Peta Nias Barat Versi MRG170707, Telah Dikoreksi

Jakarta, 11 November 2008

Sesuai permintaan beberapa teman kita dari seluruh dunia, maka saya tampilkan kembali dokumen ini dihalaman brenda depan.

Masukan-masukan yang disampaikan kepada kami sangat bermanfaat, sehingga kami putuskan untuk mengelola peta ini kembali sesuai dengan kebutuhan  saat ini.

_____________________________________Mustika Ranto Gulo

Berdasarkan Masukan dan Koreksi dari saudara-saudara masyarakat Nias Barat, maka turut kami lampirkan kembali Peta Wilayah Nias Barat versi MRG170707

Peta Nias Barat MRG170707

Apakah ada masukan selanjutnya…..?

Berikut ini adalah Peta Nias Barat versi MRG170707 sebagai pengembangan dari versi sebelumnya mrg120707, namun pun demikian kami akan membenahinya setiap saat sesuai dengan koreksi dari saudara.

Download disini PETA NIAS BARAT Versi MRG170707

Syarat dan ketentuan, dilarang keras menggunakannya untuk tujuan apapun tanpa seizin pemilik gambar.

Kirimlah komentar anda pada situs ini dan kami siap membenahinya setiap saat, berdasarkan masukan-masukan dari saudara.

Dalam rangka persiapan Kabupaten Nias Barat, kita membutuhkan batas wilayah yang resmi dan ditanda tangani oleh kabupaten yang berbatasan. Data ini merupakan salah satu syarat dari Kelengkapan Dokumen Persiapan Kabupaten yang sedang dipersiapkan. Jika berkenan kami akan membantu untuk memberikan data lebih lengkap lagi.

Demi Kemajuan kita bersama, kami mengharapkan saudara memberikan koreksi :

Dimana kampung halaman anda?

Ir. Mustika Ranto Gulo

About these ads

58 pemikiran pada “Peta Nias Barat Versi MRG170707, Telah Dikoreksi

  1. saya tidak setuju program koresponden apalagi yang lebih rendah dari itu… percayalah bahwa kita sepakat dalah hal ini…
    Lebih baik kita kerja sama untuk mewujudkannya boss… saya yakin kita semakin kuat dan sukses…sejahtra bagi kita semua ya,ahowu.u..

  2. Benar sekali Pak Soter Sitohang…

    seharusnya pulau2 itu masuk dalam peta dan langsung saja di buat pedesaan di sana, takut di curi oleh neg lain atau malasya lagi… hehehehe

  3. salut atas sumbangsihnya pak. semoga peta tersebut menjadi rujukan pembuatan peta nias barat yg resmi. maaf, saya tdfk tahu persis updating informasi terakhir tentang masukan penyempurnaan peta yang bapak buat.

    saya kira pulau2 kecil-wilayah paling barat itu perlu diperjelas pak. bagaimanapun di pulau itu masih terdapat sejumlah desa yang dihuni warganya meski sebagian diantaranya telah mendiami rumah yang dibangun, semisal oleh yayasan della siga (australian red cross dan monaco) di sirombu daratan. yang tak kalah penting, desa tersebut masih definitif lo…seperti: hanofa, bawasawa, bawasalo’o, dll…

    syalom,

    sitohang
    (pekerja sosial di sirombu-berdomisili di medan)

  4. ya’ahowu yaredi.
    saya sangat simpatik dengan pendapat anda, bahkan pejuangan anda untuk memajukan nias barat malalui ide anda dalam memperkenalkan nias ke dunia luar sangat luar biasa sampai ke liverpool nun jauh di sana.
    tapi perlu saudara ketahui! kita ini bangsa yang besar, terlebih orang nias…kita bisa koq bangkit tanpa harus meminta bantuan dari luar, apalagi jika hanya ingin membangun sebuah universitas saja, buktinya”semua universitas terbesar di sumatera utara saja, toh orang indonesia juga yang membuatnya”, tapi kalau tujuan anda itu hanya untuk sekedar pengembangan universitas yang sudah kita dirikan saya kira no problem. karena bagaimana pun terlalu bergantung kepada orang-orang asing bukan berarti kita semakin kuat, tapi justru semakin lemah, bahkan lambat-laun dapat mengurangi rasa nasionalisme tehadap bangsa sendiri.
    lebih dan kurang saya mohon maaf kepada semuanya.

    Marvel Hia

  5. Yth. Herman Daeli
    Infonya belum selesai boss, tolong jangan dikomentari dulu…
    karena kuliah itu tetap berjalan selama 4 semester, 2 tahun, 60 SKS… mutu tetap menjadi prioritas… buat apa jadi S2 tapi tidak ada manfaatnya bagi alumninya dan bagi masyarakat NIas BarAT (NIAT)…. hehehe singkatan baru….
    saya tidak setuju program koresponden apalagi yang lebih rendah dari itu… percayalah bahwa kita sepakat dalah hal ini…
    Lebih baik kita kerja sama untuk mewujudkannya boss… saya yakin kita semakin kuat dan sukses…
    S3…? why not? kalau kita sudah punya lulusan S3 (bukan beli gelar), kita bisa memikirkannya untuk kemajuan NIAT. kita doakan sama-sama ya… Tuhan memberkati.

