Ada 25 Kriteria Pemimpin Ideal Versi Kristiani

Bicara mengenai “Kriteria Pemimpin Masa Depan” sangat sulit rasanya, kenapa tidak? Karena kehidupan birokrasi telah sekian lama dipisahkan dari kehidupan ROHANI. Ada yang memberi nasihat seperti ini “jangan sebut-sebut ayat Alkitab dalam pembicaraan ini”. Saya tidak tahu alasan apa yang membuat kita menjadi munafik yang memisahkan iman percaya kita dengan dunia sekuler. Seakan-akan dunia kita ada dua, seakan-akan ada dua penampilan wajah kita. 

Saya berharap bahwa suksesnya Nias ke depan adalah karena Pemimpin Nias diberkati oleh Tuhan. Pemimpin masa depan mampu memenuhi kriteria ideal versi Kristiani masa kini.

Dalam Kitab Markus 10:44 – 45  “dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Dalam Surat Paulus di 1 Timotius 3:1-13

3:1. Benarlah perkataan ini: “Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah.”
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,
3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
3:8. Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur, jangan serakah,
3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci.
3:10 Mereka juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat.
3:11 Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal.
3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.
3:13 Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.

Dari Paulus lagi, ketika menulis surat kepada para calon pemimpin di dalam Jemaat (Titus 1:5-16) adalah:

1:5. Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,
1:6. yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib.
1:7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah,
1:8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri
1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.
1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.
1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.
1:12 Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: “Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas.”
1:13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman,
1:14 dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran.
1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.
1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Kesimpulannya adalah:

  • 1. Berhati seorang hamba (hamba kebenaran)

  • 2. Seorang yang melayani, bukan dilayani

  • 3. Rela berkorban

  • 4. Seorang yang tak bercacat (moral)

  • 5. Suami dari satu isteri

  • 6. Dapat menahan diri

  • 7. Bijaksana

  • 8. Sopan

  • 9. Suka memberi tumpangan

  • 10. Cakap mengejar

  • 11. Bukan peminum / pemabuk dan perokok

  • 12. Bukan pemarah melainkan peramah

  • 13. Pendamai

  • 14. Bukan hamba uang

  • 15. Seorang kepala keluarga yang baik

  • 16. Disegani dan dihormati oleh anak-anaknya

  • 17. Bukan seorang yang baru bertobat

  • 18. Memiliki nama baik di luar jemaat

  • 19. Seorang yang terhormat

  • 20. Tidak bercabang lidah

  • 21. Memiliki hati nurani yang suci

  • 22. Anak-anaknya hidup beriman

  • 23. Tidak angkuh

  • 24. Tidak serakah

  • 25. Berpegang pada perkataan yang benar

Tulisan ini tidak bermaksud mempersulit seseorang untuk menjadi pemimpin di Nias sebagai Pulau yang dihuni oleh mayoritas warga masyarakat Kristen. Karena kesejahteraan masyarakat berasal dari pemimpin yang diurapi TUHAN. Bupati dan walikota nantinya sangat kudus hidupnya, mereka membawa perdamaian dan kesejahteraan bagi semua masyarakat.

Dalam versi kristiani, maka pemimpin masa depan adalah Pilihan Tuhan, (sangat sulit menerima Kriteria ini jika dijadikan syarat untuk memimpin Nias dimasa yang akan datang). Biasanya orang yang mengaku Kristen tidak berani menerapkan kehidupan kristiani, malu-malu mengutip firman Tuhan jika berpidato di dalam acara resmi pemerintahan, tidak seperti orang lain yang nyata-nyata menerapkan kriteria agamanya dalam situasi birokrat. Pemimpin seperti ini, tidak bisa jadi saksi, dan akhirnya mereka toleransi  dan berujung kepada kompromi.

Semoga berhasil dan mari kita doakan siapa yang akan menjadi pemimpin Nias dimasa yang akan datang.

Mustika Ranto Gulo (08557878556)

23 pemikiran pada “Ada 25 Kriteria Pemimpin Ideal Versi Kristiani

  1. Pribadi yang sempurna dan bener2 rendah hati….itu yg Tuhan mau, tetapi arus globalisasi sangat kencang shg pemimpin yang bergaya hidup IMAM sudah tidak memungkinkan. Siapa yang berduit untuk nyogok, itulah dia yang menang pilkada.

    Jadi Firman Tuhan hanya penghiburan mereka semata…korup jln terus.
    Mulai dari penerimaan PNS sampai Pemilihan Ketua DPC….gila sekali…bgm bisa tampil seorg pemimpin sesuai kriteria ini?

