TAHUN MASEHI TETAP MENJADI TAHUN UMAT MANUSIA DI DUNIA

 Sekarang pertanyaan saya, mengapa dunia memakai kalender Masehi itu? Mengapa dunia diatur oleh kalender yang berdasarkan kelahiran Yesus? Mengapa Dunia Business dimanapun dimuka bumi memakai kalender MASEHI sebagai patokan jadwal business, perhitungan target planing, bahkan ramalan-ramalan business (forecasting), dan juga pemcatatan tanggal lahir seluruh umat manusia di dunia? Saya melihat bahwa perusahaan yang mengendalikan sepertiga business dunia inipun tetap saja memakai HITUNGAN TAHUN MASEHI (TAHUN YESUS KRISTUS) sebagai patokan seluruh jadwal mereka sampai 3 tahun ke depan.

Masehi artinya Mesias dan Mesias artinya Yesus. Suka atau tidak suka, hal ini merupakan pengakuan penuh tentang MESIAS atau YESUS yang disebut sebagai TUHAN.

Kalender Masehi adalah kalender berdasarkan kelahiran Yesus di dunia. Perhitungan Kalender ini sudah dipakai selama bertahun-tahun (ribuan tahun) yang digunakan oleh umat manusia di dunia bukan hanya Umat Kristen saja. Sebagian Umat Manusia di dunia, menganggap bahwa Tahun Masehi sebagai tahun kemenangan bagi umat manusia karena Kelahiran Sang juru selamat Manusia. Perhitungan-perhitungan Kalender Gregorian itu telah menjadi Kalender Dunia hingga abad ini.

Bahan Teori, beberapa istilah penanggalan waktu dan nama kalender dunia yang saya baca di WIKIPEDIA menunjukkan bahwa betapa dunia ini bergantung kepada kalender yang kita pakai sekarang. 

1. Tahun Syamsiah atau Tahun Solar secara fisika adalah perhitungan berdasarkan unit relatif waktu sebuah planet mengitari matahari.

Satu tahun biasa dibagi menjadi beberapa bulan dan hari.  Planet bumi mengitari matahari dalam waktu satu tahun. Menurut Kalender Julius, satu tahun terdiri dari 365,25 hari, sedangkan menurut Kalender Gregorian, satu tahun terdiri dari 365,2442 hari. Tahun Masehi yang berdasarkan tahun syamsiah, sekarang ini berdasarkan kalender Gregorian.

Informasi lainnya dapat diperoleh dari: 

http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Syamsiah

2. Kalender Gregorian adalah kalender yang sekarang paling banyak dipakai di Dunia Barat. Bahkan dunia memakainya, perhitungan kalender ini merupakan modifikasi Kalender Julian.  

Orang yang pertama sekali mengusulkannya ialah Doktor Aloysius Lilius, dari Napoli, Italia dan disetujui oleh Paus Gregorius XIII, pada tanggal 24 Februari 1582. Penanggalan tahun kalender ini, berdasarkan TAHUN MASEHI.

Kalender ini diciptakan karena Kalender Julian dinilai kurang akurat, sebab permulaan musim semi biasanya 21 maret semakin maju, sehingga kebiasaan perayaan PASKAH yang sudah disepakati sejak KONSILI NICEA 1 TAHUN 325 tidak tepat lagi.

3. Kalender Julian, Satu Tahun dalam Kalender Julian berlangsung selama 365,25. Perhitungan kalender ini sebelumnya dianggap yang paling akurat diantara perhitungan para pakar lainnya.

Namun, karena terdapat selisih perhitungan  yang sangat besar  berdasarkan putaran bumi mengelilingi  matahari hanya berlangsung selama 365,2422. hari, maka setiap satu milenium, Kalender Julian kelebihan 7 – 8 hari. Masalah ini dipecahkan dengan hari-hari kabisat yang agak berbeda pada kalender baru ini.

Pada kalender Julian, setiap tahun yang bisa dibagi dengan 4 merupakan tahun kabisat. Tetapi pada kalender baru ini, tahun yang bisa dibagi dengan 100 hanya dianggap sebagai tahun kabisat jika tahun ini juga bisa dibagi dengan 400. Misalkan tahun 1700, 1800 dan 1900 bukan tahun-tahun kabisat. Tetapi tahun 1600 dan 2000 merupakan tahun kabisat.

Pengalaman Unik:

1. Transaksi Bank di belahan Negara Timur Tengah, ketika kami menukarkan Billet Giro, ternyata transaksi bank tersebut memakai penanggalan Tahun Masehi. Kalender yang digantung didinding bank tersebut adalah Kalender Masehi, hanya nama-nama hari yang diganti memakai nama hari berbahasa arab. Berarti Penanggalan Transaksi Bank di Dunia memakai Kalender MASEHI.