  6. Ping balik: Siapa Mustika Ranto Gulo, Dapat dikenal dalam beberapa tulisan-tulisannya « Nias Barat Siapa Yang Punya ?

  7. Peta Nias GOOD banget, yah!

    Selamat Pak Pdt Orwel, S Gulo (Pak Ama Gaby Gulo). Atas semua pengabdiannya untuk putra-putri Nias yang telah menjadi sarjana, dan sekarang sudah menjadi pNS.

    Abang Heroik war salah satunya (dari Mandrehe Sianaa). Dan semoga S2 jalan juga karena mereka merindukannya.

    Pak Herman Daely, sok banget, ya. Kami dulu kuliah di SD berlantai tanah pak di Iraono gambo. Alumninya rata2 sarjana dan menguasai banyak posisi di pemerintahan.

    Apa urusannya kuliah di ruko2 …? Puji Tuhan mereka bisa sewa ruko. Tetapi otak mereka terisi firman Tuhan.

    Majulah dan ajak org Nias baca buku, mereka malas seperti sdh hebat, disuruh kuliah ngga mau. Lihatbetapa banyak yg DO di Kampus di jkt … karena sok pintar, gaya no wahid, otak nomor terbelakang.

    Salom Pak Orwel …..maju terus

  8. Pak A. Gaby

    Program S3 nya kapan mau buka? Sangat dimaklumi kalau saat ini banyak gelar akademik yang tidak dia akui oleh pemerintah, terutama gelar teologia kuliah sebulan-tiga bulan langsung nyandang gelar sarjana. Saat ini banyak kampus teologia yang kampusnya diruko-ruko, tiga tahun kemuadian kampusnya pindah bahkan mungkin udah tutup, akhirnya ijazah di anggap aspal oleh instansi pemerintah.

    Mudah-mudahan ini bukan penipuan. Thanks.

  9. Mohon dukungan doa

    Rencana Program S2 (MTH) di Nias Barat sebagai cabang dr STT ternama di Jakarta.
    Tempat sudah ada, Tempat tinggal dosen jg sudah ada.
    Menerima lulusan S1 dari semua jurusan. Hanya 60 SKS.
    Rencana awal hanya satu angkatan
    Biaya: 6juta, boleh dicicil sebanyak 4 kali. bagi yang mau bayar full/sekaligus akan diberikan hadiah berupa buku dan Alkitab.
    System: kuliah tatap muka selama satu bulan penuh dalam satu semester, lima bulan berikutnya digunakan untuk mengerjakan tugas. (system seperti ini sudah lama digunakan di salah satu STT di Bandung dan lulusannya di akui)

    kalau doa kita dikabulkan oleh Tuhan, maka dalam waktu dekat akan segera dijalankan.
    GBU

  10. so sambua zinuno sawena ufazokhi:

    Yawa wabolo zebolo todo
    lakhomi sebua wahasara dodo
    naso zifatimba tarara dodo
    talau farau tanga talau mangatulo

    ha tano niha tano ba gaekhula
    tano sisokhi silo duma-duma
    lo olifudo sagoto faara

    he ono niha si otarai gaekhula
    osambuao dodo tafaohe tanga
    talau mengando salahi mbanuada

    kalau mau dengar, hub. 021 93084362

  11. kami berharap dalam membuat pete Nias Barat, jangan sepotong2.
    dan harus di buat master melalui foto udara. serta cara membuatnya harus skalatis, kala perlu diikutseratakan pakar planology dalam membuat pete tematik sehingga lebih iformatif, karena peta dapat menentukan pengembangan suatu wilayah. thanx yaahowu…………………………………………

  12. IBU ATAU NONA TIAN Yang saya cintai di Komentar #44 (Teguran Untuk Ranto), bagus sekali komentar anda. Kadang orang menganggap bahwa “DIAM ITU EMAS” dan disaat kita bicara, barulah ketahuan orang itu bijak atau pintar. Saya tampilkan komentar anda sekalipun bagaikan belati yang menusuk ulu hati… hehehehe. Yuk kita berpantun saja, kita rubah strategynya.!

    Ada pepatah “Pintar itu belum tentu bijak” tetapi “Bijak itu pasti pintar”. Ada lagi “Dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati siapa sangka, Ungkapan kasih yang kau ucapkan, belum tentu dari dalam hatimu”

    Nah, pantun yang lain begini “buah duren, buah rambutan, kulitnya pahit dan menyakitkan, tetapi isinya …hmmmm manis sekale!!”. hehehe. Dasar ngga tahu pantun, tapi tak apalah demi TIAN semoga terhibur.

    Kalau tak ada cara yang lebih baik, untuk mengkomunikasikan isi hatimu dengan lembut, tolong telepon saya saja. Semoga!

  13. Pak Insinyurr, jawaban dan omongan kmu diatas terlalu tinggi, kalo ada kritik seperti itu usahakan memberi jawaban selembut sutra, cara-cara kamu diatas kurang dewasa dan bukan seorang pemimpin, perasaan wanita sensitif sekali, belajarlah untuk lembut, dimulai dari istri dan anakmu sendiri jika pak insinyur udah berkeluarga.

  14. Pak / Ibu Tian Mendrofa (sory kalau salah penyebutan) Yaahowu!

    Anda bisa download program cara pembuatan Peta hrganya cuma US$.210, nama softwarenya nanti saya britahu! Untuk tahap awal belajar dulu untuk pakai software gratisan, banyak kog. Keakuratan penempatan letak desa, memang masih besar sekali presentai penimpangannya.