  2. SW……………..

    Ini masalah prinsip bung (toko Komputer) ….Islam tidak berpendapat sama dgn di atas, itukan surat Paulus, bukan dari injil….!

    sumber pengetahuan bukan hanya dari buku itu, banyak terpan sdh berpdmn pada Islam

    wassalam

  3. Komentar Preman dalam Gereja, …. aku juga mau kasitahu…

    percaya atau tidak Anggota DPRD dari partai2 kristen juga adalah lebih ganas dari Preman… apa2an itu >>>lihat saja konflik PDS !

  4. 1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik

    Pak Pendeta, banyak orang yg purapura saja melayani Tuhan, pada hal mereka preman dalam gereja, masih teror, bunuh, fitnah dan macam-macam, pak. Bukan di Nias saja, di daerah kami di ambon , besaudara pun bunuh! Tapi mereka pake salib …hahaha!

  5. SALOM pAK Kino,

    Versi memang beda, tetapi tujuannya adalah sama, bahkan kita bisa kelompokkan lebih lagi.

    saya rasa pendapat saya sama saja dengan versi Pak Royandi, selisihnya cuma satu.

    Yg penting kita jalani dgn baik saja, sungguh ini sulit ya?

    GBU

  6. yth Pak Pdm. Ir. Mustika Ranto gulo, (Moderator)

    Mengapa berbeda dengan kriteria versi Pak Dr. Royandi Hutasoit? Baca di situs PDS. Kalau bisa ada satu kepastian, sebab disana cuma 24 kriteria, sedangkan bapak menulis 25 kriteria?

    salom

    Kino

  7. Tgl 11 November 2007 kemarin situs Ono Niha telah dilaunching di Bandung oleh Marinus W. dan Cs…situs ini adalah saudara dari situs nias baru. karena itu, jangan heran kalau ada berita atau opini yang kadang sama…

    Alamat situs Ono Niha:

    http://www.ononiha.worpdress.com

  8. Beberapa hari ini memang tidak ada kegiatan di Blog yang kita cintai, namun Pak Moderator tentu akan menulis kembali setelah pekerjaan selesai. hehehe.

    Selamat u semua ya

  9. Dear Pak Ranto,

    Mengapa tidak ada perubahan situs kita? terusin pak ranto, sangat baik, sebab blog ini sangat mendidik kita da banyak hal. bagaimana?

    Mesi

  10. Karena Moderator tidak berkenan memberi komentar maka saya maju, hehehe, anggap saja saya sdh bisa memberi pendapat yang baik sebaik moderator. Jangan tersinggung kalau saya salah.

    1. Komentar #Niha Sipade, saya tidak hapus seklaipun itu bukan puisi, tetapi baik sebagai sinyal kebaikan. Sebaiknya tulis nama lengkap agar kami tahu siapa anda sebenarnya, minimal initial, iya kan?
    2. Dalam agama yang dianut orang kristen, tidak memperkenankan perceraian atau pun poligami, ‘hendaknya kita menahan diri, untuk tidak berzinah dan merendahkan nama Tuhan demi sepotong kue apem’hehehe. Jadi, bagaimana ia bisa menjadi pemimpin masyarakat, keluarganya saja tidak bisa dibina, malah berlaku tidak setia kepada pasangannya, dasar pengkhianat. Jadi, masyarakat juga nantinya akan dimadu olehnya, jangan pilih orang ini menjadi pemimpin masa depan bangsa ini, suka ganti-ganti pasangan, hehehehe.
    3. Komentar ‘Andra’ apakah Yesus Tuhan? jawabnya sama dengan arahan pak moderator sebelumnya yaitu, bagi kami Yesus adalah Tuhan, itu harga mati, karena kami merasakan dan melihat sendiri bahwa DIA (YESUS) telah berlaku sebagai TUHAN pada kami. Terbuka pintu bagi orang lain untuk melihat betapa dasyatnya Yesus itu. Jika saudara mau bukiNya bisa saya antar anda ke sana, AKUILAH DIA MAKA DIA MENGAKUI ANDRA SEBAGAI ANAK KESAYANGANNYA. Bukan hubungan lahiriah, seperti dilahirkan oleh perbuatan hubungan manusia (suami Istri). Ini mistri yang milyaran manusia di bumi telah melihatNya dengan berbagai kesaksian dalam hidupnya. Saya berdoa untuk Indra, agar mengalami jamahanNya ya, Yesus adalah Tuhan, mulai hari ini IA akan mencari Indra dan pasti DIA menangkapmu dimanapun engkau bersembunyi di dalam kolong langit ini. Saya juga telah DIA tangkap melalui kehancuran hidupku di masa lalu. Mungkin Indra ditangkapnya dengan cara yang lain, Amin? hehehe.

    itu saja, nanti saya lapor ke Pak Moderator!

