007 untuk mengingatkan dalam hati masing-masing bahwa ada pekerjaan yang tertunda yang harus diteruskan, at yang hadir : Bpk. Ama Surya Daeli (alm), Ama Valen Zebua, Ama stefi Hia, Firman Jaya Daeli, Ama Moses Maruhawa, Arna Kristian Lase, Yosia Halawa, kemudian rapat BPP Kanisbar di kantor Sdr ama Javier Hia di DDN dan seterusnya diadakan pertemuan masyarakat Nias Barat di Hotel Mercure di Jl. Hayam Wuruk berssama BRR-Perwakilan Nias. Pada waktu itulah Bapak Firman Jaya Daeli, menggandeng/menuntun pimpina Komisi II yaitu Bpk. Fachrudin bersama anggota DPR RI dari Fraksi PDIP mengikuti pertemuan tersebut yang selanjutnya dari Fraksi PDIP tersebut mengemban tugasnya untuk membantu terjadinya pemekaran kabupaten Nias Barat bersama-sama fraksi lain.

Bapak/Ibu, sdra/I, yannn terkasih dalam Kristus Yesus, tidaklah berlebihan bilamana masyarakat Nias Barat berterima kasih juga kepada Bupati Nias, dalam pemekaran ini, karena beliau telah melaksanakan tugasnya sebagai kepala daerah (seperti kepala daerah lain) yang mendukung pemekaran ini, karena beliau juga menyadari dan merasakan denyut jantunnng masyarakat Nias Barat yang tidak pernah berhenti, memimpikan, memperjuangkan dan bertekad bulat untuk mewujudkanKabupaten Nias Barat. Oleh karena itu, yang layak menjadi pejuang pemekaran (apapun namanya) bukan siapa-siapa tetapi masyarakat Nias Barat itu sendiri, namun diakui atau tidak diakui, dari awal perjuangan pemekaran ini dari tahun 2003 sampai diparipurnakanya UU Otonomi tersebut, ada putra Nias Barat yang tidak pernah meninggalkan perjuangan ini yang selalu mendorong menuntun panitia dikala hampir putus asa, hal ini biarlah sejarah yang mencatat karena tUhan telah menggunakannya sebagai saluran berkat bagi masyarakat Nias secara umum dan Nias Barat secara khusus.

Disadari atau tidak disadari, selama perjuangan ini banyak hal-hal yang timbul baik suka maupun duka, lebih dari itu mungkin banyak kesalahfahaman  diantara kita semua, khususnya masyarakat Nias Barat iotu sendiri, ada perbedaan pandapat, ada ketersingungan, ada sikap/tingkah laku, bicara yang tidak berkenan bagi sesame, saya melihat itu timbul karma semangat yang berbeda-beda dan bahkan saya anggap itu adalah romantika perjuangan, maka malam ini mari kita tanggalkan semuanya, mari kita bergandengtangan, menyongsong dan membangun Nias Barat yang lebih baik, baik kesejahteraan maupun persatuan diantara kita. Kita wujudkan hal itu, mari kita bersalam-salaman, saling memaafkan, Orang Besar mampu memaafkan, karena “memaafkan (mungkin) tidak memperbaiki masa lalu tetapi pasti mem-perindah masa depan. Dalam perjuangan ini terlihat kekompakan masyarakat Nias Barat mauppun Panitia seperti seni dalam olahraga sepakbola, semua berperanan dalam satu tim, seorang pemain besar tidak merepuk dada tetapi selalu mengutamakan tim dan kedepan telah terpampang Kabupaten Nias Barat yang harus diisi, maka saya rasa alangkah indahnya kalau semua komponen masyarakat terlihat dalam pembangunan biarlah sebuah simfony merdu dalam sebuah orkestra, karena semuanya mempunyai peranan walaupun bunyi dan suara masing-masing berbeda-beda, maka sangat menggugahlah moto yang akhir-akhir ini sering kita dengar “Besatu Dalam Damai, Bersama dalam Perbedaan

Bapak/Ibu, sdra/I yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, acara Syukuran , Natal & Tahun Baru Masyarakat Nias Barat se-Jabodetabek ini, adalah pertama sekali dilaksanakan, dan Panitia mengangkat Thema : Bersyukurlah, sebab Dia milikmu dan dengan sub thema: Denagn semangat Natal, marilah kita memiliki karakter Kristus dalam membangun Nias Barat, sebab Dia milikmu. Mari kita bersyukur karena Tuhan begitu baik bagi kita, Ia menjadi manusia karena Ia milik kita, mari kita  memasuki Natal denga hati terbuka karena Juruselamat telah datang bagi kita, maka kia sewajarnya memiliki karakter dari Yesus yang senantiasa mengasihi kita semua dan memberi kita damai sejahtera.