2. Di Indonesia juga ternyata TAHUN MASEHI tetap dipakai, termasuk penulisan Tanggal Kelahiran pun dalam KTP (Kartu Tanda Pengenal). Tanggal Penetapan Hari Libur Nasional dan semua tanggal sejarah memakai penanggalan Tahun Masehi.

3. Tahun Baru Dunia adalah 1 Januari, dan dirayakan oleh semua umat manusia dimuka bumi, sebagai awal dimulainya tahun baru, semangat baru dan program baru.

Jika ada tanggapan lain, silahkan sampaikan komentar anda dan mari kita diskusi disini, ada pendapat?

36 pemikiran pada “TAHUN MASEHI TETAP MENJADI TAHUN UMAT MANUSIA DI DUNIA

  1. Woy gw ini orang kristen , kalau lo mau tau kenapa saat yesus di salibkan tidak membebaskan diri , LO LIAT FILMNYA YANG JELAS , LO LIAT ALKITAB BIAR JELAS …..

  2. apapun komentar anda agama tidak pernah menyelamatkan anda okey? jadi tolong jangan menghina agama masing2. siapapun dia klo perbuatannya baik di dunia maka ia pasti mewarisi kejaan Allah. kamu yang komentarnya ngaur seperti itu saya yakin kamu belajar agamanya setengah2 makanya serap ilmu agama tu yang benar biar tidak goblok seperti itu.

  3. hakekat masalah penanggalan ini adalah dasar peredaran matahari atau bulan, lha gereja make samsiah dihitung mulai saat lahir isa as menurut keyakinan gereja/bukan dr injil, sehingga mulainya tidak berdasarkan hitungan edar matahari, mis; tg 1 dimulai pas berada di equator atau pd titik balik utara/selatan.itu aja bila dicermati dr bibel sendiri dan dikaitkan dg kondisi klimatologi maupun ilmu falaq ya ketemunya nanti ya nggak konsisten babar blaas, hal ini sakbenernya bisa dianggap sebagai pelecehan thd kitab injil/taurat yg hakiki/nabi isa as atau yesus /bukan buku cetakan,tulisan yg ada saat ini kan tulisan manungsia. kita bisa lihat tu tulisan2 ilmiah kan hrs konsisten meskipun pd halaman pengantar selalu ditulisttg’ mingsih ada kelemahan2,kekurangan2 tulsan/paper/thesis dst..’ tapi di kitab al qur’an brani itu di surat yg ke dua tidak ada keraguan sama sekali ….dan apalagi setelah diketemukannya mengsin scanner komputer, walah2 tambah ilmiah itu kitab n isinya, allahu akbar3x ya ghofar, ya azis ya robbil’a’llamin………..

  4. “Penanggalan ini digunakan secara luas di dunia untuk mempermudah komunikasi”. Saya rasa hanya ini alasan yang paling masuk akal… karena sebagian besar dari kita berurusan dengan orang2 dari berbagai macam golongan (suku, agama, ras, dll). Masalah kebenaran agama, lebih baik kita pelajari dan perdalam pengetahuan kita tentang agama masing2. Pelajari dan dalami dahulu kitab agama masing2, Pikirkanlah dengan seksama. Dalam mempelajari agama, jangan cepat puas dengan satu sumber atau literatur saja, jangan menterjemahkan setengah-setengah, agar lebih bijak dalam memberikan komentar, dan tidak terlalu mencari-cari kesalahan orang lain.

    Wassalam

  5. tidaklah penting tahun berapa Yesus dilahirkan, pengakuan dunia yang menjadi topik kita kali ini. Yesus orang Nazaret adalah Mesias, dan diperhitungkan bahwa kedatangannya adalah u keselamatan manusia. termasuk mereka yg suka maki2 Yesus …hehehehe

    Tahun berapa nabi lainnya dilahirkan ? misalnya nabi Nehemia, atau nabi Elia. ? tidak penting u sebuah analisa mengapa tahun masehi yg digunakan oleh orang arab? Orang Indonesia? Mengapa cek atau giro memakai tgl masehi, mengapa buka tahun kalender hizjriah hahaha ? anehkan…? jawab donk.

    Musa menyembah YAHWE bukan ullah, Daud menyembah YAHWE bukan Ullah, sampai YESUS ada demi Nama YAHWE bukan Ullah ….mengapa Muhammad mengklaim bahwa musa, ibrahim dan nabi2 menyembah Ullah …Muhamad baru datang setelah 600 tahun setelah kedatangan Mesias …iSA aLMASIH….AYA AYA WAE ….. nipu ya ? tiba2 ada klaim agama yg paling benar adalah islam yg menyembah Ullah, apa Musa kenal sama Ullah ? oh….kasihan, Musa menyembah YAHWE …JEHOVA bukan ULLAH..