  11. Sori Ama Maya he, ubahe ma’okho komentargu hehehe.

    Niha sidombua donga (mamakaerua) tebai tobali pemimpin Nias barat ba? No 5 syarat da’o khou abua si’ai he. Tatu o’ila haniha zino tadoro sa’e he, mamofonu ira khou kawan he. No’urongo selentingan PNB hehehehe… no’uduga wasimano, haogo o’angerago ba, haniha niha Sipade andro….!

    U’andro khou, boi ya’atage-tage ndra’ugo wolau sisokhi khora, asese andro mbua gera-era ndra ga’ada Arifman, orwel, torowa ba he goi amada fandrita B Gulo. hehehehe.

    Ya’odo notobali Niha Sipade sa’e, khogu ruru mbanua namoteu, ba khogu goi garamba nibozi-bozi ndra kehai ba zirombu, aramba duagu da’o. Andro wa tobali niha sipade ndra’odo iada’a.

    Nasane ba falukha ita, no’u’ila haniha saingangu bawa apade! U’owai ami ya’ahowu, terutama kho mbalio kara Ama Maya Gulo, faogo ndra’ugo banaro gafigu, ba tebai lababaya ndra’ugo ira tuada sa’e. hehehehe

    jangan dihapus, anggap saja puisi ala nias ya.

  12. Ya, saya setuju. Kitab Suci mesti menjadi inspirasi kepemimpinan. Saya banyak membaca buku-buku motivasi kepemimpinan (misalnya, buku-buku John C. Maxwell, Paulus Winarto, dll), kadangkala mengutip ayat-ayat Kitab Suci. Bahkan, inspirasinya pun berbasis Kitab Suci. Maju Nias Barat!

    Postinus Gulo (moderator http://www.mandrehe.wordpress.com)

  13. Pak Ama Maya

    25 syarat itu belum bisa dipenuhi oleh pemimpin saat ini, mereka pada cacat hidupnya. Termasuk saya secara pribadi, sebagai profesi guru, mana mungkin saya bisa penuhi itu semua. Topik ini belum pernah dibicarakan secara detail. Mungkin perlu analisa lebih tajam lagi karena ini sangat mengikat kita termasuk anda kelak. Kita belum sempurna, bagaimana bisa jadi pemimpin Nias yang tanpa kompromi, saya setuju tlisan Res#ANG, bahwa Kompromi itu positif. Bagaimana?

    N.Laoli

  14. Yth Pak Ketum Pilar Nias Yth Bapak Mustika Ranto Gulo. Salam kembali God Bless You. Selama dinas di desa tidak ada internet hehehe. Tuhan menolong kami kembali ke kota dan bisa baca 2 jam lebih artikel anda. Saya lihat komentar ada yang iri karena anda terlalu dipuji-puji, diagung-agungkan. Salah satu kejatuhan anak2 Tuhan adalah ketika mereka menerima pujian orang dan lupa bahwa hanya Tuhanlah yang dipuja. Itu bukan kesalahan anda, tetapi org yang menganggumi anda. Saya lihat seimbang juga dengan org yang kurang senang seperti initial yang tidak jelas, namanya aneh-aneh.

    Menegnai pimpinan Nias ke depan, sepertinya hanya sdikit yang lolos dari kriteria kristiani tersebut, terlalu banyak pak. Seandainya dipersempit kriterianya apakah masih mungkin. Saya harap ada juga kriteria yang seimbang versi sekuler, hasil teori para pakar misalnya.

    Kriteria dibawah ini saya tambah-tambah kata2nya, harap maklum:

    Kesimpulannya adalah:

    1. Berhati seorang hamba (hamba kebenaran, kalau sudah menjabat mereka dipanggil tuan dan hati mereka adalah hati tuan, apa mungkin?
    2. Seorang yang melayani, bukan dilayani, Setelah mereka berkuasa memiliki banyak anak buah dan rakyat melayaninya, apa mungkin dia melayani?
    3. Rela berkorban, bagaimana mungkin berkorban setelah dia habis2habisan dalam pilkada target harus tercapai, apa mungkin rela berkorban lagi?
    4. Seorang yang tak bercacat (moral, setelah berkuasa segala cara dihalalkan demi tercapainya kelangsungan jabatan, apa mungkin masih pakai moral?
    5. Suami dari satu isteri, mari kita lihat ke dalam, para intelektual kita yang pantas menjadi pemimpin rata2 punya simpanan, bahkan tidak punya istri yang sah, apa mungkin menyia-nyiakan kesempatan yang ada?
    6. Dapat menahan diri, kalau ada uang, maka segalanya dapat dibeli, sex bisa dibeli, preman bisa dibeli, apa lagi?
    7. Bijaksana, kalau sudah berkuasa pasti bijaksini, kesan kurang karena keAKUan? apa mungkin

    nanti saya lanjut lagi no selanjutnya, aku terpaksa berhenti, disini pakai dialup…hehehe