Sebelum saya akhiri semua laporan ini, sekali lagi Panitia mengucapkan selamat datang kepada kita semua, sembari berterima kasih atas kehadirannya dalam mengikuti acara demi acara sampai selesai dan berpisah di tempat ini, secara pribadi saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia yang dengan semangat yang tulus membantu terlaksananya acara ini, demikian juga kepada seluruh penasehat yang tidak henti-hentinya memberi semangat dan dorongan kepada kami sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik, demikian juga tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara ini, bagi paduan suara/koor, vocal group, artis ibu kota dan lebih-lebih kepada bapak Pendeta Pengkhotbah, seluruh hamba Tuhan yang melayani sidang jemaat ditempat ini, namun panitia juga menyadari kekurangan kami dalam melayani bapak/ibu/sdra/I sekalian, kalau selama  persiapan panitia, lebih-lebih selama acara ini berlangsung ada kesilafan, ada kesalahan kami, maka denga segala kerendahan hati kami dari panitia dan secara pribadi memohon maaf sebesar-besarnya dari bapak/ibu, sdra/i sekalian.

Panitia merasakan sukacita yang sangat berarti atas kehadiran bapak/ibu sekalian terutama Majelis dan pengurus Gereja BNKP, Gereja ONKP, Gereja Amin, Gereja BKNPI, IWKN dll, juga kepada rekan -rekan BPP Kanira, BPP Kota Gunung Sitoli, HIMNI, FKNO,HKNB, IKMNT dan seluruh organisasi masyarakat Nias se-Jabodetabek termasuk organisasi/paguyuban dan wadah masyarakat Nias Barat di Jabodetabek dengan acara syukuran ini kita bisa bersama-sama mengucap syukur dan bersuka cita karena kita dipersatukan melalui kelahiran Yesus Kristus Juruselamat dan yang telah memberkati Nias Barat dengan terbentuknya Kabupaten Nias Barat.

Terima kasih, Tuhan Memberkati “Selamat atas terbentuknya Kabupaten Nias Barat, Selamat Natal 2008 dan Selamat tahun Baru 2009″ Yaahowu!!!

Faahakhododo Maruhawa, SE

(Ama Moses Maruhawa)

7 pemikiran pada “SAMBUTAN KETUA PANITIA SYUKURAN, NATALAN & TAHUN BARU 2008-2009 MASYARAKAT NIAS BARAT SE-JABODETABEK, ATAS TERBENTUKNYA KABUPATEN NIAS BARAT

  1. Mungkin materi Sambutan Natal ini sudah lama tapi berita pemekaran Kabupaten yang saya komentari. Sebuah pulau di selatan NTT juga telah mekar menjadi Kabupaten. Harapan saya Kabupaten Nias akan sama dengan Kabupaten Sabu. Daerah yang gersang tapi dengan mayoritas penduduk adalah umat Kristiani. Semoga saling belajar antara dua Kabupaten ini. Tuhan memberkati

  2. Ya’ahowu..!

    Saya pribadi mengucapkan Selamat atas terbentuknya Kabupaten Nias Barat (Kanismbar). Semua itu tidak diperoleh dengan mudah namun melalui suatu proses yang sangat panjang. Puji Tuhan karena perjuangan selama ini menuai hasil yang baik tentunya dan dengan terbentuknya Kabupaten yang baru ini bukan berarti perjuangan sudah berakhir sampai disitu namun masih panjang perjuangan yang harus kita lalui terutama dalam menjaga dan mengisi daerah kita tersebut dengan hal-hal yang positif sehingga benar-benar dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat NISBAR dan tentunya masyarakat Nias pada umumnya.

    Saya berharap kedepan akan tercipta NISBAR yang lebih maju khususnya dalam hal pendidikan sehingga sumber daya manusia yang mengisi jabatan-jabatan dalam pemerintahan nantinya tidak sekedar untuk mementingkan diri sendiri melainkan utamakan kepentingan orang banyak karena tanpa dukungan masyarakat NISBAR tentunya tidak akan pernah saudara-saudara dapat menempati posisi/ jabatan tersebut nantinya.

    Mari kita koreksi diri kita masing-masing apakah sudah siap dan mampu menjadi pemimpin NISBAR yang sudah terbentuk ini. Hilangkan sifat dengki, irihati dan saling menjatuhkan tetapi mari bergandengan tangan, bersatu hati demi terciptanya masyarakat NISBAR yang DAMAI, AMAN, TERTIB dan SEJAHTERA.

    Sekali lagi saya ucapakan SELAMAT dan SUKSES bagi semua masyarakat NIAS BARAT.

    Tuhan memberkati..!!

  3. Sebagai Masyarakat Nias Barat, saya bangga atas kata sambutan Bapak Ketua Panitia Natal tersebut.Ada kalimat yang perlu kita garis bawahi yaitu :
    “Orang Besar mampu memaafkan, karena “memaafkan (mungkin) tidak memperbaiki masa lalu tetapi pasti mem-perindah masa depan”

    Sebagai orang yang percaya Kristus ini dangat diancungi jempol, namun apakah kita masyarakat bisa melakukan hal demikian?

    Sekarang saatnya kita memberi maaf dan meminta maaf kepada saudara kita yang pernah kita sakiti.
    Maju Nias Barat!

    JTD,

  4. Kita berharap agar dengan terbentuknya kabupaten Nias Barat, Marsyarakat Nias Barat baik elite politik dan juga niha mbanua dapat semakin bersatu!

    Salam Pak Ranto

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s