    Sbg bahan info, sejauh ini belum pernah ada Peta Nias yang bisa kita jiblak, karena keakrutannya sangat diragukan, kalau anda mau belajar, silahkan datang ke kantor saya, saya nanti ajarkan, supaya kita bisa buat untuk Peta Pulau Nias secara keseluruhan.!

    Dalam software ini, ketinggian daratan pun bisa kita ketahui, bahkan notification adds bisa dilihat, sebab pedomannya adalah fhoto satellite seumpama Google earth … coba aja, kalau mau. Sudah pernah coba?

    mari belajar bersama! supaya kita saling membangun … pejuang itu harus pintar, tidak pakai senjata bambu melulu seumur hidup dalam perjuangan. Tsekarang kita “Pakai otak” serta “Hikmat” untuk membuktikan diri sebagai anak-anak unggulan di bangsa Indonesia, demikian ya Pak/Ibu Tian Mendrofa. Usahakanlah untuk belajar, org yg tidak mampu, manifestasinya hanya irihati, mari bersama-sama untuk menjadi hebat sebagai modal dasar untuk menyumbang kepada Pulau Nias agar rakyatnya menjadi makmur ke depan…….!

    saran: abdikan diri kita dan semua hasil karya kita agar bisa dinikmati oleh generasi berikutnya!

    salam sukses untuk Pak/Bu Tian Mendrofa, saya tunggu di kantor saya ya!

    GBU

    Ranto

  15. yahowu pak insinyurrr
    sy mo tanya patokan saudara dlm pembuatan peta ini apa ? apkh di jiblak dari peta nias asli, atw apa ?

  16. Yaahowu.

    Petanya sangat bagus, mengingatkan saya bahwa ada beberapa mbanua silo nitorogu, apalagi ba dano weratoso.

    saohagolo.

    Sulawesi Tenggara di pulau Buton.

  17. Ykk pembaca,
    tolong dong kirim data yang akurat tentang Nias Barat: luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah desa, jumlah SD, SMP, SMA, jumlah gereja. Juga jumlah orang Kristen dan agama lain.

    tolong di kirim ke email saya aja ya…… tx GBU

    orwel_s_gulo@yahoo.com

  18. Yaahowu Ono Niha
    wah….bagus banget petanya, bikin saya jadi rindu kampung halaman tuh….maju terus Nias Barat, jangan berhenti memperjuangkan Kabupaten Nias Barat yang tercinta ini. saya juga berpesan kepada Bpk. Camat Mandrehe, alias Abia Waruwu, semangat dan jangan jemu-jemu mengapresiasikan segala sesuatu yang baik bagi anak daerah kita khususnya bagi Kec. Moro’o di desa Hiliwa’ele. saya juga anak daerah Desa Hiliwae’le yang sangat mencintai keadilan, kebenaran dan peri kemanusiaan yang baik.
    saya juga senang mendengar kalau di Kab. Nias Barat akan membuka sebuah Universitas. sangat bagus karena dapat membantu anak2 muda di daerah kita dan tingkat pengangguran sedikit berkurang.
    alamat saya :bandung, jl. pasir Koja no. 58
    mahasiswi STT INTI, semester 3. no hp. 02292916765

    semoga Tuhan kita Yesus Kristus dan kasih dalam persekutuan hati Ono Niha khususnya serta persaudaraan yang baik terjalin di tengah-tengah suku Nias yang kita cintai ini. di manapun dan kapanpun kita berada kita adalah saudara dalam Kasih Kristus. marilah kita saling bergandengan tangan dalam memperjuangkan daerah kita dan hilangkan segala kebencian, kesombongan tetapi milikilah kerendahan hati karena itulah yang dapat menyatukan satu sama lain di antara perbedaan-perbedaan yang ada diantara kita.

    kasih Kristus menyertai kita, Yaahowu.

  19. Lho siapa yg berjuang untuk nias barat?

    jangan asal ngomong dong, jaga mulut anda.

    buat sesuatu dulu baru bicara.

    yaahowu!

  20. Yahowu Pak

    Tuhan memberkati perjuangan bapak2 di Jakarta, kami pikir yang berjuang itu ama klara, dodo dan era-era hia.

    Maju terus, Petanya bagus sekali.

    B1ll

  21. Yaahowu semua ono niha dimana pun. Saya baru lihat situs ini ketika saya searching peta nias.

    Saya bangga ada yg berbuat sesuatu untuk nias sekalipun itu hanya sekitar nias barat saja. Tapi semangat perjuangan Nias Barat itu berkobar dari situs ini, maksud saya adalah seakan-akan Nias Barat itu sdh menjadi kabupaten dgn adanya situs ini. Pada hal masih belum disyahkan ya. ini semangat perjuangan yang sebenanya. tapi sdikit ada sinyal konflik ya?

    Saya merindukan juga bisa berbuat seperti ini, seharusnya kita berlomba-lomba memajukan Nias= Tano niha niomasioda.

    5 org lagi yang membuat situs dan ide2 bagus seperti ini (jangan mengcopy berita koranlah. Saya rasa Nias akan maju 10 kali lebih baik. Sekalipun Bachoda sowondroni tou dalifusoda sino sokhi lala wa’auri.

    kepada yth. Bpk yg membuat situs ini, bpk tetap milik masyarakat Nias pada umumnya, bukan nias barat saja, bpk adalah asset dan harapan kita secara keseluruhan, jangan hanya bagian barat aja pak. Saya bangggggggga!