    .ALLAH, OLLAH dan apalah itu tidak kenal sama abraham bro….. Apa musa memakai bahasa arab untuk berkomunikasi dgn YAHWE ? hahaha …apa Abraham kenal ALLAH ? apakah abraham pakai bahasa arab ? konyol ya ? bodoh banget ..argumentasi yg bisa2 bikin otak panas …karena kebodohan atau dibodohi…kita akhirnya perang….!

    Pada hal pertanyaan di atas, dari nara sumber, Mengapa TAHUN MASEHI masih dipakai di Mesir, arab dan negara2 islam lainnya ? ini harus dijawab. mari kita jawab…dengan logika! bukan emosi, apakah ini pengakuan yg tak disadari oleh kaum yang sangat memprihatinkan ini sebagai bukti pengakuan kepada Mesias? ? ?

    Iqbal Christian

  6. Jawabannya adalah karena ternyata kalender Masehi yang dipakai oleh Kaum Kristiani dan mayoritas penduduk bumi itu salah hitung… :)

    Mengapa Yesus lahir “Sebelum Masehi”?

    Dari beberapa perhitungan tahun kelahiran Yesus yang telah dikemukakan di atas, semuanya mengacu pada masa sebelum Masehi. Kata “Masehi” sesungguhnya mempunyai akar kata yang sama dengan “Mesias” dalam bahasa Ibrani dan “Kristus” dalam bahasa Yunani. Jadi sesungguhnya kata “Masehi” yang dipakai dalam perhitungan tahun-tahun pada masa kini menunjuk pada Kristus. Jika kita menyebut tahun 50 SM (Sebelum Masehi) artinya ada 50 tahun sebelum kelahiran Kristus. Jika kita menyebut tahun 100 M (Masehi) maka maksudnya adalah 100 tahun setelah kelahiran Kristus. Tentu sesuatu yang sangat menarik bahwa tahun kelahiran Kristus dijadikan sebagai patokan perhitungan tahun dalam dunia ini. Lalu bagaimana dengan perhitungan-perhitungan tahun kelahiran Kristus yang mengacu pada masa sebelum Masehi? Jika kita berkata bahwa Kristus dilahirkan sekitar tahun 8-5 sebelum Masehi bukankah itu berarti bahwa Kristus lahir sekitar 5-8 tahun sebelum kelahiran-Nya? Bukankah ini sebuah kejanggalan? Mengapa bisa terjadi seperti ini?

    Pada abad 6 kaisar Justinian memberikan perintah kepada seorang yang bernama Dionisius Exegius untuk membuat sebuah kalender dengan perhitungan tahun Masehi (tahun kelahiran Kristus) untuk mengganti kalender Romawi saat itu yang memakai perhitungan tahun berdasarkan tahun berdirinya kota Roma yang biasanya disingkat AUC (Ab Urbe Condita). Menurut perhitungan tahun AUC, kelahiran Kristus jatuh pada tahun 747 namun ternyata dalam pembuatan kalender Masehi itu Dionisius Exegius membuat kekeliruan perhitungan dengan menempatkan kelahiran Kristus pada tahun 753 AUC sehingga terjadi kekurangan sekitar 6 tahun. (Informasi : Baca penjelasannya lebih lanjut dalam buku Selamat Natal karangan Andar Ismail, hal. 43). Kekeliruan ini tidak sempat diperbaiki karena kalender yang dibuat telah dipublikasikan ke seluruh kekaisaran Romawi bahkan sudah diterima seluruh dunia pada masa kini (Catatan : Jadi kalender yang kita pakai sekarang ini adalah hasil karya Dionisius Exegius). Karena kekurangan ini maka Kristus yang seharusnya menurut tarikh Masehi dilahirkan pada tahun 0 (nol) sebagai pusat perhitungan tahun-tahun akhirnya bergeser kira-kira 6 tahun. Itulah sebabnya perhitungan tahun kelahiran Kristus menjadi bergeser beberapa tahun dari tahun 0 (nol) sehingga para sejarawan dan peneliti menempatkannya sekitar tahun 6-4 SM. Dan dengan demikian perhitungan tahun kita saat ini juga berkurang sekitar 6 tahun. Jadi seandainya tidak terjadi kekeliruan perhitungan Exegius maka sekarang ini kita bukannya berada pada tahun 2004 melainkan mungkin di sekitar tahun 2008 atau 2010. Faktanya Exegius telah salah menghitung dan akhirnya tahun-tahun berkurang 6 tahun sehingga kita saat ini masih berada di tahun 2004. Demikianlah alasan bagi kejanggalan di sekitar tahun kelahiran Kristus.