    DoroHia

  15. Yaahowu Pak ASZ, AOG dan lain-lain,

    Kita bicarakan tertutup saja kata pak ketum tidak usah dibuka di forum tercinta ini.

    Moderator saya telp, sedang menuju cibubur plasa, nanti balik malam akan kami bahas.

    AH

  16. Ya’ahowu moderator & Ketum PNB,

    Artikel yang telah dipaparkan oleh talifusõda Bp. Ama Maya Gulõ di atas baik adanya untuk para figur bakal calon pemimpin masa depan di Nias yang tentunya stay di Nias dalam periode kurun waktu tertentu atau selamanya he…8x.

    Saya sependapat dengan artikel di atas yang mengemukakan bahwa sesuai versi religius, maka pemimpin masa depan ba khõda adalah pilihan Allah (sangat sulit menerima Kriteria ini jika dijadikan salah satu syarat untuk memimpin Nias dimasa yad). Biasanya orang yang mengaku Kristen tidak berani menerapkan kehidupan Kristiani, malu-malu mengutip Firman Tuhan jika berpidato di dalam acara resmi pemerintahan, tidak seperti orang lain yang nyata-nyata menerapkan kriteria agamanya dalam situasi birokrat. Pemimpin seperti ini, tidak bisa jadi saksi, dan akhirnya mereka toleransi dan berujung kepada kompromi.

    Perlu diketahui oleh moderator bahwa bukan jaminan tidak ada toleransi yang bermuara kepada kompromi walaupun ada orang yang menerapkan kriteria agamanya dalam situasi birokrat/pemerintahan.
    Salah satu ciri khas kepemimpinan adalah fleksibel dan kompromi dalam arti yang ’positif’ untuk kepentingan organisasi yang komprehensif.

    Saking sayangnya,,,diberikan input untuk talifusõgu MRG supaya lebih mantap lagi ke depan he…88x. Komunikasi yang baik & efektif adalah Top/Up to Down/Bottom & Down/Bottom to Top/Up (communication balance).

    Sebaiknya kita membuka Alkitab PB. Demikian kutipan FT dari Injil Lukas 20:25 adalah: Lalu kata Yesus kepada mereka: ”Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”. Kutipan ayat FT tersebut terdapat juga pada Injil Matius 22:21 & Injil Markus 12:17.

    Demikian tambahan saran yang sifatnya konstruktif untuk kita semua. Tulisan pak MRG di situs http://mandrehe.wordpress.com telah saya baca juga, good idea. Salam yach buat keluarga di Cibubur, Gbu.

    Shalom,
    A.NisoGulõ (ANG)
    +6281514248880

  17. Salam Kenal Pak Ranto.
    Kami bangga atas tulisan anda yang benar-benar menolong bagi pembacanya. Saya lihat ada komentar yang tidak pantas, jangan takutlah. Sedunia baca pemikiran anda, biarkan saja.

    saya tambahkan kepada pemimpin Nias nantinya agar selalu membaca siang dan malam AMSAL dan MAZMUR karena inspirasi dalam berstrategy seperti tulisan bapak ANG ada disana semua. Kami belum bisa terjun begitu jauh dalam politik karena situasi tugas. Kalau tidak salah saya sekelas dgn kakak anda di Jogya (orwel) skrg dimana?

    Kami jauh dari ibu kota dan melihat internet saja pada jam teertentu karena fasilitas terbatas. kalau ada buku2 rohani bisa dikirim ke alamat kami. Hp saya 08135758xxx(maaf dimoderaasi redaksi).

    Terima kasih artikel2nya, saya banyak baca situs Nias yang hanya copy paste isinya dari sini dan koran online, saya lihat lagi menjamur ya. saya kenal abang Fangaro’o Gulo (Ono Bapak Kep Sekolah Ama Salati Gulo Alm), dia kenal baik dgn anda, berdoa u dia sedang sakit-sakitan, mereka tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro No 43 RT 60/RW 10 Sampit Kalimantan Tengah. No. HPnya 08132134129.