    Kalau bapak Pendeta, mohon doanya untuk mendoakan pergumulan kami untuk perjalanan pelayanan ke Nias 21 Agustus 2008 sampai dengan 10 desember 2008 dalam rangka Survey Health Care Nias trip.

    GBU All talifusogu ono niha

  22. Trims peta nya pak, saya sdh printout…saya tahu diaman kampung saya.

    Sklalipun blm bisa lihat langsung kampung lologolu, hehehe suatu hari Tuhan pasti menolong kami agar bisa pulang ke Nias. Amin

    yaahowu fefu

  23. Syalom…yaahowu wanunu fandru, ira gaagu, ira amagu talu, ira sibayagu, ira onombiniogu, ira la’ogu, ira sitengabo’ogu, iraono khoma, iraono sawena egebua-bua.

    Hewisa mena’o natahonogo dododa wo sambut wanunu fandru andre, boi talele-lele nawoda, aila ita bale banuada. Ya’ita andre sifatalifuso mano fefu wo..he.

    Salam untuk sibayagu Ama Maya Gulo (Baca SMS Saya Om) kalau bisa dihapus komentar DoroHia itu, masih menyebut-nama2 org … tetangga sebelah. Disebut or tidak disebut begitu semua masykt Nias Barat sudah tahu sipa timun dan siapa ilalang. Cukuplah… Mari kita rayakan Natal dgn Damai. Amin.

  24. Pak Ama Maya, sdh terima faks 2 lembar mengenai izin melemngkapi data PETA NIAS dengan Tema Batas Desa Nias Barat dengan NISEL dan NIAS Utara?

    terima kasih kerja sama yang baik, Tuhan Memberkati.
    kalau bisa segera dibalas, sangat penting untuk kami.

    yaahowu
    BLaia

  25. Syalom pak Moderator, sebenarnya peta nias bisa dibuat dalam satu program yang lebih sempurna ya pak? saya usul jika berkenan untuk peta nias secara detail, kita bisa buat team bersama bagaimana ya?

    Saya terbebabn untuk peta secara keseluruhan, termasuk daerah kepulauan, sampai detail desa2 kecil, bagaimana pak.

    Yahowu
    Markus F Harefa

  26. Yahowu doro Hia

    Lau ba Doro Hia, yaia mano khomo. yamutolo mano ndraugo soaya… ya alio mangowalu’o. He..hehehehe

  27. Pak Moderator
    saya bangga kepada hasil karya anda, pak kalau bisa peta nias keseluruhan dibuat detail seperti Nias Barat. sangat penting karena dari dulu Peta yang ada belum ada detail kampung-kampung itu. Peta untuk pelajaran SD dan SMP dan SMA masih belum ada detail pak, sehingga kalau kita lihat pulau Nias seperti hasil Peta yang di Jual di Binaka, di cetak secara tidak profesional, dan datanya tidak pernah di update.

    Kalau bisa saya minta ya pak.
    salam

  28. Horas, Yahowu, Majua-jua

    Lae Gulo, kami berterima kasih atas kunjungan lae ya, cuma berita-berita kami belum tentu relevan dengan berita Nias. Namun terbuka pintu untuk bekerja sama dalam bentuk apapun. Saya sarankan segera di upload ke http://niasbarat.com saja lae.

    Mengenai berita-berita dan dokumen berita korupsi di Kab Nias, sebaiknya berburu datanya di Koran lokal di Nias saja.

    Itu saja lae, bisa kontak pak Marbun jika perlu, sekembalinya dari jakarta saja.

    Horas.
    M Silaban

  29. Urusan politik memang serba tak pasti. Yang pasti hanya ilmu pasti atau eksak.

    Ranto beda dengan Luther. Ranto adalah orang yang dapat dipercaya, sedangkan Luther orang yang belum dapat dipercaya.

    Terima kasih kepada Drs.FG Marthin Zebua dan TD.Gulo yang sekarang sedang nego habis-habisan di Medan utk memperoleh Rekomondasi persetujuan DPRD I Sumut lalu nanti ke Jakarta memperjuangkan di DPR RI.

    Negonya jangan habis-habisan pak karena masih perempat final yang nego di Medan, perlu simpan tenaga ekstra untuk tahap selanjutnya ke babak semi final dan final nantinya di Jkt.

  30. Semua berita mass media termasuk website ini serba tak pasti.
    Boleh dibaca cuman jangan langsung dipercaya…lebih banyak woyo-woyo termasuk Pilar dan BPP Kanisbar….besar ngomong doang.

    Si Luter sama si Ranto…woyo-woyo kalian, sama besar mulut kalian, memang kalian masih famili ya jadi tak jauh buah dari pohon.

    Drs.FG Marthin Zebua dan TD.Gulo sekarang sedang nego habis-habisan di Medan utk memperoleh Rekomondasi persetujuan DPRD I Sumut lalu nanti ke Jakarta memperjuangkan di DPR RI. Si Luther sama si Ranto bukannya ikut membantu, malah ongkang-ongkang……dasar tak pintar atau …..

    Begitulah kenyataan yang ada, semoga menyadarkan kita semua….