  7. Tahun berapakah Yesus dilahirkan?

    Sama seperti masalah tanggal/bulan kelahiran Kristus, tahun kelahiran Kristus pun tidak pasti. Namun demikian, kita memiliki beberapa acuan historis dari Alkitab.

    (1) Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes (Mat 2:1). Kalau Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes maka kita memerlukan informasi masa pemerintahan Herodes. Flavius Josephus seorang sejarawan Yahudi memberikan informasi bahwa Herodes mulai memerintah dari tahun 73 hingga tahun 4 SM (tahun kematiannya). Itu berarti bahwa Yesus tidak mungkin lahir setelah tahun 4 SM karena sewaktu Yesus lahir Herodes masih hidup dan bahkan Herodes ingin membunuhnya. Dari terang ini kita bisa memperkirakan bahwa Yesus lahir beberapa tahun sebelum kematian Herodes (tahun 4 SM).

    (2) Yesus dilahirkan pada saat Kaisar Agustus mengadakan sensus di mana Kirenius menjadi wali negeri di Siria (Luk 2:1-2). Menurut catatan Josephus, seorang bernama Kirenius pernah dikirim ke Siria dan Yudea untuk menyelenggarakan suatu sesus pada permulaan tarikh masehi. Sensus ini merupakan bagian dari operasi pembersihan setelah Arkhelaus (putera Herodes Agung) dipecat dari jabatannya. Peristiwa ini terjadi beberapa tahun setelah Herodes mati (tahun 6-7 M). Melihat data ini rasanya sulit mencocokkannya dengan acuan pertama di atas namun penjelasan dapat diberikan untuk ini bahwa Lukas memberikan catatan awal dari tugas Kirenius itu (beberapa tahun sebelum tahun 6-7 M) namun mengingat masalah transportasi dan komunikasi yang sangat sulit waktu itu maka tugas itu baru berakhir pada tahun 6-7 M seperti yang dicatat oleh Josephus. (Informasi : Untuk memahami lebih jauh masalah ini, silahkan baca buku John Drane “Memahami Perjanjian Baru” hal. 54-57).

    (3) Yesus dibaptis ketika berumur 30 tahun yakni tahun ke 15 dari pemerintahan kaisar Tiberius (Luk 3:1). Pemerintahan resmi Kaisar Tiberius atas Roma dimulai pada tahun 14 M sehingga tahun ke 15 pemerintahnnya adalah tahun 28 M. Namun sebenarnya ia telah memerintah bersama kaisar Agustus sejak tahun 11 M sehingga meskipun ia secara resmi baru memerintah tahun 14 M (setelah Agustus mati) tetapi sesungguhnya ia telah memegang kekuasaan sejak tahun 11 M. Mungkin sekali Lukas menghitung tahun ke 15 pemerintahan Tiberius ini dari tahun 11 M sehingga tahun ke 15 pemerintahan Tiberius adalah tahun 25-26 M. Kalau pada tahun 25-26 M Yesus berumur 30 tahun, maka dapat diperkirakan waktu kelahiran Yesus dari sini yakni berkisar tahun 5 atau 4 SM. Dari semua data sejarah ini pada umumnya para ahli sejarah dan teolog memberikan perhitungan tahun kelahiran Yesus di sekitar tahun 8 hingga tahun 4 SM. Ada yang berkata Yesus lahir sekitar tahun 8-5 SM, ada juga yang memperkirakan tahun 6-4 SM.

    Terus tahun 1 Masehi itu dihitung sejak kapan..?? ada peristiwa apa di sana..?? atau cuma iseng2 doank..??

  8. hahahaha

    kalo yesus bisa di sebut tuhan harusny dia juga bisa selamatkan drinya waktu mau d salib!!!

    bgaiman bisa dia menyelamatkan kamu sedangkan dirinya sendiri tidak bisa ia selamatkan?????????????????

    tanda tanya besarrrrrrrrrrrrr!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. kalo tidak d butuhkan pegakuan qur’an kenapa injil perlu???

    terus bgaimana dgn kitab lain?? taurat dan sebagainya??? jagn sok benar sendiri deh !!!! buktikan aja dgn alasan yang logis!! bisa lo?? kitab lo simpan aja d rumah lo.. mencari kebenaran itu tdk bisa dgn 1 landasan!!! masih harus banyak literatur yng lain yang mesti mnjadi pegangan agar kita bisa yakin(yang benar) dengan sebuah keyakinan!!

  10. joy
    semua agama mengatasnamakan kebenaran!!!!
    loe jangan bicara seakan-akan keyakinan lo yang pling benar.. mank sampai di mana pengetahuan loe??? lo yakin karna apa??? apa karna kamu pikir-pikir lo yakin???