    Kalau kami ada buah pikiran untuk memberanikan diri menulis apa bisa diterima pak?

    Syalom
    Pdt N Larosa, STh

  18. Syalom saudaraku yang kekasih, saya sedang online ketika Res #1 dan Res#2 masuk. Sikap Orang benar begini: “Semua Firman Tuhan berbicara pada saya bukan kepada orang lain, supaya berkatNya untuk saya”. Jangan anggap teguran dan FT itu untuk sianu, untuk orang lain yang lebih berdosa, salah total.

    Saya geleng-geleng kepala dan saya ingin hapus komentar itu, saya ingin bertanya “Ada apa sebenarnya sih, kog kita ini tidak memakai Firman Tuhan sebagai Pengendali hidup ini”. Saya pribadi belum sempurna dan masih jauh dari sempurna, saya tulis 25 kriteria itu sebagai acuan saya nanti kalau mau jadi orang yang diurapi Tuhan memimpin Nias untuk 10 tahun kedepan.

    Terima kasih kalau ada yang anti Firman Tuhan, tetapi kami sekeluarga menyatakan hidup matinya kami biarlah di dalam Tuhan Yesus, kami tetap menyuarakan Firman Tuhan untuk memperbaiki kerusakan pada hidup kami yang belum sempurna. Kalau ada kekuarangan atau kekhilafan saya minta maaf. Saya ingin tenang dan tidak mau diganggu, saya punya masa depan, mohon untuk tidak diganggu. Itulah alasannya mengapa kaum intektual Nias di perantauan malas bergaul sama ono niha. Trade Record kita sdh rusak, mari kita perbaiki pelan-pelan dan mengabdikan diri untuk anak kita sebagai generasi penerus. Mereka bangga kelak bahwa ayahnya seorang pekerja keras dan sukses sampai ke anak cucu. Itu Misi yang benar, boi tafakiko nawoda, taroi zafocho cho nawoda. Na’omasi ita lo lalele ita niha, boi goi talele nawoda.

    Pagi ini saya berdoa khsusus “Bapa Kami yang di Surga”, apa saudara sudah saat teduh dan meminta Roh Kudus mengendalikan saudara? Kalau tidak sekarang waktunya, mari saudara. Doa bapa kami itu kata-katanya sangat luar biasa untuk merubah semua karakter kita.

    Kalau terus-terusan membenci orang yang belum tentu melakukan kesalahan apapun pada kita, hati-hati sebab penyakit datang dari suasana hati yang penuh kebencian. “Orang yang struk diakibatkan 90% beban pikiran yang tidak tersalurkan termasuk emosi, misalnya mungkin anda membenci seseorang namun tidak terlampiaskan”. Ini hasil penelitian anda bisa lihat artikel-artikel penyebab penyakit.

    Datanglah pada Tuhan dan TanganNya terbuka untuk saya dan saudara juga, mari bersatu hati melayani DIA dalam hidup ini.

    Amin

  19. Setuju, saya tambahkan:
    1. Jangan iri hati dan ganggu bisnis org yang sukses
    2. Kembalikan pinjamanlah, jgn nipu sana-sini
    3. Kalau tidak diberi pinjaman lalu marah dan mengatai-gatai org sombong
    4. Kalau tidak berhasil nipu dan memeras jangan senewen.

    bagaimana bisa jadi pemimpin, bicara saja gagap, matanya lari kesana-kemari gelisah dan tidak tenang, darah tinggi dan botak kepala karena rambut berguguran.
    saya setuju moderator agar hati-hati bergaul dgn penipu kelas berat.
    70% orang nias barat didatangai dengan wajah penuh belas kasihan u nipu.
    Jangan hapus komentar ini, u koreksi kho nawoda sifatiu todo.
    MAUNYA HIDUP GRATIS SAJA DI JAKARTA TANPA JERIH PAYAH, ENAK SAJA. HAHAHAHA

    Maju terus Pak Ketum, jangan tawar hati.

    Sukses

  20. Ada lagi Brur :

    – Tidak menipu bawahannya (terutama hak anak buahnya / Gajinya)
    – Berbisnis dengan jujur (tidak KKN)
    – Tidak menyombongkan diri sendiri
    – Tidak Buruk sangka kepada orang lain
    – Tidak merekayasa setiap persoalan
    – Terlebih lagi harus rendah hati dan tidak OMDO

    itu sumbangan pikiran dari saya nih… semoga ditambah oleh orang lain lagi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s