  31. Nias Maju Terus
    INFO INI CUMA AKAL-AKALAN SAJA, SUPAYA NIAS TENANG DI BAWAH PEMERINTAHAN B3. APA HAKNYA TOGU MEMBERIKAN TANGGAPAN NIAS? INFONYA MENYESATKAN.

    SAYA JAMIN ITU TIDAK BENAR, DOKUMEN NIAS BELUM LENGKAP ! INI YANG BENAR …PAK MODERATOR KAN IKUTAN KEMARIN PERTEMUAN TERSEBUT.

    PERSETUJUAN BATAS WILAYAH SAJA BELUM ADA BAGAIMANA DIUNDANGKAN… OTDA TIDAK AKAN MAU TERIMA MENTAH …OK TENANG SEMUA.

    TRIMS BUAT BAPAK AMA NISO GULO,

    MH

  32. Kepada Initial “HELUA”.
    Salom Bapak/Ibu/Sdra/i…. siapapun anda, saya menghargai koreksi anda. Namun saya tidak sanggup memahaminya lebih dalam karena tujuan komentar anda tidak fokus. No Problem, syah-syah saja, saya hanya memberi sumbangsih bukan meminta pamrih. Siapa tahu generasi kita kelak memerlukannya dan butuh informasi PETA NIAS BARAT.

    Kami hanya sebagian kecil dari yang tersisih dari Nias Barat, sehingga hak kami pun hanya sebatas hak sebagai manusia yang dilahirkan di Nias Barat tepatnya Hiliwaele Ulu Moro’o.

    Salam Sukses.
    Moderator

  33. Berita inipun belum pasti, sebab pembicaraan terakhir hari rabu yg lalu, bahwa Nias tidak seurgent pemekaran lain di SUMUT, karena Nias baru mengajukan syarat-syaratnya, dan itupun belum tuntas. Pansus Pemekaran dari SUMUT tidaklah semua mendukung Pemekaran Nias… bohong semua …ada tarik menarik di antara mereka ..ada kepentingan… Mungkin kah perlu fulus… (SUMUT Nih BUNG, Semua urusan memerlukan Uang Tunai).

    “Pertemuan Pansus Pemekaran Kabupaten Deli Serdang dengan Biro Otda Provinsi Sumut, sekadar konsultasi dan mencari masukan terkait tugas mereka. Disebutkan Togu, untuk bulan September mendatang sudah ada beberapa agenda di DPR RI diantaranya Kabupaten Labuhan Batu di mekarkan menjadi 3, Kabupaten Nias dimekarkan menjadi 3 yaitu Nias Barat, Nias Utara dan Pemko Gunung Sitoli”.

  34. Iya Bos, Waktu itu jadwal september 2007 sdh pernah disampaikan oleh Ketum Pilar, makanya jadi polemik ketika ada sms dari Ama Klara katanya juli. Agenda itu kan bisa diikuti karena selalu dibuat jauh-jauh hari sebelumnya. Goo I trust ama maya.

    Kami hanya berdoa jika bisa tahun inilah ya!

    AW

  35. Mohon dibaca alinea ketiga, terima kasih.

    Lubuk Pakam (SIB) 19 Juli 2007

    TAHUN 2008 KABUPATEN DELI BISA TEREALISASI

    Biro Otonomi Daerah (Otda) Sumut menyatakan Pempropsu tidak keberatan dengan adanya pemekaran daerah. Pemekaran daerah justru di dukung untuk mempercepat pembangunan suatu daerah sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan pembangunan.

    Khusus untuk Kabupaten Deli Serdang, Biro Otda Sumut, H Adlin NS menyatakan kajian yang di buat Bupati Abdul Hafid dulu bisa diteruskan. Demikian diungkapkan Ketua Pansus Pemekaran Kabupaten yang dibentuk DPRD Deli Serdang, DR Togu Harlen Lumbanraja yang didampingi anggota DPRD Sabar Bangun dan Apoan Simanungkalit SE kepada sejumlah wartawan, Rabu (18/7) di ruang kerjanya usai melakukan pertemuan dengan Biro Otda Sumut.

    Pertemuan Pansus Pemekaran Kabupaten Deli Serdang dengan Biro Otda Provinsi Sumut, sekadar konsultasi dan mencari masukan terkait tugas mereka. Disebutkan Togu, untuk bulan September mendatang sudah ada beberapa agenda di DPR RI diantaranya Kabupaten Labuhan Batu di mekarkan menjadi 3, Kabupaten Nias dimekarkan menjadi 3 yaitu Nias Barat, Nias Utara dan Pemko Gunung Sitoli.

    Harapan lainnya yaitu pemekaran Kabupaten Deli Serdang juga bisa menjadi agenda di DPR RI kalau cepat diajukan. Sementara untuk Tapsel sudah disahkan undang-undangnya secara aklamasi dan ditetapkan dimekarkan yaitu Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. Substansinya adalah percepatan pembangunan di daerah yang dimekarkan dan di kabupaten induk.

    Untuk mencapai agar pengajuannya cepat sampai ke DPR RI, Pansus Pemekaran akan bekerja cepat. Kepada masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu di luar.

    Bisa Terealisasi

    Dengan kondisi yang sudah ada sekarang, Ketua Pansus menyatakan kalau tidak ada kendala yang berarti, bisa saja Kabupaten Deli terbentuk pada tahun 2008. Namun kalau tidak tercapai, bisa menjadi tahun 2010 karena Pemilu tidak boleh terganggu. Ke depan, Pansus akan ke Komisi II DPR RI untuk berkonsultasi terkait Pemekaran Kabupaten Deli Serdang.