  11. eric klo lo d bunuh orang berarti dosanya d tanggung yesus yah?? tega lu dosa orang yang ngebunuh lu d tanggung ma tuhanmu????

    herannya saya..

  12. ini juga si sanches,, elu yang bangsat goblokk!!!

    komen lu gak jelas!!!! mank lo ngerti agama mpe mana?? hah!!!

  13. klo komentar yang masuk akal donk!!!

    mau bawa2 agama tpi pnjelasnnya abstrak, selesaikan dulu konsep agama n kitabmu bru sok bicara agama!! gak malu apa ma kata2 si david???

  14. Bangsatttttt ngerti agama gak…??? Coba dibaca duli topiknya…
    Pada intinya Tahun masehi adalah tahun Tuhan, masehi beral dari bahasa latin ado nomini dan bahasa inggris BF yaitu before Christ Yang artinya sebelum kristus….. Orang kristen merdeka untuk selamanya Alfa dan Omega

  15. Ya Allah jika saatnya engkau panggil aku,panggil aku dalam islam,Ya Allah banyak yang menghina engkau,tapi engkau maha pengasih dan penyayang,semua yang menghina islam,aku pastikan engkau sudah tekan kontrak di neraka

  16. kalender dibuat berdasarkan penelitian, dan perhitungan yang sangat pntar sekali bukan hanya menyangkut agama…
    hanya saja para pembuat kalender sepakat kalender dipakai dan perhitungannya dimulai sejak Yesus lahir yang dipercaya banyak orang bahwa Yesus adalah Mesias sang juruslamat manusia.. jadi simbol bahwa mulai saat Yesus lahir kita diselamatkan… karena penanggalannya dimulai sejak sang Mesias lahir maka nama kalendernya adalah kalender Masehi.. trims..

  17. tentunya kita tidak memakai penganggalan/kalender yang salah alias tidak logis bin keliru. karena yang benar menurut faktanya dalam satu tahun itu berarti bumi mengitari matahari selama 365,25 hari (dari 0 derajat ke 360 derajat), kalau Mercurius mengelilingi matahari dari (0 derajat ke 360 derajat) cuma 2 hari artinya 1 tahun untuk mercurius hanya 2 hari.
    Adapun kalender yang lain mencatat 1 tahun itu cuma lebih kurang 355 hari atau kurang 10 hari dari waktu edar bumi yang seharusnya sehingga perayaan kalender ini seperti hari raya sebenarnya teringgal 10 hari dari waktu edar bumi yang seharusnya (kalender masehi) Itu sebabnya pada januari 1999 tahun baru masehi bertemu dengan hari raya idul fitri.
    Makanya kalender masehi bukan saja menyangkut aspek agama tetapi juga menyangkut aspek logika dan fakta yang benar.

  18. YESUS RAJA SEMESTA ALAM………..
    IA LAHIR UNTUK MENEBUS DOSA” KALIAN YANG TELAH BERDOSA DI HADAPANYA……….GLORRY HALELUYA……….

  19. Sudah saatnya umat islam mempunyai kalender/waktu sendiri sesuai ajaran islam yg telah ditentukan dlm kitab suci al qur’an,tdk spt selama ini umat islam msh menggunakan kalender umat nasrani

  20. yang benar itu akan tampak dari buah-buahnya…jadi berbuat baiklah agar Tuhanmu juga nampak bagi orang lain…
    @ david: harta bukan segalanya :) teman kamu yg kesurupan itu tidak mempan dengan hanya ditempeli injil di jidatnya, krn injil bukan semacam jimat, coba di doakan pasti lbh mempan hehehe…

    Gbu all, merry Christmas buat yang merayakan dan Happy New Year buat semuanya (secara tanggalan yang kita pakai itu tanggalan Masehi :P )

  21. sory ya kawan smua…koment gwe yg ga ilmiah nih…
    abis gwe ribet sih… pke bawa2 injil n nabi sgala. tuh yg baca2 injil…gara2 gwe bca injil gwe males pegi gereja tau… gak msuk akal lngsung….
    gwe tanya nih… teman mu ngelakoni dosa. emang kmu mao jd bahan pnebusnya?.
    fokus ke pembahasan ja deh…. ga usah pamer injil, qur’an yg gak jelas juntrungnya..
    klo bilang qur’an karangan muhammad, apa di pastikan injil itu bukan karangan yesus.
    gwe kasi contoh nih…temn gwe ksurupan, gwe pasang injil di jidatnya kok gak mempan?
    baca dulu topik yg bner, bru koment yg bner.
    gtu toh…. caw….
    salam damai semua……
    met tahun baru islam yg udah lewat pelaksanaannya…
    merry cristmas yg bkal mrayakan…
    met tahun baru semua…
    met imlek sbulan lagi….

  22. pegi gereja ga dpt duit, pegi mesjid juga.
    msalah kalender, wah… gwe gak tau tuh… yg gwe tau klo tgl 1 atow 2 tuh gajian…
    hahahahahaha…….
    ngapain pusing2 kalender, mo masehi kek, mo hijriyah kek, mo thn cina kek.. yg pnting gajian nya men….
    gwe hatam qur’an dg trjemahnya, injil juga dah abis..
    gak da satupun yg bkin gwe tenang, meski gwe triak2 mnggil roh kudus yah…. emang bner ada ya? mana? ada yg prnah liat?
    prinsip gwe… yg ada gwe pake slagi gak ngerugiin n nyakitin.
    temen gwe nasrany, sobat gwe islam, relasi gwe hindu, ptner bisnis gwe konghucu.
    kami aman damai n bahagia slalu tnpa ngeributin tnggal mna yg d pke, nabi mna yg bner, knp gak pke klender islam atow saka, atow cina..
    hhhhhh….. geli ati gwe baca tulisan2 ni.
    apa gwe yg kurang canggih ya?
    tp buktinya gwe bisa kaya raya.. (berkat usaha keras gwe, teman, sobat, relasi, patner gwe) yg walaupun beda..tp tetap punya rasa manusia..
    cihuy……..

  23. Saya pikir pemahaman saudara2 sudah lari dari tujuan penulisan.

    Tulisan ini sangat ilmiah dan bukan untuk diperdebatkan siapa dan siapa, yang diperdebatkan…mengapa Tahun kelahiran ISA menjadi Tahun 1 … dan akhirnya mengapa menjadi Tahun umat manusia.

    Banyak Penanggalan misalnya Tahun China, Tahun Muslim dan tahun menurut ajaran atau budaya bangsa lain itu pasti ada, tetapi mengapa tidak dipakai secara universal. ….?

  24. Saya hanya percaya Injil, sekalipun saya dituduh murtad sekarang, saya percaya tulisan injil yg berasal dari TUHAN.

    Penafsiran lain saya tidak percaya, mengalah saja di kaki Yesus, dan kita diselamatkan.

    Baca baik:

    INJIL LUKAS
    1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
    1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
    1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
    1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
    1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
    1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

    MENGAPA MENCARI KEBENARAN LAIN LAGI DITEMPAT YG GELAP DAN PENUH DENGAN KERAGUAN?

    Joy

  25. Yesus itu dari mana?

    Kita tidak butuhkan pengakuan Quran untuk menjawab hal ini. Sebab 600 tahun setelah Yesus ada, barulah Quran di karang oleh Muhammad.

    Yang kita butuhkan adalah Pengakuan Alkitab, apakah DIA yang disebut Yesus itu dari Surga atau dari bumi ini.

    BACA INJIL
    LUKAS 1:26. Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
    1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.
    1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”
    1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
    1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
    1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
    1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
    1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
    1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
    1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
    1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.
    1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”
    1:38 Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
    1:39. Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.
    1:40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
    1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
    1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
    1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
    1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
    1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.”
    1:46 Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan,

  26. sdr2, Jesus pantas dia dipanggil TUHAN karena di dlm DIA ada Roh Tuhan YAHWE. SIFAT dan PERILAKUNYA adalah menunjukkan bahwa DIA Tuhan.

    Hanya org2 yg diberkati dan dipilih yg bisa mengerti rahasia ini, yg mau sepakat dengan Kehendak TUHAN maka IA menerima Roh Kudus yg bisa menjelaskan hal ini dalam hati sanubari yg dalam.

    Jadi, bukan karena sejarah atau ilmu apapun yg bisa membuat kita memahami hal ini, undang roh kudus dalam hatimu dan niscaya engkau akan memahaminya dgn sungguh…dan dasyat ..luar biasa

    silahkan coba

  27. Yesus atau Isa adalah mesias, yang diutus oleh Tuhan untuk menjadi penyelamat manusia di jamannya. Ia memiliki Tuhan sebagaimana ia memanggil-manggil nama Tuhan saat hendak menuju proses penyaliban. Kalender Masehi digunakan oleh semua umat karena Yesus atau Isa adalah panutan yang diakui oleh agama besar di bumi. Hanya kita semua perlu membaca sejarah bahwa pernah ada masa Romawi SANGAT BERKUASA di muka bumi ini dan banyak fakta yang dibelok-belokkan demi kepentingan penguasa saat itu dan demi kelangsungan berhala yang mereka sembah. Bacalah .. dan pahamilah..