    Terkait masalah keuangan, Apoan Simanungkalit menyatakan aplikasi UU No.32 tahun 2004, perimbangan keuangan pusat dan daerah tidak menjadi masalah. Stagnasi keuangan yang didengung-dengungkan kalau terjadi pemekaran tidak benar, ujarnya lagi. Kalau pemekaran suatu daerah terlaksana, bukannya membuat stagnasi di kabupaten induk atau DAU akan berkurang, bahkan di kedua kabupaten akan masing-masing naik.

    Sebagai contoh disebutkan, pemekaran Deli Serdang dengan Sergai, pada tahun 2004 APBD Rp 653 miliar, tahun 2005 menjadi Rp 512 miliar lebih, tahun 2006 naik menjadi Rp 836 miliar lebih dan tahun 2007 menjadi Rp 1 triliun lebih. Di Sergai juga terjadi hal yang sama yaitu tahun 2005 sekitar Rp 183 miliar, 2006 menjadi Rp 412 miliar lebih dan tahun 2007 menjadi Rp 453 miliar lebih. Selain itu, pemekaran merupakan sangat bermanfaat di sektor riil dan pertumbuhan ekonomi. (M-32/h)

  36. Ya’ahowu !
    Saya lihat bagus sekali peta ini, saya menanggapi moderator dan juga Ibu Noni Telaumbanua. syah-syah saja bung ranto siapkan peta nias barat, namun jadi bahan lelucon saja saya lihat. Anda siapa? hahaha…. Pemekaran Nias Barat jadi Mimpi di siang bolong. saya tdk percaya Binahati iklas melepas ini sebelum 2009 …. hehehe. Target B3 dipemilu 2009 kan sdh jelas. jadi Mau bikin peta kek, mau bikin istana di Nias Barat, hahaha cuma penghibur lara saja. yah begitu kan pak moderator.
    Wakil akan naik jadi bupati, ama eri zebua pensiun dan ama klara jadi sekda hehehehehe, untuk apa pemekaran. Nilai politis yang anda maksud justru saya menilainya tidak berarti apa2. Hehehehe.

    Helua

  37. Ya’ahowu Ira Talifusogu Ono Niha.
    Mohon maaf jika penampiln Peta Nias Barat, mengganggu sejenak, karena sedikit mengandung nilai politis (nias barat yang belum jadi kabupaten) dan juga mengandung nilai seni. Tetapi nilai yang lebih dominan adalah Nilai Teknisnya karena Peta ini dibantu dengan analisa fhoto satelite melalui Map Yahoo, kemudian disesuaikan dengan software yang ada, kemudian diplot dengan nama-nama desa.

    Kendali, beberapa desa tidak sama letaknya dengan Peta Manual, sehingga membutuhkan perhatian dan energi untuk menetukan titik koordinatnya. Namun semua bisa terlaksana dengan baik secara sederhana.

    Terima kasih atas semua masukan yang sangat membantu kami. GBU ALL
    Moderator

  38. Ya’ahowu,

    aktif memulai untuk memetakan wilayah sendiri merupakan sebuah usaha yang sangat bagus dan penting. Salut buat moderator dan tim yang bekerja untuk itu.

    Sebuah peta yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan tujuan untuk menampilkan informasi tertentu, membutuhkan hal-hal seperti:
    1. Judul peta
    2. Tema peta
    3. Keselarasan akan informasi yang hendak disampaikan (sesuai dengan tema peta)
    4. Keterangan seperti arah mata angin, koordinat sebuah wilayah, skala, batasan wilayah yang terkini (sehingga diberi keterangan waktu), dll. Pemanfaatan informasi ini di setiap peta juga sangat penting untuk dibedakan, mana yang sesuai dan representatif, mana yang tidak. Contoh di peta yang telah dirancang, garis biru yang (mungkin) menampilkan garis khatulistiwa, bisa saja (tidak) perlu dibuat karena mengganggu informasi “wilayah administratif” yang berada di garis tersebut. Sebagai penggantinya adalah informasi koordinat di pinggir peta, misalnya.
    5. Hal yang tidak kalah penting juga adalah keterangan (Legend) pada setiap peta, yang membedakan setiap titik/wilayah yang hendak dipresentasikan. Biasanya dibedakan dengan warna ,misalnya.
    6. Menentukan batasan wilayah dan namanya merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan pasti mengundang “pro dan kontra” serta izin legalitas. Sebuah usaha untuk selangkah lebih maju dengan membuat persiapan sketsa merupakan hal yang sangat positif.
    7. Membuat peta juga merupakan sebuah hasil seni yang bisa dibuat secara manual maupun secara digital dengan bantuan metode dan alat penunjang mulai dari yang paling sederhana yaitu terjun langsung ke lapangan/wilayah pemetaan hingga pengerjaan melalui alat-alat mutakhir seperti komputer, software, dsb. Kualitas sebuah peta sangat penting sebagai nilai tambah/pendukung performance sebuah daerah. Sebuah peta yang dihasilkan dengan usaha pendekatan dan kombinasi metode pembuatan biasanya lebih mendekati keakuratan. Artinya, pembuatan peta tidak hanya mengandalkan operasional dari software, tetapi data di dukung dengan terjun ke lapangan secara langsung.

    Semoga informasi yang masih sangat minim ini bermanfaat.

    Salam,
    Noniawati Telaumbanua

  39. Luar biasa P’Moderator,
    Kampung saya Iraonogaila (Kec.Lahomi) tolong ditulis Pak, pokoke sebelah kanan Desa Sitolubanua.

  40. Ok pak moderator, saya usul, agar jalan dari sirombu lewat onolimbu, mandrehe, doli-doli, lologolu dan tuhembuasi…agar di buat garis aga tebal, dibedakan dengan jalan lainnya … ini masukan saja sebab jalan itu sdh diaspal dan jalan propinsi…namanya nggak tahu deh.

    Saya setuju agar sungai moro’o dan sungai lahomi dibuat garis warna lain juga.

    Yaahowu

  41. Yaahowu Pak Moderator, apa maksudnya izin yang dimaksud. Kalau pea ini kami masukkan dalam proposal bersama ke BRR dalam suatu proyek, bagaimana kami dapat izin dari siapa. Jika berkenan mohon arahan. Kalau bisa disempurnakan, karena letak Kecamatan Moro’o dan Kecamatan Mandrehe barat tidak tepat… menurut perkiraan saya saja.
    Kemudian nama kampung desa kalau bisa dilengkapi juga pak. Saya sdh print tetapi tulisannya sangat kurus-kurus, tidak bisa terbaca karena tertimpa garis jalan.

    Itu saja, saohagolo. GBU

  42. Salam Hangat Ono Niha,,,,,,,,Ya’ahowu !!!

    Di sela2 kesibukan dinas luar kota, saya online internet connect to HotSpot/wireless sebentar di salah satu hotel daerah Riau, maka saya ucapkan saohagölö kepada talifusögu Bp. Ama Maya Gulö yang telah sharing & menyajikan peta wilayah salah satu wilayah Pulau Nias yakni: wilayah Nias Barat kepada kita semua.

    Kiranya Tuhan yang semakin memberikan berkat & rejeki kepada team redaksi niasbarat.wordpress.com, Jbu.

    Shalom,
    Ama Niso Gulö
    HP.: 0815 1424 8880
    Email: arif.gulo@pilarnias.com

  43. Salam Hangat Ono Niha,,,,,,,,Ya’ahowu !!!

    Di sela2 kesibukan dinas luar kota, saya online internet connect to HotSpot/wireless sebentar di salah satu hotel daerah Riau, maka saya ucapkan saohagölö kepada talifusögu Bp. Ama Maya Gulö yang telah sharing & menyajikan peta wilayah salah wilayah di Pulau Nias yakni: wilayah Nias Barat kepada kita semua.

    Kiranya Tuhan yang semakin memberikan berkat & rejeki kepada team redaksi niasbarat.wordpress.com, Jbu.

    Shalom,
    Ama Niso Gulö
    HP.: 0815 1424 8880
    Email: arif.gulo@pilarnias.com

  44. Moderator kok HILIMOAKHO ga ada, Sungai Moro’o dan Sungai Lahomi ga ada……tolong ya..

    Thanks
    Gaudu Waruwu
    Hilimoakho

  45. Yaahowu Bapak Ama Maya! Anda sudah buast sesuatu yang sangat berharga bagi kita dek. Saya doakan anda supaya Tuhan Membalas semua jerih payah anda untuk Nias Barat…saya bangga.

    Masukkan, sebelum doli-doli ada desa saya “LACHENE” mohon dimasukkan apa masih bisa?

    Kemudian nama-nama kampung di Kec Lolofitu moi wsedikit sekali, padahal Wil itu padat kampung …

    Supaya bisa lebih lengkap bisa beli peta Nias yang di Gramedia dan tinggal masukkan nama-nama kampung.

    Kepada Penguasa di Nias (Pemkab) peta ini sudah lama ditunggu untuk menunjukkan batas di Nias Selatan dan Nias Utara nantinya. Coba dimanfaatkalah.

    Sukses selalu
    Ama Dera Gulo
    Medan

  46. Pak Moderator,Kok Kampung saya (Nitawi Sole)tidak ada dalam PETA? sedih deh aku, he…he…
    Sebetulnya Kampung saya itu bersebelahan dengan HILI MAOGA.

    Tq. Moderator benar-benar Hebat.

  47. Dear Mustika Ranto Gulö,

    Maaf baru saya balas…..mungkin saja waktu saya online tadi bapak sedang on line juga di Indonesia.Kalau saya tau tadi saya langsung contact Bapak dari sini melalui internet voipdiscount.
    Waktu saya on line tadi jam 6 sore dan langsung saya on line.

    Ok, saya juga turut bahagia bila sudah Bapak telah persiapkan gambar dokumen tentang (UNKRISNISBAR)dan bila sudah ada ini maka bagi kita sangat mudah untuk melangkah kedepan.Mudah-mudahan pemerintahan Nias dan Nias Barat kedepan menyetujui program ini nanti kedepan.Desa Hile waele saya tau dan kita bersyukur bila telah ada tanah yang seluas 12 hektar ini sangat bagus….
    langkah selanjutnnya nanti saya akan hubungi melalui email saja.
    Bagi saya terserah dimana kita kasi lokasinya yang penting hasil musyawarah kita semua baik pemerintah maupun juga masyarakat.
    saya tulis ini masih jam 22:24Pm dari sini mungkin di Indonesia sudah pagi kita beda 7 Jam saja sekarang karena disini baru gelap jam 22.00 pm.Met Malam …..semoga Tuhan memberkati.