  28. Yesus sebelum Konsili Nicea tahun 325 M, oleh para pengikutnya yang sezaman dengan Yesus sendiri,menghormati penuh Yesus sebagai utusan Tuhan, nabi sebagaimana Moses dan David dan menyembah Tuhan yang mengutus Yesus. Lalu setelah Konsili Nicea 1 tersebut, sekian ratus tahun setelah Yesus dikabarkan wafat, Yesus dinobatkan sebagai Tuhan oleh para pengikut konsili tersebut. Jadi apakah para pengikut Yesus yang awal tersebut sesat?

    Ataukah para ‘pengikut Yesus’ (saya beri tanda kurung karena tampaknya Yesus sendiri tak pernah mengklaim dirinya sebagai Tuhan) setelah Konsili Nicea yang mengamini Yesus sebagai Tuhan itu yang justru sesat?

    Tergolong mengada-adakan yang tak ada kan, hasil konsili ini?

  29. Yaahowu untuk Dorohia, mohon jangan memanas-manasi situasi di PNB …api bisa membakar siapapun.

    Topik khusus Tahun Masehi ini saya berbagi sedikit bahwa Dunia tdk mungkin merubah pemakaian tanggal dan tahun Masehi, biarkan saja. Hal ini tidak bicara siapa Yesus? tapi mengapa Tahun di Bumi ini dimulai dari tahun 1 sejak Mesias ada? itu pertanyaan saya saja.

    Banyak data seperti:
    “Di lain pihak, kelompok umat Yahudi yang menjadi pendiri pertama agama Kristen yakin bahwa Yesus dari Nazaret adalah Mesias terjanji mereka. Nama “Kristus” adalah persamaan “Mesias” dalam bahasa Yunani, sehingga nama Yesus Kristus sungguh berarti “Yesus Sang Mesias”, atau “Yesus yang Diurapi”. Mereka mengajarkan kebenaran ini dengan keyakinan dan kekuatan bahwa tidak hanya orang Yahudi tetapi, kemudian, orang-orang di seluruh dunia, percaya kepada Yesus, sebagai Kristus dan juga sebagai Tuhan dan Penyelamat semua orang.

    baca selanjutnya juga di:

    http://www.christiananswers.net/indonesian/q-eden/edn-r004i.html

  30. Kita bahas secara ilmiah saja pak Moderator, supaya jangan ada bias. Coba baca:

    http://spektrumku.wordpress.com/2007/09/08/menentukan-hari-dalam-kalender-dengan-artitmatika-sederhana/

    Bahwa:
    Kalender Gregorius dan Kalender Julius. Kalender yang kita pakai sekarang ini, yang berdasarkan peredaran Bumi mengelilingi matahari yang disebut kalender syamsiah atau solar calendar dimulai dari sekitar tahun 45 SM. Waktu itu Julius Cæsar, kaisar Romawi waktu itu memerintahkan bulan Januari dan Februari untuk diletakkan di awal tahun (sebelumnya dua bulan tersebut diletakkan di akhir tahun!). Pada saat yang bersamaan di zaman Julius Cæsar ini diperkenalkan pula sistem tahun kabisat yang setiap 4 tahun sekali bulan Februari ditambah satu hari menjadi 29 hari di tahun-tahun yang bisa dibagi 4. Itulah kenapa pada awal penerapan penanggalan syamsiah Romawi pada awalnya disebut dengan kalender Julius (Julian Calendar) dari nama Julius atau Iulius Cæsar. Namun karena penanggalan Julius ini sangat kurang akurat, maka tahun 1582, yang seharusnya dimulainya musim semi jatuh tanggal 21 Maret ternyata sudah bergeser sekitar 10 hari yang membuat gereja Katolik Roma menemui kesulitan untuk menentukan hari Paskah. Untuk itu Paus Gregorius XIII memerintahkan ‘pemotongan’ kalender selama 10 hari yaitu pada Hari Kamis tanggal 4 Oktober 1582 yang besoknya dinobatkan menjadi hari Jumat 15 Oktober 1582. Jadi tanggal 5 Oktober hingga tanggal 14 Oktober 1582, tidak pernah ada dalam sejarah. Dan sejak itulah Kalender yang kita pakai sekarang ini dinamakan kalender Gregorius (Gregorian Calendar). Dalam kalender Gregorius ini juga diadakan perbaikan sehingga lebih akurat lagi, yaitu setiap akhir abad, tahun yang bisa dibagi dengan 100 namun yang tidak bisa dibagi 400 (seperti tahun 1800, 1900, 2100, 2200, dan sebagainya) dinyatakan BUKAN LAGI sebagai tahun kabisat walaupun tahun-tahun tersebut dapat dibagi dengan 4. Ok mari sekarang kita mulai dengan ‘proyek’ kita yaitu menentukan hari dalam kalender.