    Sdra,

    YAREDI WARUWU
    SWITZERLAND

  48. Hehehehe belum tidur yo!
    Boleh Koreksi ya pakModerator yang ganteng.

    Urutan kampun di sirombu menuju lahusa adalah

    tetesua, fadoro (simpang), sisobandrao, Togimbogi, Tetehosi, Ombolata baru Lahusa pak ….

    Bisa dilihat di Peta Kuno entar Hard Copy bisa saya kasih bapak.
    Tapi yang ini sdh cukup hebat. GBU

    DoroHia

  49. Terima kasih Pak Moderator, saya baru tahu luas wilayah kekuasaan kita nanti… hehehehe Guyonan Bos.
    Saya bangga dengan sumbangsih anda, dan maju terus. Terima kasih atas izin topik renungan saya minggu lalu. Seterusnya, apakah kita memiliki program membuat map seperti ini pak? Jika ada saya ingin buat peta lebih detail lagi Kecamatan Lolofitu Moi desa perdesa, apa mungkin.

    Selama ini, org2 kita cuma copy paste saja peta dari mana-mana, eh sekarang putra daerah sudah bisa sendiri. MAJJJUUUUUUUUU TRUS ..Tuhan pantas mempersiapkan anda …GBU.
    MH

  50. Ok, salam sukses Pak Yaredi waruwu, di Jakarta jam 0.58 wib di sana jam berapa?
    Saya sudah siapkan gambar dan juga dokumen UNIVERSITAS KRISTEN NIAS BARAT (UNKRISNISBAR) dan Puji Tuhan Telah Kami bebaskan Tanah seluas 12 Hektar di desa Hiliwa’ele Nias Kecamatan Ulu Moro’o. Jika berkenan kita akan sampaikan proposal kerja sama dalam waktu dekat…SOON.

    Semoga cita-cita luhur dan pengorbanan waktu dan materi, Tuhan balaskan dengan berkt yang melimpah. Amin

  51. Kepada Bapak Mustika Ranto Gulo,

    Terimakasih atas di buatnya peta Nias Barat,Ini sangat bagus dan saya sudah lihat petanya.Semoga dokumen ini bermanfaat untuk melengkapi persyaratan persiapan Kabupaten Nias Barat kedepan.

    Semoga Tuhan memberkati Anda dalam menjalankan tugas setiap hari baik dalam pelayanan maupun juga dalam perjuangan Nias Barat.
    Saya sebagai masyarakat kecil merasa senang dengan perjuangan Bapak dan inilah yang perlu di tiru oleh generasi sekarang.Kita harapkan kepada semua generasi muda Nias Barat supaya mempersiapkan diri mulai sekarang dalam membangun Nias Barat kedepan.
    Saya baru pulang libur dari Rome/ Italy dan saya telah membicarakan kepada salah satu Univeristas Katolik yang ada di Rome, supaya mereka bisa kerja sama dengan Kita kedepan untuk membangun salah satu Universitas di Nias Barat.Sudah saya juga contact beberapa Univeristas di German dan Juga Liverpool (Englannd) kebetulan sedikit kita punya relasi dengan mereka, sering kami contact dan juga sewaktu saya di German bulan Mei yang lalu telah saya bicarakan kepada salah satu Universitas yang ada di sana.Kita berdoa bersama-sama agar mereka bisa kerja sama dengan kita kedepan.
    Terimakasih.

    Sdra,

    YAREDI WARUWU

  52. Salam Nias Barat Yaahowu!
    Maaf atas absen saya beberapa hari, namun situs kita ini tetap saja ramai dan beberapa teman sudah bisa menjadi mitra menjadi ‘Administrator”. Kepada rekan-rekan yang belum bisa saya jawab, mohon maaf, kita akan diskusi minggu ini dengan full time dan full heart. Terima kasih kepada sdr MH (Martinus Halawa)yang memberikan “Renungan 10 Cara Menjadi Ayah Yang Hebat”.

    Malam ini saya tampilkan Peta Nias Barat sebagai koleksi saja dan sesuai dengan aturan main tidak akan diizinkan untuk di komersialkan tanpa seizin pemilik gambar. Wajib kita hormati karya cipta orang lain sekecil apapun itu, sama dengan ciptaan lagu juga nialainya.
    Baik, kepada Saudaraku YAREDI WARUWU, selamat datang ke Nias (agustus) mampir di Jakarta, dan selain itu turut prihatin atas kehilangan Lapotopnya, Tuhan pasti Ganti. Aminkan saja.

    ONKP? saya benar-benar bangga atas keberhasilan Sidang Sinode Besar ONKP di Kecamatan Lolowa’u Nias Selatan. Terima Kasih kepada Abang Ir. Abisaloni Gulo, MM dan Juga Abang F Nefos Daeli, M Kes yang hadir dan turut mewakili nama PILAR NIAS BARAT. Pengorbanan waktu dan materi Tuhan yang membalaskannya, Amin

    Kepada Bapak S Daeli dari Medan, selamat bergabung dan sukses selalu.
    Maju terus Nias Barat…Merdeka!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s