    Yang pertama kali harus diketahui. Kita mengetahui bahwa 1 tahun sama dengan 365 hari atau di tahun kabisat sama dengan 366 hari. Nah 365 hari ini mempunyai 52 minggu (365 hari dibagi 7) dengan sisa 1 hari. Nah, sisa 1 hari (yang belum genap 1 minggu) ini dinamakan 1 hari yang menyendiri atau hari menyendiri. Sedangkan di tahun kabisat tentu saja jadinya punya 2 hari menyendiri. Sekarang mari kita hitung 1 abad mempunyai berapa hari menyendiri? Untuk Kalender Gregorius (untuk mencari hari sesudah tanggal 4 Oktober 1582) dan untuk Kalender Julius (mencari hari sebelum tanggal 15 Oktober 1582) mempunyai teknik tersendiri. Mari kita mulai dari kalender Gregorius dulu yang sekarang kita pakai.

    SQ

  31. Saya pernah membaca teks di bawah ini, namun saya sarankan jangan membahas Teknik Penyusunan Kalender ini hanya dari sisi AGAMA. Kita lihat tekonologi dan sainsnya juga, sehingga dapat mendukung tulisan ini.

    Mesi
    Petulah Medan.
    Tulisan dibawah ini telah disanggah dalam http://swaramuslim.net/fakta/ (silahkan membandingkannya).

    CUPILKAN : RAHASIA SURGA DI DALAM AL-QURAN
    KATA PENGANTAR

    Assalamu’alaikum Wr. Wbr.

    Kita bersyukur kepada Allah SWT bahwa atas kasih karunia dan berkatNya bangsa Indonesia dapat melenyapkan penjajahan dari muka bumi Nusantara ini dan menyatakan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Masehi.

    Pada waktu teks Proklamasi Kemerdekaan dibuat dan dibacakan, tahun yg dicantumkan dalam teks asli Proklamasi tsb bukan mencantumkan tahun Masehi, tapi mencantumkan tahun almanak Jepang, yaitu 05. Namun dengan mengingat bahwa tahun almanak yg dianut oleh sebagian besar bangsa-bangsa di dunia adalah tahun Masehi, maka walaupun teks aslinya menyebutkan tahun Jepang, tetapi penyampaiannya ke seluruh dunia mempergunakan tahun Masehi, yaitu tahun 1945. Kata Masehi sendiri berasal dari kata Almasih Isa Putra Maryam, yaitu yg disamakan dengan Mesias atau Juruselamat.

    Penggunaan tahun Masehi dimulai dan dihitung sejak Isa AS dilahirkan di dunia ini. Bangsa Indonesia mempergunakan penanggalan almanak dengan tahun Masehi ini jika ditinjau dari sudut pangdangan agama sungguh beralasan karena bangsa Indonesia adalah penganut agama tauhid yg percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bahkan salah satu ayat Al Qur’an (Surat 3 Aali Imraan ayat 45) menyebutkan bahwa Isa Putra Maryam adalah seorang yg terkemuka di dunia dan di akhirat. Terkemuka di dunia dan di akhirat bagi Isa AS berarti mempunyai kedudukan yg paling tinggi dan paling berkuasa di dunia dan akhirat. (Ingat, bahasa Indonesia ter- berarti adalah paling ).

    Oleh sebab itu hampir seluruh bangsa di dunia menggunakan almanak tahun Masehi sejak bangsa-bangsa di dunia mengakui keberadaan Isa AS sampai sekarang. Demikian pula halnya dengan bangsa Indonesia yg telah mengakui dan menerima keberadaan Isa AS tsb sehingga juga menggunakan almanak tahun Masehi sejak bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

    Walaupun secara resmi keberadaan Isa AS diakui oleh bangsa Indonesia dengan cara menggunakan sepenuhnya penanggalan almanak tahun Masehi, tetapi mungkin masih banyak diantara mereka yg belum mengetahui secara tepat siapa sebenarnya Isa AS dari sudut pandang Islam yg terdapat di dalam kitab Al Qur’an dan Hadits Shahih yg ada antara lain Kitab Hadits Shahih Bukhari.

    Untuk melengkapi penyusunan penulisan ini dan untuk mendapat kebenaran yg hakiki mengenai siapa sebenarnya Isa AS tersebut, maka kami hanya mengambil bahan-bahan dari Kitab Al Qur’an dan Kitab Hadits Shahih Bukhari dengan selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT agar Ia memberkati setiap amal perbuatan yg baik mengingat tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjadikan pelita bagi yg belum mengenal Isa AS dari sudut pandangan Islam, walaupun setiap harinya hidup berkecimpung dengan
    menggunakan almanak tahun Masehi.

    Semoga penulisan ini bermanfaat bagi yg membacanya dan kepada Allah SWT pulalah segala sesuatunya kami kembalikan.

    Penyusun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s